penrajin batik tulungagug

Mengenal Lebih Dalam Batik Khas Tulungagung yang Eksotis dan Menawan

Batik Tulungagung – Hai sahabat Hamparan. Kali ini aku akan membahas sedikit tentang salah satu kekayaan budaya Indonesia yang terkenal sampai mancanegara. Bahkan UNESCO salah satu bagian dari PBB yang bertugas dalam bidang budaya dan ilmu pengetahuan. Menyatakan secara bahwa Batik Indonesia adalah salah satu warisan dunia.

Karena Batik Indonesia dipercaya sudah ada dari dulu zaman kerajaan kuno Indonesia yaitu Majapahit pada akhir abad 18 ada juga yang pendapat pada awal abad 19.

Batik sendiri terbuat dari kain dengan teknik yang tradisonal. Pembuatan pola yang masih sederhana dan penggunaan pewarna alami pada awalnya seperti menggunakan getah pohon kulit, kayu, daun, dan masih banyak lagi yang lainya.

Persebaran batik pun hampir disetiap daerah di Indonesia mempunyai batik. Karena persebaran batik yang universal di setiap daerah, semua batik mempunyai ciri khas dan keunikan tersendiri mengikuti daerahnya.

Seperti yang terkenal batik dari Kota Yogjakarta dan Kota Solo, karena kekhasan motif yang dibuat. Tapi dari daerah lain tidak kalah keren looh guys! Salah satunya yang akan aku bahas pada kali ini adalah Batik Tulungagung.

Batik Tulungagung

motif cucak rowo, batik tulungagung

Tulungagung kota yang terletak di daerah pesisir Jawa Timur ini memiliki sebuah desain batik yang khas. Permulaan budaya membatik masuk ke Tulungagung berawal dari keterkaitanya dengan Kerajaan Majapahit yang masih memiliki hubungan kekerabatan dengan daerah Mojokerto.

Pada masa itu Tulungagung yang masih bernama daerah Bonorowo yang notabene masih banyaknya daerah berawa dan dikuasai oleh seorang pejabat, yaitu Adipati Kalang.

Karena Kerajaan Majapahit sedang ada ekspedisi pengemban daerah kekuasaan. Dan akhirnya ketika kerajaan memasuki daerah Tulungagung untuk mengambil daerahnya ternyata sang Adipati Kalang melawan dan terjadi pertumpahan darah hingga akhirnya tewas.

Dan kabarnya tempat tewasnya Adipati Kalang berada di daerah Kalangbret Tulungagung. Setelah dikuasai oleh Majapahit para prajurit dan petugas lainya dari Kerajaan Majapahit pun bermukim disitu dan membawa sebuah kesenian yaitu batik.

Mulai dari situlah Tulungagung mulai mengerti batik dan berkembang dalam industri kain mewah ini. Karena berkecambuknya perang dunia I & II banyak dampak yang terjadi terutama pengusaha yang gulung tikar karena perang tersebut.

Tetapi bukan hanya dampak negatif ternyata ada juga dampak positif yang menjadikan industri batik semakin membaik. Karena obat-obat dari luar negeri berdatangan karena dibawa oleh para pedagang Cina.

Selain dampak pemajuan bahan yang dahulunya hanya menggunakan soga jambal, mengkudu, nila tom, dan tingi sebagai obat dan bahan pewarna, dari segi pengolahan dan pemasaran pun mulai meningkatkan peminat batik Tulungagung.

Perkembangan Batik Tulungagung

perkembangan batik tulungagung
murid.info

Perkembangan dari Batik Tulungagung mulai signifikan pada saat kebijakan salah satu Bupati Tulungagung untuk memajukan industri ini. Dari tangan belau dibentuklah peraturan daerah yang mewajibkan seluruh instansi menggunakan Batik Tulungagung sebagai salah satu baju dinas.

Tak hanya itu untuk menjadi pakaian dinas, Batik Tulungagung juga diwajibkan untuk menjadi salah satu seragam sekolah. Untuk mengenalkan kepada generasi muda betapa kayanya Tulungagung akan karya seni batik ini.

Bukan hanya itu saja upaya pemerintah daerah yang gencar mengkampanyekan Batik menjadi gaya hidup sehari-hari membuahkan hasil. Banyak event organizer yang mengadakan lomba desain batik dan fashion show batik Tulungagung untuk menyari generasi yang berbakat guna menyongsong kemajuan Batik Tulungagung ini.

Perubahan pola pikir masyarakat yang dulunya hanya memakai batik ketika ada acara penting, sekarang hampir setiap hari dalam keadaan apapun batik menjadi solusi utama dalam masyarakat.

Jenis-Jenis Batik Tulungagung

Ada banyak jenis batik yang berasal dari Kota Tulungagung Hampir 80 lebih. Beberapa wilayah di Kabupaten Tulungagung secara generasi ke generasi menjadi  sebuah sentra pengembangan batik di Tulungagung ini.

Pembuatan motif batik pun juga ada beberapa jenis menurut daerah atau wilayah pembuatanya :

1. Ciri Khas Batik Bangoan

batik tulungagung
rradio.net

Batik ini adalah Batik yang berkembang di wilayah desa yang bernama Bangoan. Motif yang di tampilkan pada batik ini terkesan Kasar dan gelap. Dari dasar karakter ini menjadikan banyak hasil karya batik seperti motif semen, sidomukti, sekarjagat, dan masih banyak lagi yang lain.

2. Ciri Khas Batik Majanan

Batik Majanan, batik tulungagung
fitinline.com

Dinamakan Batik majanan karena batik ini berkembang di daerah desa bernama Majan. Motif yang terkesan kalem dan halus ini menggunakan motif gringsing dan buketan atau bunga yang berada ditengahnya. Kombinasi yang beragam warna memperpadukan varian warna yang berani menjadi batik ini terkesan penuh tapi elegan.

4. Ciri Khas Batik Kalangbret

Batik Kalangbret, batik Tulungagung
fitinline.com

Batik Kalangbret atau juga disebut Batik Kambretan ini berkembang pesat di wilayah Kalangbret. Motif-motif batik yang berasal dari Kalangbret  mempunyai banyak variasi, seperti pencampuran karaktek Batik Tulungagung dengan daerah lainya.

Tidak hanya batik tulis yan terkenal dengan motif kotongan dan kembang melinjo tetapi di daerah ini terkenal dengan beragam motif batik capnya yang banyak varian.

Permasalahan

penrajin batik tulungagug
pixoto.com

Walaupun banyak peminat dan Pasar yang sudah ada ternyata masih ada banyak masalah yang menghadapi para pembatik ini.

Karena membatik adalah kekhasan dan mempunyai ciri keahlian membatik tidaklah bisa dilakukan oleh sembarangan orang. Karena kurangnya minat masyarakat untuk menekuni atau yang ingin menjadi pengrajin sudah sangat jarang.

Sebab banyak kaum muda mudi yang memilih menjadi pekerja keras dan malah merantau keluar negeri. Jadi kalau kalian berkunjung ke tempat atau sentra perindustrian batik yang ada di Tulungagung, kalian akan menemukan dan melihat sendiri banyaknya orang sepuh atau yang sudah berumur yang masih mengerjakan karya seni ini.

Problematika yang selanjutnya adalah masih sulitnya ketersediaan peralatan membatik. Harga kain semakin lama semaik mahal dengan kenaikan secara signifikan mulai beberapa tahun yang lalu.

Penujualan Batik Tulungagung

museum batik Tulungagung
laksanahotel.com

Karena dukungan penuh dari pemerintah daerah, para pengrajin batik pun di beri tempat khusus untuk menampilkan hasil karya para seniman batik. Hingga salah satu menjadi nama dalam salah satu jalan di Tulungagung.

Bukan hanya tempat itu saja yang menjadi pusat batik di Tulungagung tapi juga ada beberapa tempat yang mempunyai brand tersendiri. Tetapi bukanya menghilangkan kekhasan dari batik Tulungagung sendiri, malah adanya model baru tersebut menambah nilai betapa kayanya motif batik yang berada di Tulungagung.

Nama-nama showroom batik ternama di Tulungagung antara lain :

Batik Gajah Mada Tulungagung

batik tulungagung
tulungagungtoursm.com

Batik Gajah Mada Tulungagung adalah salah satu showroom batik yang mengoleksi batik majanan. Dipunggawai oleh bapak Sapuan, beliau adalah penerus dan yang mengembangkan lebih jauh tentang inovasi dari Batik Gajah Mada ini. Berawal dari dulu ketika beliau menimba ilmu di Solo.

Karena keseharianya yang menuntut ilmu sedikit mempunyai waktu luang. Ia memanfaatkan waktu luang untuk belajar di tempat pengrajin batik yang berada di sana.

Setelah menyelesaikan jenjang pendidikanya disana beliau kembali lagi ke Majan sekitar tahun 1932, dan berhasil mengkombinasikan batik motih majanan dan motif dari Solo.

Maka tak ayal jika Batik Gajah Mada Tulungagung memiliki model motif yang sedikit mirip dengan batik Solo.

Banyak karya yang dihasilkan oleh beliau hampir lebih dari 20 motif batik yang ia buat publikasikan. Hingga sekarang beliau punya showroom sendiri.

Hingga sekarang kerajinan batik ini diteruskan oleh cucunya, membuka cabang dimana-mana tetapi tetap mengedepankan Batik Gajah Mada sebagai unggulanya.

Showroom Batik Baronggung Tulungagung

Batik tulungagung

Motif batik ini berkembang luas di Desa Mojosaro Kecamatan Kauman, batik ini termasuk jenis batik kambretaan. Kurang banyak informasi tentang batik ini, tapi sedikit terdengar bahwa batik ini adalah salah satu batik tertua di Tulungagung.

Beberapa sumber menyatakan bahwa batik ini berdiri pada tahun 1978 pada tanggal 5 Juni. Tapi masih banyak keragu-raguan karena mengingat bahwa batik ini adalah salah satu batik tuertua di Tulungagung.

Beberapa motif yang terkenal di masyarakat seperti : sekar jagad, ombak bayu parisauli, dan masih banyak lagi yang lainya. Dalam penentuan motif ini memberi arti pada semua karyanya seperti

  •  Sekar jagad bermakna manusia ridak memiliki perbedaan dalam golongan.
  •  Ombak banyu bermakna kehidupan selalu diberika rezeki yang melimpah.
  •  Parisauli bermakna kemakmuran

Usaha Batik ini sudah memasuki generasi kedua dari pendirinya, karena banyaknya peminat batik ini bisa langgeng hingga sekarang.

Batik Satrio Manah

batik tulungagung
imgrum.org

Berdiri sejak 1984, batik yang berada di daerah Bangoan ini mengikuti jenis motif bangoan. Sang pemilik yang bernama Ibu Triana merintis dari awal usaha batiknya, jadi tak ayal kualitas produk batik buatanya sangat bagus.

Bahkan produk asahanya itu berhasil menembus kanca ekspor ke berbagai negara di asia, seperti Malaysia, Brunei, dan bahkan hingga tembus pasar Timur tengah.

Ciri khas dari batik ini adalah desain buketan pada motifnya, dan juga jika ada konsumen yang ingin memberikan ide showroom ini siap menampung dan membuatkanya secara khusus.

Banyak prestasi yang didapat dari batik ini salah satunya terpilih sebagai motif batik terbaik di Tulungagung. Bahkan sempat terpilih menjadi pembuat pakaian panitia Hari Keluarga Nasional pada tahun 2010.

Batik tulis adalah andalan Ibu Triono dalam penguatan produk batiknya agar tetap terjaga kualitasnya. Karena kesuksesanya dalam bidang batik beliau menarik masyarakat sekitar untuk bekerja sama dengan beliau.

Selain itu juga tempat beliau bukan hanya dijadikan untuk showroom tapi juga dijadikan tempat workshop untuk masyarakat yang menghendaki belajar membatik.

Kesimpulan

Jadi pada dasarnya semua peninggalan budaya Indonesia layaknya batik itu adalah hak semua orang, bukan hanya mempunyai hak milik tetapi juga mempunyai kewajiban untuk menjaganya. Karena apa ? segala sesuatu jika hanya di diamkan mesti perlahan akan menghilang dengan sendirinya.

Batik adalah kekayaan budaya yang sangat erat dengan makna serta filosofi, karena itu lah Indonesia di kenal sebagai bumi seribu budaya. Disitu kita harus berbangga karena budaya kita di akui oleh dunia.

 

Baca Juga Artike yang Lainya Klik Disini!!!!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.