4309

5 Kerajinan Bahan Keras yang Unik Mempercantik Diri dan Rumah Anda)

Indonesia terkenal kaya akan budaya dan seni kerajinan tangan yang beragam. Anda dapat menemukan berbagai macam kerajinan tangan unik dari Sabang hingga Merauke, terutama kerajinan bahan keras yang cocok dijadikan buah tangan.

Ternyata, beberapa dari kerajinan bahan keras nusantara ini tidak hanya memiliki nilai estetika, tetapi juga fungsi yang tinggi. Berikut adalah beberapa contoh kerajinan yang harus Anda dapatkan ketika melancong di beberapa daerah di Indonesia.

Table of Contents

Kerajinan Bahan Keras dari Bahan Bambu

kerajinan lonceng angin dari bambu

medium.om

Mungkin lonceng angin yang satu ini sudah tidak asing lagi bagi Anda. Kerajinan bahan keras alami dari kayu ini banyak dijumpai di toko suvenir. Bentuknya yang unik dan terbuat dari bahan yang mudah didapat membuat kerajinan dari kayu ini banyak digemari.

Bukan hanya unik dan cantik, cara pembuatannya pun tergolong mudah. Anda bahkan dapat memanfaatkan limbah kayu yang dapat ditemukan di sekitar rumah.

Pertama, Anda harus mempersiapkan bahan-bahannya, yaitu:

  • Batok kelapa
  • Bambu
  • Tali
  • Amplas
  • Pisau
  • Gunting
  • Gergaji potong
  • Bor listrik

Cara membuat:

  1. Potong bambu dengan ukuran 15–17cm dan 7cm yang akan digunakan sebagai “jangkar” individual, masing-masing sebanyak 5 buah. Pastikan bambu yang digunakan tidak retak dan masih dalam kondisi baik.
  2. Bersihkan bagian dalam bambu dan bagian bawah bambu yang berukuran 15–17cm sehingga berbentuk melengkung. Lengkungan tersebut berjarak 8cm dari bagian atas bambu. Kemudian, haluskan permukaan bambu dengan menggunakan amplas.
  3. Lubangi bagian atas bambu agar tali dapat masuk.
  4. Belah batok kelapa menjadi dua, lalu haluskan permukaannya.
  5. Lubangi bagian pinggir batok kelapa. Sambungkan batok kelapa tersebut dengan bambu yang telah diikat tali.
  6. Masukkan tali ke lubang pada batok kelapa, tarik ke atas, lalu buatlah simpul untuk mengunci talian.
  7. Lapisi lonceng tersebut dengan pelitur agar lebih menawan.

Kerajinan Bahan Keras – Kerajinan Tas Anyaman Rotan

kerajinan tangan tas rajut bulat

bukalapak.com

Tas merupakan salah satu pelengkap busana yang wajib Anda miliki. Tak heran jika para wanita memiliki berbagai macam tas yang disesuaikan dengan gaya busana mereka pada saat itu.

Jika Anda ingin tampil lebih bergaya dengan sentuhan tampilan yang eksotis, tas kerajinan bahan keras dari rotan ini dapat menjadi solusinya.

Kerajinan bahan keras buatan tangan ini juga banyak dijumpai di toko suvenir. Teknik pembuatan yang digunakan adalah dengan menganyam rotan yang keras dan berkualitas baik sehingga tercipta bentuk yang diinginkan.

Proses pewarnaan tas ini juga tidak bisa sembarangan. Setelah diberi pewarna, rotan harus dijemur dan dipanggang dalam oven terlebih dahulu agar warnanya tidak cepat pudar.

Sebenarnya, Anda juga dapat membuat tas cantik ini sendiri di rumah jika gemar membuat kerajinan tangan terutama anyaman.

Akan tetapi, jika menginginkan hasil yang maksimal dalam waktu singkat, Anda dapat memesannya secara daring dengan harga kurang lebih Rp200.000,00.

Kerajinan Bahan Keras dari Bahan Kaleng Bekas

 kerajinan bahan keras dari kaleng

idntimes.com

Apa yang biasa Anda lakukan dengan barang-barang bekas yang terdapat di rumah? Apakah Anda akan membuangnya begitu saja atau menyimpannya?

Barang bekas seperti kaleng, botol plastik, atau kaca, semakin hari akan semakin menumpuk. Anda pun akan mulai berpikir tentang apa yang dapat dilakukan dengan barang-barang tersebut.

Apabila Anda memiliki kaleng bekas tempat biskuit, jangan buru-buru membuangnya karena kaleng tersebut dapat digunakan sebagai kerajinan tangan dari barang bekas seperti tempat penyimpanan serbaguna ini.

Quote:

Memanfaatkan barang bekas yang terdapat di rumah dengan semaksimal mungkin dapat mengurangi efek pemanasan global. Terlebih lagi, barang bekas tersebut bisa saja menjadi barang baru yang lebih bermanfaat dan cantik.

Kerajinan bahan keras dari kaleng ini sangat mudah Anda buat sendiri di rumah. Anda hanya perlu mempersiapkan cat, gunting, penggaris, lem, kertas kado, dan kertas karton.

Tahap tahap dalam membuat tempat penyimpanan serbaguna ini pun sangat mudah. Pertama, Anda hanya perlu mengecat bagian luar kaleng dengan warna yang disuka hingga merata.

Setelah itu, pasang karton yang telah dibungkus dengan kertas kado ke dalam kaleng. Agar ukuran kertas karton tersebut sesuai dengan bagian dalam kaleng, ukurlah diameter kaleng terlebih dahulu.

Agar lebih kuat, rekatkan kertas karton pada kaleng dengan lem. Kertas karton ini akan digunakan sebagai pembatas di dalam wadah penyimpanan, sehingga barang yang Anda simpan tidak akan tercampur aduk menjadi satu.

Kerajinan Bahan Keras: Kerajinan Perak

contoh kerajinan bahan keras buatan

https://ksmtour.com

Kota Gede di Yogyakarta terkenal dengan kerajinan bahan keras dari logam terutama perak. Anda akan dapat menjumpai berbagi suvenir cantik yang terbuat dari perak ketika melancong ke kota ini.

Selain di kota Gede, ternyata kerajinan perak ini juga dapat ditemukan di desa Celuk yang terdapat di Gianyar, Bali.

Kerajinan logamnya pun beraneka ragam. Tak heran jika wisatawan, baik lokal maupun asing, suka untuk singgah dan membeli kerajinan tersebut sebagai oleh-oleh.

Kerajinan logam terutama perak yang dapat Anda temukan di desa ini mulai dari miniatur sepeda motor, gantungan kunci, hingga perhiasan yang indah ini.

Jika Anda tertarik dengan kerajinan tangan ini, tidak perlu jauh-jauh pergi ke desa Celuk. Hampir semua toko suvenir yang terdapat di Bali menjual kerajinan bahan keras buatan desa Celuk sehingga para wisatawan dapat dengan mudah membelinya.

Harga yang ditawarkan untuk satu kerajinan perak pun beraneka ragam. Ada yang dibanderol dengan harga puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah. Sedangkan untuk sepasang anting, Anda harus mempersiapkan uang setidaknya Rp35.000,00.

Kerajinan Bahan Keras dari Bahan Botol Bekas

kerajinan dari botol kaca

www.buscandosonhos.com

Anda tentu dapat menemukan banyak sekali barang bekas yang masih dapat digunakan kembali. Barang bekas tersebut akan menjadi jauh lebih cantik dan bermanfaat melalui proses kerajinan tangan.

Salah satu kerajinan tangan yang mudah dibuat dan murah adalah kerajinan dari kardus dan botol kaca bekas. Kerajinan tangan tersebut dapat digunakan untuk mempercantik tampilan interior rumah Anda.

Ternyata, mempercantik ruang tamu di rumah Anda tidak harus mahal, lho. Dengan bermodalkan botol kaca bekas, Anda dapat membuat vas bunga yang cantik, menarik, dan pastinya ramah di kantong.

Kerajinan bahan keras dari kaca ini sangat mudah dibuat. Berikut adalah bahan-bahan yang perlu Anda persiapkan terlebih dahulu.

  • Botol kaca bekas
  • Tali benang kasur atau rajut
  • Lem

Cara membuat:

1. Bersihkan seluruh permukaan botol kaca terlebih dahulu.

2. Aplikasikan sedikit lem untuk menempelkan bagian ujung tali. Mulailah dari bagian atas botol terlebih dahulu.

3. Lilitkan tali pada seluruh permukaan leher botol. Jangan lupa memberikan lem secukupnya sebelum melilitkan tali agar dapat menempel dengan sempurna pada botol. Ulangi langkah ini hingga seluruh permukaan botol tertutupi oleh tali.

Ternyata kerajinan bahan keras memiliki nilai fungsi dan estetika yang tinggi, bukan? Sebagian dari ide kerajinan bahan keras ini dapat Anda buat sendiri di rumah. Namun, sebagian lainnya hanya dapat dibuat oleh tenaga profesional.

 

Show Comments

One Response

  1. aditya ipa August 4, 2019

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.