3
48

5 Kerajinan dari Barang Bekas yang Cantik dan Menarik (Kaya Manfaat)

Akhir-akhir ini, sampah menjadi isu yang sedang disoroti oleh banyak pemerhati lingkungan. Gerakan meminimalisiasi sampah pun mulai dicanangkan di beberapa daerah, termasuk gerakan mengolah sampah menjadi kerajinan dari barang bekas.

Banyak sekali kerajinan tangan yang dapat dikreasikan dari berbagai macam barang bekas. Cara membuatnya dan bahan yang mudah di dapat membuat kerajinan dari limbah ini semakin menjadi primadona. Apa saja, sih, kerajinan yang dapat dikreasikan?

Kerajinan dari Barang Bekas: Kardus Bekas

Apabila Anda memiliki banyak kardus bekas yang sudah tidak terpakai lagi di rumah, jangan buru-buru membuangnya karena kardus-kardus tersebut dapat dijadikan kerajinan dari barang bekas yang bermanfaat.

Salah satu contoh kerajinan tangan dari bekas kardus yang mudah dibuat tetapi sangat bermanfaat adalah rak cantik dari kardus ini. Ternyata, rak penyimpanan bukan hanya produk dari kerajinan bahan keras. Kardus pun dapat dimanfaatkan sebagai rak.

Bahan-bahan yang Anda butuhkan untuk membuat kerajinan dari kardus ini antara lain adalah:

  • 12 potong kardus berukuran 16x10cm
  • 12 potong kardus berukuran 10x10cm
  • Lem tembak
  • Kertas kado
  • Tali

Cara membuat:

  1. Bagi potongan kardus tersebut menjadi dua bagian yang sama banyak. Kemudian, tumpuk kardus-kardus tersebut sesuai dengan ukurannya.
  2. Rekatkan tumpukan kardus dengan menggunakan lem sehingga Anda mendapatkan 4 tumpuk kardus dengan panjang, lebar, dan ketebalan yang sama. Tujuan menumpuk potongan kardus tersebut adalah agar keempat sisi rak menjadi lebih kokoh.
  3. Pasang keempat sisi rak dengan cara merekatkannya menggunakan lem tembak.
  4. Bungkus sisi rak dengan menggunakan kertas kado agar lebih cantik dan rapi. Akhirnya, Anda mendapatkan sebuah rak. Ulangi cara tersebut sesuai dengan jumlah rak yang Anda butuhkan.
  5. Lubangi sisi rak yang pendek dengan menggunakan obeng. Ukur terlebih dahulu dengan penggaris agar hasil maksimal.
  6. Masukkan tali melalui lubang yang telah dibuat, lalu sambungkan rak satu dan yang lainnya menggunakan tali tersebut. Buat simpul mati pada rak terakhir.
  7. Gantung rak di dinding. Anda juga dapat mengelem rak pada dinding agar lebih kokoh.

Kerajinan dari Barang Bekas – Lampu Hias dari Sendok dan Botol Bekas Plastik

Sendok plastik dan botol bekas plastik merupakan barang bekas yang dapat ditemui di mana saja. Masyarakat bahkan membiarkan barang-barang bekas tersebut tergeletak begitu saja di tempat sampah, bahkan di pinggir jalan seolah mereka tak berharga.

Siapa sangka barang yang dinilai tidak bermanfaat ini ternyata dapat dikreasikan menjadi lampu hias yang unik dan bisa dijual.

Quote:

Menggunakan kembali barang bekas yang terdapat di lingkungan sekitar adalah salah satu cara yang bijaksana untuk mengurangi dampak penumpukan sampah yang berimbas pada efek pemanasan global dan pencemaran lingkungan.

Lampu yang unik ini ternyata mudah dibuat. Bahan-bahannya pun murah dan mudah untuk didapatkan. Yang Anda perlukan hanya:

  • Botol bekas
  • Sendok plastik
  • Pisau
  • Obeng
  • Lem
  • Lampu

Cara membuatnya:

1. Potong bagian bawah botol plastik. Potong juga tangkai sendok plastik.

2. Tempelkan bagian cekungan sendok pada botol hingga botol tertutup sempurna. Anda akan menjumpai sebuah botol plastik yang menyerupai buah nanas.

3. Pasang lampu melalui bagian bawah botol yang sudah dipotong. Kabel lampu seharusnya berada pada bagian atas botol. Lampu hias dari botol bekas pun siap untuk digunakan.

Tip:

Anda dapat mengecat sendok plastik terlebih dahulu untuk mendapatkan lampu hias yang lebih cantik.

Kerajinan dari Barang Bekas: Koran Bekas

cara membuat kerajinan tangan dari koran bekas

https://www.duniaq.com

Koran juga merupakan barang bekas yang jumlahnya melimpah. Banyak orang yang akhirnya menjual kembali koran-koran bekas tersebut dengan harga yang jauh lebih murah. Kemudian, barang bekas koran tersebut akan diolah kembali menjadi barang baru.

Kerajinan dari kertas, terutama koran, banyak dijumpai di mana saja. Hal ini karena kertas mudah untuk didaur ulang dan teknik pembuatan kerajinan ini pun tidak terlalu sulit.

Banyak benda yang dapat Anda kreasikan dari koran bekas seperti tempat tisu, pigura, jam dinding, tempat pensil, dan bahkan tanaman hias yang ada di atas meja.

Keunggulan dari tanaman hias yang terbuat dari tisu ini adalah tahan lama. Tidak seperti bunga atau tanaman hias yang asli yang membutuhkan perawatan secara saksama dan rutin, tanaman yang terbuat dari koran ini akan bertahan meskipun tanpa disiram air.

Untuk membuat tanaman hias ini, Anda hanya perlu menyiapkan koran bekas, gunting, lem, dan cat.

Pertama, Anda perlu menggunting koran bekas sehingga menghasilkan potongan yang memanjang. Gulung potongan tersebut hingga menyerupai stik atau ranting pohon. Ikat gulungan koran menggunakan selotip dan gulungan kertas koran.

Sekarang, Anda dapat mulai membuat cabang dan rantingnya dengan mengikat sebagian kertas dengan gulungan kertas lainnya. Anda dapat mengelemnya agar lebih kuat.

Bengkokkan bagian ujung ranting agar tampak lebih rapi. Kemudian, cat seluruh permukaan tanaman hias tersebut apabila lem sudah mengering. Tanaman hias dari koran bekas pun siap dipajang di atas meja.

Kerajinan dari Barang Bekas: Bunga dari Bekas Sedotan Plastik

Kerajinan dari sedotan

Apabila Anda ingin menghiasi meja di ruang tamu dengan bunga yang cantik dan tanpa perawatan khusus, bunga dari sedotan ini dapat menjadi solusinya.

Bahan-bahan:

  • Gunting
  • Double tape
  • Sedotan
  • Cotton bud

Cara membuat:

  1. Gunting bagian atas sedotan yang terdapat lekukan. Buang potongan tersebut.
  2. Lapisi satu sisi sedotan dengan menggunakan double tape.
  3. Tekan sedotan dengan menggunakan ibu jari dan jari telunjuk sehingga menjadi bentuk yang lebih pipih. Pastikan sisi yang terdapat double tape merupakan acuannya. Ketika sedotan menjadi pipih, double tape akan terbagi menjadi dua sisi.
  4. Gunting bagian sisi sedotan yang tidak terdapat double tape. Jangan mengguntingnya hingga putus. Cukup menggunting hingga garis double tape. Ulangi hingga Anda mendapatkan rumbai di sepanjang sedotan.
  5. Buka double tape, lalu tempelkan ujung cotton bud pada salah satu ujung sedotan.
  6. Gulung sedotan tersebut hingga habis dengan cotton bud berada di tengah. Rekatkan kembali dengan lem atau double tape. Anda juga dapat menambahkan daun agar lebih cantik.

Kerajinan dari Barang Bekas – Kaleng Bekas untuk Lampu Tidur

kerajinan dari kaleng

http://notedlist.com

Barang bekas kaleng susu juga merupakan barang yang sering Anda jumpai di sekitar rumah. Banyak kerajinan dari barang bekas yang dapat Anda kreasikan dari sebuah kaleng bekas, seperti tempat pensil, pot bunga, atau lampu tidur yang cantik ini.

Untuk membuat lampu tidur ini tidaklah sulit. Anda hanya harus menyiapkan sebuah kaleng bekas. Bersihkan terlebih dahulu kaleng tersebut. Lubangi kaleng dengan menggunakan bor.

Setelah Anda mendapatkan beberapa lubang kecil, cat permukaan luar kaleng dengan warna yang disuka. Masukkan lampu hias LED ke dalam kaleng. Sinar dari lampu hias tersebut akan keluar melalui lubang-lubang kecil dan membentuk pola yang cantik.

Ternyata kerajinan dari barang bekas banyak macamnya dan sangat bermanfaat, bukan? Daripada menumpuk sampah dan membiarkannya menjadi barang yang tidak berguna, mari mengkreasikan barang bekas tersebut menjadi barang baru yang bermanfaat.

 

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

    error

    Enjoy this blog? Please spread the word :)