tips menabung

7 Tips dan Trik Buat Kamu yang Pengen Nikah Tanpa Harus Bikin Repot Orang Tua. Si

Menikah merupakan sebuah hal yang sangat di idamkan oleh setiap pasangan, terutama menikah di usia yang masih muda itu adalah hal yang sangat di impi-impikan. Namun keberanian untuk menuju jenjang selanjutnya yang biasanya menuai banyak kendala.

Mulai dari restu dari orang tua, segi materi untuk kelangsungan hidup kamu sama calon pasanganmu, dan masih banyak lagi yang lainya.

Menjadi mandiri sesudah menikah dalam artian membiayai hidup sendiri tanpa merepotkan orang tua merupakan sebuah kebanggaan tersendiri. Dengan ini, kedewasaan dan kesiapanmu untuk memasaki jenjang yang lebih lanjut dan kehidupan barumu benar-benar tidak diragukan lagi.

Sudahkan kamu dan kekasihmu sudah mapan dalam bekerja dan kehidupan sehari-hari ?.

Ingin membiayai hidup setelah menikah secara mandiri ?

Simak yuk ! 7 tips menabung buat kamu yang pengen nikah tapi ngga pengen bikin repot orang tua.

1. Layaknya Anak Panah, Carilah Pasangan yang Satu Visi yang Terarah dan Satu Tujuan

tips menabung

Sebelum memulai menabung, tentunya kamu dan pasanganmu mempunyai tujuan yang sama. Untuk memudahkan kalian untuk menikah menabung juga butuh sebuah target loh ! Biar jelas dan terarah.

Selain kamu dan pasanganmu bisa mengerti bagaimana cara menggunakan uang tabungan kalian, tentu saja kamu dan pasanganmu akan lebih termotivasi untuk menabung gaji kalian setiap bulan.

Misalnya saja :

Selama 3 tahun, kalian akan menabung untuk biaya pernikahan kalian.

Dan selanjutnya memiliki target selama 5 tahun kalian akan menabung untuk biaya DP KPR rumah beserta cicilan pertama.

Ps: Kamu bisa memilih bank yang mempunyai program KPR dengan suku bunga yang paling rendah, agar kalian tidak perlu berpindah bank supaya memudahkan kalian untuk menabung.

2. Buat Rekening Bersama dan Sisihkan 30% Untuk Gaji Kalian Setiap Bulanya untuk Tabugan Masa Depan.

tips menabung
janediaries.com

Setelah sudah memiliki tujuan atau target menabung yang sudah jelas, kamu dan pasanganmu bisa memulai melakukan pembuatan rekening bersama untuk program menabung kalian persiapan pernikahan maupun masa depan nanti.

Kalian bisa membuat rencana bersama menyisihkan uang dari gaji bulanan kalian untuk kemudian di sisihkan dalam tabungan bersama ini. Nggak harus banyak-banyak kok ! Cukup saja menyisihkan 30 % untuk rekening bersama dan sisanya masuk rekening masing-masing.

Contohnya nih :

Jika besar gaji kalian masing-masing Rp. 3.500.000

Jika di liat jumlah total tabungan kalian 30% x Rp. 3.500.000 x 2 orang = Rp. 2.100.000 / bulanya.

Dalam 1 tahun : jika 2.100.000 x 12 bulan = Rp. 25.200.000

Dalam 2 tahun : 2.100.000 x 24 bulan = Rp. 50. 400.000

Gak kebayangkan ternyata bisa segitu banyaknya, bisa aja kali buat cicilan untuk menyewa gedung untuk pesta pernikahan kalian. Yups !

3. Tips Menabung Selanjutnya Selain Kamu Menyisihkan Gaji, Kamu dan Pasanganmu Juga Bisa Berinvestasi Loh !

tips menabung
dimasfan.com

Jadi Jika kamu pengen setelah menikah tidak ingin menunpang orang tuamu ataupun mertua kamu, siap-siap saja  rencana untuk membeli atau mengontrak rumah sendiri.

Jika sebelum menikah fokuskan tabungan kalian untuk beberapa tujuan langsung seperti untuk untuk gedung pesta, kehidupan sehari-hari, dan tak lupa juga untuk rumah tinggal.

Jadi untuk kalian yang pengen hidup mandiri setelah menikah bisa saja untuk menyiasatinya dengan cara mengontrak rumah.

Banyak cara yang dapat kalian mengumpulkan rupiah selain dengan cara menabung, salah satunya adalah investasi. Salah satu barang yang sekarang mudah untuk dijadikan investasi dan harganya juga cenderung stabil adalah emas.

Kalian bisa memulai investasi emas untuk masa depan kalian.

Tidak harus langsung berinvestasi banyak, kalian bisa membeli sedikit demi sedikit setiap bulanya. Investasi kecil-kecilan ini sangatlah berguna untuk sebagai modal untuk tempat tinggal kalian nantinya.

Rincian :

Kalian bisa membeli sejumlah emas 3 gram setiap bulanya.

Dalam hitungan 2 tahun, emas yang kamu punya sebanyak 72 gram.

72 gram x Rp. 500.000 = Rp. 36.000.0000

Ps: Kamu bisa membeli emas di situs penjualan emas yang terpercaya dan juga jangan lupa kamu pastikan menjual emasmu kembali setelah 2-3 tahun ( investasi jangka menengah)

Ya gak kebayangkan ternyata dari yang sedikit hingga segitu besarnya ternyata uang yang kalian tabung. Eeeeeh tapi jangan di buat sebagai dana kebutuhan ya !.

Asuransikan Kesehetanmu Mulai dari Sekarang. Selain untuk Kepentingan Kesehatan, Uangnya Bisa Digunakan Untuk Menutupi KPR Looh !

tips menabung
news.mahdaen.tv

Kesehatan merupakan sebuah sesuatu hal yang mahal sekali harganya. Kalian wajib mempunyai sebuah asuransi kesehatan. Bukan hanya kesehatanmu dan pasanganmu yang terjamin, akan tetapi asuransi ini juga bisa dijadikan sebuah invesrasi KPR pada jangka 4-5 tahun mendatang.

Kalian bisa mengambil asuransi kesehatan kalian dengan dana nominal menengah dengan syarat dan ketentuan yang berlaku pastinya, selain itu juga kamu juga bisa menjadikan asuransi ini sebagai penutup biaya kesehatan ketika kamu sedang jatuh sakit.

Rincian:

Rp. 500.000 x 12 bulan = Rp. 6.000.000 (dalam setahun) x 5 tahun

= Rp. 30.000.000 x 2 orang = Rp. 60.000.000

waah lumayankan untuk jangka menengah kalian bisa untuk mencicil kebutuhan KPR kalian.

5. Hematlah Dalam Berkencan, Kencangkan Ikat Pinggang Kalian Hindari Foto Prewedding, Lebih Baik Fokus Biaya Cetak Undangan dan Cinderamata Pernikahan

tips menabung
pixabay.com

Buat kalian yang ngebet pengen nikah, kurangin frekuensi kencan mahal bersama kekasih kalian. Jika pengen menghemat kalian bisa melakukan kencan di rumah dengan menonton film ataupun kegiatan lainya bersama.

Tidak hanya menghemat anggran, dana yang kamu keluarkan untuk kencan bisa saja di kantongi dan dimasukan kedalam toples untuk sebagai bekal cettak undangan dan cindramata pernikahan kalian 2 tahun mendatang.

Rencana hemat dana kencan selama 2 tahun.

Anggaran kencan kencan perbulan : Rp. 300.000 x 24 bulan = Rp. 7.200.000

Cinderamata (Rp. 4.200/pcs x 1000 tamu) = Rp. 4.200.000

Undangan (Rp. 3000/pcs x 1000 tamu) = Rp. 3.000.000

Total Biaya = Rp. 7.200.000

6. Hentikan Kebiasaan Tukar Kado Anniversary dan Ulang Tahun

tips menabung
pixabay.com

Tips menabung selanjutnya, selain kamu dan pasanganmu harus menghemat dan mengurangi kebiasaan kencan mahal. Selain itu juga kamu dan kekasihmu bisa juga mengganti kebiasaan tukar kado hari jadi maupun ulang tahun kalian.

Lebih baik uang dari kebiasaan tersebut bisa kamu transfer kedalam rekening bersama setiap kali kalian merayakanya. Tidak hanya lebih hemat, juga bisa menambah dan untuk persiapan pernikahan 2-4 tahun mendatang.

7. Belum Kaya Maupun Mapan, Catat Sepeser uangkpun yang Keluar dan Tak Boleh Terbuang Sia-sia, Sebagai Latihan Membina Rumah Tangga !

tips menabung
pixabay.com

Setelah menetapkan target menabung beserta target investasi, kamu dan kekasihmu juga harus mulai belajar untu mengatur pemasukan dan pengeluaran.

Catat segala sesuatu kebutuhan kalian, agar dapat dijadikan bahan evaluasi di akhir bulan untuk mengatur cashflow kalian agar lebih rapi dan tertata.

Setiap kalian mulai malas mencatat cashflow, mulailah kamu berfikir jangka panjang hingga terfikir apa yang harus kamu lakukan nanti ketika sudah mulai berumah tangga bersama si dia.

Membiayai sendiri pada saat hari bahagia pernikahan itu sebuah kesempatan yang sangatlah di idam-idamkan oleh semua orang, dan semua itu mungkin saja loh !.

Jika kalian sudah berniat dengan serius pasti ada jalan.

Selemat mencoba ya 7 tips menabung buat kamu yang pengen nikah tanpa bikin repot orang tua ini semoga bermanfaat ! Jangan lupa Share ya !

3 Comments

  1. moslemexcellent January 31, 2018
  2. moslemexcellent January 31, 2018
  3. moslemexcellent January 31, 2018

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.