Praktek Kerja Indutri

Assalamualaikum sahabat hamparan !. Pernah mendengar praktek kerja industri ?? jika belum akan aku jelaskan sedikit tentang praktek kerja industri dan sedikit pengalamanku tentang kegiatan ini.

praktek kerja

Sekilas Pengetahuan

sekilas info, praktek kerja
beemagz.com

Apa sih prakerin atau praktek kerja industri itu ?? yaah kebanyakan orang akan bertanya kegiatanya ngapain?, pendidikanya bagaimana ?, dan masih banyak pertanyaan lagi, aku jelaskan sedikit ya mengenai kegiatan ini.

Prakerin adalah suatu pendidikan atau pelatihan yang dilaksanakan di sebuah dunia industri atau dunia kerja yang sesuai dengan pendidikan yang di ambil oleh siswa di bidangnya.

Prakerin ini bertujuan untuk mempraktekan semua materi yang di dapat selama pendidikan, membuat pola pikir siswa agar siap langsung terjun dalam dunia industri, dan masih banyak lagi yang lainya. Kebijakan penuh pun diserahkan kepada dunia industri seperti mengeluarkan dan memasukan siswa.

Bahkan tidak sedikit juga siswa yang langsung diangkat sebagai karyawan tetep oleh perusahaan dimana praktek kerja di laksanakan.

Cerita di Mulai !

heinzmarketing.com

Tidak terduga bahwa perjalanan kelas 11 sudah menuju pertengahan, ada satu program yang sangatku tunggu dimana para siswa melakukan pembelajaran di dunia industri secara langsung di dunia industri.

Karena jurusanku adalah jasa boga jadi aku akan melaksanakan kegiatan pembelajaran ini di sebuah hotel ataupun restoran. Untuk tempat guru menyerahkan hak penuh dalam memilih tempat praktek siswa. Karena di jurusan jasa boga adalah mendapat jatah terakhir untuk memilih tempat prakerin aku dan teman-teman ku hampir kehabisan jatah tempat.

Karena hampir semua tempat pembelajaran di dalam kota maupun di luar kota sudah dipenuhi oleh jurusan perhotelan sebab mereka mengambil jatah di akhir tahun sebelum tahun baru.

sempat beberapa kali kebingungan karena aku adalah salah satu ketua kelompok dalam praktek pengajaran ini.

Dilema??

Akhirnya kami pun mendapat tempat untuk prakerin kami tujuh orang setuju untuk kesana, hari mulai praktek tinggal menunggu minggu. Semakin dekat semakin mendebarkan, tapi semua perasaan itu hilang ketika waka bagian jurusan melarang kami untuk praktek disana karena alasan management hotel yang kurang memuaskan.

Berfikir mendalam karena hitungan minggu sudah mulai aktif dalam program prakerin tersebut. Setelah bertanya ke kelompok lain akhirnya aku mendapat tempat praktek di kota Malang tepatnya di Batu.

Tempat yang akan kami datangi untuk praktek bernama Kusuma Agrowisata hotel berada berdekatan dengan banyak tempat wisata. Bukan hanya itu disana juga tersedia perkebunan buah dan sayur, tempat bermaiin cross dan lapangan yang biasanya digunakan timnas Indonesia berlatih.

Selang bebrapa hari aku dan teman-temanku langsung menuju kesana untuk sesi wawancara. Karena jumlah kami sekitar 8 orang akhirnya kami pun langsung diberikan posisi masing-masing. Posisi yang diberikan bermacam-macam ada yang berada di dapur dan ada yang berada di resotoran untuk menjadi seorang pelayan.

Hari Penantian Tiba !

agoda.com

Berjarak 108 Km dari rumah aku berangkat 4 hari sebelum prakerin di laksanakan, karena tidak serta merta bisa beradaptasi dengan lingkungan. Kejadian yang sangat membuatku tak habis pikir adalah baru pertama masuk kawasan Batu rasa dingin pun terasa menusuk tulang.

Karena suhu yang berada di Batu dan di Tulungagung sangat berbeda. Baru menginap sehari langsung terkena masuk angin hingga beberapa hari. Seperti tak bisa di percaya karena aku sendiri jarang terkena masuk angin seperti ini.

Hari pertama praktekpun tiba, pertama aku ditugaskan menjadi seorang pelayan dan membantu mengsetting tempat untuk acara biasa disebut banquet. Disitu saya mulai belajar bagaimana cara menjamu tamu dengan baik seperti ketika menerima telefon adab dan cara yang digunakan untuk menjamu agar lebih terkesan ramah.

Ada juga ketika posisi kita melayani tamu seperti ketika mengantarkan makanan ke ruangan kamar tamu dan masih banyak. karena standar operation yang sangat tinggi, maka dari itu kami para siswa prakerin di tuntut untuk selalu menaati peraturan dan disiplin segala hal seperti waktu, tutur bicara, pakaian, dan lainya.

Semua standar harus terpenui oleh semua siswa prakerin agar tidak mengecewakan management hotel yang lebih penting adalah mengecewakan para tamu. Sebab banyak kejadian yang sedikit kurang menyenangkan karena seringnya tamu yang protes lantaran pelayanan yang kurang memuaskan.

Pelayan & Banquet

wonolo.com

Satu kata yang sangatpenuh dengan pengalaman, karena dari situ aku mengerti bagaimana cara memahami banyak perasaan konsumen. Mulai dari kepuasan mereka dan kekecewaan mereka. Karena itu sebagai pelayan harus bekerja semaksimal mungkin selain melayani kostumer juga harus mengerti keadaan atau perasaan kostumer.

Selin menjadi seorang pelayan aku juga dijadikan sebagai banquet. Ini sebutan untuk pelayanan yang berperan sebagai event organizer. Yang bertugas dari membuat tatanan ruangan hingga pelayanan. Salah satu pengalaman yang tak terlupakan disini ketika ada event berkepanjangan hingga satu minggu lebih dari 800 orang perhari.

Disitu kami di tuntut untuk menyuguhkan pelayanan semaksimal mungkin agar semua tamu merasa nyaman. Lelah adalah hal yang lumrah ketika masuk salah satu departemen F&B ini. Tuntutan untuk menjadi seorang yang sigap cepat tanggap tidak pernah terlepas dari pekerjaan ini, sebab pelayan dan baquet di ibaratkan sebagai muka dari sebuah restoran itu sendiri.

Karena hotel tempat ku praktek ini adalah salah satu hotel yang menjajakan fasilitas yang lengkap dari tempat bermain, kebun, olahraga dan masih banyak lagi. Hari demi hari tak pernah sepi dari seorang pengunjung yang menginap maupun tidak menginap, sering juga acara pernikahan yang di lakukan disini.

Seperti ketika pertama kali aku sebagai pelayan dalam acara pernikahan dengan tamu sebanyak 1500 orang dalam satu malam, rasa yang campur aduk dari kesal, lelah, dan marah karena banyaknya komplain dari konsumen karena mereka yang kurang mendapat perhatian. Pada waktu itu yang bertugas sebaga pelayan hanya sekitar 7 orang yang di bagi menjadi beberapa tempat.

Kitchen !!!

praktek, dapur
aloftengineering.in

Tak terasa dua bulan pun sudah usai dimana tugasku menjadi pelayan berganti menjadi seorang cook helper yang membantu chef di dapur. Karena ketika aku masuk dalam dapur ada peruahan susunan cherf yang baru, jadi perlu penyesuaian ulang. Bertemu head chef yang baru adalah pengalaman yang mendebarkan.

aku karena baru masuk akhirnya diberi arahan lanjutan. Tes kitchen pun dimulai, tes tersebut terdiri dari pengolahan bahan dan teknik mengolah. Baru saja ketika aku di suruh untuk memegang pisau dan head chef  meilhatnya seketika muka yang awalnya terlihat sumringah berganti menjadi cemberut.

Ia berkata bahwa dari awal cara memegang pisau pun sudah salah bagaimana bisa menjadi juru masak. seketika mentalku turun drastis, sempat aku berfikir bahwa di dapur ternyata tidak sesulit seperti saat menjadi pelayan. Tetapi semua pandangan itu berubah ketika aku merasakan atmosfer dari kerasnya kehidupan dapur.

Suka dan duka pun sangat terasa, seperti ketika membuat persiapan untuk acara tamu yang semakin hari semakin ramai. Harus bekerja 8 jam berdiri, awalnya ya sedikit merasakan kurang enak rasanya dibadan. Pada akhirnya badan yang mulai terbiasa dengan keadaan tersebut semakin menikamti.

Karena para senior sangat ramah dan baik kecuali head chef jadi semakin betah dalam suasana dapur. pernah sesekali mendapatkan event yang lumayan besar tak jarang kami mendapatkan 1000 pax dalam dua hari berturut-turut. Semua bekerja keras seminggu sebelum acara sudah banyak menyiapak bahan.

Tak sedikit juga dari karyawan bahkan juga para siswa prakerin di ajukan untuk lembur dan di masukan lebih awal. Pada awalnya jam kerja adalah 8 ketika ada acara sebesar itu tidak dimungkinkan bahwa masuk kerja hingga 12 jam bahkan lebih untuk mencapai target. Rasa lelah hingga ketulang, pulang dari hotel langsung tidur.

Penutup

Perjuangan selama dua bulan terasa singkat, yang dulunya terasa sangat berat masuk dalam area dapur sekarang sangat berat untuk meninggalkanya. Karena sangat banyaknya ilmu dan pengalaman yang kudapat dan bahkan banyak kenangan yang tercipata dari tempat tersebut. Ilmu datang ketika kita mulai berjalan dan mulai mencarinya, karena ilmu tidak akan pernah datang sendiri.

Tak banyak orang memandang kesuksesan dengan mudah tanpa melihat perjalanan untuk menuju sukses tersebut sangatlah tidak mudah. Di ibarakan menanjaki gunung tanpa membutuhkan peralatan yang lengkap, disitu lah ilmu itu berguna.

Terima kasih sudah menyimak wassalamualaikum. Wr. Wb.

 

Jangan lupa baca cerita yang lainya :

  1. Seleksi Program Pertukaran Pelajar Bina Antarbudaya
  2. Pemburu Keindahan Pantai Pacar yang Tersembunyi
  3. Petualangan Santri Bertafakur Empat Kota Jawa Timur
  4. Nikmatnya Menjadi Seorang Santri Bagian Pertama

 

1 thought on “Praktek Kerja Indutri

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.