Contoh pelanggaran HAM

Penjelasan HAM Mulai dari Pengertian Hingga Pelanggaran-pelanggaran HAM Simak Selengkapnya !

Contoh Pelanggaran HAM – Hai sahabat Hamparan!. Kali ini saya akan menjelaskan tentang perkara yang sudah melekat pada diri manusia yaitu HAM. Karena pentingnya mengerti HAM sebab banyak orang yang secara tidak langsung melanggarnya.

Selain menjelaskan tentang HAM saya juga akan menjelaskan tentang pengertian dan contoh pelanggaran HAM. Sebelum itu saya akan sedikit menejalaskan tentang pengertian dan macam-macam HAM.

Semoga bermanfaat simak terus ya !.

Pengertian Hak Asasi Manusia (HAM)

Contoh pelanggaran HAM

Pada dasarnya pengertian HAM pada bisa didefinisikan menjadi hak yang dimiliki semua manusia yang di dapatkan sejak dalam kandungan hingga lahir sebagai mahluk ciptaan Tuhan yang Maha Esa yang setiap orang dilarang melanggar hak tersebut.

Dan hak tersebut berlaku secara universal dan bersifat pokok.

Oraganisasi HAM di Indonesia

Contoh Pelanggaran HAM
komnasham.go.id

Di Indonesia sendiri ada banyak organisasi yang menaungi HAM salah satu induknya adalah Komnas HAM.

Komnas HAM didirikan dengan latar belakang karena di Indonesia memiliki berbagai macam suku, ras, budaya, dan agama yang dimana semua itu hidup berdampingan. Demi mengantisi pasi pelanggran yang tercipta yang dianggap berat maupun ringan.

Tujuan Komnas HAM:

Komnas HAM sendiri memiliki tujuan dimana membantu mengembangkan kondisi yang kondusif terhadap pelaksana HAM sesuai dengan dasar negara Indonesia, Piagam PBB serta Universal Hak Asasi Manusia.

Ikut berperan aktif dalam perlindungan dan penegakan HAM guna berkembangnya pribadi manusia Indonesia dan berpartiasipasi dalam berbagai bidang kehidupan.

Menjadi pertahanan dan perlindungan bagi setiap individu terhadap penyalahgunaan haknya sebagaimana yang sering dibuktikan seperti sejarah umat manusia itu sendiri.

Dalam hal ini bukan hanya Komnas HAM saja yang berperan aktif dalam pemebelaan hak kemanusiaan ada beberapa Komnas yang ikut andil dalam penyelarasan kehidupan sejahtera seperti Komnas Perlindungan Anak, Komnas Perlindungan Wanita, dan masih banyak lagi yang lain.

Pengertian Pelanggaran HAM

contoh Pelanggaran HAM
Covesia.com

Pelanggaran HAM adalah tindakan yang dilakukan oleh seseorang maupun sekelompok orang bahkan aparat negara baik sengaja maupun tidak sengaja. Serta membatasi, menghalangi, menghilangkan, dan mengabaikan mencabut hak seseorang individu maupun kelompok.

Yang dimanan semua mendapat jaminan terhadap kebebasanya oleh undang-undang dan mekanisme hukum sebagai salah satu warga negara.

Dalam pelanggaran HAM sendiri dibagi menjadi 2 macam yaitu ringan dan berat:

Pelanggaran Hak Asasi Manusia Ringan

Pelanggaran Hak Asasi Manusia ringan adalah pelanggaran HAM yang dilakukan oleh seseorang maupun kelompok tetapi tidak mengancam keselamatan jiwa manusia.

Tetapi pelanggaran ini bisa menjadi berbahaya jika tidak di tanggulangi secara langsung. kejadian ini sering terjadi di masyarakat entah sadar maupun tidak sadar sebab itu tak sedikit orang menganggapnya sebagai hal yang lumrah.

Pelanggaran Hak Asasi Manusia Berat

Pelanggaran termasuk pelanggaran Hak Asasi Manusia yang dinilai sebagai tindakan yang berbahaya dan mengancam nyawa seseorang yang dilakukan oleh sekelompok manusia maupun pribadi individu.

kesalahan tersebut sering menjadi sorotan banyak organinasi kemanusiaan, bahkan banyak kasus pelangaran HAM yang terjadi di dunia menjadi dasar terbentuknya organisasi-organisasi kemanusiaan.

Bentuk-bentuk Pelanggaran Hak Asasi Manusia Ringan

Beberapa bentuk-bentuk pelanggaran HAM ringan yang sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari

  • Diskriminasi terhadap seseorang.
  • Pengrusakan terhadap sesuatu.
  • Kelalaian dalam menetapkan peraturan.
  • Pencemaran nama baik dan masih banyak lagi yang lainya.

Dari beberapa contoh di atas hanya sebagian kecil dari bentuk-bentuk pelanggaran Hak Asasi Manusia ringan.

Bentuk-bentuk Pelanggaran Hak Asasi Manusia Berat

Dalam UU Ri nomor 2 Tahun 2011 tentang pengadilan HAM telah di klasifikasikan menjadi 2 bentuk berat yang pertamaadalah kejahatan manusia dan yang kedia adalah genosia.

Pengertian genosida sendiri  antara lain  merupakan suatu pembantaian secara besar secara sistematis terhadap suatu ras, agama, suku, etnis, dan bangsa dengan maksut ingin memusnahakan.

Contoh genosida :

  • Membunuh anggpta kelompok.
  • Menciptakan kondisi kehidupan yang tidak kondusif.
  • Membunuh suatu peradaban dengan aturan.
  • Menyebabkan penderitaan mental maupun fisik.
  • Melakukan tindakan pencegahan kelahiran dalam suatu kelompok.

Contoh diatas hanyalah segelintir permasalahan tentang genosida.

Penjelasan tentang kejahatan manusia, istilah ini dalam hukum internasional mengacu dalam tindakan yang mengakibatkan pembunuhan secara masal.

Cara yang digunakan dalam pembunuhan ini seperti penyiksaan dan penyerangan. Digunakan untuk mengurangi ras dengan tujuan kepentingan politik sebagai dasarnya.

Contohnya kejahatan manusia seperti:

  • Kejahatan perang
  • kejahatan agresi

Contoh Pelnggaran HAM Ringan

beberapa contoh pelanggaran HAM ringan :

  • Kasus pencemaran nama baik seseorang karena ketidaksukaan.
  • Pemukulan terhadap orang yang tidak di sukai.
  • Menghalangi orang yang ingin mengekspresikan diri atau pendapatnya.
  • Pencemaran lingkungan.
  • Penganiayaan tehadap orang lain

Kasus Contoh Pelanggaran HAM ringan di lingkungan sekolah :

contoh pelanggaran HAM
sakersomu.blogspot.id
  1. Desktiminasi guru terhadap murid berdasarkan harta yang dimilikinya.
  2. Siswa mengejek temanya yang lain.
  3. Pembuliand atau menghina siswa lain.
  4. Melakukan pemalakan dan penganiaayan siswa lain.
  5. Tanwuran antar siswa yang berada satu sekolah maupun sekolah lain.
  6. Tindak penganiayaan guru tehadap murid yang memberi hukuman secara fisik yang mencelakai murid.
  7. Murid yang tidak mengerjakan PR.

Beberapa contoh pelanggaran HAM di lingkunga keluarga :

Contoh Pelanggaran HAM
tangkaipemuda.blogspot.com
  1. Eksploitasi terhadap anak untuk bekerja.
  2. Menghilangkan hak anak untuk memperoleh pendidikan.
  3. Kekerasan terhadap anggota keluarga.
  4. Melakukan pembunuhan keluarga.
  5. Memaksakan kehendak dari anak.

Contoh dari Pelanggaran HAM di Masyarakat :

contoh pelanggaran HAM
metro.tempo.com
  1. Tawuran antar kelompok.
  2. Main hakim sendiri tanpa memperdulikan perantara yang ada.
  3. Merusak fasilitas umum.
  4. Pencurian barang berharga.
  5. Kehilangan kebebasan dalam beribadah.

Contoh Pelanggaran HAM Berat di Indonesia

Contoh-contoh pelanggaran berat HAM yang ada di Indonesia:

G30S PKI

Contoh pelanggaran HAM berat
renaldyakbar.wordpress.com

Tragedi ini adalah tragedi yang sangat memilukan karena dalam tragedi ini terdapat kasus pelanggaran HAM yang di nilai sangat merugikan bangsa dan negara. Karena PKI telah membunuh beberapa jendral TNI dengan keji.

Dalam Hal ini Komnas HAM telah memperkirakan setidaknya hampir 3 juta orang terbunuh dalam kasus ini. Selain itu banyak juga masyarakat yang diasingkan karena mendapat cap bayang-bayang PKI.

Kasus Penembak Misterius (Petrus) tahun 1982-1985

Contoh Pelanggaran HAM berat
sejarahperang.wordpress.com

Ini adalah salah satu kasus contoh pelanggaran HAM yang masih belum terpecahkan hingga sekarang pelakukanya.

Kasus ini disebut juga sebagai Petrus alias operasi clurit yang dimana ini adalah salah satu operasi yang digelar oleh mantan Presiden Soeharto.

Oprasi ini diadakan dengan dalih untuk meminimalisir tingkat kriminalitas yang terjadi pada masa Orde Baru.

Operasi ini meliputi penangkpan dan pembunahan orang yang dianggap mengganggu keamanan serta ketentraman masyarakat khususnya di daerah Jawa dan Jakarta.

Dari hasil operasi itu selama beberapa tahun hampir 1000 lebih korban yang berjatuhan, mayat-mayat korban Petrus ini kebanyakan dimasukan ke dalam karung dan di tinggalkan di pinggir sungai, pantai, laut, hutan, dan bahkan depan rumah.

Tragedi Semanggi dan Kerusuhan pada Mei Tahun 1998

Contoh Pelanggaran HAm Berat
merdeka.com

Pada tanggal 13-15 Mei 1998, telah terjadi kerusuhan yang hampir di seluruh pelosok tanah air. Dari semua kerusuhan itu berujung yang paling puncak berada di Ibu Kota Jakarta.

Kasus ini terjadi karena di latar belakangi oleh kondisi finansial yang semakin memburuk, kericuhan semakin menjadi karena di picu ioleh tewasnya mahasiswa  dari Universitas Trisakti yang berjumlah 4 orang.

Mereka terbunuh saat demonstrasi pada 12 Mei 1998 karena terkena tembakan.

Dalam kasus ini Kejaksaa Agung menyatakan kasus tersebut bisa saja di tindak lanjuti jika ada rekomendasi DPR ke presiden.

Namu pada kenyataanya sama sekali tidak ada rekomendasi hingga mengakibatkan Kejaksaan Agung menolak dan mengembalikan berkasnya kepada Komnas HAM.

Salah satu alasan Kejaksaan Agung adalah karena DPR menyatakan bahwa dalam kasus tersebut tidak terdapat pelanggaran HAM. Beberapa alasan yang lain juga menyatakan bahwa kasus tersebut sudah putus pada saat Pengadilan Militer pada Tahun 1999, sehingga Kejaksaan Agung tidak perlu menindak lanjutinya lagi.

Pembunuhan Munir Said Thalib Seorang Aktivis HAM

Pelanggaran HAM berat
twitter.com

Pada 7 September 2004, salah satu Aktivis HAM terkemuka tanah air bernama Munir Said Thalib telah di temukan meninggal dunia ketika menuju Amsterdam menggunakan pesawat terbang Garuda Indonesia.

Pada umur 38 umur terakhirnya dia menjabat sebagai Direktur Eksekutif Lembaga Pemantau HAM Indonesia Imparsial.

Ketika Saat menjabat sebagai salah satu Dewan Kontras nama Munir Mencuat karena dia adalah pejuang bagi orang yang hilang karena di culik. Pada waktu itu Munir sedang membela para Aktivis yang sedang menjadi korban penculikan oleh salah satu tim dari Koppasaus TNI.

Karena saat itu Soeharti sudah tidak lagi menjabat sebagai presiden, kasus ini pun menjadi dalih pencopotan salah satu atasan dari Koppassus yaitu Denjen Koppassus Prabowo Subianto dan juga mengadil para tim yang bekerja atas Perintahnya.

Tetapi hingga sekarang kasus ini masih belum terselesaikan, hanya pilot maskapi penerbangan Garuda saja yang bernama Pollycarpus Budiharti Priyanto.

Dia di tajuthi vonis penjara selama 14 tahun karena terbukti ikut berperan aktif dalam kasus meracuni salah satu aktivis HAM saat menuju Amsterdam.

Tragedi Wamena Berdarah

Contoh Pelanggaran HAM
UMAGINEWS.com

Tragedi ini terjadi pada tanggal 4 April 2003 silam pada jam 1 dinihari. Singkatnya kejadian tersebut terjadi karena adanya massa yang tidak dikenal yang membobol gudang senjata milik Markas Kodim 1702/ Wamena.

Akibat dari penyerangan dan perampasan gudang senjata tersebut dari pihak TNI jatuh 2 korban jiwa yaitu Prajurit Ruben Kana dan Lettu TNI AD Napitupulu yang bertugas sebagai penjaga gudang.

Karena diduga massa asing tersebut membawa sejumlah senjata dan amunisi, aparat TNI-Polri pun melakukan penyisiran.

akibat dari penyisiran itupun berbuntut hingga penyiksaan, perampasan paksa, penangkapan hingga menimbulkan korban jiwa. Dalam hal ini juga terjadi pengungsian penduduk sacara paksa.

Perkiraan korban jiwa dari kejadian tersebut adalah sekitar 42 orang meninggal karena kurangnya makanan, 15 orang menjadi korban perampasan.

Beberapa penelitian Komnas HAM juga menemukan jugaan pemaksaan saat penandatanganan surat pernyataan serta perusakan fasilitas umum.

Proses hukum dari kasus ini pun masih buntu hingga sekarang karena ketidak jelasan dari Kejaksaan Agung, dan Komnas HAM.

Bom Bali

Contoh Pelanggaran HAM
mediaindonesia.com

Pada Tahun 2002 terdapat peristiwa salah satu contoh pelanggaran HAM, Kejiadian ini bertepatan di Pulau Bali.

Peristiwa tersebut terjadi karena aksi terosisme di Indonesia. Dari aksi teroris tersebut mereka meledakan bom dengan sekala ledakan yang besar di kawasan Legian Kuta. Korban akibat pemboman tersebut memakan 202 korban jiwa baik turis maupun warga lokal.

Masih banyak contoh pelanggaran HAM yang berada di Indonesia yang hingga sampai sekarang masih di pertanyakan kejelasanya. Contoh di atas hanya segelintir contoh dari berpuluh-puluh kejadian pelanggaran HAM yang ada di Indonesia.

Contoh Pelanggaran HAM Internasional

Bukan hanya di Indonesia saja di dunia internasional pun juga banyak terjadi beberapa kasus pelanggaran HAM yang hingga sekarang masih ada yang belum selesai konfliknya.

Beberapa contoh pelanggaran HAM tersebut adalah :

Agresi Israel Terhadap Palestina

Contoh pelanggaran HAM
santiagotimes.cl

Israel adalah wilayah yang terbentuk oleh perkumpulan orang Yahudi yang mengungsi di wilayah Palestina. Karena semakin besarnya masyarakat Yahudi akhirnya mereka membentuk negara sendiri yang bernama Israel.

Karena mereka menganggap bahwa tanah itu adalah tanah mereka akhirnya Israel mulai melakukan agresi terhadap Palestina dengan bantuan Amerika Serikat.

Sampai sekarang kasus ini tetaplah berjalan hingga hampir 78% wilayah Palestina sekarang di kuasai oleh Israel.

Dalam kasus ini adalah salah satu pelanggaran HAM yang berat. Dalam tindak lanjutnya PBB hingga menyatakan bahwa Palestina adalah negara yang sudah berdaulat.

Tidak cukup itu saja Israel melakukan segala cara untuk ingin menguasai wilayah Palestina hingga banyak hukum internasional yang di langgarnya. Tetapi dalam kasus ini PBB pun juga tidak ada ketegasan.

Kekejaman Rezim Adolf Hitler

contoh pelanggaran HAM
jejaktapak.com

Contoh Pelanggaran HAM selanjutanya adalah Rezim Nazi pimpinan Adolf Hitler. Terkenal dengan kekejamanya banyak contoh pelanggaran HAM yang sudah dilakukan oleh Adolf Hitler seperti :

  • Pengusiran Yahudi dari Jerman.
  • Penyerbuan atau agresi menyatakan perang terhadap negara
    Cekoslovakia dan Austria.

Selain itu juga Hitler adalah salah satu pemicu terjadinya perang dunia ke II.

Bukan hanya dua contoh diatas pelanggaran HAM yang berada di dunia Internasional masihlah banyak hingga sekarang ada yang sudah selesai, dan ada yang masih berlanjut hingga belum tentu kejelasanya.

Penutup

generasi.dutadamai.id

Dalam perwujudanya HAM belum bisa dilaksanakan secara mutlak, sebeb karena hal ini orang yang memperjuangkan hak nya bisa melanggar hak-hak orang lain.

Karena memperjuangkan hak sendiri tanpa memperdulikan hak orang lain adalah perbuatan yang sangat tidak terpuji.

Dalam hal ini kita di tuntut untuk mengerti hak kita sendiri dan menaati peraturan tanpa harus menyinggung atau mengganggu hak orang lain.

Kita sebagai manusia di tuntut untuk hidup berdamai dan menghargai orang lain. Atas dasar kasih sayang dan menghargai walaupun tanpa ada prinsip peraturan semua akan berjalan damai dan lancar tanpa ada gangguan apapun.

Sekian sedikit informasi tentang HAM dan pelanggaranya semoga bermanfaat!.

 

Baca Juga Artikel yang Lain Klik Disini !!!

2 Comments

  1. desy October 14, 2017
  2. Dewi maliana July 31, 2018

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.