8
249

4 Kerajinan dari Sabun yang Mempercantik Rumah Anda (Mudah Dibuat)

Kerajinan dari sabun sekarang ini banyak diminati masyarakat karena selain bahannya mudah didapat dan murah, kerajinan tangan dari sabun ini dapat menghasilkan bentuk-bentuk yang unik dan cantik, bahkan bisa dijual untuk souvenir, lho.

Pada umumnya, kerajinan dari sabun dikreasikan menjadi bentuk yang lain dengan menggunakan teknik ukir atau mencetak.

Lalu, kreasi apa saja yang dapat dibuat dari sebuah sabun mandi? Berikut adalah contoh kerajinan sabun mandi yang mudah dibuat.

Manfaat Kerajinan dari Sabun untuk Anak-Anak

Seperti halnya membuat kerajinan dari limbah, kerajinan dari sabun juga merupakan kegiatan yang bermanfaat untuk anak-anak.

Terlebih lagi di era yang serba internet ini, banyak anak-anak yang tidak bisa lepas dari gawai, dan hal tersebut sangat memprihatinkan. Anak-anak membutuhkan kegiatan yang dapat mengasah kreativitas, sehingga mereka dapat terlepas dari gawai.

Selain dapat mengalihkan perhatian anak-anak dari gawai, membuat kerajinan dari sabun juga memiliki beberapa manfaat lainnya, terutama untuk anak-anak. Manfaat tersebut antara lain sebagai berikut.

  • Menumbuhkan kreativitas dan daya imajinasi anak sehingga ia akan tumbuh menjadi anak yang kreatif dan banyak akal.
  • Ketika anak Anda tumbuh dewasa, ia akan terbiasa menghadapi masalah dan mencari jalan keluar. Ia juga akan dapat menemukan ide-ide baru serta mudah untuk melihat peluang usaha.
  • Anak akan menjadi merasa lebih bahagia, terutama ketika ia dapat menciptakan hasil karyanya sendiri.
  • Anak tidak akan lagi kecanduan dengan gawai yang telah banyak menyita waktunya.
  • Seperti halnya dengan membuat kerajinan dari kardus atau limbah lainnya, membuat kerajinan dari sabun juga mampu melatih kemampuan motorik anak.

1. Kerajinan dari Sabun: Bunga Sabun

Quote:

Limbah tidak selalu buruk. Melalui ide-ide kreatif, limbah yang awalnya tidak berharga dan dianggap buruk dapat disulap menjadi suatu hal yang cantik dan bermanfaat.

Salah satu kerajinan dari sabun yang mudah dibuat adalah bunga mawar dari sabun. Untuk membuat rangkaian bunga ini, Anda harus mencampur adonan sabun dengan tepung maizena atau tapioka.

Namun, sebelum mencampurnya dengan maizena, parutlah sebuah sabun batangan terlebih dahulu.

Anda dapat menggunakan sabun batang dan parutan apa saja. Anda bisa menggunakan sabun Giv, sabun Lifebuoy, atau sabun Nuvo. Yang terpenting adalah parutan tersebut dapat mengubah sabun batang menjadi serbuk sabun.

Jika sabun batangan tersebut telah menjadi serbuk sabun, kini saatnya Anda mencampurnya dengan tepung maizena atau tapioka ke dalam sebuah mangkuk.

Jangan lupa tambahkan sedikit air ketika mencampurnya hingga mendapatkan tekstur seperti plastisin.

Bagi adonan sabun tadi menjadi dua, lalu beri pewarna tekstil pada masing-masing adonan. Salah satu adonan harus berwarna hijau karena akan digunakan untuk membalut tangkai bunga yang terbuat dari sumpit.

Setelah pewarna dan adonan sabun tercampur rata, mulailah membuat kelopak bunga dengan cara menempelkan sedikit adonan yang berwarna lain ke tangkai sumpit yang telah dibungkus dengan adonan sabun berwarna hijau.

Bentuk kelopak bunga dengan saksama dengan cara menekan-nekan kelopak dengan menggunakan jari, hingga Anda mendapatkan bentuk yang disuka. Lakukan langkah ini pada sisa adonan dan ranting.

Tunggu adonan sabun mengering, kemudian rangkai bunga mawar dari sabun tersebut ke dalam sebuah pot. Letakkan pot tersebut di ruang tamu, meja di kamar, atau di manapun yang Anda kehendaki.

2. Kura-Kura Sabun – Kerajinan dari Sabun

Seni ukir dan pahat biasanya diterapkan untuk kerajinan kayu, misalnya saja kerajinan dari batok kelapa. Namun, memahat sebuah kayu membutuhkan alat dan keterampilan khusus karena tekstur kayu yang keras.

Jika Anda tertarik dengan seni ukir namun ingin membuat seni ukir yang lebih mudah, cobalah untuk menggunakan sabun batang sebagai medianya.

Sabun memiliki tekstur yang jauh lebih lunak daripada kayu dan batok kelapa, sehingga akan lebih mudah bagi Anda untuk mengkreasikan seni ukir. Apabila Anda adalah seorang pemula, membuat seekor kura-kura dari sabun menggunakan teknik ukir patut dicoba.

Karena Anda akan mengukir sebuah sabun, maka sabun yang digunakan adalah sabun batangan. Apabila terdapat ukiran merk sabun, hilangkan ukiran tersebut terlebih dahulu dengan cara memotongnya dengan pisau hingga permukaan sabun benar-benar halus.

Setelah itu, Anda mulai dapat memahat bagian cangkang, kaki, kepala, dan tangan kura-kura dengan cara memotong sedikit sabun pada bagian atas dan samping, sehingga bentuk dasar kura-kura bisa didapat.

Jika Anda sudah mendapatkan bentuk dasar dari kura-kura, mulailah tambahkan detail seperti motif pada cangkang dan ruas kaki serta tangan yang akan membuat kura-kura tersebut tampak lebih hidup.

Sangat mudah, bukan? Kura-kura dari sabun ini sangat mudah dibuat dan akan memperindah ruang di rumah Anda. Bahkan Anda juga dapat menjualnya sebagai suvenir.

3. Kerajinan Kupu-Kupu – Kerajinan dari Sabun

Siapa yang tidak menyukai kupu-kupu? Serangga yang bisa terbang ini selalu diidentikkan dengan kecantikan dan keindahan.

Sekarang Anda dapat membawa kupu-kupu yang indah ini ke rumah sebagai hiasan. Namun, ini bukan kupu-kupu yang asli. Ini hanyalah kupu-kupu yang terbuat dari sebuah sabun batangan.

Cara membuatnya masih sama dengan cara membuat seekor kura-kura. Anda akan menggunakan teknik ukiran dan pahatan. Karena ukiran kupu-kupu ini memiliki banyak detail, Anda akan menggunakan beberapa alat bantu yang lain.

Alat dan bahan:

  • Sabun batangan
  • Pisau pahat
  • Tusuk gigi
  • Jarum
  • Gambar pola seekor kupu-kupu
  • Manik-manik
  • Kawat
  • Tang

Cara membuat:

  1. Gunting pola kupu-kupu yang sudah digambar atau dicetak.
  2. Haluskan permukaan sabun dengan mengiris sedikit bagian atasnya.
  3. Letakkan pola kupu-kupu tersebut di atas permukaan sabun yang telah halus dan rata, kemudian jiplak pola tersebut pada sabun dengan menggunakan tusuk gigi dan jarum. Pastikan semua detail yang ada pada pola juga diterapkan pada sabun.
  4. Potong sabun sehingga membentuk pola yang sudah dijiplak tadi, sehingga Anda mendapatkan bentuk dasar dari kupu-kupu.
  5. Mulailah mengukir detailnya dengan cara menggambar garis-garis pola pada sayap kupu-kupu dengan menggunakan tusuk gigi.
  6. Ukir bentuk bunga dan hati pada sayap kupu-kupu dengan menggunakan pisau pahat.
  7. Buat lubang kecil pada sayap kupu-kupu untuk meletakkan manik-manik sebagai hiasan.
  8. Ambil dua buah kawat, lilitkan satu sama lain, lalu bengkokkan ujung-ujungnya untuk membentuk antena pada kupu-kupu.

4. Kerajinan dari Sabun – Kerajinan dengan Teknik Melt and Pour

kerajinan dari sabun dengan teknik cetak

https://www.watchme88.com/

Selain teknik ukir, teknik pembuatan kerajinan dari sabun juga dapat menggunakan teknik melt and pour. Teknik ini jauh lebih mudah daripada teknik ukir. Hanya saja, Anda akan harus menyiapkan cetakan untuk menghasilkan bentuk yang baru.

Untuk menggunakan teknik ini, Anda dapat menggunakan sabun batangan biasa yang diparut dan dicampur dengan air panas dan tepung tapioca, lalu dituangkan pada cetakan. Cara ini disarankan untuk para pemula karena alat dan bahannya mudah didapat.

Jika menggunakan base soap, Anda dapat menambahkan pewarna dan pewangi sesuka hati. Namun, cara ini akan lebih rumit karena Anda harus mengukur kadar keasaman sabun terlebih dahulu.

Nah, ternyata membuat kerajinan dari sabun tidak terlalu sulit, bukan? Anda hanya perlu menggunakan keterampilan dan mengasahnya terus-menerus agar hasil kreasi menjadi lebih baik lagi.

 

 

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

    error

    Enjoy this blog? Please spread the word :)