2
66

5 Kreasi Kerajinan dari Kayu yang Patut Anda Coba (Unik dan Menarik)

Seiring berjalannya waktu, kerajinan tangan semakin berkembang dan diminati masyarakat. Bahan baku yang digunakan pun beraneka ragam. Namun, kerajinan dari kayu akan tetap selalu menjadi primadona di sepanjang masa.

Seperti halnya seni kerajinan tangan lainnya, kerajinan dari kayu juga semakin banyak pilihan, dari yang mudah dibuat hingga kerajinan yang memerlukan sentuhan tangan profesional.

Berikut adalah contoh kerajinan dari kayu unik dan menarik serta patut Anda coba.

1. Kerajinan dari Kayu: Kayu Palet untuk Tempat Tidur

Quote:

Kerajinan tangan dari bahan keras merupakan bentuk kreativitas tinggi yang juga merupakan salah satu cara melestarikan lingkungan agar generasi berikutnya dapat hidup lebih baik lagi.

Palet bekas bukan hanya sekedar barang bekas yang tidak bernilai. Apabila diolah dan dikreasikan dengan benar, kayu palet tersebut mampu disulap menjadi furnitur yang cantik dan unik. Seperti tempat tidur ini, misalnya.

Tempat tidur ini terbuat dari kayu bekas. Meskipun terbuat dari kayu bekas, tempat tidur tersebut masih tampak bagus dan kokoh. Yang paling penting adalah cara pembuatan yang tepat dan mudah.

Yang perlu Anda persiapkan hanya kayu palet bekas, paku, palu, dan sekrup. Kemudian, Anda hanya tinggal menyatukan palet bekas tersebut untuk membentuk tempat tidur dengan model yang disuka.

Tempat tidur dari palet bekas ini juga memiliki banyak fungsi. Selain sebagai alas bagi kasur, Anda juga dapat menggunakannya sebagai tempat penyimpanan.

Anda dapat menyimpan buku, majalah, atau barang-barang lainnya pada ruang yang ada di dalam palet sehingga tempat tidur ini cocok digunakan untuk kamar yang tidak begitu luas.

Selain menjadi tempat tidur, palet kayu bekas juga dapat disulap menjadi furnitur lainnya, seperti sofa, tempat tanaman, sekat ruangan, dan masih banyak lagi.

2. Kerajinan dari Kayu – Kerajinan Limbah Kayu

Seperti halnya kerajinan dari kardus yang merupakan olahan dari limbah kardus, kerajinan dari limbah kayu juga memiliki banyak manfaat dan banyak diminati masyarakat.

Hal ini terbukti dari seorang pria bernama Agung Irianto, seorang pengrajin limbah kayu di Kediri, yang dapat meraup omzet hingga jutaan rupiah per bulan. Kerajinan dari kayu yang ia kreasikan mampu merebut perhatian masyarakat.

Berawal dari semakin banyaknya limbah kayu yang berserakan di sekitar tempat tinggalnya, Agung Irianto pun mulai memutar otak untuk memanfaatkan limbah tersebut. Berbekal pisau dapur dan limbah kayu jati, ia dapat menciptakan lampu hias, meja, dan kursi klasik.

Langkah langkah membuat kerajinan limbah kayu ini juga tidak terlalu susah. Pertama, limbah kayu yang telah dipersiapkan dipotong menjadi bagian yang lebih kecil. Kemudian, potongan tersebut diiris tipis dengan ukuran 2x5cm.

Lembaran kayu tipis tersebut kemudian akan ditempelkan pada kerangka yang terbuat dari kertas mika.

Setelah semua permukaan kerangka tertutup sempurna oleh potongan kayu yang tipis tersebut, Agung Irianto mulai menghaluskan kerajinan tersebut lalu mengecatnya dengan pernis atau pelitur agar lebih menarik.

3. Kerajinan dari Kayu – Kerajinan Limbah Kayu Pinus

langkah langkah membuat kerajinan dari kayu

https://www.merdeka.com

Kerajinan dari kayu pinus juga tidak kalah menarik dengan kerajinan dari limbah kayu lainnya. Seperti halnya limbah kayu pada umumnya, limbah kayu pinus juga dapat disulap menjadi barang yang cantik, bermanfaat, dan pastinya menguntungkan.

 

Seperti yang dilakukan oleh seorang wanita bernama Retno Hastuti di Waru, Malang. Melalui olahan limbah kayu pinus yang dipopulerkan dengan nama GS4 Woodcraft, Retno menciptakan peralatan rumah tangga, mainan anak-anak, dan suvenir pernikahan.

Omzet yang ia dapatkan dari produk-produk tersebut pun tidak main-main. Dalam sebulan, ia dapat mengantongi omzet sebesar Rp25 juta hingga Rp30 juta. Bahkan saat musim pernikahan, omzet tersebut dapat meningkat drastis.

Pada awalnya, Retno mendapatkan limbah kayu pinus tersebut dari pabrik mebel milik temannya. Ia pun mulai membelah kayu-kayu tersebut menjadi potongan yang lebih kecil dan mengkreasikannya.

Semua dilakukan tanpa modal. Bahkan, Retno meminjam mesin pemotong kayu selama satu jam untuk membelah kayu-kayu tersebut. Semua itu ia lakukan dengan hanya berbekal kreativitas dan kesabaran.

4. Kerajinan dari Kayu – Kerajinan Stik Es Krim

kerajinan souvenir dari kayu bekas

viva.co.id

Apakah Anda gemar memakan es krim? Apa yang biasa Anda lakukan dengan stiknya setelah menyantap habis es krim tersebut? Apakah Anda membuangnya?

Tahukah Anda bahwa stik es krim dapat dikreasikan menjadi banyak sekali kerajinan tangan yang unik dan bermanfaat. Anda dapat membuat miniatur rumah, miniatur alat transportasi, tempat pensil, dan masih banyak lagi.

Lampu hias ini merupakan salah satu contoh kerajinan, yaitu kerajinan dari stik es krim. Bentuknya yang seperti buku terbuka akan membuat sudut ruangan Anda menjadi sangat cantik.

Anda mungkin bertanya-tanya di mana bisa membeli lampu hias ini. Berita baiknya adalah Anda tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk mendapatkan lampu yang cantik ini karena sangat mudah untuk dibuat.

Pertama, siapkan terlebih dahulu alat dan bahannya, antara lain sebagai berikut.

  • Stik es krim
  • Lem tembak
  • Gunting
  • Pisau
  • Lampu

Cara membuat:

Letakkan dua stik es krim secara sejajar, lalu beri lem pada salah satu ujung dari masing-masing stik tersebut.

Letakkan sebuah stik es krim pada ujung yang sudah diberi lem sehingga menghubungkan dua stik es krim yang sejajar tadi. Pastikan Anda meletakkan stik tersebut dalam posisi tegak.

Beri sedikit lem lagi pada kedua ujung “jembatan” stik es krim.

Tempelkan sebuah stik es krim pada kedua ujung “jembatan” tersebut. Pastikan Anda menempelkannya dalam posisi mendatar.

Ulangi langkah 1 hingga 4 sampai membentuk sebuah lengkungan.

Untuk membuat alasnya, Anda perlu menyusun beberapa stik es krim secara berjajar hingga panjangnya sama dengan 3 stik es krim yang disusun berbaris.

Beri lem pada kedua ujung stik-stik es krim yang berjajar tadi, kemudian letakkan tiga stik es krim secara berbaris pada masing-masing ujung. Tempelkan lagi 2 stik di atas 3 stik yang berbaris tadi hingga membentuk susunan seperti piramida.

Buat “jembatan” dengan cara menempelkan satu stik es krim pada kedua ujung alas secara melintang. Kedua stik ini berfungsi sebagai tatakan yang membuat stik tidak menempel langsung ke permukaan meja.

Lubangi bagian tengah stik sebagai tempat lampu.

Pasang lampu, kemudian penutup lampu yang berupa lengkungan tadi.

5. Kerajinan dari Kayu: Tempat Tisu Kayu

kerajinan kotak tisu dari kayu

https://www.kerajinanjati.com

Bukan hanya kerajinan dari kardus saja yang dapat dikreasikan menjadi tempat tisu yang unik. Kerajinan dari kayu pun dapat menghasilkan kotak tisu dengan ukiran yang elegan.

Kotak tisu semacam ini akan sangat cocok untuk digunakan pada acara resepsi pernikahan atau acara istimewa lainnya. Bentuknya yang kuat dan kokoh dapat membuatnya tahan lama.

Yang perlu Anda lakukan hanya menyusun beberapa potong kayu hingga membentuk balok. Jangan lupa mengecatnya dengan pernis atau pelitur. Tambahkan pula ornamen berupa ukiran agar kotak tisu tampak lebih menarik.

Ternyata kerajinan dari kayu tidak terlalu susah. Anda pun dapat meniru ide-ide kerajinan yang telah diulas tadi, dan bisa saja mendapatkan keuntungan yang fantastis. Selamat mencoba!

 

 

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

    error

    Enjoy this blog? Please spread the word :)