1
6

5 Metode Praktis Cara Menanam Jeruk Berbuah Manis dan Lebat

 

Semua orang pasti mengenal buah yang satu ini. Jeruk, buah yang memiliki rasa manis agak sedikit kecut ini mengandung banyak vitamin C, Sehingga sangat direkomendasikan oleh para ahli gizi untuk Anda yang mengalami gangguan pada mulut. Buah jeruk mempunyai beragam jenisnya,

Artikel kali ini akan memberikan gambaran mudah cara menanam jeruk dengan modal kecil. Akan tetapi, sebelum itu Anda harus mengetahui fakta bahwa menanam jeruk juga bisa Anda jadikan sebagai ladang penghasilan yang menguntungkan.

Buah jeruk memiliki jenis yang beragam, mulai dari jeruk bali yang bentuknya lebih besar dari jeruk pada umumnya, jeruk nipis yang biasanya dijadikan sebagai penambah rasa pada makanan, jeruk lemon yang memiliki rasa asam berlebih, ada pula jeruk purut, dan lain sebagainya.

Dari sekian banyak jenis jeruk, hampir semua proses budidayanya sama, hanya saja cara menanam jeruk manis lebih membutuhkan perawatan ekstra dari jenis jeruk yang lain.

Dalam budidaya buah jeruk Anda bisa menggunakan beberapa metode praktis cara menanam jeruk agar bisa berbuah manis, lebat, dan besar. Seperti apa langkah-langkahnya, silahkan simak panduan berikut ini.

Table of Contents

Persiapan Lahan untuk Menanam Buah Jeruk

jabar.pojoksatu.id

Sebelum mulai menanam terlebih dahulu Anda siapkan lahan yang akan Anda jadikan sebagai ladang jeruk. Bersihkan area dari rumput liar yang tumbuh di sekitar tempat penanaman pohon jeruk. Berikan perawatan kepada media tanam dengan baik dan benar, misalnya bisa memberikan pupuk kandang terlebih dahulu untuk pencampuran tanah guna menunjang proses pertumbuhan bibit buah jeruk semakin maksimal.

Pemilihan Bibit Jeruk Unggul

budidaya jeruk lemon

kebuntani.com

Pemilihan bibit sangat berpengaruh pada proses budidaya jeruk, baik jeruk purut, jeruk bali, jeruk manis, ataupun jenis jeruk yang lain. Sama seperti cara menanam durian, pilihlah bibit unggul yang bisa Anda beli di penjual bibit buah. jangan sampai tertipu dengan membeli bibit pohon jeruk yang kurang sehat, lebih baik tanyakan kepada penjual yang mau memberikan garansi apabila pohon tidak tumbuh.

Penempatan dan Penanaman Bibit Pohon Jeruk yang Baik dan Benar

pohon jeruk lemon

merdeka.com

Cangkul area yang akan Anda tanami pohon jeruk sedalam hampir 50 cm, beri pupuk kandang kemudian tutup dengan tanah. Gali lubang kecil untuk menaruh bibit pohon jeruk yang telah Anda siapkan tadi. Jangan lupa untuk member pengairan yang rutin sebab pada proses ini biasanya pohon akan membutuhkan lebih banyak air untuk berkembang.

Cara Perawatan Pohon Buah Jeruk

cara budidaya jeruk beserta perawatanya

bibitbunga.com

Sama halnya dengan cara menanam semangka, pohon yang sudah tumbuh tentu masih membutuhkan perawatan untuk berbuah, sebaiknya lakukan perawatan dengan mencabut rumput atau gulma yang tumbuh di sekitar batang pohon jeruk. Berikan pupuk sebagai asupan nutrisi untuk pohon secara berkala dengan rentang waktu setiap 5 bulan sekali.

Berikan pula cairan untuk memperkuat tangkai bunga agar tidak mudah rontok. Apabila terdapat serangga atau hama yang menyerang pohon maupun daun, segera semprot dengan cairan pestisida agar pohon jeruk tetap sehat, pemberian pestisida juga bisa Anda lakukan pada cara menanam vanili.

Masa Pemanenan Buah Jeruk

tanaman buah

mediaindosia.com

Jika buah sudah banyak yang menguning, artinya pohon jeruk Anda sudah siap untuk dipetik dan menghasilkan rupiah. Lakukan perawatan seperti di atas secara berulang setelah masa panen selesai.

Selain metode praktis cara menanam jeruk tadi, Anda juga bisa membudidayakan pohon jeruk dengan cepat dan mudah yaitu dengan cangkok.

Cara mencangkok pohon jeruk tidaklah sulit, alat yang digunakan pun hanya pisau kecil untuk mengupas kulit pohon jeruk. Berikut ini panduan cara menanam jeruk dengan mencangkok:

  1. Siapkan alat berupa pisau yang bisa digunakan untuk mengupas kulit pohon jeruk.
  2. Sediakan bahan berupa pupuk kandang, tanah secukupnya, tali raffia dan sabut kelapa.
  3. Siapkan cabang pohon yang ingin Anda cangkok menjadi batang induk pohon jeruk, dalam hal ini sebaiknya pilih batang yang sehat, memiliki daun lebat, dan belum terlalu tua.
  4. Kupas kulit cabang pohon jeruk secara melingkar dengan panjang kira-kira 10 cm.
  5. Bungkus menggunakan sabut kelapa dengan didalamnya diisi tanah yang telah dicampur pupuk kandang. Penggunaan sabut kelapa bertujuan agar air tetap bisa terserap masuk ke dalam proses pencakokan namun tanah tetap menempel.
  6. Ikat kencang sabut kelapa dari mulai bagian atas hingga bawah.
  7. Tunggu hingga terlihat akar yang tumbuh dari cabang pohon yang dikupas.
  8. Potong bagian bawah cabang pohon jika sudah tumbuh cukup banyak akar.
  9. Pohon hasil cangkokan siap untuk ditanam sendiri.

Cara menanam jeruk dengan mencangkok bisa melahirkan pohon jeruk dengan buah yang banyak namun tidak terlalu tinggi, bahkan proses panen pun bisa lebih cepat dari menanam bibit mulai awal.

Proses pencakokan juga bisa Anda lakukan berkali-kali pada pohon yang sama. Lantas bagaimana jika ada pohon yang berbuah kurang bagus. Anda juga bisa mengkloning pohon dengan buah kurang bagus menjadi pohon yang berbuah maksimal. Caranya pilih pohon yang berbuah bagus, cari mata tunas yang nantinya akan menjadi tunas baru, potong bagian tersebut beserta kulit sekitar mata tunasnya hingga terlepas dari pohon.

Lakukan pula pada pohon yang berbuah kurang baik, tukar dan tempelkan mata tunas pada masing-masing pohon. Ikat kencang menggunakan tali agar tidak lepas. Setelah tumbuh menjadi cabang, lakukan pencakokan pada batang tersebut. Dengan begitu tunas yang awalnya dari pohon yang kurang sehat akan menjadi pohon dengan buah yang besar dan manis.

Itulah panduan lengkap cara menanam jeruk yang bisa Anda lakukan baik untuk mengisi waktu luang maupun untuk kepentingan bisnis Anda. Dengan melakukan cara yang benar kebun Anda dapat menghasilkan buah jeruk yang berkualitas super sehingga harga jualnya pun ikut mahal.

 

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.