seni rupa terapan

Penjelasan Lengkap Tentang Seni Rupa Terapan Mulai dari Pengertian, Fungsi, Contoh, dan Masih Banyak Lagi yang Lainya. Baca Artikel Ini Selengkapnya !

Seni Rupa Terapan –  Seni rupa merupakan salah satu cabang dari seni. Pastinya semua orang tidak asing dengan kata seni apalagi seni rupa. Dalam kehidupan sehari-hari kita selalu hidup berdampingan dengan apa yang disebut dengan seni terutama seni rupa.

Bahkan dari bangun tidur hingga tidur lagi kita tidaklah terlepas dengan apa yang disebut seni rupa. Dalam penerapan seni rupa ini banyak orang yang masih belum mengerti apa yang di maksud dengan sebuah hasil karya seni rupa ini.

Orang menganggap bahwa seni itu hanya barang yang digantung dan di letakan di tempat khusus. Jika kalian tahu seni rupa itu masih banyak jenisnya ada yang dimaksud dengan seni rupa terapan dan seni rupa murni.

Banyak sekali perbedaan dari kedua jenis seni tersebut seperti jika seni rupa murni merupakan seni rupa yang hanya dinikmati keindahanya, seperti ibarat contoh di atas tadi. Berbeda dengan seni rupa terapan.

Kali ini saya akan membahas lebih dalam terkait seni rupa terapan mulai dari pengertian,contoh, fungsi, dan lain sebagainya.

Berikut ini penjelasanya simak terus ya !

Pengertian Seni Rupa Terapan

seni rupa terapan

Sebelum menuju ke seni rupa terapan saya akan sedikit membahas dari pengertian dari seni rupa terlebih dahulu. Seni rupa adalah sebuah cabang dari seni yang menghasilkan sesuatu yang indah dengan kualitas dan ekspresi yang bisa dilihat oleh indra penglihatan dan indra peraba.

Jadi seni rupa terapan merupakan sebuah anggota dari seni rupa yang dimana dalam karya seni ini mengandung dua unsur yaitu estetika dan fungsi atau praktis. Akan tetapi dalam penggunaan seni rupa sendiri lebih mendahulukan fungsi praktis atau guna dibandingkan fungsi esetika.

Dalam bahasa Bahasa Inggris seni rupa terapan lebih dikenal dengan sebutan applied arts, atau seni yang di aplikasikan. Dari segi pengertian saja kita bisa melihat bahwa penggunaan seni terapan ini sangatlah sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari manusia. Sebab karena memiliki sifat praktis dan sifat guna.

Akan tetapi banyak orang mengartikan bahwa seni rupa terapan tidak memandang segi estetik atau keindahan. Dan sebagian berpendapat bahwa karya seni terapan hanya meninggikan nilai praktis dalam bentuk seninya.

Tapi jangan salah dalam penerapan sehari-hari karya seni terapan ini justru menurut beberapa orang yang berpendapat jika karya seni terapan ini tetap memiliki sebuah unsur seni yang indah.

Maka dari itu kesimpulanya beberapa adalah karya seni rupa terapan merupakan sebuah karya seni yang memiliki fungsi praktis dalam kegunaan sehari-hari. Dan juga fungsi estetis yang dimana karya seni tersebut dinikmati bentuk dan keindahanya.

Sejarah Seni Rupa Terapan

Di negara Indonesia sebuah karya seni terapan sudah ada sejak zaman prasejarah dulu dan sudah mulai berkembang. Dari zaman nenek moyang kita dulu sudah menggunakan kapak yang terbuat dari batu dan tulang untuk berburu. Itu juga merupakan salah satu penerapan dalam penggunaan sebuah karya seni terapan.

Menuju zaman yang sedikit modern perkembangan sebuah karya seni sangatlah pesat terutama karya seni terapan. Jika dulu para leluhur menggunakan sebuah batu untuk membuat suatu alat. Maka berbeda lagi ketika menuju ke zaman sedikit modern para nenek moyang sudah menggunakan logam.

Yang dimana logam tersebut di leburkan untuk membuat sebuah perhiasan dan juga peralatan yang lain seperti bejana, neraca, dan alat dapur yang lainya.

Seni Rupa Terapan

seni rupa terapan
pixabay.com

Dalam bidang karya seni terapan ini dapat dikategorikan menurut fungsi, masanya, dan wujudnya, berikut ini penjelasan lengkap dari kategori-kategori yang ada dalam karya seni rupa terapan ini.

1. Seni Rupa Terapan Berdasarkan Fungsi

seni rupa terapan
pxhere.com

Jadi dalam sebuah karya seni terutama karya seni terapan terdapat beberapa fungsi yang terkandung di dalamnya, dalam karya seni terapan ini terdapat dua fungsi yang dapat di kategorikan, berikut ini penjelasanya.

Fungsi Praktis atau Fungsi Guna

Dalam karya seni terapan ini mempunyai sejumlah fungsi atau kegunaan dimana karya seni ini membantu serta menunjang kegiatan kita sehari-hari, banyak sekali contoh yang bisa kita lihat seperti lemari, meja, kursi, perabot rumah tangga, dan benda yang kita pakai lainya.

Semua itu termasuk di kategorikan benda seni, mungkin sebagian orang tidak begitu mengerti terkait sebuah fungsi praktis atau guna pada seni.

Fungsi Estetis atau Keindahan Pada Seni

Sebuah karya seni pastilah memiliki sebuah unsur keindahan, unsur ini yang menjadikan orang bisa menikmati sebuah karya seni. Dalam karya seni rupa terapan sendiri unsur estetis juga sangatlah penting.

Dalam hal ini sangat banyak contoh dari karya seni terapan yang bukan hanya menggunakan fungsi praktis tapi juga menggunakan fungsi estetis. Contohnya kursi kayu yang di ukir, lemari kayu yang di ukir, dan masih banyak lagi yang lainya.

Selain contoh-contoh itu masih banyak lagi contoh nyata dalam kehidupan sehari-hari kita layaknya kain tenun, kain batik, dan hasil karya seni yang digunakan sebagai hiasan lainya.

2. Seni Rupa Terapan Berdasarkan Bentuknya

seni rupa terapan
pxhere.com

Pembagian selanjutnya seni rupa terapan ini masih terbagi atau dikategorikan menurut bentuknya. Dalam pengkategorian ini seni rupa di jadikan dua lagi yaitu seni rupa dua dimensi dan seni rupa 3 dimensi. Di bawah ini penjelasan lengkap terkait seni rupa terapan berdasarkan bentuknya ini.

Seni Rupa 2 Dimensi

Dwimatra atau dua dimensi, karya seni dua dimensi ini merupakan salah satu hasil dari karya seni yang mempunyai dua unsur saja panjang dan lebar.

Dalam karya seni ini untuk menikmatinya hanya dapat dilakukan dari arah tertentu saja tergantung dari mana karya seni itu di tujukan untuk menikmatinya baik itu dari samping, dari depan atau dari atas tetap satu arah saja untuk bisa menikmatinya.

Contoh : Seni lukis, seni batik, seni ilustrasi, wayang kulit, sketsa, dan masih banyak lagi yang lainya.

Seni Rupa 3 Dimensi

Karya seni rupa 3 dimensi atau bisa juga disebut trimatra merupakan salah satu cabang karya seni yang sudah umum bagi kalangan masyarakat. Pengertian dari seni rupa tiga dimensi ini merupakan sebuah karya seni yang memiliki tiga unsur yang terkandung yaitu panjang, lebar, dan tinggi.

Jika dilihat dari ketiga unsur tersebut menjadikan seni rupa 3 dimensi ini mempunyai sebuah volume atau isi yang dimana menjadikan karya seni ini bisa dilihat dari mana saja atau segala arah.

Banyak contoh yang bisa kita lihat dari seni 3 dimensi ini dalam kehidupan sehari-hari seperti seni kriya, seni pahat, seni patung, dan segala bentuk karyas seni yang bisa dilihat dari beberapa arah.

3. Jenis Seni Rupa Terapan Berdasarkan Wujudnya

seni rupa terapan
masbidin.net

Yang ketiga seni rupa terapan yang berdasarkan wujudnya, jika dilihat di negara kita Indonesia banyak sekali penerapan karya seni rupa terapan berdasarkan wujudnya baik itu dari seni tradisional maupun seni modern.

Contoh penerapanya seperti rumah adat, senjata tradisional, transportasi tradisional, dan juga seni kriya.

Macam macam Seni Rupa Terapan

Ada banyak sekali contoh dari seni rupa terapan, bahkan sulit dihitung karena jumlahnya sangat banyak, dalam hal ini saya akan menjelaskan garis besar dari sebuah kegiatan atau karya seni masuk dalam seni rupa terapan ini.

1. Seni Kriya

seni rupa terapan
laughingsquid.com

Seni kriya merupakan sebuah karya seni yang dibuat menggunakan ketrampilan atau skill tangan (hand skill). Karya seni kriya ini selain menggunakan kecekatan dan keluesan tangan juga membutuhkan kreativitas agar hasil jadi dari karya ini tetap memperlihatkan aspek fungsional dan juga keindahan dari karya seni tersebut.

Contoh dari seni kriya ini seperti : seni ukir kayu, seni topeng, kriya logam, seni keramik, seni tekstil, seni anyaman, dan masih banyak lagi yang lainya.

2. Seni Arsitektur

seni rupa terapan
Konstelasi.com

Contoh seni rupa terapan yang kedua adalah seni arsitektur. Seni arsitektur adalah sebuah seni dimana para seniman ini membuat sebuah rancangan bangunan. Dalam hal ini seni arsitektur sangatlah dibutuhkan untuk membangun sebuah bangunan yang besar terutama seperti gedung pencakar langit, sebuah menara, maupun sebuah rumah.

Dari seni arsitektur ini menjadikan segala sesuatu dalam membangun lebih struktural dan juga lebih indah pastinya. Banyak sekali contoh bangunan yang menggunakan seni arsitektur yang hingga sekarang masih terkenal karena keindahanya seperti Menara Eiffel di Paris, Taj Mahal di India, Candi Borobudur di Indonesia, dan masih banyak lagi contoh dari hasil pengaplikasian seni arsitektur ini.

3. Seni Ilustrasi

seni rupa terapan
brilio.net

Ilustrasi ialah salah satu jenis karya seni yang berbentuk sebuah gambar maupun foto. Ada beberapa pendapat yang menerangkan terkait pengertian dari seni ilustrasi sendiri yang menyebutkan bahwa seni ilustrasi merupakan sebuah gambar atau fungsi yang menerangkan sebuah kejadian maupun peristiwa.

Penggunaan dari seni ilustrasi ini biasanya di manfaatkan untuk mengabadikan sebuah momen dan juga untuk membantu memecahkan sebuah kasus kriminalisasi dengan menggambarkan kejadian maupun pelakunya.

4. Seni Grafis

seni rupa terapan
roemahmm.wordpress.com

Grafis merupakan sebuah karya seni yang dimana pembuatanya dengan menggunakan proses cetak untuk membetuk sebuah karya seninya. Media yang digunakan untuk seni grafis ini biasanya menggunakan kertas. Pencetakan ini menggunakan bahan cat atau sebagainya.

Contohnya seperti pensablonan baju, pembuatan banner, dan media cetak yang lainya.

5. Seni Dekorasi

seni rupa terapan
harian.analisadaily.com

Seni dekorasi adalah sebuah sebuah bagian dari karya seni rupa terapan, seni dekorasi merupakan sebuah tatanan terkait perabot dan perangkap pelengkap untuk menjadikan sebuah ruangan atau bangunan menjadi elok dipandang.

Atau bisa juga di artikan sebagai menghias atau memperindah suatu bangungan, benda, atau objek yang lain agar seperti harapan kita.

Banyak sekali contohnya seperti menghias ruangan, dekorasi pernikaha, dan masih banyak lagi.

Contoh Seni Rupa Terapan

Berikut ini contoh-contoh dari seni rupa terapan :

1. Anyaman

seni rupa terapan
IndonesiaKaya.com

Seni anyam ini termasuk dari hasil seni kriya, seni anyam ini berasal dari serat tumbuhan yang sudah tapi juga ada yang berasal dari serat sintetis. Dari serat tersebut di anyam hingga membentuk benda yang memiliki nilai guna dan nilai estetika yang tinggi.

Contoh dari anyaman ini seperti : keset, kursi anyam rotan, keranjang, dan lain sebagainya.

2. Seni Batik

seni rupa terapan

Siapa sih yang tidak tau batik ? Salah satu hasil karya seni rupa dari Indonesia yang sudah diakui oleh badan internasional UNESCO sebagai salah satu warisan budaya leluhur.

Batik merupakan salah satu jenis seni grafis tradisional yang dimana menggunakan media kain sebagai dasar dan zat pewarna dari alam untuk mempercantik dari unsur batik itu sendiri.

Baca juga Artikel Terkait : Penjelasan Lengkap Terkait Materi Seni Rupa Mulai dari Pengertian, Fungsi, Jenis, Beserta Contohnya Lengkap!

3. Seni Keramik

seni rupa terapan
wikiwand.com

Keramik merupakan salah satu karya seni rupa terapan yang sudah ada dari zaman dahulu. Penggunaan seni keramik ini selain untuk dinikmati keindahanya, sekarang juga digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Pembuatanya berawal dari sebuah tanah yang dibentuk sedemikian rupanya dengan bentuk yang indah, dan bahkan juga bernilai fungsional kemudian dilakukan pembakaran untuk mengeraskan unsur tanah tadi.

Contoh dari seni keramik ini adalah gerabah, porselin, genteng, guci, dan lain sebagainya.

4. Kerajinan Logam

seni rupa terapan
lahiya.com

Logam merupakan salah satu bahan yang dapat diolah menjadi sebuah seni. Logam ini cukup populer di Indonesia sejak zaman-zaman dulu, dilihat dari peninggalan-peninggalan nenek moyang sudah mulai menggunakan logam untuk kehidupan sehari-hari.

Selain digunakan untuk membantu keseharian logam ini juga digunakan untuk dijadikan sebagai hiasan baik untuk ruangan maupun manusia sendiri.

Contoh dari kerajinan logam : bejana, perhiasan emas, tempat minum, dan masih banyak lagi yang lainya.

5. Seni Ukir atau Seni Pahat

seni rupa terapan
triip.me

Seni pahat atau seni ukir merupakan salah satu seni kuno yang hingga sekarang masih banyak peminatnya. Media yang digunakan untuk membuat seni pahat ini bisa memakai batu ataupun kayu sebagai bahan utama pembuat seninya. Dengan menggunakan alat khusus serta kreativitas yang tinggi untuk menjadikan sebongkah bahan menjadi hasil karya seni yang bernilai tinggi.

Hingga sekarang ini banyak sekali pengrajin pahat atau ukir ini, bahkan di Indonesia ini ada salah satu wilayah yang memiliki satu sentra industri kerajinan ukir dan pahat yang sudah terkenal.

Contoh seni ukir misalnya patung, relief, lemari atau kursi ukiran kayu, dan masih banyak lagi yang lainya.

 

Mungkin sekian informasi yang bisa saya sampaikan, mengenal sebuah seni sangatlah penting dalam kehidupan sehari-hari agar kita bisa memberi sebuah apresiasi pada barang seni tersebut.

Jika ada yang kurang atau ingin menambahkan mohon mengisi kolom komentar ya !

Semoga bermanfaat !

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.