√ 120 Contoh Desain rumah Minimalis, Modern, Simpel dan Terbaru 2018

Desain Rumah Minimalis – Hai semua sahabat hamparan! Kali ini saya akan sedikit membahas tentang hal yang berkaitan dengan masa depan, apa sih itu?. Pembahasan kali ini terkait tentang sebuah rumah yang menjadi impian banyak orang, yaitu sebuah rumah yang memiliki desain minimalis, simpel, dan juga tak lupa memiliki gaya yang modern.

Mungkin kebanyakan orang mengira membangun sebuah rumah dengan desain minimalis itu sulit karena banyaknya kondisi yang tidak memungkinkan. Misalnya seperti bingung dengan desain dari rumah itu, bingung dengan tata letak ruangan, atau juga bingung dengan tempat dan juga biaya.

Jadi pada dasarnya membuat sebuah rumah minimalis itu sangatlah mudah dan juga tidak menghabiskan banyak biaya. Sebab penataan tempat dan juga lahan di pangkas seminimal mungkin dan juga di manfaatkan semaksimal mungkin untuk ruangan.

So, untuk kalian yang ingin membangun rumah dengan desain minimalis silahkan baca dan simak sampai habis artikel ini, selamat menikmati !.

Desain Rumah Minimalis

desain rumah minimalis
hustopia.com

Gaya minimalis itu terbentuk dari gaya hidup. Arti bangunan minimalis itu sendiri sebenarnya terinspirasi dari gaya hidup Zen, yang berasal dari jepang.

Zen, sendiri mempunyai anggapatan bahwa  jika semakin sedikit barang, perabotan atau benda yang akan dipakai atau miliki, maka semakin tenang serta nyamanlah kehidupan sehari-hari seseorang.

Itulah mengapa pada gaya desain rumah minimalis sedikit sekali menggunakan atau bermain banyak warna. Dalam pengaplikasia desain rumah nya juga sesedikit mungkin menaruh furnitur dan barang-barang di dalamnya.

Misalnya dalam ruang keluarga, didalam ruangan ini tidak perlu menaruh banyak kursi maupun sofa. Bahkan bilamana perlu, cukuplah dengan menaruh karpet atau bisa juga yang sekarang ini sedang trend seperti kursi dan meja portable yang bisa di lipat menyesuaikan keadaan.

Begitu juga dengan kamar tidurnya, jika memang Anda ingin menerapkan gaya minimalis, maka pakai saja kasur lesehan, seperti anak kos gitu.Dengan begitu, bila tidak digunakan, dapat berdirikan menghadap ke tembok. Ruanganya pun bisa digunakan untuk aktifitas lainya.

Pada intinya ialah semakin sedikit jumlah barang atau interioryang akan dipakai di dalam ruangan tersebut, semakin juga minimalislah gaya rumah yang akan anda tepati. Layaknya yang telah kita ketahui selama ini, banyak orang hanya berpendapat jika gaya minimalis itu hanyalah sebagai trend belaka.

Padahal desain rumah minimalis tersebut lebih mendekati atau  identik dengan gaya hidup yang akhirnya berimbas kepada desain serta juga gaya arsitektur sebuah rumah.

Jika anda memiliki sebuah rumah dengan desain yang minimalis, namun gaya hidup Anda tidak minimalis, apakah nyaman atau sesuai dengan karakter anda?. Jadi Anda bukan asal beranggapan “minimalis” jikalau masih belum tau benar tentang ini, kenali terlebih dahulu apa itu Pengertian Rumah Minimalis, dan gaya hidup anda juga harus dirubah agar memenuhi syarat Rumah Minimalis.

Kelebihan dan kekurangan Desain Rumah Minimalis

desain rumah minimalis
detik.com

Memiliki desain rumah minimalis sangatlah trend dizaman sekarang ini, desain untuk rumah minimalis sangatlah beragam dan menarik.

Dengan kata minimalis ini bukan berarti rumah terlihat sempit, tapi tergantung deisgn yang diterapkan pada rumah itu sendiri, desain dan tampilan yang baik akan memberikan kesan yang lebih luas dan menarik. Dan untuk memiliki desain unik memerlukan arsitektur yang tahu betul bagaimana untuk membuat rumah kita tetap terlihat gagah walaupun space yang kecil.

Tetapi dibalik trendinya desain rumah minimalis ini banyak juga kelebihan dan kekuranganya. Disini kita akan membicarakan tentang kelebihan dan kekurangan desain rumah minimalis.

Kelebihanya yaitu:

1. Tidak memakan lahan yang banyak

Keterbatasan menguluarkan uang banyak untuk membeli sepetak lahan adalah salah satu kunci untuk memutuskan membuat desain rumah minimalis.

Inilah mengapa banyak orang yang membuat rumah berdesain minimalis, upaya kita hanya perlu memaksimalkan soil yang ada.

Akan lebih baik apabila membuat desain rumah minimalis yang memeiliki dua lantai, karena kita memiliki banyak ruangan yang bisa lebih bermanfaat serta memberikan kita ruangan privasi yang nyaman.

2. Ruangan yang bisa dipisahkan untuk privasi

Desain rumah minimalis tingkat satu mungkin bukan pilihan yang tepat, dikarenakan kita tidak bisa memiliki ruangan pribadi yang cukup luas.

Oleh karena itu rumah minimalis 2 tingka adalah jawaban yang benar.

3. Memiliki desain yang unik dan menarik

Desain rumah minimalis selalu lebih special dari yang lain, karena kodisi rumah yang berbeda ini kita bisa menerapkan desain unik yang beda dari yang lain.

Dengan lahan yang itdak luas ini bukan berarti membuat pemilik rumah maupun tamu yang berkunjung merasa tidak nyaman.

Kekuranganya yaitu :

1. Ruang yang pengap

Beberapa ruangan di rumah minimalis ini mungkin tidak akan terlalu besar karena luas tanah yang terbatas. Kita tidak bisa leluasa dengan keadaan rumah yang sempit ini.

2. Terhambat kegiatan harian

Dengan ruangan yang tidak memiliki jarak pandang yang luas ini akan membuat kita terasa canggung dengan kegiatan harian kita kepada orang yang sedang bertamu, terkadang ruangan tamu juga tidak bisa terus terlihat rapih dan nyaman untuk tamu.

Itu dia sedikit tentang kelebihan dan kekurangan desain rumah minimalis, bagaimanapun rumahmu adalah istanamu. Jadi buatlah rumah yang menyenangkan dan cukup nyaman untuk keluargamu.

Salah satu karakteristik dari desain rumah minimalis adalah rumah yang sederhana kecil tetapi sangat minimalis di dalamnya. Tetapi tetap terkesan elegan meski hanya menampilkan elemen seperlunya dan sesederhana mungkin.

Oleh karena itu, biasanya model desain rumah minimalis menggunakan bahan material dan lahan seminim mungkin dengan mengunggulkan desain rumah minimalis yang simple.

Pengaplikasian gaya rumah minimalis sendiri lebih menonjol ke gaya hidup pemilik rumah tersebut. Penggunaan bahan dan lahan itu sangant penting dalam membangun rumah minimalis.

Ya termasuk juga mengurangi jumlah ruang yang tidak efektif dalam penggunaanya, serta tidak terlalu banyak menggunakan perabot dan interior. Hal itu membuat desain model rumah minimalis tidaklah rumit dan muluk. Namun meskipun begitu, kenyamanan saat mendesain rumah minimalis, tetap menjadi salah satu hal yang sangat penting.

Misalnya nih dengan penataan ruang yang lebih terbuka dan lebar, sehingga juga dapat memberikan kesan luas tidak sempit pada ruangan tersebut.

Tak hanya itu, penggunaan ruang-ruang itu sangat penting untuk penggunaan ganda, karna ruangan di rumah minimalis tingat satu itu terbatas, jadi harus menggunakanya seminimalis mungkin.

Saat ini, desain rumah minimalis dengan berbagai model dan tipe pun semakin banyak diminati. Keinginan untuk membuat desain rumah minimalis akan lebih mudah dengan semakin banyaknya referensi yang bisa Sobat dapatkan.

Maka berikut beberapa contoh Model Rumah Minimalis yang bisa dijadikan referensi:

Model Rumah Minimalis

desain rumah minimalis
kompas.com

Membuat rumah minimalis bukan hal yang sering dilakukan bagi hampir sebagian besar dari kita. Karena kegiatan ini memang bukan jenis kegiatan yang dilakukan setiap saat, kecuali bagi beberapa orang yang memang berprofesi sebagai kontraktor atau tukang bangunan.

Maka bagi kita yang memang baru pertama kali hendak membuat rumah minimalis idaman kita sendiri, perlu kiranya belajar dan mencari-cari literatur tentang bagaimana membangun rumah minimalis.

Memiliki rumah minimalis sederhana tentunya menjadi idaman bagi setiap keluarga, dan termasuk juga bagi Anda yang baru menempuh bahtera rumah tangga sebagai pasangan baru.

Anda seorang suami yang hendak mulai merintis menjadi nahkoda di bahtera yang dibangun dan dimiliki sendiri, dan juga bagi seorang istri yang hendak belajar mandiri terlepas dari orangtua, untuk berbhakti kepada imamnya.

Gambaran akan tempat tinggal yang ideal atau setidaknya nyaman untuk ditinggali, menjadi sebuah harapan ketika hendak membuat rumah, maka menjadi perlu untuk kemudian kita persiapkan hal-hal penting yang perlu diperhatikan ketika kita hendak mulai membangun rumah minimalis sederhana kita yang pertama.

Sehingga dalam prosesnya, dapat meminimalisasi hal-hal yang tidak sesuai harapan dan diperoleh bentuk rumah minimalis yang sesuai dengan idaman kita.

Tips dan Trik Membuat Rumah Minimalis

tips rumah minimalis
kompasiana.com

Untuk Anda keluarga yang hendak memulai membangun bahtera tempat tinggal yang nyaman untu Anda dan keluarga Anda tercinta, berikut diminimalis rangkuman hal-hal yang penting untuk diperhatikan sebelum mulai membangun :

1. Karakter Tanah Rumah Minimalis

tips rumah minimalis

Tanah yang hendak kita gunakan, menjadi pondasi penting ketika kita hendak membangun rumah di atasnya.

Apakah termasuk tanah kering, basah, padat atau gembur, berapa tingkat kemiringanya, tinggi permukaan dan ruas jalan, berbatasan langsung dengan aliran sungai atau tidak, dan hal lain terkait tanah.

Jika tanah Anda gembur, maka perlu kiranya untuk dilakukan pemadatan, sehingga pondasi nantinya dapat kokoh menopang bangunan di atasnya.

Jika kontur tanah Anda lebih rendah dari ruas jalan maka perlu kiranya dilakukan pengurangan (penimbunan) tanah sehingga tinginya minimal sama atas lebih tinggi, guna mencegah debu dan air dari jalan tidak berbondong-bondong masuk ke rumah Anda.

Bilamana rumah Anda berbatasan dengan aliran sungai, maka perlu dipertimbangkan untuk membuat pondasi dan tembok penahan yang kokoh pada dinding sungai, sehingga tanahnya tidak tergerus air yang kemudian mengakibatkan rumah Anda longsor.

Dengan memahami karakter tanah yang hendak digunakan, Anda lantas memiliki dasar untuk kemudian mempertimbangkan tindakan yang perlu untuk dipersiapkan sehingga ketika membuat desain rumah minimalis nantinya lancar dan setelah jadi, rumah Anda dapat berdiri kokoh hingga bertahun-tahun lamanya.

2. Menentukan Keperluan Ruang dan Pemanfaatanya

tips rumah minimalis
warungkopi.okezone.com

Bermusyawarahlah dengan anggota keluarga yang lain, libatkan istri dan anak, tampung aspirasi mereka, karena mereka juga akan menempatinya bersama kita, dan jangan sungkan untuk bertanya kepada yang lebih ahli atau berpengalaman.

Luas bangunan yang hendak di bangun juga ruangan-ruangan yang diperlakukan, perlu direncanakan semenjak awal.

Rumah yang memiliki banyak ruangan cenderung memakan biaya lebih mahal, karena membutuhkan bahan bangunan yang lebih banyak dan juga memerlukan perawatan yang lebiih nantinya.

Guna menghemat, buatlah ruangan yang memiliki fungsi lebih dari satu atau dapat fleksibel difungsikan untuk keperluan lain. Misalnya ruang tamu yang juga berfungsi sebagai ruang keluarga, atau dapur yang disatupadukan dengan ruang makan.

Pembuatan ruangan multifungsi ini sesuai dengan desain rumah minimalis. Tidak butuh banyak ruangan, sehingga lebih hemat dalam penggunaan bahan bangunan.

Sedangkan untuk memisahkan antar fungsi, Anda bisa memilih perabot yang sesuai untuk keperluan tersebut.

Anda bisa melihat jenis-jenis perabot interior pada artikel jenis interior untuk keperluan rumah minimalis.

3. Menentukan Ukuran dan Denah Penataan Ruang yang Hendak Dibangun

tips membuat rumah

Luas ruangan untuk masing-masing ruang perlu kiranya mempertimbangkan bentuk dan luas tanah kita ketika hendak membuat sebuah rumah dengan desain minimalis. Termasuk ruangan apa saja yang hendak dibuat serta tanah lokasinya dalam rumah.

Penempatan ruang tamu umumnya di bagian depan, apakah akan terdapat teras, taman, atau bahkan langsung berhadapan dengan jalan. Penempatan ruang keluarga tempat bersantai dan bercengkrama dengan keluarga pas.

Pemosisian letak kamar tidur utama dimana Anda dan istri beristirahat, kamar tidur anak, dan juga akankah terdapat kamar tidur tamu atau tidak.

Kamar mandi dapat ditempatkan di bagian belakang,  atau menjadi sekat antara dua ruangan yang sama jenisnya. Sementara dapur dan ruang makan dapat diefektifkan penggunaanya sehingga dapat menghemat tempat.

4. Perencanaan Jalur Instalasi Listrik

tips membuat rumah

Setelah Anda membuat desain dan denah rumah, serta perntukan ruang di dalamnya, maka hal ini berikutnya yang perlu anda perhatikan adalah instalasi jaringan untuk listrik.

Perencanaan yang baik, menjadikan listrik di rumah Anda terlihat rapih dan efisien, namun tetap memenuhi kebutuhan dan kenyamanan penggunaan, selain itu, Anda juga dapat menghemat penggunaan kabel dan komponen yang lainya.

5. Jalur instalasi air serta pembuangan sanitasi

tips membuat rumah

Jaringan berikutnya adalah saluran air. Jika Anda menggunakan air dari PDAM makan Anda perlu memperhatikan jalur dari pipa PDAM, dan juga akses masuk dari jalur pipa tersebut, di bagian ini lah kemudian biasanya PDAM akan memasang alat meternya.

Jadi pastikan bahwa Anda telah merencanakan tempatnya, dengan harapan Anda tidak harus memindahkanya di kemudian hari, karena jelas ini akan menambah biaya lagi.

Hal terkait pendaftaran pelanggan PDAM baru bisa Anda baca pada artikel pendaftaran pelnaggan baru PDAM. Selain PDAM, Anda juga bisa memilih untuk menggunakan air sumur jika memang air tanah di tempat Anda layak untuk digunakan.

Anda bisa bertanya kepada tetangga Anda yang terlebih dahulu menempati rumah di komplek Anda. Jika memang memungkingkan, maka Anda bisa mulai merencanakan untuk menggali sumur tanah, untuk sumber air Anda, yang kemudian bisa Anda tentukan hendak dibuat terbuka, atau lantas ditutup dengan pompa air sebagai alat untuk mengaksesnya.

Jika anda mempunyai dana berlebih, Anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakan keduanya, sebagai alternatif jika salah sumber air bermasalah.

Selain saluran air bersih, jangan lupa juga untuk memperhatikan sanitasi terkait jalur pembuangan yang berasal dari toilet, kamar mandi, tempat cuci dapur, tempat cuci baju, wastafel dan juga saluran buangan air hujan dari atap.

Pembuatan septic tank  yang baik menunjang kesehatan air tanah kita, terlebih lagi jika Anda menggunakan sumur gali.

Saluran cucuran buangan air juhan dan cucuran atap juga perlu diperhatikan, dengan mempertimbangkan lokasi selokan air di sekitar rumah kita, atau jika Anda beruntung, Anda bisa mendapati saluran air atau sungai kecil yang memudahkan Anda membuang air limbah dapur.

Anda dapat merencanakan pembuatan saluran air yang dapat menjadikan lingkungan rumah Anda menjadi sehat dan juga rapih.

6. Penentuan Tahap Pembangunan

tips membuat rumah
https://wikihow.com

Tahapan pembangunan dapat dilakukan berdasarkan prioritas, atau membangun hingga selesai termasiuk pagar rumah dan komponen-komponen pendukung lainya secara lengkap.

Jika anda memilih skala prioritas, maka Anda dapat mengejar pekerjaan pembangunan rumah utama dahulu, sehingga sekira siap dihuni dan cukup nyaman.

Sembari Anda memikirkan untuk melengkapi komponen pendukung yang lainya seperti pagar, taman, dekorasi eksteriror dan lain sebagainya.

Anda juga bisa memilih untuk berangkat dari pemikiran dasar tentang budgeting(pembayaran) atau rencana keperluan terhadap ruang dan manfaatnya, pertimbangkan juga tentang target waktu pengerjaan bangunan.

7. Penentuan Bahan Bangunan

tips membuat rumah

Lakukanlah riset pasar terkait harga dan ketersediaan barang, setelah sebelumnya Anda membuat daftar bahan-bahan yang diperlukan selama proses pembangunan nantinya.

Perhatikan juga kapan kiranya Anda membutuhkan bahan tersebut selama proses pembuatan rumah, apakah di awal, menengah, atau akhir.

Seperti misalnya batu untuk pondasi, maka Anda harus menyediakan semenjak awal pembangunan, sedangkan cat dan genteng baru akan Anda perlukan pada tahap finishing nantinya.

Paralon untuk saluran air menjadi bahan yang kemudian perlu Anda beli, ketika mulai membangun dinding, selain semen, pasir, kapur dan batu bata. Carilah suplier batu bata dan pasir yang terdekat dengan Anda untuk menghemat ongkos kirim, namun juga usahakan dari pembuatanya langsung untuk batu bata, dan pasir.

Anda bisa bekerja sama dengan pemilik truk yang biasa mengangkut pasir, sehingga Anda bisa menghemat biaya, dibandingkan jika Anda membelinya di toko bangunan.

8. Pertimbangkan konsep hunian yang hendak Anda bangun

tips membuat rumah

Karena nantinya akan mempengaruhi kepada pemilihan finishing dan pemenuhan interior serta eksterior rumah guna mendukung konsep tersebut.

Bagi sebagian orang, rumah adalah cerminan dari pemiliknya, maka dirasa perlu untuk kemudian menata rumah sesuai dengan konsep yang disukai pemiliknya, sehingga mencerminkan si pemilik tempat tinggal.

9. Cari referensi tukang atau mandor yang memiliki reputasi baik dan bekerja secara efisien

tips membuat rumah

Anda bisa mempercayakan pekerjaan membuat rumah minimalis idaman Anda kepada kontraktor yang terpercaya atau yang telah memiliki reputasi baik.

Namun jika Anda ingin belajar dan menambah wawasan tentang membangun rumah, dan menikmati prosesnya, maka silahkan Anda pimpin langsung prosesnya, namun Anda tetap memerlukan seseorang yang telah faham tentang hal tersebut.

10. Lakukan Evaluasi terhadap rumah minimalis anda saat proses pembangunan

tips membuat rumah

Dengan adanya pengawasan, diharapkan dapat mengemat waktu dan biaya pengerjaan.

Evaluasi pada tiap harinya membuat Anda belajar untuk menjadi lebih efektif, faham proses dan menikmati proses sejarah pembangunan rumah Anda, dan juga untuk menggali ide-ide dan inspirasi rumah yang henda Anda bangun.

Jika Anda merasa memerlukan bantuan dari yang ahli dibidangnya, jangan sungkan untuk berkonsultasi dengan seorang arsitek terkait desain rumah minimalis atau dengan seorang yang berlatar belakang teknik sipil terkait dengan rancang bangun rumah Anda, karena merekalah yang ahli di bidangnya.

Namun jika Anda memilih untuk menikmati proses pembelajaran dalam membangun rumah Anda seorang diri bersama keluarga, saya kira hak itu sepenuhnya ada pada Anda untuk memutuskan.

Memiliki rumah yang cerah dan enak dipandang mungkin menjadi keinginan setiap orang. Rumah dengan pemilihan cat yang tepat tentu akan memperlihatkan hasil sesuai dengan harapan. Contohnya saja model rumah minimalis, Kebanyakan pasti akan memilih warna putih cerah. Cat rumah dengan warna yang tenang dipadukan dengan model rumah minimalis tentu akan cocok.

Tapi, kenapa tidak mencoba hal baru, mencoba warna baru yang jarang dipakai. Sesuaikan dulu dengan keinginan kamu ya kalau mau coba-coba warna rumah.

Untuk tren model cat jaman sekarang lebih menonjolkan ke warna kontras, perpaduan antara warna yang mencolok dan tidak. Kamu bisa memilih warna yang minimalis dan simple, atau pilih saja dengan minat Anda.

Warna yang menggambarkan kesederhanaan, simple, kejujuran, dan minimalis. Atau, bisa juga dipadukan dengan warna yang lebih menonjol, menarik, dan juga elegan.

Tetapi, ternyata memilih warna cat itu tidak segampang yang kita pikirkan loh. Biasanya kita bingung mau memilih warna apa. Sudah dilihat-lihat, tanya sana-sini, Googling di internet, pas ketika akan mau beli, berubah pikiran deh sama warna yang sudah dipilih.

Daripada kamu bingung dan pusing, nih kami kasih sedikit contoh warna-warna cat yang cocok untuk desain rumah minimalis.

Contoh Warna Cat Eksterior yang Cocok Untuk Desain Model Rumah Minimalis

rumah minimalis desain rumah minimalis model rumah minimalis warna cat rumah gambar rumah minimalis sederhana

model rumah minimalis
Perpaduan Warna Cat Eksterior Rumah Minimalis Modern Model Rumah Di Warna Cat Rumah Minimalis Untuk Eksterior – Rumah Idaman

warna cat rumah rumah minimalis modern

 

Contoh Warna Cat Interior yang Cocok Untuk Desain Model Rumah Minimalis

warna cat rumah desain rumah minimalis desain rumah minimalis gambar rumah minimalis sederhana gambar rumah minimalis sederhana

Banyak orang yang menyukai desain rumah minimalis karena desainya yang unik. Kejelian dalam mendesain rumah minimalis begitu penting. Memadu-padukan warna rumah, motif, perabot, eksteriror maupun interior membutuhkan kecermatan dalam mengaplikasikanya.

Jendela yang besar pun sering kali menjadi ciri khas dari rumah minimalis, untuk memaksimalkan cahaya yang masuk dan membuat rumah terasa lebih nyaman.

Sebaiknya di dalam pembangunan rumah, Anda harus menanyakan pendapat ke orang lain, atau bertanya kepada ahlinya terlebih dahulu, agar rumah minimalis anda terlihat menarik.

Hal yang demikian ini supaya hunian minimalis tak lari dari konsep serta pemanfaatan lahan yang lebih optimal, khususnya bagi pemilik rumah dengan Desain Rumah Minimalis. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment