Juny Maudy Penikmat kata penulis pena berbagi tulisan untuk menyebarkan kebaikan

Cara Menanam Kaktus : 5 Tips Mudah Agar Kaktus Cepat Tumbuh

3 min read

cara menanam kaktus

Mengetahui cara menanam kaktus adalah hal yang sangat penting untuk Anda yang ingin melakukan budidaya karena akan berpengaruh pada hasil yang didapatkan.

Dulu, kaktus hanya dikenal sebagai tumbuhan berduri yang konon katanya banyak tumbuh di gurun pasir. Karakteristik kaktus yang berduri menjadikan orang-orang enggan menanamnya. Namun, kini cara pandang tersebut sudah berbeda dan kaktus menjadi tanaman hias yang menarik di rumah.

Ya, ada cukup banyak tanaman kaktus yang indah yang bisa dijadikan pajangan baik di halaman ataupun di dalam rumah. Keunikan kaktus ini membuat masyarakat ingin tahu terkait cara tanam tanaman ini. Terlebih, kaktus bisa dikembangbiakkan di pot yang simple.

Table of Contents

Cara Menanam Kaktus Sederhana

kaktus hias
unsplash.com

Kaktus bisa menjadi tanaman hias yang tepat untuk dikembangkan. Selain indah, cara perawatan tanaman ini juga sangat mudah dan sama sekali tidak merepotkan.

Pemahaman terkait cara menanam kaktus menjadi hal yang mendasar ketika Anda ingin memulai untuk menanam pohon ini. Cara tanam yang benar tentu saja akan membuat bercocok tanam tidak hanya mengasyikkan, namun juga memberikan hasil yang terjamin.

Perlu diketahui bahwa meskipun perawatan kaktus bisa dibilang cukup mudah dan sederhana, namun tetap saja ada beberapa cara menumbuhkan benih dan cara merawat pohon ini agar tumbuh subur. Nah, detail inilah yang akan dibahas pada kesempatan kali ini.

Persiapan Media Tanam Kaktus

cara menanam kaktus yang benar
thehijau.com

Sebelum bergerak untuk menanam jenis kaktus yang Anda inginkan, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mempersiapkan media tanam. Ini adalah langkah yang cukup krusial dan tentu saja sangat berpengaruh pada bagaimana kaktus nantinya akan tumbuh.

Berbincang tentang media tanam untuk kaktus, ada beberapa alternatif dan komposisi campuran untuk dipilih. Adapun beberapa pilihan tersebut adalah sebagai berikut:

  • Campuran tanah, pupuk kandang dan pasir dengan perbandingan 1:1:1
  • Campuran kompos dan pasir dengan perbandingan 1:1
  • Campuran tanah, pupuk organik dan pasir dengan perbandingan 4:1:1
  • Campuran pupuk kandang, sekam padi dan pasir dengan perbandingan 3:2:1.

Nah, beberapa campuran di atas bisa menjadi ide tentang bagaimana Anda membuat media tanam. Sebagaimana cara menanam daun bawang, cobalah untuk mempersiapkan media tanam ini dengan baik dan sempurna. Gunakan centong sebagai alat mengukur perbandingan.

Menanam Kaktus Menggunakan Cara Generatif

cara menanam kaktus mini
https://fatasama.com/

Kaktus merupakan tanaman yang bisa dikembangkan dengan cara generatif. Jika Anda ingin budidaya sukulen dengan cara ini, maka Anda perlu menggunakan biji tertentu yang telah melalui proses seleksi sebelum dikembangkan menjadi bibit kaktus yang tumbuh.

Nah, untuk cara ini, Anda bisa mendapatkan biji kaktus tersebut pada tanaman yang sudah dimiliki sebelumnya. Ambil biji tersebut lalu kemudian proses dan kembangkan menjadi tanaman kaktus yang baru dalam polybag yang sudah disiapkan.

Menanam Kaktus Menggunakan Cara Vegetatif

cara menanam kaktus koboi
tanamanku.com

Selain cara generatif, pengembangan kaktus juga bisa dilakukan dengan menggunakan cara vegetatif. Ini adalah salah satu cara yang cukup disarankan untuk dilakukan karena akan membuat pohon kaktus cenderung lebih mudah tumbuh.

Nah, salah satu cara vegetatif yang bisa dilakukan adalah teknik anakan. Adapun rincian teknik pengembangan kaktus anakan dengan baik dan benar yang bisa Anda tiru adalah sebagai berikut:

  • Pilih kaktus yang Anda ingin tanam dengan varietas unggulan. Seperti halnya bibit kacang hijau, bibit kaktus juga akan berpengaruh pada hasil tumbuh kaktus tersebut
  • Jika sudah, ambil busa atau kertas yang bisa menutup bagian tubas.
  • Tanaman yang sudah ditutup tadi kemudian dipisahkan dengan cara dipotong perlahan. Pastikan Anda menggunakan pisau yang tajam untuk memotong tunas ini.
  • Jika sudah, siapkan pot lengkap dengan media tanam yang ingin Anda gunakan untuk menanam kaktus mini tersebut.
  • Isi pot atau polybag dengan tanah dan pupuk. Pemupukan ini bertujuan untuk memastikan nutrisi tanah terkandung dengan baik.
  • Tanam kaktus pada media tersebut dan tempatkan kaktus pada posisi yang teduh dan juga terlindung dari sinar matahari secara langsung.
  • Lakukan perawatan pada tanaman kaktus hingga nantinya tumbuh dan siap dimanfaatkan.

Sebagaimana cara mencangkok tanaman, cara mencangkok kaktus dengan teknik anakan ini akan menghasilkan tanaman kaktus yang memiliki sifat sama seperti induknya. Oleh karena itu, cara ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda terapkan.

Perawatan Pada Kaktus

cara menanam kaktus dan sukulen
harpersbazaar.co.id

Sama halnya dengan tanaman lainnya, kaktus koboi juga perlu mendapatkan perawatan yang tepat. Perawatan tersebut nantinya akan membantu kaktus tumbuh dengan maksimal dan tentu saja sesuai dengan apa yang Anda inginkan.

Nah, ada beberapa hal yang cukup krusial tentang perawatan pada kaktus hias tersebut meskipun secara umum mudah dilakukan. Adapun beberapa cara perawatan kaktus yang harus Anda lakukan adalah sebagai berikut:

  • Penempatan pot atau polybag yang digunakan untuk menanam kaktus menjadi hal pertama untuk dilakukan. Dalam hal ini, tempatkan kaktus di tempat yang cenderung teduh dan tidak terkena sinar matahari yang berlebihan.
  • Siram tanaman kaktus secara teratur. Dalam hal ini, kaktus tidak membutuhkan banyak air sehingga Anda bisa melakukan penyiraman bahkan hingga 1 minggu sekali.
  • Berikan pupuk kompos terbaik untuk kaktus. Oleh karena itu, penting kiranya Anda mengetahui cara membuat pupuk kompos agar ketersediaan pupuk selalu siap dan tidak perlu ribet untuk mendapatkannya.

Beberapa poin di atas adalah perawatan sederhana yang perlu Anda lakukan. Dengan perawatan tersebut, tentu saja kaktus akan bisa tumbuh sehat dan subur sebagaimana keinginan.

Nah, demikian beberapa ulasan tentang cara menanam kaktus yang perlu Anda ketahui. Terapkan beberapa cara di atas dan dapatkan hasil terbaik untuk tanaman hias yang indah ini. Selamat mencoba.

 

Juny Maudy Penikmat kata penulis pena berbagi tulisan untuk menyebarkan kebaikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.