Penjelasan Lengkap Pencemaran Udara dari Pengertian, Dampak, Penyebab, dan Cara Mengatasi Pencemaran Udara

Pencemaran Udara – Udara adalah salah satu elemen yang sangat penting sebagai penunjang semua mahluk. Bisa kalian bayangkan bagaimana jika di dunia ini tidak ada sedikit saja, maka semua akan mati karena tidak bisa bernafas.

Bukan hanya itu saja peranan penting dari udara ini bukan hanya digunakan untuk manusia tapi semua mahluk hidup. Maka dari itu manusia selaku salah satu mahluk yang mempunyai akal dan pikiran harus bertanggung jawab atas kondisi kesehatan dan kebersihan udara sendiri.

karena hampir setiap daerah memiliki tempat perindustrian yang dimana tempat tersebut memiliki pola pengolahan polutan udara yang belum tentu dengan keramah lingkunganya.

Sebab jika terjadi pencemaran dari udara sendiri maka akan banyak mahluk yang merugi, bukan hanya manusia saja. Menjadikan pencemaran udara ini salah satu faktor pengganggu ekosistem dari kehidupan.

Bukan hanya itu saja dari pencemaran udara sendiri juga bisa mengakibatkan pencemaran lingkungan yang lainya. Semisal pencemaran air, dan pencemaran tanah serta beberapa penyakit yang berbahaya. Adapin hasil dari pencemaran bisa disebut juga sebagai polusi, sedangkan penyebab dari suatu pencemaran ataupun polusi disebut polutan.

Pada dasarnya pencemaran sendiri bisa terjadi karena dua faktor yaitu oleh alam sendiri dan campur tangan atau kegiatan manusia. Tapi dari research yang ada jumlah pencemaran yang disebabkan oleh alam sangatlah sadikit dan berbanding tebalik dengan pencemaran yang di lakukan oleh tangan manuisa.

Maka dari itu pencemaran udara merupakan salah satu musuh terbesar manusia di era sekarang ini. Keberlangsungan dari mahluk hidup sangatlah di pertaruhkan di ambang batas sebab polusi tersebut.

Sebab itu kali ini saya akan memabahas lebih dalam tentang pencemaran udara mulai dari pengertian, macam-macam, penyebabnya, dampak yang di timbulkan, hingga cara menanggulanginya.

Simak selengakpnya!

Pengertian Pencemaran Udara

pencemran udara

Pada umumnya pengertian dari pencemaran sendiri merupakan tercampurnya suatu zat atau unsur-unsur yang dimana dari pencampuran tersebut mengakibatkan kondisi buruk.

Yang berarti pencemaran udara merupakan sebuah kondisi dimana udara tercampur dengan zat lain atau unsur lain yang mengakibatkan kondisi buruk pada udara menjadi tidak layak atau bahkan membahayakan untuk digunakan mahluk hidup.

Karena udara merupakan salah satu komponen terpenting di dunia yang menunjang kehidupan mahluk hidup. Banyak pengaruh jika keadaan udara terganggu seperti kenyamanan dan keindahan lingkungan juga terganggu.

Di dunia selain masalah tentang air bersih dan kekurangan air, pencemaran udara merupakan masalah yang tidak bisa dianggap remeh. Bahkan banyak negara yang sekarang sudah terlambat untuk memperbaiki jaringan udara seperti Cina, Azerbaijan, Mexico, dan masih banyak lagi yang lainya.

Di beberapa negara tersebut seperti Cina bahkan ketika waktu udara kotor semakin tidak bisa di kondisikan masyarakat hingga menjual udara bersih dalam kantong plastik. Naaah ! Disitu kita bisa melihat betapa parahnya pencemaran udara sekarang ini di dunia.

Penyebab Pencemaran Udara

Ada banyak sekali penyebab pencemaran udara bahkan tak terhitung jumlahnya. Dan hampir semua di sebabkan oleh tangan manusia sendiri. Di bawah ini merupakan penyebab-penyebab pencemaran udara.

1.  Polusi Disebabkan Asap Kendaraan Bermotor

pencemaran udara
www.reference.com

Di dalam era moderninasi ini kendaraan bermotor merupakan salah satu kebutuhan umum yang bisa dibilang paling penting untuk menunjang kegiatan sehari-hari. Pada zaman dahulu orang pergi ke tempat yang jauh menggunakan angkutan umum.

Berbeda keadaan dengan sekarang penggunaan kendaraan pribadi sangatlah pesat, karena dikira lebih mudah daripada menggunakan kendaraan umum.

Padahal disitu asap dari kendaraan pribadi yang semakin lama semakin naik ini menjadi salah satu penyebab dan penyumbang terbesar dalam pencemaran lingkungan khususnya pencemaran udara.

Banyak reaserch membuktikan bahwa intensitas dari kendara bermotor sendiri semakin lama semakin meningkat, bahkan hingga menimbulkan kemacetan di jalan raya. Seperti contoh di kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, dan masih banyak lagi yang lainya.

Itu menjadikan keadaan penggunaan bahan bakar yang terlalu berlebihan. Dampak dari terjadinya kelebihan pemakaian bahan bakar tersebut adalah banyaknya kandungan gas CO yang dinilai sangat berbahaya.

Kandungan CO atau karbon monoksida ini di nilai berbahaya bukan hanya pada keadaan udara tapi juga berbahaya untuk mahluk hidup. Biasanya jika dilihat di perkotaan besar sering terjadi penggumpalan asap dari perpaduan banyak gas yang membahayakan membentuk sebuah kabut.

Disitu letak bahayanya dalam jangka pendek dampak yang dikeluarkan bisa dibilang seperti gangguan pernafasan biasa, tapi untuk jangka lama bisa menyebabkan penyakit yang lebih serius dan akut.

2. Pembangkit Listrik

pencemaran udara
pixabay.com

Dalam hal ini hampir sebagian pembangkit listrik konvensional hingga sekarang masih menggunakan bahan bakar yang di rasa masih kurang ramah lingkungan. Beberapa contohnya seperti batu bara, gas, dan minyak.

Hampir sama seperti kasus dari kendaraan bermotor tadi efek dari pembakaran bahan bakar yang tidak sempurna merupakan hal yang menghasilkan gas berbahaya yang menyebabkan pencemaran udara.

Dari gas itu seperti sulfur dioksida merupakan salah satu penyumbang dari terjadinya pemanasan global yang sekarang terjadi seperti ini.

3. Abu Polutan Letusan Gunung Berapi

pencemaran udara
time.com

Indonesia adalah salah negara dimana memiliki banyak gunung berapi atau guunung yang masih aktif. Salah satu kemungkinan dari pencemaran udara yang berasal dari alam merupakan ini salah satunya.

Seperti beberapa waktu yang lalu ketika ada beberapa gunung yang meletus memberikan dampak yang serius terhadap stabilitas udara di beberapa daerah. Seperti halnya letusan Gunung Kelud yang menyebabkan awan hitam dan abu bertebangan hingga sampai daerah Jawa Barat.

Dari efek yang di timbulkan sangat banyak terutama jarak pandang semakin memendek hingga mengganggu rutinitas harian yang lain, dan juga dapat mengganggu kesehatan kita sendiri.

4. Limbah Asap Industri atau Pabrik

pencemaran udara
iran-daily.com

Ini merupakan salah satu penyumbang terbesar pencemaran udara di dunia yaitu limbah asap pabrik atau industri. Cerobong-cerobong yang mengeluarkan asap tersebut terkadang tidak ada filter untuk zat-zat yang dikeluarkan.

Dari beberapa penelitian beberapa zat yang keluar dari proses industri ini berupa zat yang berbahaya seperti karbon monoksida, hidokarbon, dan senyawa yang dapat membahayakan kesehatan alam dan manusia.

Bukan hanya dampak yang di timbulkan kepada udara bahkan dari pencemaran udara ini juga bisa mengakibatkan pencemaran air dan tanah.

5. Limbah Pertanian

pencemaran udara
beritagar.id

Pada zaman sekarang ini penggunaan pupuk dan zat kimia hampir menjadi salah satu hal wajib untuk meningkatkan produktifitas dari hasil pertanian. Baik itu digunakan untuk pembasmi hama maupun digunakan untuk sebagai penyubur tanaman sendiri.

Tapi terkadang penggunaan dari pupuk itu terlalu berlebihan menjadikan gas amonia dan NH3 yang terkandung dalam pupuk tersebut keluar berlebihan yang mengakibatkan dampak yang signifikan kepada keadaan atmosfer.

Dampak yang terjadi bisa menjadikan gangguan terhadap kesehatan sendiri dan juga bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya hujan asam.

6. Kegiatan Pertambangan Penyebab Pencemaran Udara

pencemaran udara
industri.kotan.co.id

Industri pertambangan merupakan salah satu industri yang lumrah di Indonesia terutama di Pulau Kalimantan dan Papua sendiri serta beberapa di Jawa. Disitu dalam proses penambangan tersebut banyak menggunakan alat besar dalam jumlah yang besar.

Dalam proses pertambangan sendiri ketika dalam proses penambangan mineral yang di ambil dari perut bumi menjadikan banyak polutan yang dihasilkan. Misalnya seperti beberapa bahan kimia dan debu yang sangat banyak hingga bisa kemudian menjadikan penyebab pencemaran udara sendiri.

Banyak pertambangan yang menimbulkan efek negatif dari hasil pengeboran maupun pembuanganya. Gangguan tersebut mulai dari kesehatan hingga gangguan lingkungan yang lain.

7. Aktifitas Rumah Tangga

Siapa yang menyangkanya bahwa dari aktifitas rumah tangga juga memiliki andil dalam menyumbang polusi udara ini. Ada beberapa kegiatan rumah tangga yang menyebabkan polusi udara.

Seperti pembakaran sampah yang masih sembarangan dan juga proses pengecatan rumah. Dari situ kandungan yang di keluarkan oleh beberapa polutan tersebut sangatlah menyengat dan bahkan bisa menjadi salah satu faktor pengganggu kesehatan.

8. Kebakaran Hutan Polutan Polusi Udara

pencemaran udara
kedaipena.com

Kebakaran hutan merupakan kejadian alam yang sangatlah fatal akibatnya, terkadang penyebab dari kebakaran hutan sendiri sulit di duga-duga. Terkadang ada yang karena dari alam yang terutama pertanahan gambut atau bisa juga disebabkan oleh tangan manusia sendiri.

Seperti kebakaran wilayah hutan gambut sendiri sering terjadi ketika musim kemarau yang berkepanjangan, selain itu juga penggunaan sistem ladang yang berpindah juga menjadi faktor pembakaran hutan oleh tangan manusia.

Dampak yang sangat signifikan bisa di rasakan secara langsung dari kebakaran hutan tersebut. Seperti mengganggu aktifitas sehari-hari dan kesehatan dari penduduk yang terkena imbas atau asap dari pembakaran hutan tersebut.

Seperti kasus kebakaran hutan yang berada di Kepulauan Riau yang bisa dikatakan sangatlah parah. Bahkan bukan hanya dari masyarakat di daerah situ yang terkena dampaknya melainkan hingga di negara tetangga Singapura juga terkena imbas dari kebakaran hutan tersebut.

9. Efek Timbunan Sampah Untuk Polusi Udara

Siapa yang tidak terganggu dengan adanya timbunan sampah yang banyak? Pasti semua orang sangatlah terganggu terutama ketika sudah menumpuk dan mengeluarkan bau yang tidak sedap.

Kejadian seperti ini biasanya sering terjadi di TPA, terkadang gangguan tersebut datang secara tiba-tiba karena proses pengolahan sampah yang kurang cepat bisa di tangani dengan tepat.

Polusi yang di timbulkan juga tidaklah bisa dianggap remeh selain bau yang tidak sedap, dari tempat pembuangan akhir ini juga bisa menjadikan penumpukan gas metana yang membahayakan untuk kesehatan.

10. Ilegaloging atau Penebangan Hutan Liar Salah Satu Penyebab Utama Pencemaran Udara

pencemaran udara
pixabay.com

Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki hutan terbesar di dunia. Akan tetapi banyak masalah yang terjadi terkait hutan di Indonesia terutama penebangan hutan secara liar.

Dalam hal ini hutan merupakan salah satu penyeimbang alam yang harus sangat di jaga karena keadaan seperti ini seharusnya pemerintah memberi perhatian khusus tehadap kasus ini.

Karena dampak yang besar sangat bisa terjadi sebab penebangan tersebut seperti kekeringan yang berkepanjangan, penetralan udara yang terganggu, sistem resapan yang menjadi berkurang dan masih banyak lagi yang lainya.

Dampak Pencemaran Udara

pencemaran udara
sehatafiat.com

Dampak dari pencemaran udara sangatlah banyak dan sangat membahayakan, mulai dari yang mengganggu kegiatan sehari-hari hingga menyebabkan kematian kepada seseorang.

Bahkan di dunia sendiri para petinggi PBB dan organisasi dibawahnya sejak dari dulu sudah mulai mengkritisi perihal pencemaran lingkungan yang satu ini. Bukan itu saja di dunia sendiri banyak dari sekelmpok masyarakat yang membentuk sebuah organisasi yang dimana itu di tujukan untuk sebagai penekanan dalam masalah pencemaran lingkungan.

Berikut ini beberapa dampak atau efek yang di timbulkan oleh polusi udara.

1. Gangguan Kesehatan

pencemaran udara
hallosehat.com

Salah satu dampak fatal dari pencemaran udara adalah terjadinya gangguan kesehatan. Banyak sekali gangguan atau penyakit yang bisa terjadi akibat polusi yang satu ini. Seseorang yang menghirup udara kotor tersebut bisa kapan saja terkena beberapa penyakit yang dirasa penyakit tersebut cukup parah.

Penyakit yang dapat di timbulkan seperti ispa, asma, bronkitis, memicu stress, dan masih banyak lagi dampak fatal yang lain seperti kanker paru-paru dan kanker kulit yang disebabkan terganggunya sistem lapisan ozon.

Rata-rata penyebab terjadinya penyakit tersebut karena adanya zat yang masuk dalam tubuh yang mengakibatkan pengendapan maupun menyebabkan infeksi pada beberpa organ inti tubuh.

Selain itu juga bisa dilihat dari terkenanya dampak pencemaran udara tersebut jumlah oksigen yang ada terus berkurang. Dalam beberapa kasus di dunia hampir setiap tahunanya ada lebih dari 40 juta orang terkena penyakit dan meninggal karena di sebabkan oleh pencemaran ini.

2. Dampak Ekonomi

Dilihat dari akibat terjadinya pencemaran udara ini, produktivitas dari seseorang akan terganggu sebab kurang bisa menikmati udara segar. Selain itu juga karena efek dari polusi ini mengakibatkan terganggunya penglihatan pada seseorang.

Karena sebab itu bukan hanya aktifitas kantor atau pekerja saja yang terganggu tapi bahkan juga aktifitas sosial yang lain juga terganggu karenanya.

3. Dampak Terhadap Pertanian

Selain dampak pada ekonomi dan kesehatan, adanya pencemaran udara juga bisa mempengaruhi terhadap bidang pertanian. Contoh masalah yang terjadi karena pencemaran lingkungan ini adalah terganggunya proses fotosistesi pada tumbuhan yang mengakibatkan terganggunya pertumbuhan dari tumbuhan itu sendiri.

Bukan hanya itu saja tanaman juga sangat rentan dengan penyakit, penyakit yang di hasilkan oleh tumbuuhan sangatlah tidak bagus untuk manusia. Penyakit tersebut diantaranya klorosis dan nekrosis.

Penyakit pada tumbuhan ini menyebabkan jalur sirkulasi udara yang dikeluarkan tumbuhan menjadi terganggu dan kurang sehat, sehingga menjadikan udara menjadi kotor dan tidak baik untuk di hirup.

4. Hujan Asam

pencemaran udara
sehatafiat.com

Karena banyaknya asap yang berterbangan dan membawa berbagai macam zat yang entah itu ada yang berbahaya atau tidak mengarah ke awan. Disitu karena adanya zat yang sensitif dan rapuh tercampur dengan air menjadikan zat dan air tersebut berubah menjadi zat asam.

Dari situ pH air yang semakin berkurang menyebabkan senyawa yang bersifat asam. Dampak secara langsung terhadap lingkungan, ujan ini bisa menyebabkan pengkaratan langsung terhadap besi. Bukan hanya itu saja efek yang lebih lanjut dari zat tersebut bisa mencemari tanah dan air hingga mengakibatkan polusi yang lebih banyak lagi.

5. Kerusakan Lapisan Ozon

Lapisan ozob berada di stratosfer yang taksiran ketinggian dari lapisan ozon sekitar 20-35 km dari permukaan bumi. Lapisan ini yang melindungi bumi dari sinar ultra violet yang pancarkan matahari. Akibat jika terkena dari sinar tersebut secara langsung efek yang di timbulkan mulai kulit terbakar hingga kanker kulit.

Karena zat-zat yang terkandung dalam polutan tersebut sangat barbahaya menjadikan lapisan ozon yang dulunya tebal dan aman sekarang mulai berlubang dan menipis. Akibatnya proses pemantulan dan pemfilteran dari sinar ultra violet sendiri dan radiasi yang lain menjadi terganggu.

Akhirnya dampak langsung bisa kita rasakan seperti contohnya sekarang ini.

6. Efek Rumah Kaca

Ini merupaka efek yang sekarang sudah dirasakan hampir semua manusia di planet ini. Disebabkan oleh menumpuknya gas CFC beserta gas-gas yang bersifat negatif di permukaan atmofer.

Akibat dari itu radiasi dan sinar ultra violet di tampung dan di pantulkan secara sekala besar ke dalam permukaan bumi, yang menjadikan pemanasan permukaan bumi. Kejadian ini disebut sebagai global warming atau pemanasan global.

Bukan hanya suhu yang tinggi, dampak yang lain merupakan berubahnya cuaca secara ekstrim. Yang mengakibatkan pencairan es di dua kutub, dan menyebabkan perubahan siklus kehidupan flora dan fauna.

Zat Pencemar Udara ( Polutan )

 

Polutan merupakan zat yang menyebabkan pencemaran, dan disitu pencemaran udara disebabkan karena tercampurnya zat berbahaya dengan udara. Berikut ini beberapa zat yang menjadi indikasi terjadinya polusi udara.

1. Karbon Monoksida (CO)

Gas CO merupakan gas yang dihasilkan dari sisa pembakaran yang tidak sempurna oleh kendaraan bermotor. Dari gas ini banyak efek negatif yang bisa terjadi pada diri manusia.

Salah satu efek yang bisa terjadi ialah menjadikan penghirup gas ini menjadi pusing dan yang paling bahaya ketika unsur dari gas ini tercampur kedalam darah yang dapat menimbulkan penyakit yang lebih parah.

2. Karbon Dioksida (CO2)

CO2 ialah gas yang biasa dikeluarkan oleh pembakaran sistem pernafasan dari mahluk hidup kecuali tumbuhan, karbon dioksida juga dihasilkan oleh pelapukan batuan dan juga pembusukan bahan organik.

Dampak yang nyata dari gas ini adalah pemanasan global yang sekarang terjadi di muka bumi ini, dan juga mulai bertipisnya oksigen yang ada karena tingkat pengolah dari gas CO2 ini sudah mulai jarang.

3. Sulfur Dioksida

Unsur yang satu ini bisa juga disebut dengan nama gas belerang. Gas ini biasanya dihasilkan dari hasil pembuangan pabrik, dan juga hasil dari pembakaran bahan bakar fosil.

Gas yang sangat rapuh ini ternyata memiliki zat yang sangat berbahaya yaitu bisa menjadi zat asam yang apabila bertemu dengan air. Maka dari itu hujan asam bisa terjadi kapan saja karena banyaknya kandungan sulfur dioksida di awan sekarang ini.

4. Kloroflouroklorida (CFC)

Ini mungkin salah satu zat yang memiliki andil besar dalam proses pencemaran udara ini. Gas CFC merupakan gas yang selalu ada di sekitar kita, seperti pemakaian parfum, kulkas, AC, dan masih banyak lagi yang lain.

Tak jarang orang yang mengetahui tentang bahaya gas yang satu ini. Padahal zat ini merupakan zat yang dimana menyebabkan berlubangnya lapisan ozon yang mengakibatkan terjadinya pemanasan global.

Cara Mengatasi Pencemaran Udara

pencemaran udara
panna.org

Ada banyak sekali cara mencegah pencemaran udara, dari cara yang mudah hingga cara yang membutuhkan tenaga. Walaupun dampak pencegahan ini mungkin dampak secara langsung tidak banyak. Akan tetapi dampak untuk masa depan sangatlah banyak hingga anak cucu kita bisa merasakan udara yang segar kembali.

Berikut ini merupakan cara-cara untuk mencegah pencemaran udara.

1. Pendidikan Cinta Alam dan Lingkungan

Melakukan pendidikan sejak dini kepada anak muda agar mencintai lingkunganya merupakan salah satu cara jitu untuk memerangi polusi udara. Mendidik agar senantiasa menyayangi dan memelihara lingkungan sekitar.

Selain itu juga melakukan penyuluhan kepada masyarakat terkait pentingnya udara bersih yang terbebas dari polusi. Dalam penyuluhan ini seharusnya harus di laksanakan secara berkala agar selalu tumbuh empati pada diri masyarakat terhadap lingkungan sekitarnya.

2. Penguatan Hukum dan Peraturan

Selain mendidiki generasi muda dan masyarakat untuk selalu cinta lingkungan, salah satunya adalah mulainya penguatan terhadap hukum dan peraturan tentang pencemaran lingkungan.

Dengan penggunaan hukum dan peraturan, pencemaran bisa sangat ditekan sebab jika ada suatu pelanggaran oleh suatu industri pasti diberikan hukuman yang sifatnya memberi efek jera.

Bukan hanya itu saja di kanca internasional organinasi dunia PBB dan organisasi bawahanya juga sedari dulu sudah menjadikan masalah dari pencemaran lingkungan ini sebagai topik pembahasan utama yang hingga sekarang masih dalam pengkajian.

3. Pengawasan Perusahaan Industri

Melakukan pengawasan kepada dunia industri merupakan salah satu cara untuk menutupi celah dari penerapan peraturan dan hukum. Pengawasan ini sangatlah penting terutama dalam pabrik-pabrik yang memiliki kapasitas pembuangan polutan udara besar.

Tujuan dari pengawasan ini sendiri adalah untuk menekan terjadinya kecurangan oleh pabrik-pabrik yang dirasa tidak peduli dengan lingkungan. Sebab masih banyak pabrik yang dimana pabrik tersebut tidak menggunakan filter atau penyaring cerobong udara yang sesuai, dan bahkan ada juga yang tidak memasangnya.

4. Pengurangan Bahan Penghasil Polutan

Jadi selain polutan yang dihasilkan oleh asap pabrik, polutan ini banyak berasal dari hasil pembakaran bahan bakar yang kurang sempurna. Bahan bakar tersebut seperti gas, fosil, dan masih banyak lagi yang lainya.

Pengurangan dari bahan ini sangatlah berdampak signifikan terhadap pencemaran. Sebab hampir 1/4 pencemaran udara penyebabnya adalah asap yang dihasilkan oleh kendaraan bermotor maupun dari pembangkit listrik yang menggunakan bahan bakar fosil sebagai bahan utama.

5. Penggunaan Bahan-bahan Ramah Lingkungan

Dalam penggunaan bahan-bahan ini kita bisa menekan jumlah pencemaran lingkungan mulai dari udara hingga tanah. Penggunaan salah satu bahan seperti biogas maupun barang yang bisa di daur ulang merupakan salah satu cara untuk meminimalisir terjadinya pencemaran lingkungan.

Sebenarnya bukan hanya menggunakan bahan-bahan yang ramah lingkungan melainkan juga menggunakan tehnologi yang ramah terhadap lingkungan.

6. Mengurangi Penggunaan Bahan Kimia Pertanian

Karena penggunaan dari insektisida dan pupuk yang berlebihan merupakan salah satu penyebab terjadinya macam-macam pencemaran bukan hanya pencemaran udara. Disni sosialisasi tentang penggunaan bahan-bahan tersebut harus sering di lakukan.

Sebab tingkat pencemaran yang di sebabakan dari produk-produk tersebut tidaklah bisa dianggap enteng.

7. Penghijauan Lahan

Dan ini merupakan salah satu cara yang ampuh untuk menangani pencemaran lingkungan. Penanaman hutan kembali atau bisa disebut juga reboisasi.

Dalam penghijauan ini dampak yang paling utama adalah oksigen yang dihasilkan oleh pengolahan karbon dioksida yang secara berkala dan terus menerus. Hasil yang nyata adalah pengurangan suhu yang dihasilkan dari pemanasan global karena efek karbon dioksida yang lebih.

Selain itu juga dengan penanaman pohon ini, kita juga bisa membantu atmosfer yang memulihkan keadaanya yang sedang rusak. Bisa dilihat juga dari penanaman pohon ini juga bisa menanggulangi dari pencemaran air sendiri dan pencegahan bencana alam yang lain seperti banjir, erosi, dan tanah longsor.

Penutup

Jadi bahanya pencemaran lingkungan ini bukan hanya berbahaya untuk sekarang tapi juga berbahaya untuk kelangsungan hidup manusia dan mahluk yang lain. Oleh sebab itu kita sebagai manusia harus menggencarkan pengkampanyean tentang merawat alam. Dengan merawat alam secara keseluruhan yang hanya bisa menjadikan wadah penekan dari pencemaran lingkungan, bukan hanya udara bahkan juga air, dan tanah.

Selain itu juga kita juga menjadikan ini sebagai tabungan untuk anak cucu kita agar dapat menghirup udara segar, bersih dan menyehatkan

Terima kasih sudah membaca artikel tentang pencemaran udara ini.

Semoga bermafaat !

 

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.