cara merawat lovebird

√9 Jenis Perbedaan Lovebird Jantan dan Betina Dilihat dari Fisiknya

Memelihara lovebird merupakan kegemaran yang dapat mendatangkan keuntungan. Misalnya, dengan melakukan ternak lovebird. Sebagai peternak, mengetahui perbedaan lovebird jantan dan betina sangatlah penting.

Mencari perbedaan jantan dan betina dapat dilakukan dengan berbagai cara. Mulai dari mengamati bentuk fisik hingga tingkah lakunya.

Mengingat bisnis penangkaran lovebird begitu menguntungkan, sebaiknya lakukan dengan serius. Mulailah dari belajar membedakan jantan dan betina hingga mengetahui cara merawat lovebird yang baik.

Perbedaan dari Anatomi Tubuh

Hasil gambar untuk lovebird jantan dan betina

Sumber: https://idntimes.com

1. Bentuk Paruh

Cara pertama, perhatikan bentuk paruh burung. Lovebird jantan memiliki paruh berbentuk meruncing di bagian atasnya. Sementara bagian lain tidak berbeda dengan lovebird betina. Namun untuk yang betina, bagian atas paruhnya tampak tumpul.

2. Ukuran Tubuh

Jika membeli lovebird di kandang yang berisi banyak burung dan ingin mendapatkan yang jantan, Anda harus lebih teliti. Perhatikan ukuran tubuh. Umumnya jantan berukuran lebih kecil daripada yang betina.

3. Bentuk Kepala

Dari bentuk kepala, terlihat lovebird jantan tampak lebih rata pada bagian atasnya, sedangkan kepala betinanya melengkung atau cekung.

4. Bentuk Sayap

Anda bisa memperhatikan kondisi sayap dari luar sangkar. Sayap lovebird jantan mempunyai ujung yang saling bertemu dan menyilang, sedangkan yang betina ujungnya tidak menyilang. Sayap betina ujungnya akan tertutup rapat antara kanan dan kiri ketika mengatup.

5. Bentuk Ekor

Perbedaan ekor dapat menjadi penanda lovebird jantan dan betina. Lovebird jantan memiliki ekor yang terlihat lebih runcing. Sementara lovebird betina memiliki ekor yang lebih lebar dan rata.

6. Tulang Pubis

Tulang pubis atau supit pada lovebird jantan terasa rapat jika diraba. Sementara yang betina terasa lebih longgar. Namun, untuk pengecekan ini, lakukan dengan hati-hati agar tidak mengakibatkan burung cedera.

7. Lubang Hidung

Ketika masih paud atau dalam masa lolohan, Anda dapat membedakan lovebird jantan dengan betina dari lubang hidung karena belum banyak bulu yang tumbuh di sekitar hidung.

Jika lubang hidung berbentuk oval, maknanya lovebird Anda jantan. Pada lovebird betina, bentuk lubang hidungnya bulat dan melebar.

8. Lingkar Mata

Ciri khas lovebird yaitu memiliki klep kacamata atau lingkar mata. Bentuk klep ini dapat menunjukkan jenis kelamin lovebird. Jika klep berbentuk oval atau lonjong, kemungkinan besar lovebird jantan.

Sementara jika lingkar mata bulat, artinya lovebird Anda betina. Cara ini dapat berguna untuk beberapa jenis lovebird, tetapi sebagian yang lain perbedaannya tidak terlalu tampak.

9. Bentuk Anus

Cara membedakan lovebird jantan dengan betina juga dapat dilakukan dengan memperhatikan bentuk anus. Jika bentuknya menonjol dan panjang, kemungkinan lovebird jantan. Akan tetapi, jika anusnya lebih lebar dan rata, artinya lovebird itu betina.

Perbedaan dari Perilaku dan Gerak-gerik

Hasil gambar untuk lovebird jantan dan betina

Sumber: https://hipwee.com

1. Cara Bertengger

Di samping perbedaan bentuk fisik, lovebird jantan dan betina juga memiliki perilaku dan gerak-gerik berbeda. Dilihat dari cara bertengger, lovebird jantan kakinya cenderung merapat. Kalau yang betina merenggang. Hal ini disebabkan oleh perbedaan tulang supit mereka.

2. Tingkah Laku Saat Birahi

Tingkah laku saat berahi juga berbeda antara lovebird jantan dan betina. Ketika berahi, lovebird jantan akan mendekati betina dan mengangguk-anggukkan kepala. Kemudian mengeluarkan suara untuk menarik perhatian betina.

Kadang jantan juga suka melompati betina, meloloh, atau menaiki tubuh betina. Sementara lovebird betina ketika berahi lebih banyak menunduk dan membuka lebar-lebar sayapnya.

Lovebird betina juga suka menggigiti benda-benda yang di sekitarnya atau menungging dan mengepak-ngepakkan sayapnya ketika sedang berahi.

3. Perbedaan Cara Membangun Sarang

Lovebird jantan dan betina dewasa berbeda dalam cara mereka membangun sarang. Ketika membuat sarang, biasanya lovebird betina lebih aktif mengumpulkan serbuk kayu dan memasukkannya ke dalam glodok/gupon.

Namun pada lovebird jantan, biasanya hanya memberikan kulit kayu pada betina.

Teknik Membedakan Jenis Kelamin Lovebird

Gambar terkait

Sumber: https://kumparan.com

Anda dapat menggunakan bandul untuk membedakan jenis kelamin burung, termasuk lovebird. Caranya, persiapkan pendulum, cincin logam, atau jarum. Kemudian ikat dengan tali sepanjang 16-21 cm. Pegang lovebird dengan tangan kanan dan tali dengan bandul di tangan kiri.

Letakkan bandul di atas kepala lovebird dengan jarak antara 4 hingga 6 dari atas kepala. Jika pendulum atau bandul bergerak maju mundur, artinya lovebird tersebut jantan. Sebaliknya, bila pendulum bergerak memutar, artinya lovebird tersebut betina.

Cara ini bisa dilakukan sebelum Anda menjodohkan lovebird warnanya sama ataupun beda warna.

Perbedaan Lovebird Jantan BetinaUsia 2 Bulan

Hasil gambar untuk cara membedakan lovebird jantan dan betina

Sumber: https://2.bp.blogspot.com/

Quote: Menjodohkan lovebird sejak dini kerap dilakukan peternak karena lovebird adalah burung yang pemilih.

Membedakan lovebird jantan dan betina umur 2 bulan semakin sulit ketika Anda menghadapi jenis lovebird intermediate, seperti lovebird black collared. Untuk membedakan lovebird anakan usia 2 bulan, lakukan hal ini:

1. Perhatikan Tulang Supit

Tulang supit atau pubis berada di bawah dubur. Anda dapat meraba untuk menentukan mana yang jantan dan mana betina. Lovebird jantan memiliki tulang supit keras, lancip, dan rapat.P osisinya lebih tinggi dari tulang iga bawah.

Sementara yang betina memiliki tulang supit yang tumpul dan agak lunak. Posisinya ada di bawah tulang iga.

2. Perhatikan Perilakunya

Perilaku lovebird jantan dan betina juga berbeda satu sama lain. Lovebird jantan biasanya sering mengangguk-anggukkan kepala dan suka meloloh. Sementara yang betina lebih banyak diam dan sering minta diloloh.

3. Amati Ciri Fisik

Lovebird jantan biasanya mempunyai bentuk ramping dan paruh pipih, bentuk kepalanya datar, serta lehernya simetris. Lalu, lovebird betina tubuhnya lebih besar dengan paruh yang lebar dan lehernya terlihat pendek.

Demikianlah perbedaan lovebird jantan dan betina yang harus Anda ketahui sebelum menjodohkan jenis burung ini. Semoga ulasan ini bermanfaat bagi Anda.

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.