Tanaman Hortikultura

Tanaman hortikultura bisa menjadi solusi untuk mempercantik pekarangan. Selain bisa digunakan untuk hiasan, jenis tanaman ini juga bisa dijadikan tanaman pangan untuk keluarga.

Apakah Anda sudah pernah mendengar tanaman hortikultura sebelumnya? Ya, hortikultura adalah jenis tanaman yang cukup banyak dikenal luas oleh masyarakat secara umum. Tanaman ini berarti beberapa pohon yang bisa dibudidayakan dengan cukup mudah.

Perlu diketahui bahwa jenis tumbuhan ini bisa menjadi solusi untuk Anda yang ingin membangun rumah yang hijau. Hal ini dikarenakan tanaman jenis ini bisa hidup dengan baik saat ditanam di lahan pekarangan atau bahkan lahan yang cenderung lebih sempit lainnya.

Table of Contents

Beragam Jenis Tanaman Hortikultura yang Perlu Diketahui

jenis tanaman hortikultura

republika.co.id

Sebelum memutuskan untuk menanam aneka tanaman hortikultura, ada beberapa jenis tanaman ini yang perlu diketahui sebelumnya. Ya, mengetahui beragam jenis tanaman yang masuk dalam keluarga hortikultura tentu akan memudahkan Anda memilih apa yang ingin ditanam.

Adapun beberapa jenis tanaman yang masuk keluarga tanaman tersebut adalah sebagai berikut.

Tanaman Buah

contoh tanaman hortikultura

pxhere.com

Salah satu jenis tanaman keluarga hortikultura adalah tanaman buah. Ini adalah jenis tanaman yang paling banyak dibudidayakan oleh masyarakat. Tentu, seperti namanya, tanaman ini akan berbuah dan nantinya buahnya bisa dimanfaatkan.

Perlu diketahui bahwa kebanyakan buah hortikultura ini berbuah pada musim-musim tertentu. Namun, beberapa diantaranya berbuah hanya dalam satu periode saja. Beberapa contoh buah yang berbuah satu periode diantaranya adalah semangka dan melon.

Sedangkan buah yang berbuah musiman adalah jeruk, mangga, rambutan dan lainnya. Dengan pola ini, Anda bisa menentukan mana buah yang tepat untuk ditanam sesuai dengan kebutuhan, terutama jika berkaitan dengan bisnis.

Tanaman Sayuran

arti hortikultura

kumparan.com

Sayuran juga masuk dalam tanaman keluarga hortikultura. Menanam sayuran adalah ide yang tepat dan menyenangkan. Hal ini dikarenakan sayuran digunakan untuk konsumsi harian, terutama untuk memenuhi kebutuhan gizi agar badan tetap sehat.

Nah, perlu diketahui bahwa sayuran tergolong cukup mudah untuk ditanam dan dibudidayakan, termasuk di pekarangan rumah. Ada beberapa jenis sayuran yang cocok untuk ditanam di sekitar rumah, seperti terong, sawi, tomat, kangkung dan lainnya.

Beragam jenis sayuran tersebut juga bisa menjadi komoditas dari bisnis pertanian yang cukup sukses karena pangsa pasar yang cukup luas. Namun, tentu saja, pemeliharaan sangat dibutuhkan agar panen sayuran tersebut tidak hanya berlimpah namun berkualitas.

Tanaman Bunga

pertanian hortikultura

Jenis lain dari tanaman hortikultura adalah tanaman bunga. Jenis tanaman keluarga hortikultura ini indah karena dipandang dari bunganya. Oleh karena itu, tanaman bunga seringkali disebut juga sebagai tanaman hias.

Cara penanaman bunga biasanya menggunakan pot yang cenderung berukuran kecil. Hal ini sama juga dengan cara menanam bonsai yang menggunakan pot. Pot-pot berisi bunga tersebut nantinya akan disusun sedemikian rupa di pekarangan untuk memberikan view indah.

Tidak hanya itu, tanaman bunga juga bisa tumbuh dengan cara menempel. Ada beberapa jenis tanaman bunga yang tumbuh secara menempel sehingga bisa digantung atau ditempatkan di dinding. Salah satunya adalah bunga anggrek.

Tentu, perawatan pada bunga mutlak diperlukan. Sebagaimana cara menanam nanas, perawatan yang dilakukan selain akan mempertahankan keindahan bunga, juga akan menjaga bunga tumbuh maksimal dan bebas dari masalah yang mengganggu.

Tanaman Obat

manfaat tanaman hortikultura

Tanaman obat juga masuk keluarga hortikultura lainnya. Seperti namanya, tanaman ini adalah jenis tumbuhan yang memiliki senyawa atau kandungan yang bisa dimanfaatkan untuk menyembuhkan aneka penyakit yang diderita oleh tubuh.

Tanaman ini sudah ada sejak dulu kala dan menjadi pilihan nenek moyang untuk menjaga kesehatan tubuh mereka sebelum obat kimia datang. Hingga saat ini, pola menjaga kesehatan dengan tanaman obat masih berlaku dan justru menjadi salah satu opsi terbaik.

Perlu diketahui bahwa tanaman obat dalam keluarga hortikultura tersebut dibagi menjadi dua jenis. Adapun jenis tanaman hortikultura yang masuk tanaman obat adalah sebagai berikut:

  • Tanaman obat non rimpang, yaitu tanaman yang berasal dari bunga, buah, daun, batang ataupun akar. Beberapa contoh tanaman obat non rimpang tersebut diantaranya adalah mahkota dewa, lidah buaya, kayu manis dan lainnya.
  • Tanaman obat rimpang adalah tanaman obat yang berasal dari rimpang atau umbi tanaman. Beberapa contoh obat yang masuk dalam keluarga tanaman rimpang adalah jahe, kunyit, lengkuas, kencur dan lainnya.

Taman atau Lanskap

Jenis tanaman yang masuk keluarga hortikultura selanjutnya adalah tanaman taman atau lanskap. Seperti namanya, tanaman ini memang diambil keindahannya untuk mempercantik pekarangan atau halaman rumah Anda.

Selain itu, perlu diketahui bahwa jenis tanaman ini bisa menjadi bunga hias pertanian yang memiliki nilai jual yang cenderung tinggi. Tentu, fakta ini membuka wawasan yang baru untuk ide bisnis alternative yang menarik berkaitan dengan tanaman.

Ada beberapa jenis tanaman yang masuk jenis tanaman lanskap tersebut, seperti pohon palem, pohon kamboja, pohon pinus dan lainnya. Memang, ada beberapa jenis bunga yang masuk dalam jenis tanaman taman ini.

Nah, dari beberapa poin di atas, ada beragam jenis tanaman keluarga hortikultura yang bisa dibudidayakan. Sama halnya dengan cara menanam kentang, bibit tanaman ini harus dipastikan bagus agar tanaman bisa tumbuh maksimal.

Selain itu, perawatan beragam jenis tanaman keluarga hortikultura tersebut juga perlu dilakukan, terutama untuk jenis tanaman toga. Ya, dengan perawatan yang tepat, sebagaimana halnya cara menanam bawang putih, manfaat obat yang didapatkan akan semakin maksimal.

Demikian beberapa ulasan tentang beragam jenis tanaman hortikultura yang bisa Anda budidaya di pekarangan rumah. Membudidayakan tanaman di rumah tentu merupakan ide yang tepat karena akan membantu Anda memenuhi kebutuhan sehari-hari. Semoga bermanfaat.

 

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.