1
7

5 Tips Memilih Anak Ayam Bangkok yang Tepat (Kualitas Terbaik)

Memilih anak ayam bangkok tidak bisa dilakukan sembarangan. Anak ayam yang berkualitas, jika dibesarkan dengan baik, dapat menjadi jenis dewasa yang bernilai jual termahal. Oleh karena itu, perlu diperhatikan beberapa hal dalam pemilihannya.

Pemilihan anak ayam jenis bangkok bisa dilakukan mulai dari umur 2 minggu hingga 3 bulan. Anda juga harus berhati-hati dalam memilih anak ayam jenis ini, sebab ada beberapa yang palsu. Bagaimana cara membedakannya? Berikut ini ulasan lengkapnya.

Cara Memilih Berdasarkan Ciri Fisik

Pemilihan anak ayam menjadi faktor yang penting. Jenis anakan yang bagus akan bisa tumbuh menjadi ayam bangkok super dan punya harga jual yang mahal. Di bawah ini merupakan hal-hal yang harus Anda perhatikan dalam memilih jenis terbaik.

  • Bentuk Kepala

Anak ayam kualitas juara mempunyai bentuk kepala yang bagus, yakni mirip dengan burung jalak. Ciri kepalanya panjang dan agak besar dengan kulit kepala yang halus serta tipis.

Ciri-ciri kepala yang demikian menandakan anak ayam tersebut nantinya akan menjadi jenis aduan yang tahan pukul serta tidak mudah jera meski terluka. Bentuk kepala yang baik akan memberi kesan wibawa pada anak ayam ketika tumbuh menjadi tipe petarung.

  • Penampakan Paruh

Paruh bisa menjadi indikator anak ayam berkualitas super. Pada paruh yang bagus, terdapat garis tengah di bagian atas sehingga mirip dengan milik rajawali. Paruh dengan tanda tersebut mengindikasikan seekor anak ayam dapat mematuk dengan kuat.

Dari segi warna, paruh anak ayam yang Anda pilih sebaiknya memiliki rupa yang sedikit transparan. Jika Anda tidak dapat menemukannya, setidaknya pilihlah yang warna paruhnya sama dengan ruas kakinya.

  • Bentuk Mata

Ciri fisik lainnya yang bisa Anda lihat ketika memilih anak ayam jenis bangkok, yakni bentuk matanya. Bila anak ayam memiliki mata yang jernih, berbentuk bulat, dan sedikit masuk dalam rongga mata, dapat dipastikan penglihatannya jeli.

  • Kekuatan Kaki

Kaki jadi unsur penting untuk ayam bangkok aduan. Anak ayam yang Anda pilih haruslah mempunyai kaki yang seimbang serta lutut yang menonjol ke belakang. Bentuk jari kakinya normal memanjang dan terbuka agak lebar.

Selain itu, sisik kaki dari anak ayam sebaiknya dipilih yang agak kering. Hal ini dikarenakan anak ayam dengan ciri tersebut biasanya lebih tangkas, kuat, dan cocok memasuki arena tarung saat dewasa.

  • Bentuk Tulang

Bentuk tulang jadi faktor yang menentukan kekuatan tubuh dari anak ayam jenis bangkok. Struktur tulang yang bagus bisa menjadi penanda bahwa anak ayam mempunyai ketahanan yang baik. Ciri-ciri tulang yang bagus, yakni:

  • Tulang leher punya susunan yang rapat, sedikit memanjang, dan ukurannya besar.
  • Tulang bagian dada tebal, besar, dan memanjang sampai bagian tulang belakang. Ketika diraba, tulang terasa kuat, keras, dan rapat.
  • Tulang kakinya bulat dan punya lekukan menyerupai buah belimbing.

Ciri-ciri tersebut perlu Anda amati dengan baik, sebab harga ayam bangkok yang sudah tumbuh besar bergantung pada kekuatan dan daya tahannya. Makin baik kualitasnya, harganya kian mahal.

Trik Memilih Anak Ayam Usia 3 Bulan

cara merawat anak ayam bangkok

kompasiana.com

Cara memilih anak ayam umur 3 bulan bisa dengan memanfaatkan jangkrik yang dilempar hidup-hidup. Anda harus amati baik-baik gerakan dari anak ayam bangkok. Gerakan mengambil jangkrik bisa menjadi cara melihat kualitas anak ayam.

Anak ayam yang bagus akan cepat dalam mematuk dan dapat melompat dengan lincah saat mengejar jangkrik. Anak ayam yang kurang cerdik, geraknya kurang tangkas, dan terlihat kesulitan mendapatkan jangkrik.

Apabila sudah memilih, perhatikan cara merawat dengan baik, supaya anak ayam tumbuh sehat dan kuat.

Pemilihan Anak Ayam Usia 2 Minggu

cara memilih anak ayam bangkok

detik.com

Quote:

Anak ayam berumur 2 minggu bentuk tulang dan fisiknya masih lemas dan belum terbentuk dengan baik.

Sulit untuk mengetahui kualitas fisik dari anak ayam bangkok yang masih kecil. Cara terbaik untuk memastikan mutunya, yakni dengan melihat perilakunya. Untuk memancing munculnya perilaku yang bisa menggambarkan karakter anak ayam, Anda dapat menggunakan makanan.

Sebarkan makanan di sekeliling anak ayam yang lapar. Lalu, perhatikan cara anak ayam makan. Pilih anak ayam yang agresif mengambil makanan dan melindungi makanannya dari kawanannya.

Selain perilakunya saat makan, pastikan juga jenis kelamin anak ayam. Apakah ia jantan atau betina. Jika Anda sudah menentukan pilihan, rawatlah anak ayam tersebut dengan baik. Berilah tambahan vitamin dalam makanan anak ayam agar cepat besar.

Cara Mengetahui Keaslian dari Anak Ayam Jenis Bangkok

anak ayam bangkok super

http://ayamtempur.org

Anak ayam import atau yang asli akan berbeda dengan jenis lainnya. Anakan ayam bangkok mempunyai ciri yang khas. Anda bisa mengamati gambar di atas dan melihat beberapa hal, agar tahu keaslian dari ayam tersebut. Hal ini yang perlu Anda perhatikan:

  • Kaki dan Jari Kaki

Anak ayam jenis bangkok mempunyai ukuran kaki lebih panjang dan jari yang runcing. Sedangkan kebanyakan anak ayam jenis lainnya, kakinya pendek dengan jari yang lebih besar. Jadi, amati dengan baik bentuk kaki anak ayam tersebut.

  • Ukuran Kepala

Kepala dari anak ayam jenis bangkok lebih besar dan gemuk daripada yang lainnya. Ukuran kepala ini lebih mudah diamati dan dibandingkan. Sebagai perbandingan, perhatikan ukuran kepala pada anak ayam kampung yang ramping dan terkesan kecil.

  • Paruh dan Mata

Terdapat bentuk parit pada paruh anak ayam jenis bangkok. Akan tetapi, pada anak ayam yang masih sangat kecil, bentuk tersebut tidak terlalu tampak jelas. Mata anak ayam jenis ini juga lebih jernih dibanding yang lain.

Itulah beberapa tips memilih anak ayam bangkok yang bermutu bagus. Secara umum, kondisi badan serta perilakunyalah yang harus Anda amati dalam memilih. Jangan lupa juga untuk memastikan keaslian dari anak ayam tersebut sebelum membelinya.

 

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

    error

    Enjoy this blog? Please spread the word :)