karya seni

Penjelasan Lengkap Karya Seni Mulai dari Pengertian Hingga Contoh-cotohnya Lengkap!

Karya Seni – Hai semua Sahabat Hamparan, berjumpa lagi dengan saya disini. Kali ini saya akan sedikit membahas sesuatu hal yang memiliki nilai keindahan. Suatu hal ini sering sekali bahkan kita juga menggunakanya dalam kehidupan sehari-hari.

Apa sih hal itu ? Bisa dikatakan hal itu adalah sebuah seni atau karya seni. Di setiap waktu maupun tempat kita selalu hidup dengan sebuah seni entah itu sadar ataupun tidak sadar.

Oke, sedikit penjelasan tadi langsung saja kita bahas dengan seksama terus simak artikel ini ya !

Karya Seni

karya seni

 

Dalam kehidupan sehari-hari kita selalu tidak terpisah dengan seni. Bahkan terkadang suatu bentuk entah itu barang maupun yang lain berbentuk audio kita tidak menyadarinya bahwa itu termasuk sebuah seni.

Karya seni sendiri sangatlah beragam dan bermacam-macam. Ada yang memiliki nilai guna, digunakan untuk hanya menjadi barang pelengkap agar menunjang suatu tempat atau yang lainya. Dalam karya seni sendiri bukan hanya dalam segi kecantikan atau estetika tapi juga bisa dijadikan sumber ekonomi bagi mereka yang bisa memanfaatkanya

Untuk mengetahui lebih dalamnya berikut ini pengertian dari karya seni :

Pengertian Karya Seni

karya seni
pxhere.com

Berawal dari seni, seni merupakan sebuah imajinasi yang di ciptakan oleh manusia dengan kreatif untuk mengungkapkan perasaan dari manusia itu sendiri. Yang dimana ciptaan tersebut mempunyai nilai estetika atau keindahan.

Jika dilihat karya seni merupakan sebuah hasil ciptaan dari seni itu sendiri disebut karya seni. Bentuk kesenian tersebut dapat muncul dari benda yang kita gunakan sehari-hari, serta juga benda yang kita gunakan khusus untuk kepentingan tertentu seperti ritual atau upacara-upacara yang lain.

Selain itu juga bisa didefinisikan lagi menjadi hasil ciptaan manusia yang di dalamnya terkadung unsur lembut, indah, halus, serta mempesona.

Karya seni merupakan induk dari beberapa karya seni, disini masih dibagi menjadi 2 kelompok atau jenis berikut ini jenis-jenis karya seni :

Jenis-jenis Karya Seni

Dalam hal pembagian karya seni merupakan sebuah peran induk atau penghimpun dari beberapa karya seni. Dalam karya seni sendiri memiliki dua kelompok di dalamnya yaitu seni rupa terapan dan seni rupa murni.

Berikut ini merupakan penjelasan terkait jenis-jenis dari karya seni.

Karya Seni Terapan

karya seni
pxhere.com

Seni terapan atau bisa juga disebut karya seni rupa terapan. Seni rupa terapan merupakan seni yang mengandung usur estetika atau keindahan. Tapi juga memiliki nilai guna atau fungsi dalam kehidupan sehari-hari disamping nilai estetika yang dimilikinya.

Jadi bisa diambil kesimpulan bahwa penggunaan seni rupa terapan ini bukan hanya dinikmati sebagai karya seni yang indah. Akan tetapi juga memiliki segi manfaat dan kegunaan dari benda seni tersebut.

Selain itu juga karya seni rupa terapan ini juga sering kali disebut sebagai karya seni aplikatif. Maksud atau arti dari aplikatif ialah karya tersebut dapat di aplikasikan atau digunakan dalam bentuk fungsi yang dapat memenuhi kebutuhan hidup manusia.

Dalam seni rupa terapan sendiri memiliki dua fungsi yaitu fungsi estetis dan praktis berikut ini pengertian lengkap dari kedua fungsi tersebut.

1. Seni Rupa Terapan Fungsi Estetis

Fungsi yang pertama dari seni rupa terapan ialah fungsi yang di gunakan atau ditujukan hanya untuk barang hias atau barang untuk mempercantik sesuatu dan hanya di nikmati unsur keindahanya saja.

Contoh dari fungsi seni rupa terapan estetis adalah vas bunga, topeng, benda kerajinan, batik atau kain tenun yang hanya digunakan sebagai pelengkap sebuah ruangan.

2. Seni Rupa Terapan Fungsi Praktis

Seni rupa terapan memiliki fungsi praktis. Fungsi ini merupakan salah satu tujuan pembuatan dari seni rupa terapan ini yaitu memberikan fungsi pakai bukan hanya dinikmati keindahanya saja.

Dari fungsi ini sebenarnya sudah sering kita menggunakanya sebagai contoh dari seni rupa terapan ini adalah meja, kursi, almari, rumah, dan masih banyak lagi yang lainya. Pada dasarnya semua itu merupakan salah satu dari pemanfaatan dari seni rupa terapan.

Selain memiliki fungsi, seni rupa terapan ini juga dibedakan berdasarkan wujud, dan bentuk. Banyak sekali jenis dan bentuk dari seni rupa terapan ini, berikut ini penjelasan terkait bentuk dari seni rupa terapan.

Karya Seni Murni

karya seni
pxhere.com

Berbeda dengan karya seni terapan, karya seni murni merupakan sebuah karya seni yang dimana karya seni itu di ciptakan bukan untuk mempertimbangkan dari segi pakai akan tetapi di ciptakan untuk dinikmati keindahanya.

Sangat berbeda jauh dengan karya seni terapan yang bahkan bisa juga digunakan dalam kegiatan sehari-hari. Biasanya dalam karya seni murni ini menampilkan sebuah hasil seni yang memiliki nilai estetika yang tinggi dan berkualitas. Banyak sekali dalam kehidupan sehari-hari kita bisa menemukan hasil dari karya seni murni ini.

Bahkan bukan hanya di temukan dalam sekitar kita, karya seni murni ini terkadang dijadikan sebagai ajang pengekspresian diri dari seniman di dalam sebuah galeri maupun pameran agar bisa dinikmati banyak orang. Seperti contoh seni murni adalah patung, lukisan, kaligrafi, dan masih banyak lagi yang lainya.  Dari kesemua itu hanya mengandung fungsi dari estetika saja tidak ada fungsi praktisnya.

Bukan hanya terpaku pada jenis-jenis karya seni saja, karya seni sendiri juga memiliki beberapa bentuk pada dasarnya. Di bawah ini penjelasan lengkap terkait pengertian karya seni berdasarkan bentuknya.

Pengertian Karya Seni Rupa Berdasarkan Bentuknya

Pada dasarnya semua seni rupa memiliki banyak bentuk. Ada yang umum kita jumpai ada juga yang bahkan terlihat aneh dan jarang kita jumpai akan tetapi masih memiliki nilai guna dan nilai estetis.

Dalam hal ini seni terapan ini di bagi menjadi 2 cabang yaitu seni rupa terapan 3 dimensi dan seni rupa terapan 3 dimensi. Dari beberapa grup pembagian tersebut memiliki banyak ragam bentuk dan fungsi.

Berikut ini penjelasan dari jenis-jenis karya seni rupa terapan berdasarkan bentuknya.

Seni Rupa 2 Dimensi

karya seni
pxhere.com

Dalam pembagian seni rupa menurut bentuknya yang pertama adalah seni rupa 2 dimensi. Seni rupa 2 dimensi adalah sebuah karya seni yang hanya memiliki 2 bagian sisi, yaitu sisi panjang dan lebar.

Seni rupa 2 dimensi ini merupakan seni yang tidak memiliki ruang karena dalam komposisinya seni rupa 2 dimensi tidaklah memiliki unsur ketinggian dan ketebalan.

Ada banyak sekali contoh karya seni 2 dimensi ini dalam kehidupan sehari-hari kita. Dibawah ini merupakan contoh karya seni 2 dimensi :

Karya Seni Lukisan

karya seni
ilmuadalahpelitadunia.blogspot.id

Lukisan merupakana suatu karya seni yang karya tersebut dibuat dengan menggunakan media kanvas, dinding, kertas, dan sebagian media datar yang bisa digunakan untuk melukis.

Proses dalam pembuatan karya seni ini menggunakan sebuah cat dengan bantuan kuas, tangan kosong, dan peralatan lainya. Dengan cara dioleskan keatas sebuah media datar dengan pola sedimikian rupa hingga membentuk suatu bentuk indah.

Hal yang sangat mengesankan dimana dari setiap lukisan yang dibuat mengandung suatu makna tersirat dan nilai. Yang dimana nilai ini ingin disampaikan oleh sang pembuat kepada penikmat lukisan tersebut.

Karena sebab itu para pelukis dalam membuat sebuah karya seni lukis yang unggul harus mengeluarkan semua imajinasi yang mereka punya serta kecakapan skill yang tinggi untuk menciptakan sebuah hasil yang luar biasa dan maksimal.

Seni Grafis

karya seni
agungparamitha.blogpsot.com

Grafis merupakan sebuah cabang seni rupa yang dimana dalam proses pembuatanya menggunakan teknik cetak atau printing. Dalam kehidupan sehari-hari seni grafis ini bisa disebut juga printmaking.

Dalam penggunaanya seni grafis ini menggunakan banyak media untuk pembuatanya seperti cat air, tinta, cat minyak, pastel minyak, dan masih banyak lagi yang lainya. Dengan media dasar yang digunakan untuk tempat cetakan seperti kertas, kain, dan masih banyak lagi yang lainya.

Karya Seni Fotografi

karya seni
pxhere.com

Fotografi adalah salah satu bagian dari seni 2 dimensi yang sekarang sangat banyak di minati oleh orang. Karena perkembagnan zaman sendiri menjadikan seni fotografi sendiri semakin maju karena alat yang digunakan sebagai media juga ikut berkembang, yaitu kamera.

Jika dulu pengaplikasian dari seni fotografi ini hanya menggunakan jenis kamera digital. Karena perkembangan zaman yang pesat sekarang hampir semua handphone memiliki kamera yang memadai untuk melakukan seni fotografi ini.

Karena menggunakan handphone, jadi semua orang bisa mengekspresikan diri dan mengabadikan momen hidupnya kapan saja, dan hasil dari kamera tersebut merupakan karya seni fotografi.

Seni Kaligrafi

karya seni
seekershub.org

Kaligrafi merupakan seni 2 dimensi dimana seni ini merupakan suatu penggabungan akulturasi antara budaya islam dan seni grafis atau seni lukis yang menjadikan suatu bentuk ekspresi seni.

Umumnya seni kaligrafi ini banyak di jumpai di tempat-tempat peribadatan umat muslim.

Seni Mozaik

karya seni
pics4learning.com

Seni mozaik merupakan salah satu seni yang bisa dibilang sangat membutuhkan kreatifitas, keuletan, dan imajinasi yang tinggi. Sebab karya seni yang satu ini merupakan karya seni yang dibuat dengan cara menempelkan atau menyusun benda sehingga membentuk sebuah karya yang indah dan elok dipandang.

Biasanya bahan yang digunakan untuk membuat seni mozaik ini menggunakan pecahan kaca, sobekan kertas, ataupun juga menggunakan kulit telur maupun serpihan kayu.

Dari bahan-bahan diatas disusun sedimikian rupa menjadi sebuah hasil seni yang elok dan memiliki nilai estetika tinggi.

Karya Seni 2 Dimensi – Poster

karya seni
ew.com

Poster juga merupakan salah satu jenis hasil karya seni terapan 2 dimensi. Karya seni ini dibuat dengan media kertas, dinding, dan media datar lainya dengan wujud yang indah dan menarik.

Seni poster ini dibuat dengan tujuan memberikan sebuah informasi, baik ajakan maupun propaganda. Penggunaan dari poster ini sangatlah efektif, biasanya poster ini digunakan untuk mengiklankan sebuah produk, sebab penggunaan dari poster sendiri sangat mempengaruhi seseorang.

Seni Karikatur

karya seni
kartunwartono.wordpress.com

Mungkin sebagian orang sudah sedikit mengenal salah satu karya seni 2 dimensi ini yaitu karikatur. Karikatur sendiri merupakan sebuah gambar konkret dari suatu objek yang sifatnya dilebih-lebihkan untuk memunculkan makna tertentu.

Karikatur ini biasanya dibuat untuk menjadi sarana penggambaran suatu subjek dengan maksud untuk menimbulkan sebuah kelucuan bagi subjek itu sendiri. Akan tetapi bukan hanya sarasa untuk menghibur juga seni karikatur ini juga digunakan untuk sarana pengkritikan bagi pemerintah lewat karya seni.

Karya Seni Rupa 3 Dimensi

karya seni
pxhere.com

Berbeda dengan seni rupa 2 dimensi yang hanya menggunakan unsur panjang dan lebar atau bisa dikatakan hanya bisa terlihat dari depan, adapun yang bisa di lihat dari samping maupun dari atas sangatlah jarang.

Sedangkan seni rupa 3 dimensi ini merupakan karya seni yang mempersatu padukan unsur panjang,lebar, dan tinggi. Sehingga membentuk volume yang menjadikan karya seni 3 dimensi ini bisa dilihat dari segala sisi dan arah mana pun.

Bukan hanya dilihat dari segi artistik atau estetikanya seni 3 dimensi ini juga banyak juga memerapkan fungsi guna dari seni terapan itu sendiri.

Banyak sekali contoh-contoh dari seni rupa 3 dimensi ini  yang sering sekali kita lihat dalam kehidupan sehari-hari, berikut ini contoh-contoh dari karya seni rupa 3 dimensi.

Contoh Seni 3 Dimensi – Tugu

karya seni
gapuranews.com

Contoh karya seni 3 dimensi yang pertama adalah tugu. Tugu sendiri merupakan sebuah hasil karya seni 3 dimensi yang dimana karya seni tersebut dibuat dengan material seperti batu, batu bata, dan yang sebagainya yang bersifat tahan lama.

Tugu merupakan salah satu karya seni yang mengandung makna untuk mengenang ataupun memperingati sebuah kejadian sejarah.

karya Seni 3 Dimensi – Monumen

karya seni
commons.wikimedia.org

Pengertian dari monumen sendiri adalah sebuah jenis bangunan yang dibuat untuk memperingati seseorang ataupun sebuah peristiwa yang penting bagi suatu kelompok. Yang dimana bangunan tersebut mengingatkan kejadian pada masa lalu.

Patung

karya seni
pxhere.com

Patung merupakan salah satu karya seni yang sudah dari zaman dahulu ada. Bukan hanya dari zaman Yunani kuno bahkan juga dari Mesir kuno sendiri. Seni patung merupakan seni yang tercipta dari hasil ekspresi, imajinasi, maupun emosional manusia yang di sampaikan dengan sebuah bentuk visual melalui sebuah media 3 dimensi yang mempunyai tujuan keindahan.

Seni rupa 3 Dimensi Keramik

karya seni
pxhere.com

Mungkin sebagian orang sudah tidak begitu asing dengan apa yang disebut keramik. Keramik sendiri merupakan salah satu cabang jenis rupa 3 dimensi yang dibuat untuk digunakan sebagai seni yang memiliki fungsi guna dan estetika.

Contoh-contoh dari seni keramik ini seperti vas bunga piring antik, porselin, dan masih banyak lagi yang lainya.

Seni Kriya

karya seni
pixabay.com

Hand crafting atau bisa juga disebut seni kriya. Seni kriya merupakan sebuah kerajinan atau karya seni yang menggunakan ketrampilan tangan untuk membuatnya. Tapi dalam seni kriya ini bukan hanya mengutamakan unsur estetikanya saja akan tetapi juga mengutamakan fungsi guna itu sendiri.

Selain dari bentuknya karya seni ternyata juga memiliki banyak fungsi dimana fungsi tersebut sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari.

Fungsi Karya Seni

Bukan hanya menekankan dalam penggunaan karya seni terapan, murni, atau karya seni 2 dimensi maupun 3 dimensi. Akan tetapi karya seni sendiri memiliki beberapa fungsi yang lebih kompleks dalam kehidupan sehari-hari. Berikut ini penjelasanya!.

1. Fungsi  Pemenuhan Kebutuhan Emosional

Fungsi yang pertama adalah sebagai saran pemenuhan kebutuhan emosi manusia. Manusia sendiri memiliki banyak sekali jenis emosi atau juga perasaan seperti senang, sedih, marah, haru, dan bahkan bahagia.

Hasil karya seni merupakan salah satu cara yang ampuh digunakan untuk menenangkan bahkan menciptakan sebuah perasaan yang bisa menjadikan perasaan manusia itu tenang dan damai.

Contohnya jika seseorang mengalami perasaan yang buruk atau bosan dan juga keletihan, bisa saja seseorang tersebut harus melakukan rekreasi seperti halnya melihat konser, melihat pameran seni, ataupun segala bentuk yang terkait seni.

Fungsi Komunikasi

Manusia merupakan makhluk sosial yang dimana selalu bergantung pada orang lain. Dalam hal ini manusia juga harus memiliki aspek komunikasi, banyak sekali alat yang digunakan manusia untuk berkomunikasi dengan sesamanya.

Salah satu alat komunikasi pokok yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari merupakan bahasa. Karena hampir setiap daerah ini memiliki bahasa yang berbeda-beda menjadikan harusnya memilih salah satu bahasa yang digunakan agar semua orang mengerti atau bisa juga dikatakan bahasa universal, bahasa itu merupakan karya seni.

Dari karya seni ini banyak orang menyampaikan sebuah pendapat dengan sebuah bentuk yang indah sehingga banyak orang bisa mengerti terkait apa yang hendak di sampaikan lewat karya seni tersebut.

3. Fungsi Edukasi

Bukan hanya dijadikan untuk sarana komunikasi, sebuah karya seni juga dijadikan sebuah sarana untuk edukasi. Dalam karya seni sendiri bukan hanya memiliki kegunaan estetika tapi juga menyimpan sebuah informasi, baik informasi tersirat maupun tersurat.

Informasi tersebut dibutuhkan untuk membimbing dan mendidik mental serta tingkah laku menuju kondisi yang lebih baik.

4. Fungsi Peribadatan

Seni juga merupakan salah satu media dalam peribadatan atau media dalam agama yang memudahkan manusia untuk lebih bisa mendekatkan diri dengan sang pencipta.

Salah satunya seperti Candi, pura, masjid, dan masih banyak lagi yang lainya. Selain itu juga seni merupakan sarana dakwah yang sangat bagus.

5. Fungsi Kebutuhan kebutuhan Fisik

Pada hakikatnya manusia merupakan makhluk yang sangat menyukai hal-hal yang indah dan juga bisa digunakan untuk membantu kehidupanya. Dari seni sendiri bukan hanya memiliki fungsi keindahan atau estetika melainkan juga mempunyai sebuah fungsi yang dapat membantu kebutuhan manusia yaitu fungsi seni terapan.

Dalam hal ini fungsi terapan merupakan sebuah sarana dimana sebuah seni memberikan banyak manfaat dari mulai kebutuhan fisik, kenyamanan manusia, dan masih banyak lagi yang lainya.

 

Penutup

Mungkin cukup sekian sekilas pengertian karya seni mulai dari pengertian hingga fungsi karya seni yang bisa dapat manfaatkan. Mungkin cukup itu saja yang bisa saya jelaskan semoga bisa menambah pengetahuan dari semua para pembaca.

Owh iya bagi kalian yang tertarik untuk belajar tentang seni rupa ini sekarang sudah banyak situs kursus yang menyediakan dan memberikan ilmu tentang seni rupa ini. Baik dengan pembelajaran lewat visual maupun langsung.

Jika mungkin ada tambahan bisa menulis di kolom komentar. Terima kasih sudah membaca semoga bermanfaat!

 

Baca Artikel yang Lain Klik Disini !!!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.