Keindahan Nuansa Wisata Alam Kandung Tulungagung

Assalamualaikum. Wr. Wb sahabat hamparan. Kali ini kalian akan aku ajak untuk menelusuri salah satu destinasi wisata alam yang ada di Tulungagung. Sempat salah satu media televisi swasta datang san mengadakan salah satu acaranya disana. Simak terus ya guys !.

wisata. tulungagung
instadoor.online

Wisata Tulungagung

Tulungagung adalah salah satu kota yang berada di provinsi Jawa Timur. Berada di sekitar pesisir banyak sekali objek wisata yang dapat ditemukan, mulai dari pantai, telaga, bukit, air terjun, dan masih banyak lagi yang lainya. Tidak hanya itu saja Tulungagung juga punya banyak tempat pariwasata edukasi.

Salah satu yang sangat menarik seperti yang baru saja di resmikan adalah Kampung susu dinasty dan ada juga tempat pengenalan tentang pertanian, karena banyaknya tempat pariwisata di Tulungagung. Tapi karena banyaknya tempat wisata tersebut terkadang banyak tempat-tempat yang kurang terawat terutama destinasi alamnya.

Berita bagusnya karena pemerintahan Tulungagung mulai menyadari bahwa sektor pariwisata adalah salah satu penyumbang besar dalam APBD, Sekarang hampir semua tempat pariwisata mendapat suntikan dana dari pemerintah untuk pemperbaikan fasilitas.

Mulai dari infrastruktur, akomodasi, fasilitas, transprtasi, dan masih banyak lagi yang lainya. Karena itu Tulungagung siap bersaing dalam bidang kepariwisataan untuk mendukung salah satu program yang mengkampanyekan kepariwisataan indonesia yaitu Wonderfull Indonesia.

Kembali ke topik kali ini aku akan membahas salah satu destinasi yang sekarang benyak pelancong yang mengunjungi kesana. Tempat ini adalah salah satu wisata alam yang lagi ngehits di kalangan muda maupun tua.

Yaitu Alam Kandung.

Alam Kandung

wisata, tulungagung
Wisata Alam Kandung

Air Terjun Alam Kandung adalah salah satu objek wisata alam yang banyak diminati oleh para pengunjung karena banyak alasan. Salah satunya karena akses menuju ke objek tersebut sangatlah mudah, pembiayaan juga tidaklah mahal sebab hanya membayar parkir.

Ditempat tersebut sering mengadakan event seperti acara kesenian daerah layaknya Reog Kendang khas Tulungagung, Jaranan, dan masih banyak lagi yang lainya. Karena tempat yang sangat adem ayem tak jarang juga mendapat perhatian khusus para penggiat event musik. Terkadang banyak yang mengadakan festival band bahkan beberapa kali menjadi tempat konser.

Karena tempatnya yang sangat nyaman banyak pengunjung yang datang dari Tulungagung sendiri maupun luar kota. Bahkan juga ada banyak wisatawan mancanegara yang mampir untuk meikmati keindahan air terjun tersebut.

beberapa waktu yang lali pernah ada shooting realitishow dari salah satu televisi swasta yang bernama My Trip My Advanture karena keindahanya yang sangat memukau. Dalam beberapa bagian film tersebut menunjukan bahwa mereka sangat menikmati tempat dan suasana air terjun yang sangat menyejukan.

Letak dan Posisi

Jarak yang ditempuh dari pusat kota menuju air terjun tersebut sekitar 29 Km. Akses jalan yang ditempuh bukanlah jalan yang sulit bahkan jalan tersebut adalah jalan antar provinsi jadi jangan khawatir untuk berkunjung kesana. Karena posisi objek tersebut berada di daerah hampir ujung timur Tulungagung, tak jarang juga banyak masyarakat Kota Blitar dan sekitarnya yang berkunjung kesana.

Pengalaman Berkunjung

wisata
busjunction.com

Pengalamanku berkunjung pertama kali adalah saat aku masih berada dalam pesantren. Saat itu keadaan pesantren baru saja libur dan para santri banyak yang keluar sendiri-sendiri. Awalnya sih kami para santri yang tidak keluar berkumpul sambil menikmati kopi dan bercanda tawa khas santri.

Pertama kami membahas tentang salah satu objek wisata yaitu Ranugumbolo.

Salah satu objek wisata yang kekinian yang di gosipkan sebagai salah satu

aku tidak terlalu minat karena banyak temanku yang memaksa akhirnya kami pun yang pada saat itu tidak bersiap sama sekali segera bersiap untuk berangakat.

jam menunjukan sekitar 9 pagi akhirnya kami berangkat langsung menuju Alam Kandung. Kami berkendara santai menuju kesana, dan kami pikir bahwa hari itu mungkin disana sedang sepi. Perjalanan menuju kesana dengan tujuan tafakur mengagumi keagungan tuhan, sepanjang perjalanan melewati sawah yang menyegarkan mata.

Hampir satu jam perjalanan kami tanpa sadar sudah hampir sampai, karena saking menikmati perjalanan melewati pematang sawah dan jembatan kami mulai masuk kedalam suasana desa lagi. Semakin lama semakin rindang pepohonanya.

Tapi semua ekspektasi awal kami berubah dengan semua realita yang ada karena ada satu hal yang kami lupakan!.

Maceeeeet !!!

ayobandung.com

Kelalaian yang fatal karena kami lupa hari ini adalah tahun baru masehi, dari 1 Km sebelum objek wisata dipenuhi dengan mobil dan motor, suasana panas sampai hingga ubun-ubun. Para warga sekitar pun membantu mengkondisikan suasa yang semakin lama semakin panas ini.

Karena banyak motor dan mobil pribadi yang tidak tahu keadaan yang di depan mereka sering membunyikan klakson hingga para pengemudi lain terganggu. Akibatnya para mobil dan motor yang membunyikan klakson langsung ditegur oleh warga sekitar yang mengatur lalu lintas.

Suasana yang semakin tidak kondusif akhirnya aku dan teman-temanku menuju sebuah warung kecil di pinggir jalan. Istirahat sebentar sembari menunggu matahai sedikit tergelincir dari tahtanya dan menunggu sedikit sepinya pengunjung.

Setelah menunggu hingga satu jam, kami di arahkan oleh masyarakat sekitar untuk memotong jalan. Sebab katanya kalau memotong jalan tidak akan membayar biaya masuk dan motor di titipkan dirumah warga sekitar.

Akhirnya perjalanan dimulai kembali. Melewati pohon-pohon bambu dan menyebrangi sungai kecil, karena jalan memotong keadaan jalan juga ala kadarnya, karena saat itu adalah musim penghujan jadi keadaan jalan berlumpur dan lumayan menantang untuk di lewati

Perjalan yang di Tunggu akhirnya

Santri Keren

Sekian lama menunggu akhirnya bisa menikmati keindahan Alam Kandung, keinganya langsung menuju ke air terjun langsung. Tapi ternyata setelah kami sedikit menaiki jalan menuju air terjun ternyata ada acara reog dan tari-tari lainya. Kami menikmati bahkan ikut bergabung menari bersama.

Aku kira hanya air terjun biasa saja ternyata setelah aku menulusuri secara mendalam ternyata sudah di bangun area outbon. Mulai dari flyingfox dan masih banyak lagi yang lainya.

Banyak orang sangat menikmati fasilitas ini, di dalam arena juga di bangun banyak kamar mandi, tempat beribadah, dan taman bermain kecil. dari yang aku lihat semua pengunjung merasa senang dan melupakan proses menuju kesana tadi dengan berpanas-panasan dan bahkan mengantri panjang.

Setelah mengikuti acara tadi aku dan teman-teman yang lain langsung menuju atas air terjun untuk mencari tempat untuk menyegarkan badan. Berjalan selama 20 menit sambil berfoto ria akhirnya kami menemukan tempat yang asik untuk menyegarkan badang. Tepat di atas air terjun langsung.

Tanpa berfikir panjang aku dan teman-teman langsung menghempaskan diri kedalam air yang mengalir cukup deras, rasa segar tak terbendungkan, kami berlama-lama dan menikmati suasana yang dingin yang menghilangkan semua panas yang ditampung tubuh ketika menuju tempat tersebut.

Sekian dari cerita singkat dariku terima kasih sudah menyimak.

Wassalamualaikum. Wr. Wb.

 

 

Jangan lupa baca yang lainya ya! :

Pencak Silat Sebagai Budaya Indonesia

Praktek Kerja Indutri

Seleksi Program Pertukaran Pelajar Bina Antarbudaya

Pemburu Keindahan Pantai Pacar yang Tersembunyi

Petualangan Santri Bertafakur Empat Kota Jawa Timur

Perjalanan Penuh Cerita Menuju Gunung Bromo

Hari raya Kurban Mengesankan di Pesantren

 

2 thoughts on “Keindahan Nuansa Wisata Alam Kandung Tulungagung

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.