Penjelasan Singkat Terkait Pengertian Kayu Gaharu Hingga Manfaat Kayu Gaharu

Manfaat Kayu Gaharu – Pernahkah kalian berfikir bahwa di negeri kita ini terdapat harta karun yang sangat berharga ? Pasti di dalam pikiran kalian terbersit sebuah harta yang melimpah terdiri dari emas, perak, mutiara, dan intan permata.

Tapi kalian salah besar harta karun yang berada di indonesia bukan hanya itu saja. Ternyata ada banyak harta karun yang berada di negeri kita ini, bukan hanya emas, perak, intan permata, dan terumbu karang. Tetapi ada salah satu kayu yang nilainya hampir sama dengan emas dan sebagainya tadi.

Pernahkah kalian mendengar kata kayu atau pohon gaharu ? Terbersit atau tidak bahwa sebuah kayu nilainya hampir melebihi harga emas dan permata ? Ini lah dia salah satu harta karun negeri kita.

Banyak yang kita bisa dapat dari manfaat kayu gaharu. Semua penjelasan ada di bawah silahkan simak dan pelajari.

Pengertian Pohon Gaharu

manfaat pohon gaharu

Pohon gaharu adalah salah satu pohon termahal di dunia. Pohon ini mulai masuk dalam dunia komoditi perdagangan pada awal era modern tahun 1200 tahun yang lalu. Dikenal karena manfaat kayu gaharu ini sangat beragam.

Tak ayal jika dari zaman kerajaan-kerajaan kuno terdahulu yang berada di timur tengah dan asia sendiri menganggap kayu gaharu ini adalah kayu raja karena sangat banyak dari segi manfaatnya.

Kayu yang bergenus Aquilaria (anggota famili thymelaeaceae) ini adalah salah satu jenis kayu yang khas berasal dari Indonesia. Ada banyak jenis dari kayu gaharu yang mulai dibudidayakan di Indonesia : Aquailaria, malaccensis, A. microcarpa, A. beccariana, A. hirta, A. filaria, dan Gryinops verstegii.

Karena kesadaran dari masyarakat dan pemerintah akan banyaknya manfaat dari kayu gaharu ini dari segi ekonomi dan kesehatan sangat tinggi, maka mulai banyak petani yang membudidayakan kayu ini.

Keunikan dari Kayu Gaharu

Bukan hanya manfaat kayu gaharu saja yang berlimpah tapi kayu ini juga memiliki keistimewaan yaitu kandungan resin atau damar wangi yang memiliki aroma harum khas. karena sebab itu banyak pemburu dari kayu ini yang rela merogoh saku dalam-dalam untuk mendapatkanya.

Lantaran dari aroma yang khas tersebut kayu gaharu sangat populer bahkan sangat disukai oleh masyarakat di negara Timur Tengah, Cina, Jepang, Korea, dan juga jepang.

Di beberapa negara tersebut mereka menggunakan manfaat dari kayu gaharu ini sebagai bahan baku untuk industri dan beberapa produk lainya. Dan tak lupa juga kayu ini juga dimanfaatkan sebagai keperluan kegiatan keagamaan.

Manfaat Kayu Gaharu

manfaat kayu gaharu
dubaimadame.com

Hanya dari batang ini menjadi banyak yang dihasilkan. Banyak manfaat pohon gaharu yang mungkin sebagian orang tidak mengetahui, padahal sudah tenar dari hampir 1500 tahun.

Sebenarnya bukan hanya gubal atau galihnya saja yang bisa dimanfaatkan dari tanaman gaharu. Batang dari tanaman ini pun juga dimanfaatkan untuk diolah menjadi minyak dan juga dari tumbuhan ini pun bisa digunakan untuk obat herbal dan teh.

Banyak manfaat yang tak terduga dari kayu gaharu ini. Selanin menjadikanya sebagai pewangi, Karena zaman semakin maju manfaat kayu gaharu pun juga semakin di modernisasi. Sekarang bukan hanya menjadi pewangi tapi bahkan bisa menjadi kosmetik untuk kesehatan kulit dan juga menjadi beberapa obat ampuh untuk penyakit ganas.

Berbagai manfaat kayu gaharu untuk kesehatan :

 Manfaat Kayu Gaharu Menjaga Kesehatan ginjal

manfaat kayu gaharu
ohayo.co.id

Dalam budaya Cina dan jepang mengupas tuntas manfat gaharu sudah dari zaman nenek moyang. Buktinya dari beratus-ratus tahun yang lalu batang gaharu sudah dimanfaatkan sebagai obat herbal penguat dari ginjal. Diminum secara teratur, teh batang yang terbuat dari tumbuhan ini bisa menyembuhkan penyakit ginjal kronis seperti batu ginjal dan gagal ginjal.

Mengatasi Sakit Perut

manfaat kayu gaharu
hariansehat.com

Dari selain mengobati penyakit ginjal manfaat kayu gaharu tidak hanya itu saja. Karena salah satu kandungan dari olahan herbal dari batang dan daun mengadung zat aktif berupa karbon aktif, silicon dioksida, kaolin, dan pectin. Terkandunganya beberapa zat di samping membuktikan bahwa dari kayu gaharu sendiri pun bisa mengobati sakit perut.

Menjadi Antibiotic Bagi Tubuh

manfaat kayu gaharu
Obatimunitas.com

Manfaat kayu aharu selanjutnya adalah sebegai zat kekebalan tubuh. Ditemukan pertama kali pada tahun 1928 oleh ilmuan Alexander Flemming zat hasil penelitianya bernama antibiotic penesiln. Kandungan zat itu dapat menghambat dan bahkan membunuh mikroorganisme lain yang bersifat merugikan dalam tubuh.

Manfaat Kayu Gaharu Menurunkan Tekanan Darah Rendah

manfaat kayu gaharu
tribunnews.com

Dalam salah satu zat di dalam batang gaharu dapat menghilangkat sumbatan pada pembuluh darah, sebab sifat dari zat tersebut adalah melebarkan pembulu darah.

Membuat Awet Muda atau Membuat Awet Muda

manfaat kayu gaharu
tampilcantik.com

Karena banyaknya manfaat kayu gaharu limbah penyulingan dari batang yang menjadi minyak atsiri yang dapat menangkal dan sekaligus melindungi dari sinar UV. Karena dari minyak tersebut mempunyai Ph yang pas untuk menyeimbangkan kebutuhan kulit akan sinar UV.

Manfaat Kayu Gaharu Mencegah Tumor

Karena masih jarangnya pengetahuan tentang manfaat gaharu ini banyak orang yang salah mengira bahwa di dalam batangnya yang diolah dengan benar dapat memaksimalkan zat flivonoid yang bisa mencegah tumbuhnya tumor pada diri manusia dan juga dapat menjaga dan memelihara kesehatan sel.

Mencegah Kanker

Masih karena zat flavonoid yang berasal dari batang kayu gaharu ini ternyata bukan hanya tumor saja yang di cegah tetapi juga dapat menekan zel kanker yang tumbuh didalam tubuh. Jadi tidak usah khawatir dan jangan ragu untuk memanfaatkan pohon gaharu.

Merilekskan Pikiran & Mengobati Insomnia

manfaat kayu gaharu
lifehack.org

Karena kekhasan dari aroma gaharu mampu merelaksasikan dari pikiran yang sedang stres, maka dari itu banyak masyarakat Timur Tengah yang menjadikan kayu gaharu ini sebagai pewangi ruangan dan untuk sarana peribadatan umat beragama.

Karena aroma yang merilekskan pikiran tersebut bisa menjadikan orang lebih tenang dan cukup membuat orang yang Insomnia menjadi tidur terlelap serta terlihat lebih bugar.

Mengontrol Gula Darah

Salah satu manfaat dari teh batang dan daun gaharu adalah meningkatkan hormon insulin. Hormon ini bekerja sebagai penekan dari kadar gula dalam tubuh agar tetap seimbang.

Detekosifikasi

Manfaat kayu gaharu yang lain setelah diolah adalah dapat menguraikan racun dalam tubuh. Hampir sama dengan poat herbal yang lain dari batang dan kulitnya memilikii efek duiritik sehinga rasio frekuensi dari buang air kecil akan meningkat saat masa detoksifikasi.

Tempat Persebaran Kayu Gaharu

peta indonesia, manfaat kayu gaharu
goodnewsfromindonesia.com

Awal mula persebaran kayu ini berada di hampir seluruh nusantara keculai di Jawa dan Nusa Tenggara. Selain itu persebaran kayu ini juga berada di beberapa Negara Asia lainya seperti India, Pakistan, Myanmar, Thailand, Malaysia, dan Philipina. Akan tetapi dari enam dari banyak jenis dari kayu gaharu ditemukan di Indonesia.

Pada dasarnya kayu ini berada dalam hutan-hutan seperti hutan Kalimantan, Sumatera dan Irian. Sebab masih belum banyaknya informasi tentang kayu ini banyak pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab yang melakukan penebangan liar dan menyertakan kayu gaharu.

Lantaran banyaknya penebangan liar hutan tersebut kayu gaharu alami yang berada di hutan semakin sedikit. Karena itu mengakibatkan melonjaknya harga dari kayu tersebut dan bahkan dari situ ada beberapa jenis dari kayu gaharu ini yang hampir punah di beberapa hutan wilayah Indonesia.

Lokasi Ideal Pertumbuhan Gaharu

manfaat kayu gaharu
tipspetani.blogspot.id

Karena manfaat kayu gaharu ini sangat banyak sekarang mulai banyak yang gencar menanam pohon ini. Selain dapat tumbuh di hutan, pohon yang kaya akan manfaat ini juga bisa tumbuh di depan pekarangan rumah masyarakat

Sebab pada dasarnya semua warga memiliki banyak kesempatan untuk bisa menanam pohon seribu manfaat ini. Akan tetapi untuk memperoleh hasil yang maksimal dalam segi pertumbuhan, pohon ini harus ditanam pada lokasi dan kondisi yang sesuai dengan habitatnya asli.

Tempat terbaik penghasil tanaman gaharu adalah dataran rendah dan lereng-lereng bukit sampai ketinggian 750 Mdpl.

karena mudahnya penanaman dan tidak lama dalam memanen, hanya sekitar 8 tahun dengan perawatan yang baik mungkin bisa meraup jutaan rupiah dari hasil pohon tersebut.

 

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.