4
7

5 Kerajinan dari Kain Perca yang Mudah (Peluang Usaha Menggiurkan)

Masyarakat modern semakin terbuka wawasannya akan efek dari sampah yang menggunung. Maka dari itu, kerajinan dari limbah seperti kerajinan dari botol bekas dan kerajinan dari kain perca banyak diminati sekarang ini.

Limbah kain perca merupakan bahan yang mudah dikreasikan. Contoh kerajinan kain perca yang sederhana adalah keset.

Ternyata keset bukan satu-satunya produk kerajinan kain perca, lho. Mau tahu kerajinan dari kain perca apa saja yang mudah dan menguntungkan? Simak ulasan beserta gambarnya berikut ini.

1. Kerajinan dari Kain Perca – Kerajinan Keset

Quote:

Mendayagunakan limbah dan mengubahnya menjadi suatu hal yang bermanfaat merupakan cara cerdas untuk mengatasi krisis kebersihan yang terjadi di lingkungan, sekaligus membuka peluang lapangan kerja yang baru.

Kerajinan keset dan kerajinan dari kardus seperti tempat tisu dan tempat dokumen merupakan contoh hasil kerajinan yang dapat mengurangi jumlah sampah dan tentunya bisa dijual.

Selain itu, keset juga merupakan kerajinan tangan yang mudah dibuat. Bahkan, keset yang tampak seperti pada gambar kerajinan tangan di atas dibuat tanpa mesin jahit, lho.

Untuk membuat keset ini, Anda hanya perlu menyiapkan gunting, kain perca, dan kawat kasa atau jaring rajut sebagai alasnya.

Kawat kasa dapat ditemukan di toko bahan bangunan sedangkan jaring rajut ada di toko kerajinan tangan. Namun, apabila Anda menemui kesulitan untuk membelinya, kedua bahan tersebut juga dijual secara daring.

Setelah semua alat dan bahan siap, Anda dapat mulai menggunting kain perca ke bentuk potongan yang lebih kecil tetapi memanjang. Kemudian, ikat kain perca pada kawat kasa atau jaring rajut hingga seluruh permukaan kawat atau jaring tertutup sempurna.

Akhirnya, keset yang terbuat dari kain perca tanpa dijahit pun siap digunakan. Anda pun dapat memproduksinya dalam jumlah yang banyak agar dapat dijual. Padukan berbagai macam warna kain perca dalam satu keset agar lebih menarik. Mudah, bukan?

2. Tas Kain – Kerajinan dari Kain Perca

kerajinan dari kain perca tas

masfikr.com

Tas kain perca yang dijual di pasaran pada umumnya terbuat dari perca kain batik. Namun, bukan berarti Anda tidak diperkenankan untuk mengkreasikan tas dengan bahan kain perca dan model yang lain.

Untuk membuat tas sederhana namun unik dari kain perca, Anda membutuhkan:

  • Kain perca
  • Ritsleting
  • Mesin jahit
  • Kain polos untuk furing pada bagian dalamnya

Cara pembuatanya:

  1. Potong kain perca dengan ukuran 50x50cm sebanyak dua buah. Siapkan juga kain perca berukuran 5x50cm.
  2. Jahit kain perca tersebut dengan yang berukuran 5x50cm sebagai bagian bawah tas.
  3. Jahit kain polos sebagai furing pada bagian dalam tas.
  4. Pasang ritsleting pada bagian atas tas sebagai penutup.
  5. Buat selempang atau tali pada tas dengan cara menjahit kain atau tali berukuran 100x5cm pada sisi kanan dan kiri tas.

Nah, sekarang Anda telah mendapatkan sebuat tas sederhana dan polos yang terbuat dari kain perca. Jika Anda menginginkan tas menjadi lebih menarik lagi, kreasikan ornamen yang disuka.

Anda dapat menambahkan kancing pada bagian depan tas membentuk pola yang disuka. Atau Anda juga dapat menggunakan kain perca lainnya dan mengguntingnya dengan pola sisik ikan, kemudian menjahitnya pada bagian depan tas.

Anda juga dapat membuat kerajinan dari kulit jagung sedemikian rupa sehingga membentuk bunga, lalu menempelkannya pada bagian depan tas.

Tip:

Gunakan pola dan warna kain perca yang berbeda untuk menutupi bagian depan tas yang polos agar lebih indah dan menarik.

3. Taplak Meja Perca – Kerajinan dari Kain Perca

Cuma Bermodal Kain Perca, 10 Kreasi Ini Bikin Kamar Kos Makin Kece!, cara membuat alas meja dari kain perca

Idntimes.com

Jika Anda memiliki kain perca dengan berbagai motif dan warna dalam jumlah yang cukup banyak, cobalah untuk mengkreasikan kain perca tersebut untuk menjadi sebuah taplak meja yang cantik ini.

Taplak meja ini cantik dan unik dengan paduan berbagai macam motif dan warna yang disusun secara zig-zag sehingga membentuk pola yang tidak biasa, dan pastinya menghiasi meja di rumah Anda dengan sempurna.

Teknik pembuatan taplak meja ini menggunakan mesin jahit. Anda juga dapat menjahitnya secara manual, tetapi cara tersebut akan memakan lebih banyak waktu.

Hal yang pertama Anda lakukan adalah mengumpulkan kain perca yang ada, lalu potong semua kain perca tersebut dengan ukuran yang sama sehingga membentuk persegi.

Kemudian, tata kain perca tersebut dengan pola 2-4-5-5-4-2. Maksudnya adalah tata 2 kain perca pada bagian atas, kemudian 4 kain perca pada baris selanjutnya, 5 kain perca pada baris ketiga, keempat, dan seterusnya, lalu 4 dan 2 kain perca lagi pada ujung lainnya.

Setelah Anda mendapatkan pola taplak meja yang sesuai, kini saatnya menjahitnya dengan mesin jahit. Pastikan warna yang sama tidak bersebelahan agar taplak meja terlihat lebih beragam dan menarik.

Untuk menimbulkan kesan lebih berisi, Anda dapat menambahkan kain putih polos untuk bagian belakangnya dan cotton batting pada bagian tengahnya. Rekatkan dengan jarum untuk sementara agar Anda dapat menggunting pola yang sama dengan taplak yang zig-zag.

Setelah mendapatkan pola yang diinginkan, jahit pinggiran taplak agar kain perca, cotton batting, dan lapisan belakang menyatu dengan sempurna.

4. Kerajinan dari Kain Perca: Selimut Perca

selimut dari kain perca

https://www.ngopibareng.id/

Bosan dengan motif selimut yang itu-itu saja? Kini saatnya Anda membuat sendiri selimut menarik yang merupakan kerajinan dari kain perca.

Cara membuat selimut ini hampir sama dengan cara pembuatan taplak meja, yaitu menggunakan teknik quilting.

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menyatukan potongan-potongan kain perca yang berupa persegi dengan menggunakan mesin jahit.

Jika biasanya Anda menyembunyikan bagian jahitan yang kurang rapi pada bagian belakang, kali ini akan berbeda. Jahitan yang kurang rapi dibiarkan tampak pada bagian depan untuk menimbulkan kesan berbeda.

Setelah itu, lakukan hal yang sama seperti ketika membuat taplak meja, yaitu menambahkan kain dasar sebagai alas dan bagian belakang selimut, quilting vinyl, dan letakkan kain perca tadi di atas quilting vinyl.

Satukan ketiga lapisan tersebut dengan menjahitnya. Jahit juga setiap potongan kain perca sehingga membentuk motif jahitan yang menyerupai huruf X.

Apabila tidak dapat menemulan quilting vinyl, Anda dapat menggantinya dengan kain flanel karena kedua kain tersebut memiliki tekstur yang hampir sama.

5. Kerajinan dari Kain Perca: Bantal Kain

Bantal duduk yang terdapat pada sofa akan memberikan rasa nyaman ketika Anda sedang bersantai. Akan lebih menarik lagi jika bantal tersebut merupakan hasil kerajinan dari kain perca yang cantik dan pastinya murah.

Yang perlu Anda lakukan hanya menggunting kain perca sesuai dengan motif yang diinginkan. Kemudian, jahit kain perca tersebut beserta alasnya.

Biarkan bagian atasnya terbuka karena Anda akan menggunakannya untuk menambahkan bahan isian seperti potongan kain perca kecil atau kapas. Setelah bantal dirasa sudah cukup empuk dan terisi, jahit bagian atasnya untuk menutup bantal.

Jika membicarakan tentang kreasi kerajinan dari kain perca memang tidak ada habisnya karena kain sisa ini sangat cantik dengan berbagai motif dan warna. Apabila disatukan, kain perca tersebut akan dapat membuat barang baru yang lebih bermanfaat.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

    error

    Enjoy this blog? Please spread the word :)