makanan khas tulungagung, gado gado

7+ Makanan Khas Tulungagung yang Buat Kamu Ketagihan Makan Lagi!

Makanan Khas Tulungagung –  Sedikit mengenal daerah di Pesisir Jawa yaitu Tulungagung. Tulungagung ada kota yang langsung berbatasan dengan laut selatan. Selain itu Tulungagung juga merupakan sentra penghasil marmer terbesar di Indonesia.

Berjarak sekitar 150 Km dari ibu kota provinsi, terkadang masih banyak orang yang jarang mengenal kota ini. Karena belum banyak mengenal padahal kota ini adalah kota yang memiliki pariwisata yang bagus.

Bukan hanya karena marmer saja Tulungagung juga memiliki tempat wisata mulai dari wisata alam, wisata edukasi, dan juga wisata kuliner. Kali ini saya akan sedikit membahas beberapa makanan khas Tulungagung yang dijamin membuat air liur naik turun dan juga membuat kalian ketagihan.

Karena Kekhasan dari setiap daerah di Jawa Timur memiliki cita rasa yang enak jadi tidak salah jika kalian langsung mencoba makanan di Kota Tulungagung ini.

Langsung Simak ya!.

Makanan Khas Tulungagung Ayam Lodho Bakar

ayam lodho, makanan khas tulungagung

Makanan ini adalah makanan khas Tulungagung yang menjadi favorit semua kalangan, tak juah berbeda dengan opor ayam.

Ayam lodho bakar ini terbuat dari ayam bakar yang dibumbui kuning dengan penuh bahan rempah yang membuat banyak orang jatuh cinta dengan makanan ini.

Karena ini adalah salah satu makanan yang favorit menjadikan ayam lodho bakar ini ada di hampir setiap sudut kota. Seperti yang terkenal untuk sarapan pagi Ayam Lodho Perempatan Gleduk buka mulai jam 5 sampai habis.

Jika kalian ingin membawa pulang ketika perjalanan jauh ada rekomendasi tempat untuk membeli ayam lodho ini yaitu warung Sumber reji di jalan raya tapan arah menuju Kota Kediri.

Karena sama saking banyaknya yang beli biasanya dua warung tersebut sering kehabisan ayam lodho. Jadi buat kalian yang ingin menyambangi dua tempat itu sebisa mungkin datang lebih awal agar tetap bisa menyantap hidangan ini.

Makanan Khas Tulungagung Sompil

 

sompil makanan khas tulungagung
Tulungagungtourism.com

Yuhuuu! Ini dia makanan khas Tulungagung yang selanjutanya yaitu sompil. Pasti banyak yang tanya apa itu sompil, sompil adalah makanan yang penyajianya menggunakan lontong dan juga didampingi dengan sayur lodeh di tambah dengan taburan kedelai bubuk dan peyek kacang.

Gak kebayangkan rasa nya pasti bikin kalian pengen nambah lagi apalagi dengan keadaan sayur yang hangat dan sedikit pedas pasti nagih banget guys.

Untuk Menemukan makanan ini gampang sekali guys hampir semua di warung bisa menemukan sompil ini.

Nasi Pati Tulungagung

nasi patik, makanan khas tulungagung
patikulinerenak.blogspot.id

Meskipun terlihat sederhana dan kelihatanya kurang menarik nasi patik adalah makanan yang favorit bagi masyarakat Tulungagung.

Kalian salah besar nasi patik adalah nasi yang sangat luar biasa dan juga banyak peminatnya. Nasi yang disajikan dengan sayur lodeh dan urap-urap serta beberapa lauk seperti ayam dan telur, telah menjadi makanan yang sangat menghipnotis para penikmatnya.

Karena makanan ini termasuk kuliner malam, jika kalian ingin mencoba silahkan datang menuju pasar induk Tulungagung yaitu pasar ngemplak, di sekitar situ terdapat warung nasi patik yang sangat rami dengan pengunjung.

Penjual yang sudah sepuh dan di temani dengan anaknya menambah ke khasan dari makanan ini, sangat recomended buat kalian yang suka lapar jika dimalam hari.

Makanan Khas Tulungagung Sate Dan Gule Pak Yetno Depan Barata

sate dan gule kambing, makanan khas tulungagung
twitter.com

Kalian mesti tidak asing dengan makanan yang satu ini. Sate dan gule adalah makanan yang sangat umum bagi masyarakat T

api di Tulungagung terdapat tempat makan sate dan gula yang sangat. Yaitu sate dan gule kambing Pak Yetno, buat kalian yang pemburu kuliner satu ini, wajib untuk mencoba jika datang ke Tulungagung.

Jadi secara teknis dari bahan sebenarnya sama menggunakan dading kambing, tapi yang membuat berbeda adalah kambing yang digunakan adalah kambing yang masih berumur muda.

Karena masih muda daging kambing tidak mengeluarkan bau yang menyengat dan juga rasa dan tekstur dari sate dan gule ini pun sangat empuk.

Jangan mampir ya! Tempat ini berapa di depan Barata Caffe yang berada di Kelurahan Sembung.

Baca Juga : Oleh-oleh dan makanan Khas Blitar yang Dijamin Menggoyang Lidah !

Gado-Gado Warung Pojok Jaya

makanan khas tulungagung, gado gado
resepkoki.id

Buat kalian yang suka sayur dan bahkan dalam program diet di Tulungagung ada satu warung yang menyajikan makanan yang cocok. Warung pojok jaya namanya terletak di timur Kodim Tulungagung.

Warung ini menyajikan gado-gado dan rujak dengan bumbu khasnya yang di jamin untuk para penikmat pasti sangat puas dan ingin balik lagi kesini.

Harga yang ditawarkan juga cukup murah. Karena sangat ramai buat kalian yang datang kesini jangan datang di siang hari untuk sekedar saran. Karena warung gado-gado ini sangatlah ramai.

Geti Oleh-Oleh Khas Tulungagung

Geti, makanan khas tulungagung
tulungagungtoursm.com

Di Kota ini tidak hanya terkenal dengan makanan khasnya tapi oleh-oleh khas Tulungagung tak kalah enaknya.

Seperti yang satu ini geti atau yang juga biasa disebut enting-enting ini adalah cemilan khas Tulungagung yang banyak pemburunya.

Karena memang makanan khas ini memiliki banyak gizi dan bagus untuk orang yang sedang santai dan melaksanakan program diet. Sebab bahan dasar pembuatan geti terdiri dari kacang tanah, gula merah dan taburan wijen.

Dimasak dijadikan satu dan di letakan kedalam wadah plastik. Dari situ kalian bisa melihat betapa banyaknya kandungan yang terkandung dalam geti.

Tetapi untuk jangan makan terlalu banyak ya guys karena ini adalah makanan yang mempunyai rasa legit dan manis, cemilan ini bisa mengakibatkan sakit gigi.

Jadi buat kalian yang ingin membelinya silahkan datang ke toko oleh-oleh yang ada di Tulungagung dan ingat juga ya karena makanan khas ini hanya bisa ditemukan di daerah asalnya saja guys.

Jenang Syabun

makanan khas tulungagung, jenang syabun
tulungagungtourism.com

Ini dia makanan khas Tulungagung selanjutnya yaitu jenang syabun. Makanan ini adalah salah satu oleh-oleh khas Tulungagung, jenang ini terbuat dari beras ketan yang berasa manis legit.

Jenang syabun ini memiliki tekstur seperti dodol pada umumnya tapi keunikan membedakan adalah cara proses pembuatan yang lebih lama menjadikan rasa dari jenang ini sendiri menjadi lebih legit.

Rekomendasi buat kalian yang datang ke Tulungagung untuk membeli jajanan khas ini dan tidak boleh terlewatkan.

Kerupuk Rambak

kerupuk rambang, makanan khas tulungagung
tulungagungtourism.com

Cemilan khas ini adalah salah satu makanan yang sangat saya suka. Kerupuk rambak ini adalah cemilan yang biasanya juga digunakan untuk pelengkap makanan.

Karena rasanya yang gurih dan renyah makanan ini juga menjadi favorit bagi para warga lokal dan wisatawan. Kalian tahu apa bahan dasar kerupuk ini? Kalian pasti terkejut kerupuk ini terbuat dari kulit sapi dan kerbau.

Untuk mencari kerupuk ini sangat mudah hampir di setiap toko oleh-oleh ada dan berbagai jenis dan harga.

Jenang Grendul

jenang grendul, makanan khas tulungagung
agrowindo.com

Sebelumnya Ada jenang syabun, kali ini ada yang lain yaitu jenang grendul berbeda dengan jenang syabun, jenang grendul ini adalah sebuah minuman khas Tulungagung.

Di sajikan dengan santan, ketan hitam, dan masih banyak lagi yang lain. Minuman ini sangatlah lezat dan sangat banyak peminatnya. Recomended buat kalian yang siang hari lagi panas ketika jalan-jalan ke Tulungagung.

Kopi Ijo dan Cethe

kopi ijo dan cethe, makanan khas tulungagung
tulungagungtourism

Yang datang ke Tulungagung mesti tidak asing dengan ini. Kopi ijo adalah hasil olahan asli Tulungagung, namanya kok kopi ijo warnanya apa hijau ? Jadi sedikit penjelasan tentang kopi ijo, kopi ini adalah kopi robusta yang dalam proses oven dan pembuatan bubuknya di campuri dengan kacang hijau.

Karena Tulungagung juga terkenal dengan kota cethe. Cethe adalah ampas dari kopi itu sendiri, para khalayak muda yang merokok cethe dari kopi ijo ini biasanya dijadikan olesan untuk rokok.

Tapi bagi yang tidak merokok kenikmatan dari kopi ijo ini teteplah terasa, apalagi jika ketika diseduh menggunakan kreamer atau susu kental manis. Rasa yang disajikan sangatlah nikmat.

Kue Sagon

kue sagon, makanan khas tulungagung
trihatmaningsih.wordpress.com

Salah satu kue tradisional ini bisa ditemukan di berbagai daerah, salah satunya di Kota Tulungagung ini. Kue sagon sudah cukup populer karena cita rasa yang enak gurih dan manis serta aroma yang khas membuat semua orang jatuh hati ketika memakanya.

Berbahan dasat kelapa dengan campuran tempung ketan dan sedikit tepung kanji menjadikan kue ini sangat renyah dan cocok untuk menggandeng kopi atau teh di pagi hari.

Karena nikmatnya kue ini biasanya kalian bisa menemukan ketika hari raya untuk jajanan tamu.

Sego Bantingang

sego bantingan, makanan khas Tulungagung
tr.foursquare.com

Sego bantingan atau bisa juga disebut sego kucing. Nasi ini disajikan bersama sayur dan lauk hampir seperti nasi rames tapi ada sedikit yang berbeda.

Pasti banyak orang yang tanya kenapa kok makanan ini bernama sego bantingan, awal mulanya adalah nasi ini di bungkus dengan jumlah nasi yang sedikit jadi ketika ingin menambah nasi lagi bungkus dari nasi ini di lipat dan di buang ke tempat sampah.

Karena kebiasaan dari masyarakat yang membanting bungkus nasi tersebut jadilah nama sego bantingan. Karena di Tulungagung sendiri banyak angkringan jadi para penggemar sego bantingan pun juga banyak.

Berbagai macam nasi dan sayur yang di bungkus jika ingin menambah lauk biasanya tersedia dengan harga tertentu. Sego bantingan ini adalah kuliner malam Tulungagung jadi jika kalian sedang keluar atau jalan-jalan malam silahkan mampir dan membeli.

Penutup

Makanan khas Tulungagung adalah makanan yang memiliki cita rasa yang tinggi jadi untuk para semua sahabat Hamparan yang sedang berlibur ke Jawa Timur. Jangan lupa untuk mampir ke kota ini karena makanan yang disuguhkan adalah makanan yang unik dan lezat tentunya.

Demikian sedikit ulasan tentang makanan khas Tulungagung semoga bermanfaat, mungkin jika ada makanan yang terlewat silahkan isi di kolom komentar. Terimakasih sudah datang berkunjung.

 

One Response

  1. desy October 16, 2017

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.