pencemran lingkungan

8 Cara Mencegah Pencemaran Lingkungan | Dampak, Penyebab Beserta Pengertian Pencemaran Lingkungan

Pencemaran Lingkungan –  Pencemaran lingkungan merupakan salah satu masalah utama pada zaman sekarang, maraknya pencemaran mempengaruhi banyak terhadap produktivitas dari bumi itu sendiri.

Karena efek dari pencemaran alam sendiri sangat lah berbahaya bukan hanya untuk keselamatan bumi bahkan juga keselamatan umat manusia.

Banyak pencemaran yang marak dalam kehidupan sehari-hari yang kita temui seperti pencemaran udara, air, tanah. Semua dari pencemaran tersebut terjadi karena beberapa faktor.

Faktor penyebab dari pencemaran itu sendiri sangatlah banyak salah satunya merupakan dari proses alam, manusia, dan faktor yang lain.

Dari beberapa faktor tersebut penyebab paling besar dari pencemaran lingkungan merupakan ulah manusia sendiri yang kurang memperhatikan keberlangsungan kehidupan alam.

Saat ini maraknya pencemaran yang sekarang sudah mulai sulit dikendalikan utamanya setalah adanya revolusi perindustrian. Akibatkan banyak sekali pabrik yang dibangun dan menyebabkan berbagai macam pencemaran atau polusi.

Maka dari itu gerakan pengkampanyean dari pencegahan pencemaran alam harus di tegakan dan di realisasikan. karena kerusakan alam yang disebabkan oleh pencemaran lingkungan akan semakin marak hingga merusak alam secara keseluruhan.

Kali ini saya akan sedikit mengulas sedikit lebih mendalam terkait pencemaran lingkungan. Diawali dari pengertian, macam-macam pencemaran, penyebab pencemaran lingkungan, dan dampak apa yang timbul karena pencemaran itu sendiri. Silahkan simak ulasan berikut ini.

Pengertian Pencemaran Lingkungan

Pencemaran Lingkunga

Sedikit ulasan tentang pencemaran di atas. Pengertian pencemaran lingkungan sendiri adalah masuknya atau tercampurnya mahluk hidup, zat energi maupun komponen lain kedalam alam atau lingkungan.

Yang dapat merubah tatanan lingkungan, penyebab terjadinya perubahan tersebut disebabkan oleh proses alam ataupun kegiatan manusia sendiri. Efek dari faktor tersebut merupakan penurunan dari kualitas lingkungan dan bahkan bisa menjadikan ketidak fungsian lagi dari lingkungan itu sendiri.

Kejadian pencemaran lingkungan ini bisa disebut juga sebagai polusi. Bahan yang menyebabkan polusi atau penyebab pencemaran disebut sebagai bahan polutan.

Ada beberapa syarat suatu zat yang bisa di katakan sebagai polutan, jika keberadaanya dapat mengakibatkan dampak negatif terhadap mahluk hidup.

Pengindikasian dari zat-zat tersebut dikaran sebagai polutan jikalau :

  • Jumlah dari zat tersebut melebihi batas normal.
  • Penempatan zat yang tidak pada tempatnya.
  • Berada pada waktu yang tidak tepat.

Macam-macam Pencemaran Lingkungan

Dibawah ini merupakan jenis-jenis dari pencemaran lingkungan yang serign terjadi dan marak dalam kehidupan sehari-hari.

1. Pencemaran Air

Pencemaran Lingkungan
Pixabay.com

Pencemaran air merupakan kerusakan yang terjadi pada air yang disebabkan adanya perubahan kandungan dalam air baik itu di danau, sungai maupun laut.

Perubahan kondisi air tersebut mempengaruhi tingkat zat air yang menjadikan kondisi air tersebut melewati batas air yang layak untuk digunakan.

Pencemaran air ini banyak disebabkan oleh adanya zat kimia maupun polutan yang masuk ke dalam air.

Berikut ini merupakan polutan dari pencemaran air :

Limbah Industri

pencemaran lingkungan
thinglink.com

Limbah industri adalah limbah yang termasuk dalam limbah berat karena dalam limbah tersebut mengandung logam berat atau juga logam berbahaya.

Beberapa logam yang terkandung dalam limbah ini seperti raksa, timbal, merkuri dan masih banyak lagi yang lain. Karena penempatan tempat industri yang biasanya di dekat sungai, biasanya para pengelola industri yang tidak bertanggung jawab tersebut membuangnya ke aliran sungai.

Logam-logam tersebut adalah logam yang sangat berbahaya bila di konsumsi manusia, dalam hal ini pembuangan limbah ke sungai juga merupakan hal yang berat.

Selain dampaknya fatal untuk manusia, dampak dari pembuangan limbah tersebut juga bisa mengkontaminasi biota sungai dan juga bisa membunuhnya.

Limbah Rumah Tangga

pencemaran lingkungan
flanderstoday.eu

Ini adalah salah satu polutan yang sering kita lihat sehari-hari seperti limbah sampah dan limbah detergen. Terkadang orang yang tidak tau tentang limbah ini sering membuang pada tempat yang sembarangan.

Padahal akibat dari pembuangan limbah rumah tangga terutama deterjen ini dap menjadikan penurunan kualitas oksigen dalam perairan yang dapat menjadi ancaman yang kuat untuk mahluk dan biota yang hidup didalamnya.

Sebenarnya untuk meminimalisir limbah keluarga seperti botol, kaleng, atau yang lainya masih bisa dimanfaatkan dan dijadikan sebuah kerajian botol bekas selain lebih bermanfaat mengurangi resiko pencemaran, lebih-lebih juga bisa menambah penghasilan dari masyarakat itu sendiri.

Limbah Pertanian

Limbah pertanian adalah salah satu faktor pencemaran air yang selanjutnya. Terkadang petani menggunakan pupuk atau juga insektisida dalam penanaman disawah.

Tapi sebenarnya penggunaan pupuk dan pembasmi hama sangat lah berbahaya bagi kesehatan. Bukan hanya itu saja pemakaian secara berlebihan juga bisa mengakibatkan biota dan mahluk di dalam tanah maupun air bisa mati.

2. Pencemaran Tanah

pencemaran lingkungan
beritagar.id

Ini juga adalah salah satu pencemaran yang sering berada di lingkungan kita. Salah satunya adalah sampah, penggunaan sampah yang berlebihan yang tidak bisa di daur ulang adalah salah satu contoh besar pencemaran lingkungan di tanah.

Kurang adanya pengelolaan yang kurang baik mengakibatkan banyaknya sampah yang menumpuk dan membeludak. Selain membuat tanah menjadi tercemar karena zatnya, sampah juga bisa mengakibatkan penumukan zat kimia yang bisa mengakibatkan kebocoran limbah kimia yang bisa membahayakan manusia.

Pencemaran tanah ini sangatlah berakibat fatal bukan hanya manusia bahkan juga seluruh mahluk hidup.

Karena tanah merupakan salah satu komposisi dari siklus hujan, jika tanah sudah terkontaminasi dengan zat kimia yang berbahaya bisa mengakibatkan pencemaran air, kemudian menguap ke udara dan bisa menjadikan hujan asam yang dapat membahayakan serta menambah pencemaran yang lain lagi.

Siklus tersebut akan berulang-ulang terus dan semakin memperburuk keadaan lingkungan.

Bahan pencemar tanah di bagi menjadi dua macam, berikut ini penjelasanya :

  • Polutan yang dapat diuraukan oleh alam seperti : kayu, bahan sisa makanan, dan juga sampah dedaunan.
  • Polutan yang tidak dapat di uraikan oleh alam : logam berat, plastik, kaleng, dan masih banyak lagi yang lainya.

Maka sebab itu harus mulai dari sekarang penggalakan kampanye bebas sampah terutama sampah plastik dan kaleng. Penelitian juga menyatakan bahwa sampah plastik tidak dapat di uraikan oleh tanah hingga 1000 tahun.

3. Pencemaran Udara

pencemran lingkungan
pixabay.com

Polusi udara adalah salah satu pencemaran yang paling parah dan mengakibatkan banyak korban. Pencemaran lingkungan yang satu ini memiliki banyak penyebab salah satunya merupakan pembakaran hutan secara ilegal dan juga asap kendaraan maupun asap pabrik.

Beberapa polutan dari Pencemaran udara meliputi :

Karbon Monoksida (CO)

Gas CO ini merupakan hasil pembakaran kendaraan sepeda motor yang tidak sempurna. Efek yang di timbulkan jika terhirup manusia menjadikan zat yang berada dalam gas CO bercampur dengan darah

Akbitanya bisa menjadikan pusing, dan yang lebih parah bisa mengakibatkan gangguan pada saraf.

Karbon Dioksida (CO2)

CO2 adalah gas hasil dari proses pernafasan mahluk hidup, pembusukan bahan organik, dan juga hasil dari pelapukan batuan. Peningkatan rasio dari CO2 bisa menyebabkan peningkatan suhu di bumi.

Senyawa Nitrogen

Gas nitrogen merupakan salah satu zat yang dibutuhkan oleh mahluk hidup sebagai salah satu bahan sumber protein. Tetapi penggunaan senyawa ini bisa berbahaya jika salah pemanfaatanya.

Akibat penggunaan yang salah nitrogen ini bisa menjadi senyawa asam yang membahayakan mahluk hidup.

Senyawa Belerang

Sulfur dioksida adalah gas yang sangat berbahaya. Gas ini berasal dari pabrik yang menggunakan belerang sebagai bahan dasar pengolahanya dan juga hasil dari pembakaran fosil.

Gas ini sangatlah rapuh karena jika senyawa ini menyentuh air maka akan membentuk sebuah senyawa asam.

Bila reaksi tersebut berada di awan ketika sedang mengangkut air hujan maka tidak bisa dihindarkan akan terjadi hujan asam yang membahayakan mahluk hidup.

Kloroflourokarbon (CFC)

Gas CFC mungkin asing pada sebagian orang tapi gas ini adalah senyawa yang setiap menyertai kita. Contoh dari gas ini adalah pendingin dari AC dan juga kulkas, selain itu juga CFC juga di hasilkan dari parfum dan alat pembasmi nyamuk.

Penelitian mengatakan bahwa gas ini merupakan gas yang sangat berbahaya sebab dengan menggunakan gas ini atmosfer bumi bisa kehilangan lapisan ozonya.

Karena lapisan ozon yang semakin menipis menjadikan radiasi dari sinar ultraviolet yang berasal dari matahari bisa langsung masuk ke bumi tanpa ada pemfilteran dari lapisan ozon.

Penyebab Pencemaran Lingkungan

Ada banyak sekali penyebab pencemaran lingkungan, tetapi yang paling besar merupakan hasil dari perbuatan manusia . Pencemaran yang sering terjadi yaitu pencemaran tanah, pencemaran air, dan pencemaran udara.

Dalam konteks lain alam sebenarnya bisa mengembalikan atau memurnikan kondisi air yang sudah tercemar. Karena jumlahnya sangat banyak dan melebihi batas, alam pun tidak bisa memurnikanya dengan maksimal dan tidak mampu mengembalikan keadaan seperti sedia kala.

Karena sebab alam menjadi kehilangan kemampuanya untuk memurnikan pencemaran, di tambah lagi adanya sampah plastik dan deterjen tidak ramah terhadap lingkungan.

Menjadikan semakin parah kerusakan yang di ciptakan oleh polutan ini.

Dampak Pencemaran Alam

pencemaran lingkungan
pixabay.com

Polusi atau juga pencemaran lingkungan bukanlah hal yang sepele, karena adanya polusi dan pencemaran lingkungan bisa menyumbang besar terhadap kerusakan dunia. Berikut ini dampak-dampak dari pencemaran lingkungan.

1. Peledakan Jumlah Hama Akibat Pencemaran

Karena dalam penggunaan insekstisida maupun pestisida yang banyak bukan hanya berefek mematikan hama tetapi juga mematikan predator alaminya.

Sebab tidak ada predator alami ini lah perkembangan hama semakin tidak terkendali dan membeludak.

2. Mematikan Spesies

Karena sangat berbahayanya polutan air dan darat, banyak hewan mengalami gangguan dan tidak sedikit yang akhirnya mati. Sebab tidak semua hewan memiliki tingkat kekebalan yang sama untuk menahan polutan tersebut.

Bahkan ada juga hewan atau biota yang hidup dengan bertahan dari polutan yang di dalam dirinya terkontaminasi bahan-bahan tersebut. Sehingga tidak hanya berbahaya untuk hewan itu sendiri tapi juga berbahaya untuk predator alaminya.

3. Gangguan Keseimbangan Alam Akibat Polusi

Karena punah atau mati dari spesies tertentu dapat menjadikan perubahan pola interaksi dalam ekosistem. Akibat dari itu keseimbangan rantai makanan dan jaring-jaring makanan terganggu dan tidak stabil.

4. Produktivitas Tanah Berkurang

Sebab penggunaan insektisida dan pestisida yang berlebihan dapat mengakibatkan biota tanah mati. Bukan hanya itu saja kesuburan tanah juga menurun dan bahkan rusak karena sifat asam yang ada dalam bahan-bahan kimia tadi.

Sedikit solusi untuk mengatasi hal tersebut maka penggunaan pupuk kimia harus di kurangi dan penggunaan pupuk kandang harus di tambah. Serta penggunaan sistem tanam rotasi dan selang-seling (tumpang sari) adalah salah satu cara penangananya.

5. Lapisan Ozon Berlubang dan Menipis

Karena banyaknya penggunaan gas CFC di dunia merupakan salah satu penyebab dan permasalahan besar dari pemanasan global. Hal ini karena gas CFC mempunyai sifat korosif yang dapat mempertipis lapisan ozon.

6. Efek Rumah Kaca

Selain CFC dan lubang ozon ada masalah satu lagi yang menjadikan keadaan bumi semakin parah kerusakanya, yaitu efek rumah kaca.

Karena kurangnya tumbuhan sebagai penyeimbang dari gas CO2, maka jumlah gas CO2 sekarang sangatlah banyak. Ini adalah salah satu alasan kenapa semakin lama suhu bumi semakin naik.

Karena gas karbondioksida yang banyak tersebut semakin menempel di atmosmer maka atmosfer tidak bisa memantulkan pancaran sinar matahari yang akan masuk ke bumi.

7. Bencana Alam Akibat Pencemaran

Bukan hanya dampak-dampak di atas ternyata pencemaran lingkungan juga bisa menjadikan bencana alam.

Ada beberapa bencana alam yang bisa terjadi karena pencemaran tersebur seperti :

  • Banjir bandang.
  • Erosi.
  • Kerusakan udara.
  • Hujan asam.
  • Gagal panen.
  • Tanah longsor.
  • Dan masih banyak lagi yang lainya.

Cara Mengatasi Pencemaran Lingkungan

pencemaran lingkungan
Bluerivernursery.com

Ada banyak sekali cara untuk mencegah dan meminimalisir pencemaran atau polusi lingkungan ini.

Berikut ini merupakan salah satu cara pencegahan pencemaran lingkungan :

  1. Pemilihan tempat untuk daerah industri atau pabrik yang strategis yang jauh dari daerah pemukiman.
  2. Pengaturan atau pemfilteran limbah perindustrian yang akan dibuang, bertujuan agar tidak mencemari lingkungan.
  3. Pengawasan terhadap unsur-unsur atau zat kimia yang dapat mengakibatkan pencemaran lingkungan.
  4. Penggencaran gerakan penghijauan lahan dan reboisasi hutan gundul.
  5. Penindakan tegas terhadap pelaku pencemaran lingkungan.
  6. Membuang sampah sesuai kandunganya dan jangan sembarangan.
  7. Memberi penyuluhan kepada masyarakat terkait lingkungan hidup.
  8. Menggunakan bahan yang ramah lingkungan.

Kesimpulan

Dari beberapa fakta diatas kita bisa menyimpulkan bahwa perawatan alam dan lingkungan sangatlah penting untuk keberlangsungan kehidupan dunia.

Karena sulitnya penanaman pola pikir masyarakat yang masih begitu acuh tak acuh terkait pencemaran ini, kita harus sering mengadakan penyuluhan agar terciptanya kesadaran dari masyarakat itu sendiri.

Selain itu juga penanaman pohon adalah salah satu sarana kita untuk memperkecil pencemaran lingkungan terutama pencemaran akibat asap pabrik dan membeludaknya CO2.

Indonesia merupakan salah satu negara yang pemilik jantung dunia karena hutan di Indonesia masihlah sangat banyak. Oleh karena itu kita harus menjaganya dan berusaha untuk mengkampanyekan hidup sehat bebas pencemaran.

Agar semua keindahan di dunia ini bisa dinikmati oleh anak cucu kita, sekian penjelasan singkat terkait pencemaran lingkungan semoga bermanfaat.

 

Baca Artikel yang Lain Klik Disni !

 

3 Comments

  1. Angge Dhevi W February 12, 2018
  2. nicho May 7, 2018

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.