292

√4 Pilihan Terbaik Pakan Lovebird agar Gacor (Dijamin Ampuh)

Pertumbuhan dan perkembangan burung lovebird dipengaruhi oleh pemberian pakan setiap harinya. Pakan lovebird yang dianjurkan yaitu pakan yang dapat meningkatkan performa dan perkembangan fisik serta mentalnya.

Agar kemampuan berkicaunya semakin meningkat, berikan pakan yang berkualitas dan bernutrisi. Di alam liar, setiap jenis lovebird akan memilih sendiri makanan yang disukainya.

Pakan alami lovebird di alam liar antara lain nektar bunga, biji-bijian, dan pucuk dedaunan. Ada juga lovebird liar yang mau memakan serangga ataupun ulat daun.

Pakan Utama Lovebird

Hasil gambar untuk food lovebird

Sumber: https://s3.bukalapak.com/img/

Bagi Anda yang memelihara atau melakukan budidaya lovebird, perhatikan pakan hariannya. Pakan harian terbagi menjadi dua yaitu makanan pokok dan makanan tambahan. Makanan pokok diberikan setiap hari, sementara makanan tambahan diberikan saat-saat tertentu.

Pakan utama tidak jauh berbeda dengan burung kicau lainnya. Beberapa jenis pakan utama yang dapat menjadikan burung lovebird gacor yaitu:

1. Milet

Milet ada dua macam yaitu, milet putih dan merah. Milet merah biasanya diberikan sebagai penurun birahi agar tidak kejer konslet, sementara yang putih bersifat netral.

Untuk pemberian dapat dicampur atau diberikan salah satu jenis saja. Dapat dicampurkan sebagai racikan PJM untuk lovebird yang akandilombakan.

2. Juwawut

Juwawut tepat diberikan kepada lovebird yang akan dikawinkan, karena di dalamnya terdapat protein dan zat kapur yang baik untuk pembentukan cangkang telur. Jewawut juga merupakan sumber kalsium untuk memperkuat tulang dan menunjang pertumbuhan.

3. Biji Kenari

Lovebird sama seperti burung parkit, kenari, dan finch yang merupakan pemakan biji-bijian. Salah satu bijian yang digemari yaitu canary seed atau biji kenari import. Di dalamnya terdapat kandungan nutrisi yang dapat menunjang pertumbuhan burung seperti protein, hidrat, dan lemak.

Selain menyegarkan tubuh, nutrisi tersebut mampu menambah stamina, memperbaiki suara yang serak, dan merangsang suara ngekek panjang.

Biji kenari yang bagus untuk diberikan yaitu yang berwarna kuning mengkilap atau sudah tua. Biji kenari juga harus bersih, kering, dan tidak berbau. Perlu diingat bahwa, biji kenari mengandung lemak, sehingga tidak boleh diberikan terlalu sering agar tidak obesitas.

Pilih biji kenari yang berwarna gelap dan padat karena umurnya sudah tua dan tepat diberikan sebagai makanan burung lovebird ternakan.Biji kenari dapat dicampurkan dengan milet yang lebih banyak.

4. Biji Oat atau Haver

Pakan berupa oat dapat mempercepat pertumbuhan pada fase mabung. Dengan nutrisi di dalam oat, struktur jaringan bulu dapat diperbaiki sehingga tampak lebih menarik. Selain itu, oat dapat menjadikan burung tidak mudah stres dan sakit.

Biji oat juga baik diberikan kepada burung yang terlalu kurus agar berat badannya meningkat. Karena oat mengandung protein, kalori, dan karbohidrat, cocok untuk indukan yang sedang meloloh anakannya. Anakan yang diloloh bijian oat dari induknya akan cepat besar dan sehat.

Baca Artikel Terkait : Harga Lovebird

Makanan Tambahan Lovebird

Hasil gambar untuk food lovebird sweet corn

Sumber: https://kompasiana.com

Makanan tambahan dapat diberikan untuk meningkatkan berahi, agar cepat bertelur, serta meningkatkan frekuensi kicauanya itu biji bunga matahari. Untuk meningkatkan daya tahan tubuh dapat diberikan tulang sotong dan cangkang telur ayam.

Bila perlu, berikan vitamin lovebird untuk meningkatkan stamina. Selain pakan yang diracik sendiri, Anda juga dapat memberikan pakan yang siap disajikan seperti Ultimate.

1. Kecambah

Kecambah mengandung bermacam vitamin dan zat gizi yang dapat meningkatkan stamina burung dan membuat suaranya semakin lantang. Kecambah dapat dicampurkan dengan racikan pakan lain untuk diberikan sebagai penambah stamina lovebird yang sudah siap untuk breeding.

2. Jagung Manis

Agar bisa gacor untuk lomba, Anda dapat memberikan jagung manis sebagai tambahan nutrisi dan menjaga kesehatan mata. Jagung mengandung vitamin C, B, betakaroten, dan folat. Nutrisi tersebut juga membantu menjadikan otot dan kekebalan tubuh semakin kuat.

Sebaiknya berikan jagung yang masih muda karena teksturnya masih lunak dan mudah dimakan. Jagung manis mentah dapat meningkatkan birahi jika diberikan secara teratur. Dapat diberikan sehari sekali atau dua hari sekali sebagai pakan tambahan.

3. Kangkung

Kangkung mengandung kalsium yang bagus untuk meningkatkan pembentukan cangkang telur, sehingga cocok diberikan sebelum dan saat bertelur. Namun, kangkung sebaiknya diberikan sekali sehari atau dua hari sekali untuk mengendalikan birahi lovebird.

4. Biji Bunga Matahari

Biji bunga matahari dikenal sebagai pakan hamster, tetapi lovebird juga cocok dengan pakan satu ini. Biji ini dapat meningkatkan berahi, tetapi dapat mengakibatkan kegemukan.

5. Tulang Sotong

Tulang sotong kaya akan kalsium dan mineral, sehingga baik bagi indukan lovebird yang siap dikawinkan.

6. Pakcoy

Pakcoy dapat dijadikan makanan tambahan untuk menurunkan libido. Selain itu, baik juga untuk meningkatkan kesehatan organ pencernaan. Sayur pakcoy dapat juga diganti dengan sawi putih.

Pakan Lovebird untuk Anakan di Bawah 4 Bulan

Hasil gambar untuk food baby lovebird

Sumber: https://idntimes.com

Menu terbaik untuk lovebird dapat diberikan sejak paud. Untuk lovebird lolohan atau di bawah usia 2 bulan, Anda dapat memberikan campuran bubur bayi dan pakan burung yang dihaluskan.

Berbeda untuk anakan lovebird yang sudah dapat makan sendiri, Anda dapat memberikan milet putih, gabah beras merah, biji kenari, jagung muda, dan kangkung. Porsi yang tepat untuk anakan adalah dengan perbandingan milet putih : gabah : biji kenari yaitu 5:2:1.

Quote: Menurut sejumlah pakar lovebird, memberikan pakan terbaik pada usia muda lebih baik daripada asupan makanan tambahan ketika sudah dewasa.

Makanan yang Berbahaya bagi Lovebird

Hasil gambar untuk danger food lovebird

Sumber: https://bukalapak.com

Lovebird adalah burung pemakan biji-bijian, buah, dan sayuran. Meski demikian, tidak semua biji dan buah-buahan dapat diberikan. Sebaiknya, hindari memberikan biji apel dan alpukat. Selain itu, jauhkan lovebird dari minuman seperti cokelat, kopi, minuman berkarbonat, dan susu.

Nah, demikianlah panduan memberikan pakan lovebird agar selalu sehat, gacor, dan lincah. Ulasan di atas dapat berguna untuk Anda yang beternak atau memelihara lovebird.

 

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.