17

5 Cara Tercepat Beternak Ayam Bangkok Super (Tips Sukses)

Beternak ayam bangkok super tentu sedikit berlainan dengan memberi perlakuan pada jenis mangon, vietnam, atau birma. Ternak ayam bangkok harus dilakukan dengan benar, supaya hasilnya lebih maksimal.

Ayam bangkok yang diternak dengan baik dan punya kualitas unggul, harga jualnya bisa mencapai nilai termahal.

Anda harus memperhatikan beberapa hal terkait pemeliharaan ayam bangkok terutama jika hewan tersebut asli atau import. Pemeliharaan yang tepat akan menjaga kelangsungan ternak ayam Anda. Jadi, perhatikan baik-baik hal terkait tips beternak ayam bangkok.

Tips Sederhana Dalam Beternak Ayam Bangkok

Homepage

Quote:

Ayam bangkok termasuk jenis ayam yang sering dijadikan peliharaan atau diternakkan oleh para pecinta ayam.

  • Pemilihan Bibit

Pilihlah bibit yang berkualitas agar peternakan Anda menghasilkan ayam bangkok super. Kualitas dari hewan yang Anda ternak akan berpengaruh pada harga ayam bangkok ketika dijual.

Ciri ayam bangkok betina yang bagus ditandai dengan fisik yang sehat, tidak terdapat cacat, bulu yang bagus, dan umurnya sudah siap untuk kawin.

Ayam bangkok jantan yang punya kualitas baik dicirikan dengan tubuh sehat, penampilan kekar, suara lantang, gerakan lincah, bulunya bagus, dan umurnya cukup untuk dikawinkan. Ciri tersebut tentu akan berbeda dengan ternak ayam bangkok birma.

  • Pemberian Pakan dan Minum

Anda bisa memberi pakan pada ternak sebanyak dua kali dalam sehari. Gunakan pakan yang terbuat dari beras dan dedak. Tambahan nutrisi juga bisa diberikan dengan mencampur pakan dengan tepung ikan atau jagung giling.

Minuman harus Anda siapkan setiap hari. Sebagai penambah energi dan penjaga stamina ayam, tambahkan vitamin dalam air minum ayam. Selain itu, berikan juga perasan jahe dalam air minum ayam ternak Anda ketika musim hujan.

  • Segera Obati Ayam Bangkok yang Sakit

Penyakit sangat mungkin melanda ayam ternak Anda. Jika Anda menemukan ayam bangkok yang sakit, segeralah melakukan pengobatan. Pembiaran pada ayam yang sakit bisa membuatnya mati atau menulari ayam lain.

Pencegahan merupakan cara terbaik yang bisa Anda lakukan. Selalu jaga kebersihan kandang dan berikan vaksinasi pada ayam Anda.

  • Perhatikan Umur Ayam Bangkok

Sebagai peternak ayam bangkok, Anda harus memahami pembagian umur hewan ternak tersebut. Hal ini akan berkaitan dengan perawatan dan pengawinan ayam. Penggolongan umurnya antara lain:

  1. 0–6 minggu termasuk ayam anakan,
  2. 6–12 minggu termasuk anak ayam
  3. 12–16 minggu termasuk ayam muda
  4. 18–68 minggu termasuk ayam dewasa
  • Pemilihan Telur

Pemilihan telur akan sangat berguna untuk membantu Anda mengenali kemungkinan jenis kelamin anak ayam yang akan dihasilkan.

Anda bisa mengetahuinya dengan cara melihat bentuk telur. Bentuk yang oval sedikit memanjang menandakan telur tersebut berisi anakan jantan. Telur dengan bentuk bulat pendek kemungkinan berisi anakan betina.

Tips Tentang Kandang Ternak Ayam Bangkok

http://kompasiana.com

Kandang menjadi salah satu hal penting dalam beternak ayam bangkok super. Kandang yang nyaman dan berfungsi dengan baik, akan membuat ayam betah dan tumbuh optimal. Berikut ini penjelasan terkait kandang ternak ayam bangkok.

  • Bahan untuk Kandang

Pembuatan kandang ayam bangkok tidak harus terbuat dari bahan yang mahal, yang penting caranya benar. Anda bisa menggunakan bahan berupa bambu, papan kayu, atau kikisan rotan.

Anda nantinya harus membuat beberapa kandang yang berguna untuk memisahkan ayam berdasar umur. Khusus untuk kandang ayam jantan, berikan rongga pada bagian bawahnya agar kotoran lebih mudah dibersihkan.

  • Ukuran Kandang

Ukuran kandang harus memperhatikan umur serta banyaknya ayam yang akan diternakkan. Ukuran yang benar akan mencegah ayam stres. Selain itu, ayam juga tidak mudah terkena penyakit.

  • Perlengkapan untuk Kandang

Lengkapi kandang ayam Anda dengan tempat minum, tempat makan, dan lampu. Pilih peralatan yang sesuai agar fungsinya maksimal.

Cara Mengawinkan Ayam Bangkok

http://warungkopi.okezone.com

Ayam bangkok yang Anda kawinkan haruslah sudah cukup umur untuk kawin. Untuk pejantan, umurnya paling tidak 1 tahun, sedangkan betina bisa dipilih yang berusia 7-8 bulan. Pengawinan dengan ayam yang bagus akan menghasilkan anakan berkualitas jawara.

Cara mengawinkannya bisa dengan teknik tempel, yakni ayam betina akan didudukkan di depan pejantan dan dibiarkan untuk kawin. Cara lainnya ialah ayam betina dimasukkan dalam kandang yang dekat dengan tempat pejantan, lalu disatukan untuk dibiarkan kawin sendiri.

Hal yang Diperhatikan dalam Proses Pemeliharaan

http://idntimes.com

  • Jaga Kebersihan Kandang

Cara merawat ayam bangkok yang utama adalah menjaga kebersihan kandang. Selain kandang, tempat makan dan minum juga harus dibersihkan. Hal ini akan membuat ayam tidak mudah sakit dan tumbuh dengan sehat.

  • Rawat Sesuai Umur

Pemeliharaan hewan ternak harus sesuai dengan usia karena kebutuhan ayam bangkok umur 2 bulan akan beda dengan yang dewasa. Porsi pakan dan tambahan nutrisi juga dibutuhkan untuk memastikan ayam berkembang dengan baik.

  • Perawatan sebagai Ayam Aduan

Pemeliharaan ayam bangkok untuk jadi petarung akan sedikit lebih khusus, karena jenis aduan butuh perawatan fisik yang ekstra. Terutama jika jenis ayam bangkok yang Anda punya berasal dari tipe wiring kuning.

Ayam bangkok aduan harus diberi latihan fisik yang rutin, dijemur setiap pagi selama 3–4 jam, dimandikan saat bulunya sudah tumbuh bagus, dan lain sebagainya. Cara tersebut akan membuat ayam Anda bias memasuki arena tarung dengan optimal.

Demikianlah, pemaparan singkat mengenai tips ternak ayam bangkok super, kandang, cara mengawinkan, dan hal yang diperhatikan dalam perawatan. Semoga informasi tersebut berguna untuk Anda.

 

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

    error

    Enjoy this blog? Please spread the word :)