3
21

7 Panduan Cara Menanam Anggrek yang Efektif (Cepat Berbunga)

 

Kecantikan anggrek bulan tak perlu diragukan lagi. Tanaman ini menampilkan kesan elok nan feminin. Kelopak-kelopaknya seolah melenggak-lenggok, menggoda orang-orang untuk melihat lebih dekat. Maka, mengulas cara menanam anggrek bulan tentu akan menarik.

Anda dapat menanam anggrek di pot. Tentu ini adalah kabar baik karena tidak semua orang punya lahan yang luas. Namun, bagaimana caranya menanam di pot dengan mudah dan anti gagal? Ikutilah kiat-kiat ini, anggrek bulan Anda akan berdiri cantik di teras hunian.

Cara Memilih Bibit Anggrek Terbaik

cara menanam anggrek di pot

pxhere.com

Anggrek dapat ditanam menggunakan beragam media, antara lain dengan sabut kelapa, dengan media arang, di tanah, atau di pohon. Namun apa pun medianya, langkah pertama cara menanam anggrek yang benar adalah sama, yaitu memilih bibit terbaik.

Bibit-bibit unggul akan menghasilkan anggrek bulan yang berkualitas dan tidak mengecewakan. Pertama-tama, taruhlah bibit anggrek bulan di dalam plastik. Diamkan selama tiga bulan. Setelah itu, barulah pindahkan ke dalam pot yang sudah diberi tanah dan juga pupuk.

Waktu yang dibutuhkan bibit anggrek di dalam pot kecil ini adalah tiga bulan. Setelah itu, bibit anggrek bulan kemudian dipindahkan ke dalam pot yang lebih besar.

Proses ini penting supaya anggrek yang tumbuh semakin membesar tidak membuat pot jadi pecah atau pertumbuhannya malah jadi terhambat.

Penempatan Bunga Anggrek

cara menanam anggrek dengan sabut kelapa

https://kebun-anggrek-sekar-gumilang.business.site/

Area Teduh

Quote:

Ada banyak jenis anggrek, dan setiap jenisnya memerlukan intensitas cahaya matahari yang berbeda-beda. Seperti anggrek bulan, misalnya; varietas yang satu ini membutuhkan hanya 20% cahaya matahari setiap harinya.

Menyinari anggrek bulan dengan cahaya matahari langsung, alih-alih membuatnya mampu tumbuh dengan baik, justru malah bisa membuatnya dehidrasi dan mati. Maka dari itu, jangan letakkan anggrek bulan tanpa adanya pelindung.

Letakkan anggrek bulan di tempat yang teduh, misalnya di bagian depan teras. Kanopi atau atap teras bisa melindungi anggrek bulan dan membuatnya tidak langsung terpapar sinar matahari.

Area dengan Angin yang Tidak Terlalu Besar

Anggrek memang membutuhkan tempat yang teduh dan sejuk. Namun, bukan berarti Anda bisa meletakkannya di tempat yang terlalu dingin dengan angin yang kencang. Hal tersebut justru akan berbahaya bagi pertumbuhan bunga anggrek bulan.

Tempatkanlah anggrek di tempat yang terlindung dari angin besar dan lihat varietas anggreknya apabila Anda hidup di dataran tinggi. Beberapa anggrek yang bisa hidup di tempat dengan ketinggian 500–1.000 mdpl adalah anggrek dendrobium dan oncibium.

Namun, hindari pula tempat yang terlampau lembap. Ini akan membuat anggrek terhambat pertumbuhannya, atau bahkan layu. Maka dari itu, jangan tempatkan anggrek di ruang tertutup dengan sirkulasi udara yang buruk.

Cara Merawat Tanaman Bunga Anggrek

cara menanam anggrek dengan media arang

pixabay.com

Siram Air Secukupnya

Tanaman anggrek memang butuh disirami setiap hari. Namun, kadar air yang dibutuhkan oleh anggrek sebetulnya tidaklah banyak. Bahkan, anggrek membutuhkan kadar air hanya sekitar 70% saja.

Maka dari itu, lihatlah musim yang sedang dilalui saat Anda bermaksud untuk menanam anggrek. Apabila musim hujan tiba, Anda dapat mengurangi intensitas penyiraman bunga anggrek. Sebaliknya, di saat kemarau, tingkatkan intensitasnya.

Cek apakah tanah pada pot terlalu lembap atau malah terlampau kering. Apabila terlampau lembap, angin-anginkanlah bunga anggrek supaya tidak layu karena kelembapan yang berlebihan. Apabila kering, siramilah.

Rutin Memberi Pupuk

Berikanlah asupan gizi yang seimbang pada anggrek melalui pupuk-pupuk yang digunakan dalam pertanian organik.

Pupuk yang baik bagi tanaman anggrek adalah yang memiliki kandungan kalsium, fosfor, dan juga kalium yang seimbang. Lakukan pemupukan secara rutin, biasanya dua minggu sekali.

Memindah Anggrek ke Pot yang Lebih Besar

cara menanam anggrek tanah

pixabay.com

Pemindahan anggrek bulan ke pot yang lebih besar tidak hanya dilakukan saat Anda menyelesaikan proses penyemaian dan berlanjut pada proses penanaman hingga anggrek tumbuh dewasa.

Ada masa di mana akar anggrek bulan tumbuh hingga membuat pot jadi retak. Memotong akar tersebut jelas merupakan sesuatu yang amat berbahaya bagi anggrek. Anggrek bisa mati karenanya.

Jadi, inilah saat untuk memindahkan anggrek menuju pot yang lebih besar sehingga akar bisa menyerap nutrisi dengan optimal.

Cara Menanggulangi Penyakit dan Hama

cara menanam anggrek di pot

masbidin.com

Pada beberapa tumbuhan lain seperti kacang panjang, tahapan penanaman juga meliputi penyulaman, yaitu membuang bagian tanaman yang rusak agar tidak memengaruhi yang lainnya (baca: cara menanam kacang panjang).

Namun pada anggrek, penyakit dan hamalah yang harus ditangani. Bukan hanya akar yang bisa tumbuh terlalu panjang, penyakit dan hama juga merupakan sesuatu yang perlu diwaspadai ketika Anda memutuskan untuk membudidayakan sebuah tanaman, termasuk anggrek tentunya.

Lakukan pengecekan bunga anggrek setiap hari. Pastikan tidak ada hama, gulma, dan hal lain yang mengganggu pertumbuhan anggrek.

Selain itu, Anda juga bisa memberikan insektisida. Ini cukup penting karena tidak setiap saat Anda dapat mengontrol hama serangga yang hinggap di sana. Berilah insektisida secukupnya secara rutin, setiap Minggu di sore hari.

Bagaimana? Mudah, bukan, cara menanam anggrek bulan di teras rumah Anda? Meski bukan termasuk jenis tanaman toga yang bermanfaat dalam bidang kesehatan, anggrek bulan bisa mempercantik area penghijauan di rumah Anda.

 

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

    error

    Enjoy this blog? Please spread the word :)