2
18

3 Panduan Cara Menanam Vanili (Agar Cepat Tumbuh Maksimal)

Bagi Anda yang kerap membuat aneka jenis kue pastinya sudah akrab dengan aroma manis yang sangat khas. Aroma itu berasal dari bahan pewarna kue yang terbuat dari vanili. Vanili atau yang juga disebut vanilla ini memiliki nama latin vanilia planifola dengan bentuk buah mirip seperti kacang polong, buah itulah yang kemudian menghasilkan tepung vanili.

Tumbuhan vanili memiliki bentuk yang menjalar sehingga cara menanam vanili agar cepat berbunga para petani biasanya menggunakan tongkat bambu agar tanaman tersebut merambat keatas. Besar batangnya hanya sebesar jari telunjuk orang dewasa dengan ruas-ruas yang ada pada seluruh bagian batang.

Vanili memiliki manfaat yang banyak dalam hal kesehatan sehingga banyak perusahaan yang menggunakan vanili tidak hanya sebatas pewarna makanan dan sebagai cita rasa manis dalam olahan saja bagi para penderita diabetes. Vanili juga digunakan dalam berbagai alat kecantikan seperti hand and body lotion, masker, serta sabun lulur karena kandungan vitamin E yang tinggi sehingga mampu membuat kulit Anda tetap sehat dan mulus.

Apabila Anda ingin mencoba untuk budidaya vanili, Anda bisa menyimak langkah mudah cara menanam vanili hidroponik dengan panen melimpah berikut. Budidaya vanili tidaklah sulit, sama seperti cara menanam semangka, tumbuhan vanili juga harus dilakukan perawatan yang baik dan benar agar bisa menghasilkan buah yang banyak.

Kandungan gizi yang dimiliki vanili adalah serat, mineral, juga vitamin A, B, dan E. Dengan kandungan tersebut vanili juga kerap digunakan sebagai obat penenang dengan cara dicampur ke dalam minyak aroma terapi atau essential oil. Sebuah penelitian juga mengatakan jika Anda sering mengkonsumsi vanili, Anda bisa terhindar dari bahaya stress berat atau depresi.

Vanili dapat pula untuk mencegah kanker sebab memiliki antioksidan tinggi. Banyaknya manfaat yang diperoleh dari vanilla membuat banyak orang tertarik untuk membudidayakan, selain untuk konsumsi sendiri, vanili juga bisa digunakan sebagai lahan yang menghasilkan banyak keuntungan financial. Harga vanili kering lebih mahal berkali-kali lipat dibandingkan dengan vanili yang masih basah.

Bagi Anda yang ingin mengetahui cara menanam vanili agar cepat berbuah, Anda bisa menyimak ulasan berikut ini.

Table of Contents

Media Menanam Vanili

cara menanam vanili

Berbeda halnya dengan cara menanam kelengkeng, budidaya vanili memiliki persiapan lahan khusus agar bisa tumbuh maksimal. Akan tetapi karena Indonesia adalah Negara tropis, jadi langkah persiapan lahan menanam vanili tidaklah sulit, sebab vanili sendiri merupakan jenis tanaman tropis.

Tidak perlu ruangan khusus dalam cara menanam vanili modern, hanya membutuhkan area yang memiliki suhu hangat untuk menjaganya saat proses pertumbuhan berlangsung. Suhu yang dibutuhkan antara 18 sampai 23 derajat celcius.

Lahan tanam vanili sebaiknya memiliki akses pencahayaan yang cukup hangat namun tidak terlalu panas. Jika saja Anda ingin menanam di area pelataran rumah, sebaiknya perhatikan tekstur serta kelembaban tanahnya.

Tanah dengan tekstur sedikit lembab dan gembur adalah lahan yang sangat cocok untuk budidaya vanili, jadi apabila lahan yang Anda miliki sedikit kering dan tandus maka cangkul terlebih dahulu serta berikan pupuk dan air agar bisa untuk menanam vanili.

Gunakan pupuk kompos atau pupuk kandang yang lebih ramah lingkungan serta tidak mengubah tekstur tanah. Gunakan trik dengan menanam tanaman yang bisa tumbuh tinggi yang bisa sedikit menghalangi panas matahari apabila lahan yang Anda miliki cukup panas.

Menyiapkan Bibit Vanili

harga vanili

Cara praktis mendapatkan bibit vanili dengan membelinya di toko pertanian atau tempat pembibitan yang ada di dekat Anda. Namun apabila Anda ingin melakukan pembibitan sendiri, pilih biji vanili yang sudah tua, jemur sampai benar-benar kering lalu tabur biji tersebut dengan tanah yang dicampur pupuk kandang.

Cara menanam vanili pdf menggunakan biji memang bisa memangkas biaya berlebihan, namun proses yang Anda kerjakan juga akan lebih lama lagi untuk sampai pada tahap panen. Jadi sangat disarankan untuk membeli bibit stek dari tempat pembibitan.

Cara menentukan bibit yang bagus adalah periksa kondisi kesehatan bibit, jangan sampai Anda membeli bibit vanili yang rusak atau cacat. Stek vanili yang bagus memiliki panjang 30 sampai 40 cm yang diambil langsung dari batang yang tua dengan induk pohon yang sudah mencapai 2 meter lebih.

Penanaman Bibit Vanili

Pada proses ini Anda harus benar-benar memperhatikan beberapa hal agar tidak salah langkah meskipun penanaman bibit vanilla sama halnya dengan cara menanam jeruk, hanya langkah yang harus Anda perhatikan adalah bersihkan terlebih dahulu bibit vanilla menggunakan lap ataupun tisu, persiapkan wadah berisi air, rendamlah bibit vanilla menggunakan air selama kurang lebih 10 atau 15 menit.

Angkat dan bersihkan bibit menggunakan lap maupun tisu hingga bersih, rendam ujung tangkai vanili hingga 5 sampai 7 hari. Anda bisa mempersingkat proses ini dengan mencampurkan pupuk cair ke dalam air yang digunakan untuk merendam ujung bibit vanilla. Apabila proses rendaman Anda berhasil, maka pada pucuk bibit akan tumbuh tunas yang mengarah ke bawah dan bibit siap untuk ditanam.

Perawatan Rutin Tanaman Vanili

tanaman vanili

Setelah bibit vanili ditanam di tanah yang telah disebutkan pada awal, lakukan perawatan berkala untuk mendapatkan hasil maksimal. Perawatan vanili tidaklah rumit, Anda cukup melakukan pengairan agar tidak terlalu kering dan pemupukan ulang untuk jangka waktu panjang.

Proses pemupukan sebaiknya setelah tanaman berumur 3 sampai 5 bulan, lakukan pemupukan dalam 2 minggu sekali.

Proses Panen Tanaman Vanili

cara merawat tanaman

Vanili dapat Anda panen setelah umur tanaman kurang lebih 2 tahun setelah tanam dengan lama panen 2 sampai 3 bulan penuh.perhatikan buah vanili yang siap panen berwarna hijau dengan warna kuning pada pucuknya.

Itu dia langkah singkat cara menanam vanili di lahan sempit maupun sawah dengan hasil panen melimpah yang bisa Anda terapkan di area rumah ataupun kebun Anda.

 

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.