pecel blitar, makanan khas blitar

Oleh-oleh dan makanan Khas Blitar yang Dijamin Menggoyang Lidah !

Makanan Khas Blitar –  Siapa sih yang tidak mengenal Kota Blitar ? Kota dimana yang Proklamator diperistirahatkan ini. Karena banyak kekayaan ragam dan budaya kota ini juga menawarkan kekayaan makanan khas yang sangat banyak.

Eeeeh sebelum itu pernah gak sih kalian ke Kota Blitar ? Sudah apa belum ? Sudah pernah berwisata kuliner apa saja disana ? Apa jangan-jangan belum pernah nyobain makanan khas Blitar.

Sedikit info buat para sahabat Hamparan. Kali ini aku akan membahas tentang seluk beluk wisata kuliner yang berada di Kota Blitar mulai dari makanan, minuman, dan bahkan cemilan khasnya juga.

Berbagi informasi biar nanti ketika datang ke kota ini tidak bingung mencari makanan khasnya. Simak terus ya !

Makanan Khas Blitar – Pecel

pecel blitar, makanan khas blitar

Siapa sih yang tidak mengenal nasi pecel?. Pasti semua orang kenal dengan santapan yang biasanya di makan ketikan sarapan pagi ini. Nah sekarang ada salah satu nasi pecel khas yang berada di Kota Blitar ini.

Mungkin setiap kota memiliki ciri khas dalam hidangan ini tak terkecuali juga Blitar kota patria ini, Bumbu yang khas dengan sedikit berminyak di atas sambal kacang yang berasa legit manis sedikit pesdas ini sangat menggoda untuk segera di rasakan.

Buat kamu yang ingin mencobanya silahkan datang saja ketika ke kota ini untuk menyantap pecel khas Blitar ini. Langsung rekomendasikan menuju Warung Pecel Mbok Bari.

Warung ini sudah sangat terkenal di Kota Blitar bahkan konon katanya warung nasi pecel ini sudah berdiri dari tahun 1940.

Letak Warung Pecel Mbok Bari

warung ini terletak 2,8 Km dari pusat kota dan juga hanya ditempuh dengan waktu yang singkat sekitar 7 menit.

Karena mungkin kekhasanya banyak orang yang ketika datang ke kota ini langsung menuju warung tersebut untuk menikmati makanan yang khas yang bahkan bapak proklamator kita senang datang kesini juga untuk menyantap nasi pecel ini.

Soto Khas Blitar

makanan khas blitar, soto
internasional.kompas.com

Soto adalah makanan yang sangat identik dengan indonesia, dan hampir semua daerah memiki makanan khas ini. Tak terkecuali Blitar, makanan khas Blitar yang satu ini adalah makanan yang banyak orang idam-idamkan.

Di kota proklamator ini ada beberapa warung soto yang sangat terkenal salah satunya warung soto bok ireng. Jadi bagi kalian yang datang kesini jangan sampai melewatkan salah satu destinasi kuliner kota blitar ini.

Kepopuleran dari warung soto bok ireng ini sudah tidak diragukan lagi. karena ada beberapa kekhasan dari soto ini seperti dagingnya yang berwarna hitam dan juga kuah soto yang spesial berbumbu rempah-rempah yang sangat khas yang sangat membuat air liur serasa ingin terjun bebas ketika masih mencium aroma soto ini.

Tempat Posisi Soto

Soto ini terletak tidak begitu jauh dari Kota Blitar bisa ditempuh dengan berjalan dan juga bisa ditempuh dengan transportasi lain. Karena warung ini sangat ramai tak jarang banyak orang yang menunggu diluar warung sebab warung soto ini sangatlah kecil.

Dari kejauhan keramaian warung sudah terlihat, karena ke kekhasan warung ini sudah lama dan bahkan penjualnya juga sudah terlihat begitu sepuh tapi disitulah keunikanya.

Makanan Khas Blitar – Nasi Ampok

makanan khas blitar, nasi ampok
tokomesin.com

Waaaaah ! Ini adalah yang aku tunggu-tunggu salah satu makanan khas Blitar yang menjadi favorit semua kalangan yaitu nasi ampok. Mesti banyak orang yang jarang mengetahui makanan ini.

Nasi ampok adalah nasi yang terbuat dari jagung yang di slep halus dan di kukus. Makanan khas ini sangatlah digemari dari dulu hingga sekarang.

Dulu awal mula nasi ampok ini ada karena harga beras yang mahal tapi berlimpahnya jagung pada masa itu tercetuslah sebuah gagasan untuk membuat sebuah makanan pokok pengganti beras yaitu nasi yang terbuat dari jagung ini.

Pelengkap yang biasanya digunakan untuk menu ini adalah ikan asin, sayur rebus, dan juga sayur lodeh pedas serta masih banyak lagi lauk yang disajikan. Karena cita rasa yang sangat enak inilah banyak orang yang sangat menyukainya bahkan semua kalangan dari muda hingga tua dari yang kaya hingga yang biasa-biasa saja.

lokasi Warung Nasi Ampok

Untuk tempat membeli santapan ini tidaklah sulit dicari berjarak 3 Km dari alun-alun kota. Makanan yang simpel enak dan khas jangan sampai nggak mampir ya guys! ketika datang ke Kota Blitar.

Makanan Khas Blitar – Nasi Uceng

nasi uceng, makanan khas blitar
pinterest.se

Kali ini tak kalah uniknya makanan khas Blitar yang satu ini adalah nasi uceng, dan juga uceng goreng. Pasti banyak yang tanya apa sih uceng itu ? Jadi uceng adalah sejenis ikan yang habitat hidupnya di air tawar yang biasanya hidup disungai dan menggerombol.

Tetapi sekarang ikan uceng sudah mulai di budidayakan karena banyaknya peminat dari ikan ini.

Rasanya yang gurih dan sangat sedap ditemani dengan nasi hangat lalapan dan sambal terasi yang pedas. Waaaah pasti bikin yang ngliat saja sudah menahan air liur yang akan jatuh.

Karena rasanya yang khas banyak peminat yang dari luar kota yang sering datang untuk hanya ingin menyantap hidangan ini.

Tak ayal makanan yang satu ini bahkan sekarang melebarkan sayapnya ke kota-kota sebelah Blitar untuk menunjukan betapa enaknya ikan khas blitar ini.

Jadi makanan ini sangat aku rekomendasikan kepada teman-teman yang sedang berlibur ke kota patria ini.

Beras Cerdas

beras cerdas, makanan khas blitar
tokopedia.com

Beras cerdas adalah beras buatan untuk pengganti beras pada umumnya. Pebisnis muda dari Blitar ini menjadikan beras ini sebagai beras yang bernilai gizi tinggi. Karena banyak kandungan yang terdapat didalamnya.

Sebab pembuatanya dari berbagai campuran vitamin, susu, ektrak sayura, dan masih banyak yang lain jadi banyak manfaat yang dikandung. Karena manfaatnya ini beras cerdas banyak dijual di toko-toko oleh-oleh.

Para pelancong yang mencari beras ini biasanya karena tau bahwa selain enak beras ini juga bisa digunakan untuk makanan balita dan yang lebih mengagumkan lagi adalah beras ini bisa menekan gula darah dalam tubuh.

Jadi salah satu makanan yang menyehatkan khas Blitar ini sangatlah recomended untuk kebutuhan sehari-hari.

Getti Blitar

geti, makanan khas blitar
tulungagungtoursm.com

Oleh-oleh yang tak kalah enak dari makanan khas blitar yang lainya adalah geti. Banyak orang yang bingung tentang penyebutan nama makanan ini karena beberapa daerah juga belum mengetahuinya.

Geti adalah kudapan olahan dari kacang, gula merah, dan biji wijen. Karena geti terbuat dari kacang-kacangan dan gula merah terbukti bahwa gizi yang ada dalam geti cukup tinggi.

Rasa yang di tawarkan juga unik karena kelegitan dari gula merah yang di cairkan dan juga kerenyahan dari kacang serta campuran biji wijen membuat makanan ini sangat banyak peminatnya.

Karena makanan ini rendah kalori jadi bagus untuk para remaja atau orang tua yang sedang melaksanakan program diet.

Selain itu juga biasanya masyarakat menjadikan geti sebagai makanan atau hidangan yang disediakan untuk tamu pada saat lebaran maupun pernikahan.

Dari fakta tersebut membuat banyak wisatawan yang datang ke kota ini untuk mencari oleh-oleh ini. Hampir disetiap toko oleh-oleh menyediakan kudapan lezat ini.

Es Drop Blitar

es drop, makanan khas blitar
feryarifian.blogspot.com

Selain kuliner diatas tadi Blitar tidak hanyamenyimpan makan khas saja tapi juga mentyimpan minuman yang sangat menggoda selera. Salah satunya adalah es drop.

es ini berbentuk kotak persegi panjang biasanya memiliki beberpa rasa.

Dibuat dari santan kelapa muda yang di campuri dengan perasa dan dicetak kemudian di bekukan. Es drop ini sangatlah disukai oleh para anak muda karena harganya yang murah dan rasanya yang sangat membuat ketagihan.

Wajik Kletik Cemilan Khas Blitar

wajik kletik, makanan khas blitar
menjualkerupuk.com

Kalau dilihat sekilas dari namanya mungkin masih kurang begitu tau kalau ada makanan yang bernamka seperti itu. Tapi ternyata kue wajik kletik ini adalah makanan primadona yang sudah mengudara dari zaman dulu.

Kue yang berbahan dasar dari beras ketan, gula kelapa, dan santan murni sebagai campuran, menunjukan bahwa betapa kaya rasanya cemilan ini. Cocok untuk oleh-oleh keluarga dan teman.

Baca Juga Makanan Khas Kediri yang Dijamin Bikin Lidah Kamu Bergoyang Tidak Mau Berhenti

Es Pleret Blitar

es pleret, makanan khas blitar
agrowindo.com

Waaaah ! Minuman segar. Selain es drop ternyata di blitar juga terdapat minuman khas yang lainya dan tak kalah segar. Es ini bernama es pleret. Es yang sangat cocok dikonsumsi ketika siang hari yang terik, menghilangkan dahaga dan membasahi tenggorokan yang kering.

Pasti gak kebayang betapa nikmatnya es ini, pada dasarnya pembuatan pleret atau isian yang berbentuk bulat itu menggunakan tepung beras jadi tanpa diberi pemanis menjadikan rasa yang disajikan menjadi hambar.

Tapi tenang dalam es ini masih banyak pelengkap yang lain yang menunjang rasa dari pleret itu sendiri.

Sekian info yang bisa diberikan semoga bermanfaat dan bisa membantuk kalian agar tidak kebingungan ketik ingin berwisata kuliner di Kota Blitar. Sekalian juga bila belum ada rencana siapa tau setelah membaca artikel ini bisa memotivasi agar mengunjungi kota bersejarah kental ini.

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.