25+ Desain rumah Klasik dan 5 Tips Merawatnya (Terbaru 2018)

Hai sahabat Hamparan! Untuk anda semua yang pernah pergi untuk berlibur ke beberapa negara di benua Eropa seperti Inggris, Perancis, Italia, atau Yunani, kebanyakan di negara-negara tersebut pasti bangunanya memiliki gaya klasik. Rumah Klasik memang unik dan menarik, memberikan kesan yang berbeda dengan bangunan lain disekitarnya.

Pada periode Helenistik serta kekaisaran Romawi, desain arsitektur dan sketsa rumah klasik sangat berjaya di tangan seorang arsitek ternama asal Romawai bernama Marcus Vitruvius yang hidup pada abad pertama masehi. Prinsip matematika yang diterapkan dalam pembangunan kuil maupun classical order yang berlaku menyatakan bahwa type kolom serta desain simetris terbilang mutlak dalam proses penciptaan arsitektur dengan unsur klasik.

Seiring dengan berjalanya waktu, penerapan gaya bangunan klasik ini kemudian berkembang menjadi rumah hunian dan sampai sekarang masih trus berkembang sangat pesat pada seluruh penjuru dunia.

Rumah Klasik Modern

rumah klasik terbaru
idntimes.com

Ketika kita membahas sebuah desain rumah klasik, kebanyakan orang menyangka bahwa rumah klasik itu tempat tinggal yang menggunakan material kayu dan batu yang masih amat tradisional.

Tetapi perkembangan rumah klasik sekarang ini sudah jauh melampaui apa yang kita bayangkan sekarang, model rumah klasik sekarang sudah mengarah ke rencana yang jauh lebih modern dan menarik.

Rumah klasik modern juga memiliki sifat dan ciri karakter atau style sendiri yang membedakan dengan rumah/tempat tinggal yang lainya. Dan ini beberapa sifat atau ciri dari bangunan rumah klasik modern adalah sebagai berikut :

  1. Memiliki pilar bangunan yang besar dan juga sangat kokoh.
  2. Memiliki bentuk yang sangat identik di bagian atas pintu, berbentuk melengkung yang menjadikanya terlihat megah.
  3. Memeliki atap yang menyerupai dengan kubah.
  4. Memiliki ornamen yang rumit dan juga detail.
  5. Dapat menunjukan segi kemewahan dan kemegahan sebuah tempat tinggal.

gambar rumah klasik modern gambar rumah klasik modern gambar rumah klasik modern gambar rumah klasik modern gambar rumah klasik modern gambar rumah klasik modern

Rumah Klasik Eropa

rumah klasik 2 lantai gaya eropa
hipwee.com

Ada banyak varian untuk desain rumah klasik Eropa yang bisa anda pilih. Ciri-ciri dari rumah klasik Eropa yang tidak dapat di hilangkan adalah tiang-tiang yang berdiri kokoh.

Dengan cat rumah warna putih dan dipadukan dengan warna sedikit gelap dan terdapat pohon-pohon rindang yang subur dan kehijauan untuk menghiasi rumah menambah nuansa ke-Eropaan yang lebih mantap.

Pintu dan jendela yang di desain dengan ukuran besar juga menambah kesan kemewahan tersendiri. Untuk ukuran bangunan, memang rumah yang bergaya klasik eropa ini lebih besar dibanding pada umumnya.

Di Indonesia, rumah bergara eropa ini banyak dipengaruhi oleh budaya belanda sudah mulai populer sejak tahun 1920an. Gaya rumah eropa ala Indonesia pun juga termasuk banyak.

Seiring dengan berkembagnya zaman,  rumah bergaya Eropa pun juga mengalami perkembangan yang terbilang cukup pesat. Mulai dari rumah Eropa bergaya klasik, dan kini sudah banyak juga rumah Eropa yang bergaya modern.

Memang ciri khas dari rumah Eropa ini memiliki nuansa yang hangat dan berdiri kokoh dengan tiang yang mengapit sebuah teras di depan rumah dan memiliki tembok yang cukup tebal. Rumah bergaya Eropa modern ini juga tidak mengesampingkan nuansa yang berada di halaman rumah.

Pada halaman rumah yang bergaya Eropa mempunyai ciri khas juga. Di halaman rumahnya terdapat pepohonan berupa pohon palem yang tertata rapi, dan rerumputan yang hijau, ditambah dengan bunga-bunga yang menghiasi sekitar halaman rumah.

Namun anehnya, kesan klasik masih melekat pada rumah bergaya eropa ini. Baiklah, inilah beberapa gambar desain rumah eropa modern:

model rumah klasik eropa rumah klasik amerika rumah klasik amerika rumah klasik amerika model rumah klasik eropa model rumah klasik eropa

 

Rumah Klasik Modern 1 Lantai

rumah klasik
kompas.com

Meskipun saat ini apartemen menjadi model hunian populer di tengah perkotaan, namun banyak keluarga yang tetap menginginkan tinggal di rumah tapak dengan berbagai alasan termasuk diantaranya agar anak-anak mereka bisa bermain di halaman rumah mereka sendiri.

Karena itu banyak orang yang lebih memilih kompleks perumahan meskipun letaknya tidak selalu berada di tengah perkotaan. Namun tidak ada masalah apabila akses dan infrastruktur juga sudah lengkap dan mudah.

Banyak jenis rumah tapak yang ditawarkan, dan banyak juga keluarga yang memilih kesan rumah yang klasik namun tetap modern, agar tetap memiliki kesan homy dan kehangatan dengan tetap memiliki kesan klasik.

Rumah klasik satu lantai memiliki kelebihan salah satunya adalah dari segi biaya. Daripada uang dihabiskan untuk membuat 2 lantai rumah, mendingan anda mengalokasikanya untuk memberi sentuhan lebih pada desain rumah satu lantai anda.

Rumah satu lantai itu bisa membuat anda merasa lebih dekat dengan alam dan juga lebih praktis juga tentunya.

rumah klasik sederhana desain rumah klasik sederhana 1 lantai desain rumah klasik sederhana 1 lantai desain rumah klasik sederhana 1 lantai desain rumah klasik sederhana 1 lantairumah klasik sederhana

Rumah Klasik Modern 2 Lantai

desain rumah klasik 1 lantai

Kriteria rumah idaman memang dapat saja tidak sama untuk setiap keluarga. Tidak bergantung pada besar atau kecilnya rumah yang ditempati, rumah klasik 2 lantai bisa dipakai rujukan rumah idaman.

Rumah klasik 2 lantai juga sangat cocok untuk pasangan muda yang memimpikan hidup tanpa banyak interior serta hiasan rumah tangga.

Setiap orang pasti menginginkan rumah yang nyaman. Tetapi, untuk menentukan model serta desain rumah yang sesuai dengan keinginan akan menjadi sulit jika tidak memiliki contoh bentuknya.

Oleh itu kita akan mengulas gambaran mengenai model rumah minimalis terbaru. Sebab selain nyaman, model terbaru akan sesuai bagi anda yang ikut perkembangan zaman.

rumah klasik 2 lantai rumah klasik 2 lantai rumah klasik 2 lantai rumah klasik 2 lantai rumah klasik 2 lantai gambar rumah klasik gambar rumah klasik

Tips Memilih Furniture Untuk Rumah Klasik Modern

interior rumah klasik

Karena pada ulasan diatas kita mengulas tentang rumah klasik modern maka pada ulasan kali ini kita akan memberikan tips memilih furnitur untuk rumah klasik modern.

Namun, sebelum anda mengetahui tentang bagaimana cara tepat memilih furnitur tersebut anda perlu mengetahui terlebih dahulu tentang rumah klasik modern itu seperti apa.

Rumah klasik modern merupakan salah satu desain rumah dari sekian banyaknya desain rumah lain yang menjadi pilihan untuk saat ini.

Rumah bergaya ini mengedepankan gaya klasik namun menciptakan juga gaya modern hal ini bisa anda lihat dari bentuk rumah dan bahan material yang digunakan.

Agar rumah model ini dapat terlihat klasik dan modern maka pemilihan tema dan interiornya pun perlu diperhatikan seperti halnya dengan memilih berbagai furnitur seperti hiasan rumah, hiasan kamar tidur untuk rumah klasik modern ini.

Memilih furnitur untuk rumah klasik modern sebenarnya tidaklah sulit karena saat ini furnitur tersebut bisa anda temukan ditoko-toko yang ada didaerah anda.

Namun, sebelum anda memilih furnitur untuk rumah klasik modern terdapat beberapa aspek yang perlu anda ketahui agar furnitur tersebut sesuai dengan yang anda inginkan.

Berikut beberapa aspek yang perlu diperhatikan sebelum memilih atau membeli furnitur untuk rumah klasik modern :

1. Aspek Pemilihan Bahan Furniture

interior rumah klasik

Yang harus disesuaikan dengan kebutuhan. Usahakan pilihlah furnitur yang benar-benar anda butuhkan dan juga pilihlah bahan yang berkualitas agar tahan lama sehingga anda tidak sering mengganti furnitur berulang kali disebabkan karena rusak.

2. Aspek Suhu Lingkungan

teras rumah klasik mewah

Hal ini berkaitan erat dengan pemilihan bahan usahakan pilihlah furnitur yang memiliki bahan yang bisa menyesuaikan dengan aspek suhu lingkungan anda tinggal. Misalnya jika suhu lingkungan anda tinggal bersuhu panas maka furnitur yang cocok adalah furnitur yang berbahan dasar kaca.

3. Aspek Pemilihan Furniture

desain rumah klasik sederhana

Hal ini adalah aspek penting yang perlu diperhatikan. Karena anda mengusung tema rumah klasik modern sebaiknya furnitur yang harus anda pilih yang harus furnitur yang bernuansa simple dan praktis seperti halnya memilih furnitur yang langsung satu set.

4. Pemilihan Tema Furniture

interior rumah klasik

Pada saat memilih tema, sesuaikan saja dengan karakter diri atau keluarga anda. Tema itu berperan pengting dalam mencerminkan kepribadian pemilik rumahnya dan penataan haruslah rapi dan konsisten.

Nah, itulah beberapa aspek yang perlu diperhatikan sebelum memilih furnitur untuk rumah klasik modern. Untuk pemilihan warna, jenis dan desainnya anda bisa menentukannya sendiri sesuai dengan selera anda.

Tips Merawat Perabot dan Rumah Klasik

interior rumah klasik

Memiliki tipe rumah klasik bagi penyuka tema klasik tentu akan membuat penghuninya senang. Mulai dari bentuk dan model rumah, perabot di dalam rumah, hingga pernak-pernik yang dipasang.

Sebagian besar dipilih yang klasik atau tradisional. Biasanya, rumah klasik masih banyak menggunakan bahan kayu, bambu, rotan, atau sejenisnya. Semua bahan tersebut tentu saja ada kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Rumah klasik harus telaten dan rutin dirawat agar perabot dari bahan-bahan yang digunakan di bagian-bagian rumah tetap terjaga. Simak tips berikut terkait beberapa tips menjaga perabotan dan rumah klasik.

Membersihkan dari debu dan kotoran

desain rumah klasik

Pada dasarnya debu itu akan selalu ada setiap saat, entah itu malam atau siang hari. Anda cukup membersihkannya dengan kemoceng. Bersihkan semuanya setiap hari agar semua perabotnya lebih terawat.

Mengelap dengan kain basah

desain rumah klasik

Cara ini dipakai untuk bagian perabotan rumah yang terkena kotoran atau noda membandel. Misalnya, noda sisa makanan dan minuman yang sudah mengering. Silakan mengelap dengan kain yang sudah dibasahi, tetapi jangan terlalu banyak kandungan airnya.

Jadi, Anda perlu memeras lap itu terlebih dulu. Sekadar saran, perabot rumah dari kayu yang terkena noda seperti itu sebaiknya segera dibersihkan dengan mengelap memakai tisu atau kain kering. Dengan begitu, lebih mudah dibersihkan.

Menutup dengan plastik atau kain

desain rumah klasik

Cara ini perlu Anda praktikkan jika ingin meninggalkan rumah dalam waktu cukup lama, seperti pergi untuk liburan ke luar kota atau luar negeri. Sebaiknya Anda menutup semua perabotnya dengan plastik atau kain agar tidak terkena debu, kotoran, ataupun noda selama Anda pergi.

Tren rumah itu memang tidak berkembang cepat seperti tren musik dan pakaian. Tapi secara perlahan, tren itu memang ada. Termasuk tren dekorasi rumah, yang nyatanya sangat bervariasi di setiap negara. Dan desain rumah klasik tak pernah ada matinya.

Di tengah gempuran kultur budaya, desain rumah klasik mampu membertahankan ekstensi dirinya. Bahkan, tak sedikit orang masih menggunakan desain rumah klasik dari berbagai negara lainya.

Demikianlah sedikit ulasan mengenai Rumah Klasik Modern. Semoga dari pembahasan diatas cukup membantu anda khususnya yang saat ini masih bingung untuk membangun sebuah rumah klasik.

1 thought on “25+ Desain rumah Klasik dan 5 Tips Merawatnya (Terbaru 2018)

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.