7
517

5 Ide Kreatif Membuat Kerajinan dari Bambu (dapat Dijadikan Ide Bisnis)

Pada era sekarang ini, masyarakat dituntut untuk lebih kreatif dalam mencari peluang usaha. Segala sumber daya alam yang dapat dikreasikan bisa dijual. Begitu pula dengan kerajinan dari bambu yang memiliki nilai fungsi dan estetika yang tinggi.

Banyak sekali prakarya yang dapat Anda kreasikan dari bahan bambu bahkan limbah bambu. Cara pembuatannya pun juga mudah. Berikut adalah lima kreasi kerajinan bambu sederhana, tetapi memiliki daya jual tinggi yang dapat Anda coba di rumah.

Table of Contents

Kerajinan dari Bambu: Gelas Bambu

 kerajinan dari limbah bambu

kompasiana.com

Kerajinan dari bambu yang mudah untuk dibuat oleh siapa saja, bahkan oleh seorang pemula sekalipun, adalah gelas bambu yang unik ini.

Gelas-gelas ini mungkin terlihat sederhana, tetapi mereka akan sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Maka dari itu, gelas bambu sangat cocok jika dijadikan sebagai souvenir pernikahan.

Quote:

Kerajinan bambu yang bernilai tinggi adalah kerajinan tangan yang tidak hanya cantik tetapi juga bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari.

Cara membuat kerajinan bambu ini juga sangat mudah. Anda hanya perlu menyiapkan beberapa potong bambu yang sudah tua karena yang masih muda akan mudah mengempis setelah dijemur dan biasanya terlalu lentur.

Jemur bambu tua tersebut selama beberapa hari agar menjadi kering. Setelah mengering, potong bambu pada bagian yang disebut cincin pemisah bambu. Anda juga dapat menggunakan penggaris agar potongan bambu menjadi seragam.

Setelah mendapatkan ukuran gelas yang Anda inginkan, amplas bagian luar dan dalam bambu agar menjadi lebih halus. Jika bagian luar bambu halus, akan sangat mudah bagi Anda untuk mengaplikasikan pelitur atau cat.

Setelah mengamplas bambu, kini saatnya Anda mengkreasikan imajinasi sesuka hati. Anda dapat mengukir, melukis, atau mengecat permukaan luar bambu. Gelas bambu ini mudah dibuat, bukan?

Kerajinan dari Bambu – Kerajinan Lampu Hias

kerajianan tangan dari bambu, lampu hias dari bambu

bukalapak.com

Lampu sejatinya digunakan masyarakat untuk menerangi ruangan yang gelap. Seiring berkembangnya zaman, para produsen lampu mulai melirik nilai estetika lampu daripada nilai fungsinya sehingga lampu kini bukan hanya menjadi penerang, tetapi juga hiasan.

Seperti halnya dengan kerajinan dari bambu berbentuk lampu unik yang satu ini. Selain menerangi ruangan yang gelap dengan cahaya lampu yang berpendar, teknik bambu ukir yang digunakan akan menciptakan suasana yang berbeda pada ruangan tersebut.

Cara pembuatan lampu hias dari bambu ini mungkin tidak sesederhana gelas dari bambu. Namun, bukan berarti Anda tidak bisa membuat karya seni yang indah ini, bukan?

Sebelum membuat lampu hias, Anda perlu mempersiapkan bahan-bahannya, antara lain adalah:

  • Batang bambu dengan panjang 1–3 meter
  • Lampu
  • Kabel lampu
  • Cat atau pelitur
  • Amplas
  • Semen
  • Gergaji
  • Gunting atau cutter
  • Alat pahat

Cara membuat:

  1. Potong bambu sesuai dengan keinginan Anda. Pastikan bambu tersebut adalah bambu kering yang kuat dengan diameter kurang dari 10cm.
  2. Amplas bagian luar bambu agar menjadi halus. Setelah itu, Anda dapat mengecat atau melapisinya dengan pelitur apabila menginginkan tampilan yang lebih alami. Keringkan.
  3. Jika cat sudah kering, potong bagian bawah dan atas ruas bambu dengan menggunakan gergaji. Bagian bawah akan dijadikan sebagai dudukan lampu, sedangkan bagian atas akan dijadikan tempat memasukkan lampu.
  4. Lubangi bagian bawah lampu sebagai lubang untuk kabel.
  5. Pahat dan lubangi bagian sisi bambu sesuai keinginan dan kreativitas Anda agar cahaya lampu dapat membentuk pola tertentu. Jangan lupa untuk menghaluskannya dengan amplas.
  6. Gunakan semen sebagai dudukan lampu hias agar dapat berdiri tegak.
  7. Cat atau pelitur kembali lampu hias beserta dudukannya.

Kerajinan dari Bambu: Kursi Bambu

kerajianan dari bambu, kursi dari bambu

idntimes.com

Seperti yang diketahui bersama, bambu memiliki banyak sekali manfaat baik dalam segi kesehatan, pelestarian lingkungan, dan kerajinan tangan.

Selain akar bambu yang konon bermanfaat bagi kesehatan dan dapat juga digunakan untuk mencegah erosi, batang bambu juga bermanfaat untuk membuat produk kerajinan seperti kursi dari bambu ini.

Pembuatan kursi dari bambu harus melalui proses pengawetan dan pengeringan terlebih dahulu agar kursi bambu dapat menjadi kokoh dan tahan lama hingga 10 tahun.

Bambu yang telah dipotong akan disandarkan pada tempat yang cukup teduh guna mengurangi kadar air yang terdapat pada bambu. Setelah itu, bambu akan dikeringkan dengan cara ditata pada alas batu dan dijemur.

Ketika menjemur, usahakan bambu tersebut tidak terkena sinar matahari langsung secara terus-menerus karena akan dapat membuat bambu menjadi melengkung. Sedangkan alas batu berfungsi untuk mencegah naiknya kelembapan dari tanah.

Proses penjemuran akan berlangsung selama 4 hingga 7 hari bergantung pada cuaca pada saat menjemur. Apabila sering turun hujan, proses ini akan membutuhkan waktu yang lebih lama.

Setelah proses pengeringan selesai, bambu akan mengalami proses pengawetan terlebih dahulu sebelum dikreasikan menjadi kerajinan dari bambu seperti kursi dan meja.

Ada berbagai cara yang dapat digunakan untuk mengawetkan bambu, yaitu dengan merendamnya di parit atau kolam, melakukan pengasapan, mencelupkannya dalam larutan kapur, dan pemanggangan.

Namun, negara maju seperti Jepang menggunakan pengasapan yang lebih canggih untuk mengawetkan bambu demi tujuan komersial.

Setelah bambu melalui proses pengeringan dan pengawetan, bambu telah siap dirakit menjadi kursi ataupun meja.

Kerajinan Anyaman Bambu

kerajinanan anyaman dari bambu

hipwee.com

Kerajinan tangan yang terbuat dari serat alam seperti kerajinan kulit jagung dan serat bambu banyak diminati pasar pada era sekarang ini.

Kampanye go green juga turut menyadarkan masyarakat untuk lebih kreatif mengolah sampah menjadi barang yang lebih bermanfaat seperti kerajinan dari kardus.

Seperti halnya anyaman dari serat bambu ini. Masyarakat dapat mengolah limbah bambu menjadi suatu hal yang lebih bermanfaat dan memiliki daya jual tinggi seperti tas, topi, atau lampu hias seperti ini.

Meski tidak semudah mengkreasikan kerajinan dari sedotan, teknik pembuatannya tidak terlalu rumit. Anda hanya perlu mendapatkan bambu yang kuat tetapi tidak terlalu tua karena bambu yang tua sangat susah untuk dibentuk. Perhatikan juga ruas bambu yang Anda gunakan. Pilihlah yang ruasnya saling sejajar.

Setelah itu, belah bambu sesuai dengan buku-bukunya, lalu keringkan dibawah sinar matahari selama beberapa hari. Kemudian, bambu akan siap untuk dianyam.

Kerajinan Pigura Bambu

 pigura dari bambu

https://kerajinanindonesia.id

Percantik momen indah yang telah Anda abadikan dalam foto dengan pigura bambu ini. Cara pembuatannya cukup mudah. Anda dapat menggunakan bambu kecil, seperti bambu jepang atau ranting bambu.

Anda juga dapat menggunakan bambu kering yang sudah cukup tua karena bambu tua biasanya cukup kokoh untuk dikreasikan menjadi kerajinan tangan apa saja.

Kemudian, potong-potong bambu sesuai kebutuhan, amplas, aplikasikan cat atau pelitur, lalu kreasikan pigura yang ingin Anda buat.

Selain digunakan sebagai pigura, bambu kecil tersebut dapat juga digunakan sebagai miniatur sepeda motor, becak, dan lain sebagainya.

Nah, sekarang Anda telah mengetahui beberapa contoh gambar kerajinan dari bambu. Ternyata cara pembuatannya tidak terlalu sulit, bukan? Anda pun dapat mengkreasikannya dan meraup untung hingga jutaan rupiah. Selamat mencoba!

 

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.