54

√7 Kriteria Jenis Lovebird untuk Memenangkan Lomba

Burung Lovebird populer dan mencapai kejayaan pada kisaran tahun 2012-2013, terbukti dengan harganya yang mahal. Tak hanya dijadikan sebagai burung hias, beberapa jenis lovebird juga menjadi andalan untuk lomba dan dijadikan pemaster bagi burung kicau yang lain.

Burung lovebird sangat banyak jenisnya. Setiap jenis memiliki keistimewaan berbeda, sehingga satu dengan lainnya dibanderol dengan harga berbeda. Berikut aneka jenis burung lovebird termahal dan lovebird untuk lomba, beserta kriterianya.

Jenis Burung Lovebird Termahal

Hasil gambar untuk lovebird termahal

Sumber: https://hipwee.com

1. Lovebird Biola

Lovebird yang dapat dikatakan paling mahal yaitu Lovebird biola. Semula lovebird ini banyak dijumpai di Amerika dan Belanda, tetapi kini sudah dapat dijumpai di Indonesia melalui import. Setelah berhasil ditangkarkan, lovebird turunannya pun cukup menarik.

Ciri khas lovebird biola yaitu suaranya dapat ngekek panjang apabila dirawat dengan benar. Bentuk fisik lovebird biola sangat indah, perpaduan warna hijau dan jingga yang sekilas.

Harga lovebird biola cukup mahal, untuk yang masih muda, harga lovebird ini dibanderol sekitar 8 hingga 9 jutaan per ekor. Sementara yang dewasa dapat mencapai harga Rp22 juta.

2. Lovebird Merah

Lovebird merah diyakini oleh sebagian penggemar lovebird berasal dari hasil mutasi genetik. Ada pula yang menganggapnya sebagai gangguan metabolisme atau penyakit.

Warna merah pada badan burung tidak merata.Hanya muncul sebagai bintik-bintik merah, di antara warna jingga. Mereka berpendapat bahwa hal ini disebabkan karena faktor makanan atau disfungsi hati ketika masa pertumbuhan.

3. Lovebird Topeng Hitam

Nama lovebird topeng hitam sudah dikenal sebagai salah satu lovebird yang populer karena tampilannya yang unik. Kepalanya seperti memakai topeng berwarna hitam. Lovebird ini terbagi menjadi dua yaitu lovebird batman dan lovebird topeng hitam.

Lovebird topeng hitam warna bulu pada tubuhnya bervariasi, sementara lovebird batman warnanya didominasi oleh hitam dan putih.

4. Lovebird Parblue

Lovebird parblue adalah termahal di Indonesia. Lovebird parblue kerap disebut sebagai yellow face karena mukanya didominasi oleh warna kuning dan putih.

Selain cantik, lovebird parblue memiliki kombinasi warna unik. Dilihat sepintas, hampir mirip dengan lovebird biola. Kombinasinya tampak pada bagian leher ke atas. Sementara leher ke atas berwarna krem kekuningan. Harganya dapat mencapai 10 hingga 30 juta rupiah.

Lovebird untuk Dilombakan

Hasil gambar untuk lovebird untuk lomba

Sumber: https://Idntimes.com

Lovebird memiliki suara ngekek yang unik dan warna bulu yang indah, sehingga penggemarnya di Indonesia sangat banyak. Pencinta burung kicau ini pun menyukainya karena dapat dilombakan.

Kategori lovebird yang dilombakan ada dua yaitu, suara dan warna bulu. Pemula umumnya belum dapat memilih lovebird yang akan diikutkan lomba karena kurangnya pengalaman.

Sementara bagi penggemar atau mereka yang ternak lovebird dan sudah lama berkecimpung pada bidangnya, tentu mengetahui lovebird seperti apa yang memiliki bakat menjadi juara. Lovebird berbakat tinggal dirawat dan diberi pakan lovebird yang terbaik.

Kriteria Lovebird yang Berbakat untuk Lomba

Hasil gambar untuk lovebird untuk lomba

Sumber: https://news.detik.com

Lovebird untuk lomba harus dipilih sejak dini dan dibentuk mentalnya agar dapat berhadapan dengan lovebird yang lain.

Quote: Apabila lovebird sudah disiapkan untuk bersaing sejak awal, secara mental akan lebih unggul dibandingkan lawannya.

Lovebird yang memiliki mental bagus dapat berkicau dengan merdu dan lantang. Dibarengi dengan cara merawat lovebird yang baik, bakalan dengan kriteria berikut baik untuk lomba.

1. Bentuk Kepala

Lovebird yang memiliki mental juara biasanya memiliki bentuk kepala besar. Bandingkan lovebird pilihan Anda dengan lainnya untuk melihat apakah kepalanya lebih besar atau tidak.

2. Bentuk Leher

Bentuk leher menentukan kualitas suara lovebird karena di dalamnya terdapat pita suara. Pada pita suara inilah cengkok lovebird terbentuk. Pilihlah lovebird dengan leher panjang berisi. Biasanya lovebird dengan ciri leher tersebut mampu mengeluarkan suara ngekek panjang.

3. Kondisi Bulu

Lovebird ngekek panjang memiliki ciri bulu yang mengilap dan tampak bersih. Burung yang terlihat bersih menandakan bahwa burung dirawat dengan baik dan memiliki mood yang bagus.

4. Postur Tubuh

Postur lovebird yang proporsional dilihat dari bentuk badan, kaki, dan ekor yang seimbang. Tubuh yang proporsional menandakan bahwa lovebird sehat dan benar-benar terawat dengan baik.

5. Sayap dan Kaki

Ingin memiliki lovebird ngekek panjang, pilihlah yang bentuk sayapnya mengapit dan kakinya dapat mencengkeram kayu tangkringan dengan kuat. Warna sayap dan kaki juga memberikan nilai lebih dalam penilaian fisik lovebird.

6. Sorot Mata

Lovebird untuk dilombakan memiliki sorot mata tajam dan terlihat melotot. Jangan memilih lovebird yang matanya sayu dan tampak tidak bersemangat.

7. Cengkok Suara

Cengkok suara dapat mempengaruhi penilaian lovebird untuk lomba. Ketika bakalan memiliki cengkok yang bagus, suaranya saat dewasa pun dapat diprediksi bisa ngekek panjang dengan maksimal.

Jenis Lovebird untuk Lomba

Hasil gambar untuk lovebird untuk lomba

Sumber: http://upload.wikimedia.org/wikipedia/

Beberapa lovebird berikut cocok untuk dilombakan karena warna bulunya yang indah beserta gambarnya.

1. Lovebird Blorok

Hasil gambar untuk lovebird blorok

Sumber: http://2.bp.blogspot.com

Lovebird Blorok terhasil dari persilangan jenis burung lovebird yang berbeda. Bisa dihasilkan dari lovebird Lutino dan Dakori. Selanjutnya, menjadikan anakan lovebird blorok hijau ataupun green series.

2. Lovebird Violet

Hasil gambar untuk lovebird violet

Sumber: https://1.bp.blogspot.com/

Lovebird Violet memiliki ciri-ciri bulu berwarna biru keunguan atau violet. Sementara ujung sayapnya berwarna hitam. Bagian perutnya berwarna putih, kepala dominan hitam, dan paruh putih pucat atau jingga tua.

3. Lovebird Batman

Hasil gambar untuk lovebird batman

Sumber: http://1.bp.blogspot.com

Lovebird batman warnanya didominasi hitam dan tergolong langka. Warna bulunya terkesan elegan dan maskulin membuatnya menjadi favorit penggemar lovebird, terutama pria.

Ciri utamanya yaitu warna bulu hitam, kecuali dada dan leher berwarna putih. Lovebird ini juga memiliki klep kacamata berwarna putih yang kontras dengan warna tubuhnya.

Itulah beberapa jenis lovebird termahal dan lovebird untuk dilombakan beserta ciri-cirinya. Anda bisa menjadikan ulasan di atas sebagai patokan dalam memilih lovebird untuk dilombakan.

 

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.