4
15

5 Varian Warna Lovebird Terpopuler (Paling Dicari di Pasaran)

Lovebird merupakan spesies Agapornis ini memiliki panjang antara 13-17 cm dengan berat hanya 40-60 gram. Burung ini juga disukai karena jinak, mudah dipelihara, memiliki adaptasi yang baik, tidak mudah sakit, dan tahan banting.

Jenis lovebird turunan sangat banyak, sehingga diberikannama berdasarkan warnanya. Setidaknya ada 5 warna lovebird yaitu kuning, hijau, biru, putih, dan merah, kemudian menghasilkan anakan lovebird warna pastel dan blorok. Inilah 5 kelompok warna terpopuler.

Kelompok Lovebird Warna Kuning

Hasil gambar untuk lovebird kuning

Sumber: http://idntimes

Lovebird kuning memiliki bulu dengan warna dominan kuning dengan beberapa aksen warna lain seperti jingga. Yang termasuk dalam lovebird kuning yaitu lutino. Lovebird ini mudah dikenali karena tubuhnya didominasi warna jingga dengan variasi hitam dan merah.

1. Lovebird Lutino Mata Merah

Lutino mata merah memiliki ciri khas warna kuning cerah pada badang hingga ekor, sedangkan leher dan kepalanya berwarna jingga. Burung ini memiliki ciri khusus yaitu retinanya berwarna merah.

2. Lovebird Lutino Mata Hitam

Seperti Lutino Mata Merah, burung ini memiliki warna kuning pada tubuh hingga ekor dan kepala. Perbedaannya, matanya berwarna hitam pekat.

3. Lovebird Pastel Kuning

Lovebird pastel kuning atau Paskun memiliki warna dasar hijau, mulai dari tubuh hingga ekor. Paskun mempunyai corak agak kehijauan dan bagian leher berwarna pastel.

Kelompok Lovebird Berwarna Hijau

Hasil gambar untuk lovebird hijau green series

Sumber: https://kompas.com

Lovebird hijau sangat dominan pada jenis ini sehingga disebut sebagai kategori green series atau gs. Perbedaan warnanya terletak pada aksen pada warna dominan hijau.

1. Lovebird Josan

Lovebird josan atau ijo standar memiliki warna dominan hijau tua di bagian sayap. Warna ini termasuk paling populer di antara lovebird yang lain.

2. Lovebird Pasjo

Pasjoatau pastel ijo didapat dari warna hijau dominan yang lembut pada tubuh dan sayapnya.

3. Lovebird Hijau Muka Merah

Lovebird ini mempunyai warna dominan hijau pada sayap dan tubuh.Ciri khusus terletak pada leher dan kepala berwarna merah degradasi kuning di bagian leher.

4. Lovebird Dakocan

Lovebird dakocan banyak diminati pecinta burung. Warnanya dominan hijau di bagian sayap dan badan. Terdapat aksen kuning pada leher dan kepala hitam. Dakocan sendiri terbagi menjadi 3 warna yaitu: dakocan biru, hijau, dan dakocan asli.

5. Lovebird Olive

Lovebird olive termasuk lovebird langka yang mahal. Keistimewaannya terletak pada warna tubuh hijau gelap kecokelatan. Utamanya pada bagian sayap dan kepala, sehingga disebut juga lovebird dark green. Sementara bagian leher warnanya kuning kehijauan.

Baca Artikel Terkait : Pakan Lovebird

Kelompok Lovebird Warna Biru

Hasil gambar untuk lovebird biru

Sumber: https://kumparan.com

Quote: Lovebird biru memiliki warna biru dominan sehingga disebut blue series. Yang membedakan antara satu dengan yang lain hanyalah aksennya saja.

1. Lovebird Biru Mangsi

Lovebird biru mangsi memiliki warna tubuh seperti tinta biru, dengan kepala berwarna hitam dan leher putih.

2. Lovebird Parblue

Parblue merupakan singkatan dari partial blue. Warna birunya hanya berupa aksen tetapi menjadi daya tarik sendiri bagi penggemar lovebird.

3. Lovebird Pastel Biru

Lovebird pastel biru memiliki warna pastel biru pada badan dan sayapnya. Pada kepala berwarna abu-abu dan leher berwarna putih.

4. Lovebird Blue Ice

Blue Ice warna memiliki warna badan sampai ekor berwarna biru, sedangkan leher sampai kepala berwarna putih. Warnanya yang lembut menjadikannya sangat cantik dijadikan pajangan.

5. Lovebird Cobalt

Cobalt memiliki dominan warna abu-abu gelap atau hitam sebagai aksen pada kepalanya.

Kelompok Lovebird Warna Putih

Hasil gambar untuk lovebird putih

Sumber: https://instagram.com

Lovebird putih kerap disebut albino karena didominasi oleh putih pada tubuhnya. Warna lovebird tersebut merupakan warna genetik karena indukan putih jantan dan betina dikawinkan.

1. Lovebird Albino Mata Merah

Albino mata merah memiliki warna putih polos pada sebagian besar tubuhnya. Sementara paruhnya putih agak kemerahan dan warna matanya merah.

2. Lovebird Albino Mata Hitam

Hampir sama dengan albino mata merah tetapi matanya hitam. Paruh albino hitam juga biasanya berwarna kuning.

3. Lovebird Pastel Putih

Lovebird ini memiliki warna putih dominan dengan kebiruan di beberapa bagian badan, sehingga menjadi warna pastel. Pastel putih biasanya memiliki kepala putih polos dengan paruh berwarna pucat.

Kelompok Lovebird Warna Merah

Hasil gambar untuk lovebird warna warni

Sumber: http://2.bp.blogspot.com

Lovebird merah muncul setelah terjadi persilangan lovebird hijau, biru, kuning, dan putih. Ada lovebird yang memiliki aksen merah, ada juga yang benar-benar berwarna merah. Lovebird merah disebut juga red suffused karena sebagian besar berwarna blorok merah.

Di pasaran kadang ada juga blorok yang berwarna kombinasi merah dengan biru atau hijau yang tidak tersusun rapi.

Di samping beberapa warna pokok itu, ada beberapa warna yang lain yaitu: halfsider, lovebird dengan dua warna yang terbagi kanan dan kiri, misalnya hijau dan merah.

Ada pula lovebird palamas, atau kepala emas memiliki warna kepala kuning keemasan.Serta lovebird violet yang memiliki warna violet pada bagian punggung, sayap, dan dada. Sementara wajahnya didominasi warna hitam.

Ada juga jenis lovebird hitam dapat dikatakan palingmahal dan langka. Yang termasuk ke dalam jenis ini yaitu batman, dengan warna dominan hitam pada tubuhnya. Warna aksen berupa abu-abu pada leher. Pada sayap dan wajahnya berwarna hitam.

Itulah beberapa kelompok warna lovebird yang dapat mempengaruhi harganya. Tidak ada patokan pasti warna apa yang paling mahal. Karena bagus dan tidak warnanya, orang awam pun dapat menilainya berdasarkan selera sehingga harga lovebird pun bervariasi.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

    error

    Enjoy this blog? Please spread the word :)