3
10

8 Angka Fantastis Harga Ayam Bangkok (Terbaru 2019)

Bagi kebanyakan orang, harga seekor ayam yang setara satu unit mobil tentulah tak masuk akal. Namun, bagi para pecinta unggas istimewa ini, harga ayam Bangkok yang fantastis dinilai pantas, mengingat segala keunggulan yang dimilikinya.

Banyak faktor yang membuat harga ayam jenis ini bisa mencapai ratusan juta rupiah. Selain tampilan fisik dan keterampilan bertarungnya, biaya impornya pun cukup tinggi.

Lalu, apa saja jenis ayam yang memiliki harga termahal dan berapa kisarannya? Apakah umur (muda atau dewasa) serta asal (lokal atau import) ikut menjadi faktor penentu harga? Ini dia ulasannya.

Harga Ayam Bangkok Super

harga ayam bangkok super

https://idntimes.com

Di antara jenis ayam bangkok lainnya, bangkok super memiliki banyak keunggulan. Bentuk fisiknya terkenal bagus dengan tubuh yang padat dan struktur tulang yang kuat. Di samping itu, ketangkasannya pun tidak diragukan lagi.

Dengan semua kelebihan yang dimilikinya, wajar jika ayam ini dihargai mahal. Harganya akan makin melambung jika ayam sering menjadi pemenang. Anda jangan kaget jika ada ayam Bangkok super yang harganya mencapai Rp450 juta, bahkan Rp1,2 miliar!.

Harga fantastis tersebut hanya berlaku untuk ayam tertentu. Di pasaran Indonesia, harganya tentu tidak setinggi itu, meski masih tergolong mahal. Harga ayam bangkok super dewasa ditawarkan pada kisaran Rp5 juta dan ayam Bangkok super juara sekitar Rp10 juta.

Untuk jenis yang benar-benar merupakan ayam impor dari Thailand, harganya relatif stabil. Kisaran harga tergantung pada jenisnya.

  • Ayam Bangkok Putih

Di antara jenis lainnya, ayam Bangkok putih ini termasuk jenis eksklusif. Di negeri asalnya, harga ayam ini bisa mencapai Rp16 juta hingga Rp32 juta. Keindahan tampilan fisik ayam ini, dengan bulu berwarna putih, adalah faktor utama yang membuat harganya cukup tinggi.

  • Ayam Bangkok Kinantan

Ayam ini juga memiliki bulu yang didominasi warna putih, tetapi terdapat satu warna lain di daerah sekitar dadanya. Harga ayam ini jauh lebih murah dibanding ayam bangkok putih, yaitu hanya sekitar Rp600 ribu hingga Rp1 juta.

  • Ayam Bangkok Taduang

Dilihat dari sisi tampilan, ayam bangkok taduang ini memang terlihat kurang menarik. Itu sebabnya, harganya di pasaran pun tidak terlalu mahal. Biasanya, ayam ini bisa Anda beli dengan kisaran harga antara Rp150 ribu–Rp300 ribu saja.

Harga Ayam Bangkok Birma

cara merawat ayam bangkok

http://bukalapal.com

Di bawah ayam bangkok super, ada jenis birma yang menduduki peringkat kedua dari segi harga. Jenis ini juga tergolong digemari para pecinta ayam karena kecepatan dan kemampuan bertarungnya sangat baik, hampir menyamai bangkok super.

Untuk ayam dewasa berbobot 3 kilogram, bangkok birma silang maupun indukan dijual dengan kisaran harga Rp2 juta. Jika mengincar tipe jawara, Anda harus merogoh kocek dalam-dalam karena harganya semahal ayam bangkok super, yaitu Rp10 juta.

Harga Ayam Bangkok Betina dan Anakan

pakan ayam bangkok

http://kompas.com

Meskipun bukan jenis petarung, ayam bangkok betina pun memiliki harga yang tidak murah. Hal ini dikarenakan kualitas ayam betina menentukan bagaimana keturunannya. Oleh karena itu, memilih ayam betina pun harus dilakukan dengan sangat teliti.

Untuk kualitas unggul, kisaran harga ayam betina adalah Rp500.000 untuk jenis F1 dan Rp550.000 untuk tipe super. Angka ini tentu jauh di bawah harga ayam jantan, tetapi tetap tergolong mahal jika dibandingkan dengan betina pada umumnya.

Seperti betinanya, harga anakan ayam bangkok pun tergolong tinggi jika dibandingkan jenis lainnya. Bagi pemiliknya, anakan ayam ini bisa menjadi investasi. Jika dirawat dengan benar, anakan akan tumbuh menjadi ayam dewasa yang unggul dan siap adu.

Harga anakan ayam yang berasal dari indukan yang bagus bisa dibanderol dengan nilai jual lumayan tinggi, yaitu antara Rp400.000–Rp500.000 per ekor. Namun di pasaran, harga anakan ini tergantung pada umurnya, yaitu:

  • Umur 1–2 minggu : Rp100.000–Rp200.000
  • Umur 1 bulan : Rp300.000
  • Umur 2 bulan : Rp400.000

Baca Artikel Terkait : Anak Ayam Bakok

Harga Ayam Bangkok Aduan

anakan ayam bangkok

http://ayambangkok.lecture.ub.ac.id

Quote:

Pada umumnya, ayam bangkok aduan mempunyai postur tubuh yang tegap dan struktur tulang yang kuat. Namun, setiap ayam memiliki kelebihan dan ciri khas sendiri dalam bertarung, seperti teknik menyerang atau bertahan sehingga harganya pun tidak persis sama.

Selain kuat secara fisik, ayam bangkok petarung juga biasanya memiliki mental yang baik sehingga tidak mudah terintimidasi lawan. Semuanya diperoleh melalui pemberian pakan yang tepat dan latihan rutin.

Kisaran harga untuk ayam aduan ini bervariasi. Untuk ayam thailand, harga indukannya adalah Rp3 juta, jenis F1 Rp3,1 juta, dan jenis super dijual dengan harga tertinggi, yaitu Rp5 juta.

Jenis aduan lain yang juga cukup mahal adalah ayam bangkok gombong yang kualitasnya sudah mendunia. Untuk kelas biasa, harganya dibanderol sekitar Rp200.000, sedangkan kelas istimewa dan super nilainya bervariasi dari jutaan hingga ratusan juta rupiah.

Harga yang relatif mahal juga berlaku untuk ayam bangkok mangon. Jenis yang merupakan hasil perkawinan silang antara ayam birma/pama dengan saigon ini dijual dengan kisaran harga Rp2 juta untuk jenis indukan.

Untuk jenis aduan modern, yakni ayam bangkok pakhoy, harganya berkisar di angka Rp1 juta untuk anakan, Rp1,5 juta untuk betina, dan Rp5 juta untuk jenis super. Sementara itu, jenis orisinal dibanderol dengan harga sekitar Rp10 juta.

Faktor yang Memengaruhi Harga

harga ayam bangkok thailand

https://jtcbreeder.wordpress.com

Dari ulasan di atas terlihat bahwa harga ayam bangkok bisa sangat bervariasi, bahkan untuk jenis dan kategori yang sama. Tinggi rendahnya harga dipengaruhi oleh beberapa hal, yaitu:

  • kualitas ayam, yang merupakan faktor utama yang memengaruhi harga ayam;
  • biaya untuk mendatangkan ayam impor, bukan hanya harga belinya, tetapi juga biaya-biaya lain seperti jasa pengiriman, pajak, dan sebagainya, termasuk risiko yang mungkin terjadi; serta
  • keberadaan komunitas pecinta ayam, yang sangat berpengaruh terhadap fluktuasi harga.

 

Informasi harga di atas hanyalah gambaran umum sebagai acuan bagi Anda yang berminat untuk memberli ayam bangkok berbagai jenis. Harga ayam bangkok riil di lapangan kemungkinan besar tidak akan sama, tergantung pada kondisi ayam dan wilayahnya.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

    error

    Enjoy this blog? Please spread the word :)