Juny Maudy Penikmat kata penulis pena berbagi tulisan untuk menyebarkan kebaikan

5 Tips dan Cara Menanam Rumput Gajah Mudah Untuk Hiasan di Rumah

3 min read

cara menanam rumput gajah pakan sapi

 

Mengetahui cara menanam rumput gajah adalah langkah awal yang begitu penting untuk melakukan budidaya. Dengan pengetahuan cara tanam yang benar, menanam rumput gajah akan lebih mudah.

Anda tentu familiar dengan rumput gajah, bukan? Ya, rumput gajah mini adalah salah satu tanaman hias yang banyak dikembangkan di rumah. Jenis rumput ini memang bisa dijadikan opsi untuk membuat halaman rumah menjadi hijau dan lebih rindang.

Dengan menanam rumput gajah, halaman rumah yang tadinya gersang akan terlihat lebih sejuk dan hijau. Selain efektif untuk membuat rumah menjadi lebih hijau, rumput gajah cenderung cukup mudah ditanam dan tidak memerlukan perawatan yang khusus untuk menjaganya.

Table of Contents

Cara Menanam Rumput Gajah Sederhana

cara menanam rumput gajah pakan sapi
artikel.rumah123.com

Rumput gajah adalah salah satu solusi yang sangat tepat untuk membuat rumah menjadi lebih hijau. Selain mudah dalam perawatan, jenis rumput ini bisa tumbuh baik di berbagai jenis tanah.

Fakta tentang rumput gajah yang bisa diandalkan untuk membuat rumah menjadi lebih hijau membuat masyarakat mencari tahu tentang bagaimana cara menanam rumput gajah yang benar untuk memulai proses bercocok tanam jenis rumput hias ini.

Salah satu hal yang menarik dari rumput gajah adalah daunnya yang cenderung lebih besar dan lebar daripada jenis rumput lainnya meskipun bentuk rumput secara umum cenderung kecil. Detail inilah yang membuat rumput gajah menjadi pilihan dibandingkan dengan rumput Jepang.

Lantas, bagaimana cara untuk menanam jenis rumput ini mulai dari pemilihan benih hingga cara merawat jenis rumput gajah yang ditanam? Simak ulasan selengkapnya di bawah.

Persiapan Media Tanam Rumput Gajah

cara menanam rumput gajah pakan kambing
dekoruma.com

Berbincang mengenai menanam rumput gajah, salah satu hal yang begitu penting adalah persiapan media tanam. Ya, detail media tanam tentu akan sangat berpengaruh pada bagaimana rumput gajah tersebut nantinya akan tumbuh.

Sebagaimana cara menanam wortel, agar buahnya besar maka media tanam harus disiapkan sedemikian rupa. Begitu pula dengan rumput gajah, agar cepat lebat maka media tanam yang digunakan harus dipersiapkan dengan baik dan tentu memiliki nutrisi yang cukup.

Terkait media tanam untuk rumput gajah mini, Anda sebenarnya bisa membeli tanah khusus untuk membangun taman. Ini adalah solusi yang bisa Anda pilih. Namun, Anda juga bisa membuat media tanam sendiri dengan mencampur tanah dan pupuk kompos.

Nah, pupuk kompos yang digunakan akan memastikan jika zat hara tanah cukup dan bisa memaksimalkan pertumbuhan rumput gajah. Oleh karena itu, mengetahui cara membuat pupuk kompos juga penting agar Anda bisa menyiapkan pupuk kompos sendiri di rumah.

Pemilihan Bibit Rumput Gajah

 

Jika media tanam sudah siap, langkah berikutnya adalah mempersiapkan bibit yang akan ditanam. Pemilihan bibit ini harus dilakukan dengan seksama karena jenis bibit akan berpengaruh pada bagaimana rumput gajah tersebut akan tumbuh.

Nah, pastikan Anda memilih bibit yang benar dan sehat. Ada beberapa ciri dari bibit rumput gajah yang sehat yang bisa Anda pilih, seperti:

  • Rumput gajah terlihat hijau dan segar
  • Induk bibit memiliki akar yang kuat
  • Daun rumput gajah cenderung lebar dan besar serta tidak rusak.

Anda bisa berkonsultasi dengan ahli taman untuk menemukan bibit rumput gajah terbaik. Namun, perlu diketahui bahwa Anda tidak perlu melakukan penyemaian dalam polybag untuk memulai menanam rumput gajah ini.

Menanam Rumput Gajah

jenis rumput gajah
pxhere.com

Tidak seperti cara menanam kacang hijau yang membutuhkan beberapa langkah, cara menanam rumput gajah bisa dikatakan cukup mudah dan juga sederhana. Adapun beberapa cara menanam pohon rumput gajah ini dengan baik dan benar untuk ditiru adalah:

  • Pertama, pilih area yang akan menjadi tempat menanam. Tidak seperti bibit kacang hijau yang harus ditempatkan dulu dalam pot, Anda langsung bisa menanam rumput gajah di area lahan.
  • Nah, jika area tanam sudah tersedia, maka gemburkan terlebih dahulu tanah tersebut. Gunakan cangkul untuk menggemburkan hingga kedalaman sekitar 10 cm.
  • Jika tanah sudah gembur, langkah selanjutnya adalah menambahkan pupuk kandang. Anda perlu menambahkan pupuk kandang atau kompos secukupnya pada area tersebut. Tujuan dari penambahan ini adalah untuk meningkatkan nutrisi dalam tanah.
  • Selanjutnya, ambil bibit rumput gajah yang sudah disiapkan sebelumnya. Tanam rumput gajah mini tersebut pada area yang sudah disiapkan. Salah satu tips yang harus diperhatikan adalah tanam rumput tersebut secara zig zag.
  • Tutup area rumput tanam dengan tanah dan sedikit padatkan.
  • Lakukan penyiraman dan perawatan.

Perawatan Pada Rumput Gajah

cara menanam rumput gajah mini
pxhere.com

Meskipun bisa dikatakan jika rumput gajah tidak perlu mendapatkan perawatan yang khusus, namun tetap saja harus ada perawatan yang dilakukan untuk memastikan rumput gajah tumbuh subur. Perawatan ini dimaksudkan agar ketahanan rumput gajah lebih terjaga.

Berbincang tentang perawatan rumput gajah, ada beberapa perawatan yang perlu dilakukan. Beberapa perawatan tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Rumput gajah perlu mendapatkan penyiraman yang maksimal. Dalam hal ini, sirami rumput gajah setidaknya setiap pagi dan sore untuk menjaga rumput agar tetap segar.
  • Berikan pupuk NPK pada rumput gajah. Langkah pemupukan ini menjadi penting untuk memastikan jika rumput gajah tumbuh dengan sehat. Sama seperti tanaman mangga, pemberian pupuk dilakukan setelah tanaman masuk usia 2 minggu.
  • Hindarkan rumput gajah dari hewan-hewan yang berpotensi merusak, seperti ayam, kucing dan lainnya terutama ketika masih masa tanam awal di mana akar rumput belum tumbuh maksimal.

Nah, beberapa hal di atas adalah ragam cara menanam rumput gajah yang perlu Anda lakukan. Lakukan pencarian untuk mencari tahu harga bibit dari rumput gajah ini agar persiapan penanaman bisa dilakukan dengan baik.

 

Juny Maudy Penikmat kata penulis pena berbagi tulisan untuk menyebarkan kebaikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.