desain pagar rumah

20+ Contoh Pagar Minimalis Berserta 3 Tips Merawat Pagar Minimalis

Hai sahabat Hamparan! Kali ini kami akan sedikit membahas tentang Desain Pagar Minimalis.

Pagar minimalis memiliki keunggulan selain terjangkau dan memberikan kemanan bagi yang mempunyai rumah juga bisa mempercantik tampilan rumah. Pemilihan pagar minimalis yang tepat akan membuat rumah terlihat lebih serasi dan harmonis.

Pagar rumah minimalis yang lebih menitikberatkan pada pemanfaatan yang optimal untuk memaksimalkan fungsinya bukan berarti tidak bervariasi dan modelnya itu-itu saja.

Tidak ada batasan bentuk, tidak juga batasan bahan. Dan artikel kali ini juga akan membahas beberapa aspek aspek dari Desain Pagar Minimalis tersebut.

Pagar Rumah Minimalis

pagar rumah minimalis

Mendiami sebuah Rumah Minimalis, tentu anda harus mendesain pagar yang minimalis juga. Pagar mempunyai beberapa fungsi sebagai gerbang masuk kawasan rumah, pembatas area rumah, sekaligus sebagai benteng rumah anda.

Jika anda memiliki Rumah Minimalis dan sederhana, tidak perlu mendesain pagar ala Tembok Besar Cina. Anda bisa memilih model pagar minimalis yang cocok dan sesuai dengan rumah anda.

Tidak sedikit yang mendesain pagar untuk menghias Rumah Minimalis agar tampak cantik, ada pula yang mendesain pagar sebagai benteng. Membangun pagar memang tergantung dari selera pemilik rumah, namun jangan lupakan desain yang sesuai dengan rumah anda.

Ada banyak jenis pagar untuk Rumah Minimalis yang bisa diaplikasikan, mulai dari beberapa desain pagar bambu, besi, kayu, maupun dengan kombinasi bahan-bahan tersebut dengan material lain.

Anda bisa memilih atau mendesain sendiri pagar cantik yang diinginkan untuk memperindah rumah anda. Dalam langkah awal ini mungkin bisa memulai memasukan konsep pagar ini di rancangan denah rumah minimalis yang akan kamu buat.

Model Pagar Minimalis

pagar rumah minimalis
warungkopi.okezone.com

Untuk membuat anda memilih pagar terbaik, berikut kumpulan pagar rumah cantik yang bisa anda jadikan inspirasi untuk mempercantik tampilan hunian anda.

1. Simpel, polos dan berkualitas

pagar rumah minimalis
Pagar minimalis

Ketiga konsep tersebut sudah memenuhi konsep minimalis. Warna pagar dengan rumah dibedakan untuk menegaskan warna sederhana. Konsep ini itu sangat cocok dengan kalian yang sangat suka dengan kesederhanaan.

2. Model pagar minimalis dengan batu alam

pagar rumah minimalis
kompas.com

Batu alam menjadikan rumah ini tampak unik dan sangat kokoh. Pagar minimalis ini semakin menawan dengan pilar-pilar pagar yang dilapisi dengan batu alam. Konsep seperti ini terlihat mewah dan glamor, cocok untuk kalian yang menyukai ke glamoran.

3. Model pagar besi minimalis

desain pagar rumah

Model ini sering digunakan untuk model rumah minimalis, karena warna dan bentuknya sangat simple membuat pagar sangat mudah disesuaikan dengan warna rumah. Konsep seperti ini sangat cocok dengan rumah yang memiliki warna cerah dan simple.

4. Pagar minimalis dengan plastik fiber

desain pagar rumah

Plastik fiber disini digunakan pada pagar sebagai pelapis agar melindungin rumah dari hewan-hewan kecil yang mungkin saja bisa masuk melalui celah pada pagar besi. Mungkin pagar jenis ini cocok dengan kalian yang sangat tidak suka jika ada hewan-hewan kecil masuk ke dalam rumah kalian.

5. Model pagar tembok

desain pagar rumah

Pagar tembok dengan ukuran yang lebih besar, diberi ukiran yang indah dengan hiasan batu alam yang membuat pagar tampak menawan. Konsep seperti ini cocok dengan ada yang suka berkebun karena pagar seperti ini cocok dengan warna alam.

6. Pagar minimalis yang tinggi

desain pagar rumah

Desain yang satu ini memilih pagar yang tinggi karena memiliki rumah yang tinggi pula, dan tetap memiliki visual untuk dipandang. Konsep pagar seperti ini cocok dengan rumah bertingkat 2 bahkan bertingkat 3, karena kelihatan sangat kokoh.

7. Model pagar kayu ulin

pagar klasik

Jenis pagar seperti ini biasanya memberikan kesan klasik. Tapi pagar kayu ini dikreasikan dengan tambahan bingkai berbahan besi sehingga tidak terlihat jadul. Konsep seperti ini cocok dengan rumah model klasik, rumah klasik dengan pagar seperti ini akan sangat terlihat ke klasikanya.

8. Pagar besi dengan garis horizontal

gambar pagar besi

Umumnya sih pagar besi itu berbentuk garis vertikal. Tetapi pagar yang satu ini bentuknya horizontal, jadi memiliki kesan yang berbeda. Pagar horizontal ini cocok sekali jika anda bisa menyesuaikan dengan model rumah anda.

9. Ukuran pagar yang berbeda

gambar pagar besi

Ukuran pagar yang berbeda ini memiliki dua bagian, sisi lain tinggi dan sisi lain pendek tetapi bangunan rumah tetap terlihat. Konsep pagar seperti ini sangat cocok dengan model rumah minimalis modern.

10. Pagar tembok dihias tanaman hijau

desain pagar rumah minimalis

Pagar seperti ini memiliki bahan kayu dan tembok. Jenis pagar ini akan sangat terlihat cantik dengan adanya tumbuhan menjalar pada pagar. Konsep seperti ini juga cocok dengan kalian yang suka berkebun dan menyukai alam, karena pagar dengan konsep seperti ini juga dapat menyejukan udara di sekitar rumah kalian.

Tips Memilih Pagar Rumah Minimalis

1. Perhatikan Ukuran Rumah

desain pagar rumah minimalis

Jika rumah anda mempunyai ukuran bangunan yang sederhana dan mungil, anda bisa memilih pagar dengan ketinggiian kurang atau sama dengan 1,2 meter. Berbeda halnya jika anda mempunyai bentuk bangunan rumah berukuran besar tentu harus disesuaikan dengan pemakaian pagar yang lebih tinggi dan besar.

Adapun fungsinya adalah agar tercipta proporsionalitas dan keserasian antara pagar rumah modern anda dengan bangunan yang anda miliki.

2. Sesuaikan Desain Rumah dan Desain Pagar

desain pagar rumah minimalis

Seperti kita ketahui, desain rumah yang kita kenal di Indonesia sendiri ada beragam jenisnya seperti desain minimalis modern, desain victoria, mediterania, country, klasik dan lain sebagainya.

Jadi, sebelumnya anda menerapkan pagar rumah modern sebaiknya pastikan anda menentukan desain pagar yang sesuai dengan desain yang diterapkan di rumah anda tersebut.

3. Sesuaikan Jenis Material Pagar

desain pagar rumah

Sama halnya dengan desain pagar, material pagar pun bermacam-macam. Umumnya bahan pagar terbuat dari besi hollow, stainless, batu hias, dan besi cor. Namun kebanyakan orang lebih memilih besi.

Untuk anda yang ingin mengetahui macam-macam pagar yang cocok, berikut di bawah ini ulasanya:

A. Pagar Stainless

desain pagar rumah

Merupakan pagar yang terdiri dari bahan baja berwarna silver. Kelebihan pagar ini yaitu lebih tahan karat dan lebih ringan, sehingga bila pagar ini tidak dicat pun akan terlihat tetap bagus.

Akan tetapi, jenis pagar ini lebih mahal daripada pagar biasa dan pagar tempa. Pagar stainless banyak digunakan sebagai pagar rumah modern di beberapa perumahan.

B. Pagar Biasa

gambar pagar minimalis

Memiliki model yang polos dan tak begitu banyak variasi. Corak dan modelnya bergantung pada bahan dasarnya, yakni dibuat dari bahan dasar besi yang polos, seperti kanal, plat dab pipa. Pagar yang satu ini dapat digunakan pada rumah minimalis atau rumah biasa.

C. Pagar Tempa

desain pagar rumah

Pagar besi tempa merupakan pagar besi dengan bahan dasar yang sudah ditempa terlebih dahulu dari bahan besi polos hingga menjadi besi putar yang memiliki corak beraneka ragam. Biasanya pagar jenis ini lebih banyak digunakan pada rumah-rumah yang mewah dan bagus.

4. Pemilihan Jenis Kayu

pagar kayu minimalis

Memilih jenis kayu itu sangatlah pengting, karena pagar itu terletak diluar ruangan yang selalu bertatapan langsung dengan sinar matahari, dan juga terkena air hujan, maka kalian harus memilih kayu yang kuat dan kokoh tidak cepat lapuk.

Jenis-jenis kayu yang dirasa cocok untuk membangun pagar adalah kayu jati, damar laut dan merbabu. Ketiga jenis kayu ini memiliki tingkat keawetan yang sangat tinggi.

5. Pastikan Anti Rayap

pagar kayu minimalis

Pada material kayu rayap menjadi masalah utama, hewan kecil berkolonia yang memakan kayu secara perlahan, pastikan kalau kayu yang kalian gunakan tidak hanya awet saja namun juga harus anti rayap.

Sebagai antisipasi kalian bisa melapisi kayu dengan minyak anti rayap agar tidak terserang rayap.

Cara Merawat Pagar Minimalis Kayu

pagar kayu minimalis

Pagar minimalis kayu sangat cocok bagi anda yang menyukai kesan alami, karena kayu dapat memberikan tampilan yang cantik dan bisa diaplikasikan pada rumah bergaya etnik.

Meski begitu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan jika anda memilih untuk memasang pagar minimalis kayu sebagai pelengkap desain eksterior. Di antaranya adalah:

Gunakan Bahan Anti Rayap

pagar kayu minimalis

Sebagaimana diketahui, kayu sangat rentan terhadap rayap. Oleh karena itu, anda memerlukan proteksi yang tepat bagi pagar minimalis kayu agar tidak cepat keropos. Anda bisa gunakan bahan anti rayap sebelum melakukan proses finishing pembuatan pagar.

Untuk perawatan rutin, anda bisa semprotkan anti rayap pada pagar setia 6 bulan sekali. Hal ini menjadikan pagar minimalis kayu lebih awet dan tidak mudah dirusak oleh rayap.

Gunakan Cairan Anti Jamur

desain pagar rumah minimalis

Seperti rayap, musuh utama kayu adalah jamur. Pertumbuhan jamur pada pagar kayu sulit diprediksi terlebih pada iklim tropis seperti di Indonesia. Untuk mengatasi hal tersebut, anda bisa lapisi pagar kayu dengan cairan anti jamur guna mencegah tumbuhnya jamur.

Jika jamur sudah terlanjur tumbuh pada pagar kayu anda, maka bagian yang terkena jamur harus segera dibersihkan. Caranya dengan bersihkan kayu yang ditumbuhi jamur dengan ampelas, kemudian olesi cairan anti jamur.

Lalu tunggu hingga mengering. Setelah itu, lapisi kayu dengan cat high gloss atau super gloss secara merata.

Cat Ulang Pagar Kayu Secara Rutin

pagar rumah minimalis

Berbeda dengan bahan lainya, pagar kayu akan cepat berubah warna menjadi kusam dan memudar. Hal tersebut tentu akan mengurangi keindahan pagar kayu anda. Untuk mengantisipasi memudarnya warna pada pagar berbahan kayu, anda perlu melakukan pengecetan rutin beberapa bulan sekali.

Caranya adalah, permukaan pagar kayu diampelas terlebih dulu hingga halus, sehingga memudahkan proses pengecetan.

Kemudian cat pagar anda menggunakan cat rumah khusus pagar yang mengandung anti jamur atau anti rayap. Warna pagar kayu bisa anda sesuaikan dengan selera, namun tetap perhatikan estetika.

Agar warna lebih awet dan terlihat mengkilap, anda bisa lapisi pagar minimalis kayu dengan pernis. Khusus untuk pagar yang retak, anda perlu melapisinya dengan dempul sebelum mengecat ulang.

Cara Merawat Pagar Besi

model pagar besi

Kebanyakan didaerah perkotaan di Indonesia pagar yang mengelilingi halaman atau property mereka terbuat dari besi dengan berbagai macam bentuk dan desain.

Pagar adalah unsur terluar dari rumah, seringkali terkena hujan dan sinar matahari langsung, membuat pagar berubah kusam.

Perubahan cuaca, terutama pada saat musim kemarau pada siang hari dengan sinar matahari yang terik bisa membuat cat pada lapisan pagar besi mudah mengelupas.

Jika cat pada pagar sudah mengelupas maka besi yang menjadi bahan dasar dari pagar tersebut akan lebih mudah berkarat. Berikut adalah tips untu merawat pagar dengan cara mengecat ulang agar pagar rumah awet dan nampak baru kembali jika dipandang :

  • Bersihkan permukaan pagar dari cat lamanya. Hal ini dilakukan agar pengecatan tidak bergelombang.
  • Sebelum melakukan pengecatan, lapisi pagar besi dengan cat dasar. Pilih cat dasar yang tahan alkali, agar cat mudah kering.
  • Campur tinner ke dalam cat secukupnya. Agar cat menutup sempurna, jangan campurkan terlalu banyak tinner.
  • Mulailah mengecat menggunakan kuas. Jika terdapat garis-garis kuas saat mengecat, ganti kuas dengan yang baru, dan cat ulang bagian yang bergaris-garis tadi.
  • Bila lapisan cat mengalir ke bawah, hentikan dulu pengecatan. Tunggu hingga cat yang mengalir tadi kering. Setelah itu amplas hingga permukaan kembali rata. Kemudian lakukan kembali pengecatan.

 

 Contoh Model Pagar Minimalis

contoh pagar rumah contoh pagar rumah contoh pagar rumah contoh pagar rumah contoh pagar rumah contoh pagar rumah contoh pagar rumah contoh pagar rumah contoh pagar rumah contoh pagar rumah contoh pagar rumah contoh pagar rumah contoh pagar rumah contoh pagar rumah desain pagar rumahdesain pagar rumah desain pagar rumah desain pagar rumah desain pagar rumah minimalis contoh pagar rumah contoh pagar rumahdesain pagar rumahdesain pagar rumah desain pagar rumah

 

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.