Artikel yang Menjelaskan Terkait Seni Rupa Murni dari Pengertian, Fungsi, Beserta Contohnya Lengkap !

Seni Rupa Murni – Seni merupakan segala sesuatu ciptaan manusia yang mempunyai unsur keindahan dan membangkitkan perasaan bahagia kepada orang lain. Dalam seni sendiri banyak sekali cabangnya, salah satunya adalah seni rupa.

Mungkin banyak orang sudah tau tentang apa yang disebut seni rupa karena selalu berada berdampingan dalam kehidupan sehari-harinya. Akan tetapi banyak orang yang tidak mengerti jenis-jenis seni rupa tersebut. Padahal jika kita mengetahuinya kita akan mudah memberi apresiasi kepada siapa pembuat hasil karya seni rupa tersebut.

Pada dasarnya seni rupa di bagi menjadi dua yaitu seni rupa murni dan seni rupa terapan. Seni rupa terapan merupakan sebuah hasil atau bentuk karya seni rupa yang meninggikan fungsi praktis atau guna tanpa menghilangkan sisi keindahan dari seni tersebut, sedangkan seni rupa murni sebaliknya.

Dalam artikel ini saya akan membahas tentang apa yang disebut seni rupa murni dengan jelas dan gamblang mulai dari pengertian, fungsi, contoh, dan lain sebagainya.

Berikut ini penjelasan lengkapnya!.

Pengertian Seni Rupa Murni

seni rupa murni

Karya seni murni merupakan sebuah hasil atau bentuk karya seni yang dalam proses pembuatanya menghasilkan karya yang fungsinya hanya untuk dinikmati keindahanya. Atau juga bisa dikatakan jika karya seni ini lebih mementingkan atau menjunjung tinggi nilai estetis atau keindahan daripada nilai guna atau praktis.

Dalam hal pengerjaan seni rupa murni ini sebenarnya sudah ada dari zaman prasejarah dulu, para orang-orang zaman dahulu membuat sebuah karya seni dengan menggunakan cat alami dari getah pohon kemudian membuat bentuknya menggunakan tangan dan di tempelkan di sebuah batu atau media datar yang lainya.

Itu sebuah contoh simpel dari seni murni yang sudah ada pada zaman dahulu, setelah mengalamu revolusi dan modernisasi seni rupa ini berkembang hingga menggunakan media yang keras untuk menciptakanya seperti pembuatan patung, dan ukiran-ukiran kayu.

Hal-hal tersebut membuktikan bahwa sebuah karya seni memanglah mempunyai hakikat untuk menyukai hal yang indah.

Fungsi Seni Rupa Pada Umumnya

seni rupa murni
Pxhere.com

Sebelum membahas fungsi seni murni, saya akan sedikit menjelaskan fungsi seni rupa pada umumnya agar kalian bisa merasakan dan mengapresiasi sebuah seni yang selalu berada di sekitar kalian. Berikut ini penjelasanya.

A. Fungsi Sebagai Sarana Komunikasi

Sebuah karya seni dari dulu hingga sekarang merupakan salah satu media yang mudah digunakan untuk menyampaikan sesuatu. Seni atau lebih utamanya seni rupa juga merupakan sebuah bahasa universal yang digunakan untuk memberikan pesan kepada semua orang baik tersurat, maupun terserat.

B. Seni Sebagai Kebutuhan Emosional

Dalam sebuah hasil seni bukan hanya untuk media komunikasi, akan tetapi juga digunakan untuk sebagai pemenuh kebutuhan emosional manusia. Dalam hal ini manusia memiliki banyak sekali sifat emosi seperti marah, sedih, senang, malas, dan lain sebagainya.

Peran penting seni disini sebagai sarana untuk menjadikan perasaan atau emosional manusia yang sedang bergejolak menjadi tenang dan bahagia karena sifat keindahan dari seni itu sendiri.

C. Seni Rupa Sebagai Sarana Edukasi

Selain untuk memenuhi kebutuhan emosional, seni rupa adalah salah satu solusi untuk sebagai sarana edukasi atau pendidikan untuk seseorang. Seni ini dapat menyampaikan sebuah informasi yang tersirat maupun tersura. Dalam hal ini sebuah seni yang di aplikasikan sebagai sara edukasi ini sudah ada dari zaman dahulu.

Contoh singkatnya di Indonesia sendiri, penggunaan wayang, ataupun sebuah boneka tradisional, atau juga tarian tradisional yang menyampaikan sebuah pesan agar selalu memperbaiki kualiatas diri agar menjadi manusia yang berbudi luhur.

D. Sarana Pemenuh Kebutuhan Fisik Manusia

Sebuah seni rupa juga merupakan salah satu pemenuh kebutuhan fisik manusia. Dalam beberapa hal manusia membutuhkan seni rupa untuk kebutuhan hidupnya baik seni rupa terapan maupun murni.

Seperti contoh kita selalu menggunakan meja, kursi, piring, dan lain sebagainya untuk kegiatan sehari-hari. Semua itu merupakan bentuk karya seni yang menjadi salah satu kebutuhan manusia.

E. Fungsi Seni Rupa Sebagai Sarana Peribadatan

Jika di atas menerangkan fungsi seni rupa sebagai sarana komunikasi, sarana kebutuhan emosional, dan kebutuhan diri. Seni rupa juga bisa menjadi sarana untuk mendekatkan diri kepada sang pencipta.

Banyak sekali contoh dari fungsi yang satu ini, contohnya seperti umat islam menggunakan masjid sebagai tempat ibadah, umat hindu dan budha yang menggunakan pura dan kuil atau candi untuk bersembahyang memunajatkan diri kepada sang pencipta.

Dari situ kita bisa melihat bahwa pentingnya dari sebuah seni dari kehidupan sehari-hari.

Fungsi Seni Rupa Murni

Jika dilihat dari kesimpulan pengertian di atas fungsi seni rupa di atas, Sebuah seni rupa murni mempunyai fungsi yang komplek dalam kehidupan manusia di setiap harinya. Sebuah karya seni murni juga berperan sebagai sarana untuk meningkatkan kebahagiaan seseorang dengan menggunakan unsur keindahan atau estetika dalam sebuah seni rupa.

Karena memiliki unsur estetika yang tinggi bukan hanya untuk membuat orang yang melihat menjadi bahagia atau senang. Seni rupa murni ini juga digunakan sebagai sarana untuk mempercantik atau sebuah hiasan untuk ruangan agar terlihat indah dan nyaman.

Selain itu juga penggunaan seni rupa murni ini juga sebagai salah satu cara untuk berkomunikasi kepada penikmatnya serta juga menjadi media untuk memberikan sebuah pendidikan yang bersifat baik untuk kepribadian manusia.

Dari segi sosial seseorang yang melihat sebuah karya seni yang bagus dan menarik akan condong untuk ingin tau siapa pembuatnya. Serta mengapresiasi bahkan juga memberi sebuah penghargaan karena hasil karya seninya yang dapat menggugah rasa bahagia tadi.

Bukan hanya itu saja penggunaan sebuah karya seni murni ini juga bisa memunculkan sebuah rasa takjub dan membuat seseorang mengingat sang pencipta.

Baca Juga Arikel Terkait : Penjelasan Lengkap Terkait Materi Seni Rupa Mulai dari Pengertian, Fungsi, Jenis, Beserta Contohnya Lengkap

Seni Rupa Murni Berdasarkan Wujud dan Bentuknya

Jadi umumnya dalam seni rupa dan khususnya dalam seni rupa murni ini mengandung beberapa jenis, salah satunya berdasarkan bentuk dan wujud. Seni rupa ini memiliki dua wujud atau bentuk yaitu seni murni 2 dimensi dan seni murni 3 dimensi. Berikut ini penjelasan lengkapnya :

Seni Rupa 3 Dimensi

seni rupa murni
wikiwand.com

Seni rupa murni 3 dimensi merupakan sebuah seni yang dimana mempunyai tiga unsur yang membentuknya yaitu panjang, lebar, dan tinggi. Dari tiga unsur tersebut membentuk sebuah bentuk volume atau isi yang menjadikan sebuah karya seni rupa murni 3 dimensi ini bisa dilihat dari segala arah.

Banyak sekali contoh-contoh dari karya seni ini seperti patung, seni ukir kayu, dan masih banyak lagi yang lainya.

Seni Rupa 2 Dimensi

seni rupa murni
notepam.com

Jenis seni rupa murni yang lain yaitu seni rupa 2 dimensi. Seni rupa ini hanya tersusun oleh dua unsur yaitu panjang dan lebar, karena hanya tersusun oleh dua unsur maka seni rupa murni yang satu ini hanya dapa dinikmati dari arah tertentu saja.

Akan tetapi walaupun hanya bisa dilihat dari satu arah bagi seorang seniman yang handal seni rupa 2 dimensi ini merupakan sebuah media untuk menaruh harta karun. Karena para seniman menorehkan semua kekreativitasan mereka untuk di abadikan dalam media ini, hingga seseorang yang melihat karya ini bisa memberi sebuah apresiasi kepada seniman tersebut.

Berikut ini contoh-contoh dari seni rupa 2 dimensi : lukisan, gambar grafis, poster, dan lain sebagainya.

Contoh Seni Rupa Murni

Jika di atas adalah penjelasan terkait dengan seni rupa murni, dibawah ini merupakan contoh-contoh dan macam-macam seni rupa murni.

1. Seni Lukis

seni rupa murni
dictio.id

Karya seni lukis merupakan salah satu contoh seni rupa murni yang hingga saat ini banyak sekali peminatnya. Seni yang menggunakan media canvas ini memiliki daya pikat yang memukau banyak orang. Karena saking lama dan karena masih banyak sekali peminatnya salah satu peninggalan seni lukis yang masih banyak yang melihatnya. Bahkan bukan hanya melihatnya saja akan tetapi bahkan juga di teliti.

Salah satu karya seni lukisan zaman dulu yang sekarang masih di teliti adalah salah satu ciptaan Leonardo Davinci yaitu lukisan Monalisa, dan masih banyak lagi contoh-contoh yang lain.

2. Seni Grafis

seni rupa murni
duniaq.com

Contoh seni rupa murni yang kedua adalah seni grafis. Seni grafis merupakan sebuah seni 2 dimensi yang menggunakan media kertas dengan teknik cetak atau printing. Seni grafis ini pada zaman sekarang sudah mulai berkembang dan banyak sekali peminatnya.

Jika dulu seni grafis ini menggunakan teknik manual yaitu menggunakan tangan, pada zaman sekarang penggunaan tangan sudah di minimalisir dengan menggunakan mesin printing.

Contoh dari penggunaan seni ini adalah pembuatan stampel, spanduk, banner, dan masih banyak lagi yang lainya.

3. Seni Fotografi

seni rupa murni
pxhere.com

Seni fotografi merupakan sebuah seni yang menggunakan sebuah alat bantu yang bernama kamera untuk mengabadikan sebuah kegiatan atau sebuah momen berharga. Hasil dari seni fotografi ini adalah berupa hasil foto.

Dalam seni fotografi ini aspek yang digunakan adalah pengaturan cahaya yang dilakukan dengan alat yang disebut kamera tersebut. Karena banyaknya peminat dari seni ini menjadikan sekelompok orang yang menyukai seni ini dijadikan sebuah ajang untuk lomba.

4. Seni Koreografi

seni rupa murni
carajuki.com

Seni ini termasuk dalam seni rupa murni, seni koreografi merupakan sebuah seni yang menciptakan atau mengubah tarian menjadi gerakan yang utuh dan lebih menarik dan dapat dinikmati oleh banyak orang.

5. Seni Kaligrafi

seni rupa murni
nmhtthornton.com

Seni kaligrafi merupakan sebuah akulturasi dari sebuah seni menulis yang bagus dengan ayat-ayat suci dari al quran kitab suci umat islam. Dalam seni ini sangat banyak sekali jenisnya. biasanya seni kaligrafi ini digunakan untuk menghias tempat ibadah atau juga untuk menghias rumah.

6. Seni Pahat

seni rupa murni
pxhere.com

Seni pahat merupakan salah satu cabang dari seni rupa murni. Bahan yang digunakan biasanya menggunakan kayu ataupun batu. Salah satu hasil dari seni pahat ini adalah karya seni patung, dan kerajinan pahat yang lainya.

7. Seni Ukir

seni rupa murni
atzmut.com

ukiran merupakan sebuah seni yang khas dari Indonesia dengan nuansa yang klasik nan memukau. Seni ukir ini menggunakan kayu sebagai bahan dasarnya, hampir setiap daerah di Indonesia mempunyai ke khasan dalam seni ukir ini. Contohnya seni ukir Jepara dan Papua yang memilliki ke khasan tersendiri.

8. Seni Keramik

seni rupa murni
pxhere.com

Pengertian dari seni keramik ini merupakan sebuah karya seni yang terbuat dari tanah yang di bentuk dengan indah kemudian di bakar agar keras dan lebih cantik.

Biasanya para seniman keramik menggunakan teknik yang menggabungkan warna dari beberapa tanah untuk menciptakan sebuah gradasi warna yang cantik dan unik pada hasil keramik tersebut. Tapi ada juga yang mewarnai secara manual setelah proses pembakaran selasai.

9. Seni Mozaik

seni rupa murni
pxhere.com

Mozaik merupakan salah satu dari karya seni rupa murni yang memanfaatkan potongan kertas, keramik, atau kaca untuk di susun dan dijadikan bentuk yang indah untuk dilihat yang memiliki sebuah nilai karya seni tinggi.

 

Mungkin sekian sedikit pembahasan terkait seni rupa murni, jika ada kekurangan atau ingin menambahkan sesuatu silahkan isi kolom komentar di bawah.

Semoga bermanfaat!

1 thought on “Artikel yang Menjelaskan Terkait Seni Rupa Murni dari Pengertian, Fungsi, Beserta Contohnya Lengkap !

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.