4
75

 5 Kerajinan dari Batok Kelapa Berdaya Jual Tinggi (bisa Menjadi Inspirasi Bisnis Anda)

Kelapa dikenal sebagai tanaman serbaguna. Mulai dari akar, buah, hingga daun dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Begitu juga batok kelapa yang dapat digunakan sebagai bahan kerajinan dari batok kelapa yang memiliki daya jual tinggi.

Kerajinan dari batok kelapa yang bisa dijual ada beraneka ragam. Ada yang memiliki nilai fungsi bagi kehidupan sehari-hari, seperti celengan dan cangkir. Ada juga yang cantik sebagai aksesori seperti kerajinan kalung.

Yuk, intip teknik pembuatan kerajinan tangan dari batok kelapa!

1. Kerajinan dari Batok Kelapa: Lampu Hias dari Batok Kelapa

Seperti halnya dengan kerajinan dari kardus, kerajinan dari batok kelapa juga dapat menghasilkan lampu hias yang mudah dibuat serta cantik, dan pastinya memiliki daya jual yang tinggi.

Lampu hias seperti ini akan mempercantik tampilan ruang tamu Anda. Anda juga dapat menggunakannya sebagai lampu tidur di kamar karena cahayanya yang tidak terlalu terang ditambah dengan pola yang dihasilkan lampu tersebut pada dinding.

Berikut adalah bahan-bahan yang harus Anda persiapkan terlebih dahulu sebelum membuat lampu hias ini.

  • Batok kelapa
  • Amplas
  • Kawat besi
  • Bor listrik
  • Cat pernis

Cara membuat:

  1. Amplas permukaan batok kelapa hingga halus.
  2. Gambar terlebih dahulu pola yang diinginkan, lalu bentuk pola tersebut dengan menggunakan pisau.
  3. Lubangi bagian bawah batok kelapa sebagai tempat lampu.
  4. Buat dudukan yang akan digunakan oleh batok kelapa. Dudukan ini bisa terbuat dari batok kelapa juga atau kayu. Bentuknya pun sesuai dengan keinginan Anda.
  5. Rekatkan batok dan dudukannya dengan menggunakan kawat.
  6. Lapisi batok dengan menggunakan pernis agar tampak mengkilap, tetapi tetap menunjukkan warna dan bentuk asli dari batok kelapa tersebut.

Tip:

Jika ingin menggantung lampu hias tersebut, Anda dapat menggunakan tali dan melilitkannya pada batok kelapa dengan membentuk pola yang unik dan menarik.

2. Kerajinan dari Batok Kelapa: Batok sebagai Cangkir

Quote:

Menampilkan budaya modern yang berbalut dengan kearifan lokal yang sederhana, akan menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung atau wisatawan baik domestik maupun asing.

Usaha kuliner di Indonesia kini semakin berkembang. Para pengusaha kuliner tersebut pun berlomba-lomba untuk menarik lebih banyak pengunjung dengan berbagai cara, mulai dari menampilkan konsep yang tidak biasa hingga cita rasa masakan yang unik.

Selain mendekorasi ruangan dengan menarik, peralatan makan yang digunakan untuk menjamu para tamu juga mereka perhatikan.

Menggunakan peralatan makan yang berasal dari bahan alami seperti cangkir dan mangkuk dari batok kelapa akan menambah nuansa tradisional yang eksentrik.

Bantul merupakan gudangnya kerajinan tangan dari batok kelapa jogja. Salah satu kerajinan tangan yang terkenal adalah mangkuk dari batok kelapa yang biasa digunakan untuk menyajikan soto batok.

Kerajinan lainnya yang tidak kalah cantik dari mangkuk batok kelapa adalah cangkir batok kelapa. Cara pembuatanya pun cukup mudah.

Anda hanya perlu mempersiapkan batok kelapa dan kayu sebagai gagangnya. Kemudian, belah batok kelapa utuh menjadi dua Pastikan ukuran belahannya tidak sama besar. Yang satu harus sedikit lebih besar dari yang lain.

Amplas batok kelapa hingga halus. Buat kaki sebagai tatakannya dari sisa batok kelapa tadi. Lem tatakan dan gagang pada batok kelapa. Lapisi cangkir dengan mineral oil agar lebih menarik. Anda juga dapat melukis bagian luar cangkir bila diperlukan.

3. Kerajinan dari Batok Kelapa: Celengan Lucu Batok Kelapa

Membiasakan anak-anak untuk menabung sejak kecil akan menumbuhkan kebiasaan baik. Anak-anak Anda akan jadi terbiasa hidup hemat dan menyisihkan sebagian uangnya untuk keperluan di masa yang akan datang.

Agar anak-anak menjadi lebih semangat untuk rajin menabung, Anda dapat membelikannya celengan unik seperti celengan dengan gambar tokoh kartun kesukaan mereka atau sebuah celengan dari batok kelapa seperti ini.

Celengan dari batok kelapa berbentuk kura-kura ini sangat unik. Ukurannya yang kecil sangat cocok untuk menampung uang yang disisihkan oleh anak-anak Anda.

Ternyata, cara pembuatannya cukup mudah, lho. Anda pun dapat membuatnya sendiri untuk putra-putri Anda. Jika membuatnya lebih banyak, bukan tidak mungkin Anda dapat menjualnya dan meraup keuntungan.

Untuk membuat celengan ini, Anda perlu menyiapkan bahan-bahan berikut ini.

  • Batok kelapa
  • Amplas kasar dan halus
  • Gergaji
  • Pisau
  • Lem

Cara membuat:

1. Haluskan seluruh permukaan batok kelapa dengan menggunakan amplas kasar.

2. Setelah halus, gergaji bagian tengah batok hingga terbelah.

3. Bersihkan dan haluskan bagian dalam batok kelapa.

4. Buat lubang kecil yang sekiranya cukup untuk memasukkan uang ke dalam celengan.

5. Haluskan lubang tersebut dengan menggunakan amplas.

6. Buatlah tatakan celengan yang berbentuk seperti kaki dan kepala kura-kura.

7. Satukan batok kelapa dan tatakannya dengan menggunakan lem.

8. Cat batok kelapa atau lapisi dengan pernis agar lebih menarik.

4. Kerajinan dari Batok Kelapa: Gantungan Kunci Berbahan Batok

aksesoris dari batok kelapa

warungkopi.okezone.com

Ketika menyelenggarakan pesta pernikahan, tidak lengkap rasanya jika tidak memberikan suvenir cantik sebagai buah tangan kepada para tamu undangan. Suvenir yang diberikan kepada tamu undangan biasanya adalah kerajinan yang bermanfaat.

Contoh kerajinan yang sering dijadikan suvenir pernikahan adalah kerajinan dari sabun dan kerajinan dari batok kelapa.

Contoh kerajinan dari batok kelapa yang mudah untuk dibuat dan cocok sebagai suvenir pernikahan adalah gantungan kunci. Meskipun sederhana, gantungan kunci ini unik dan bermanfaat. Bahkan, gantungan kunci ini banyak dijual di tempat wisata sebagai oleh-oleh.

Sebenarnya, cara pembuatan gantungan kunci dari batok kelapa sangat mudah. Yang perlu dilakukan adalah memotong batok kelapa yang telah kering ke bentuk potongan yang lebih kecil untuk memudahkan Anda membuat polanya.

Gambar pola yang Anda inginkan pada potongan batok kelapa tersebut. Pola itu bisa saja bentuk daun, bunga, kuda laut, telapak tangan, atau tulang ikan. Kemudian, potong pola tersebut secara hati-hati dengan menggunakan pisau.

Jika sudah mendapatkan pola yang diinginkan, bor bagian atas pola sebagai tempat gantungan kunci. Setelah itu, amplas seluruh permukaan batok kelapa yang sudah dibentuk tadi agar menjadi halus.

Setelah batok tersebut sudah halus, Anda dapat mengaplikasikan warna kesukaan atau cat pelitur. Sentuhan terakhir, pasang gantungan kunci besi pada lubang kecil yang sudah dibor tadi.

5. Kerajinan dari Batok Kelapa: Batok untuk Kalung

kerajinan kalung dari batok kelapa

kompasiana.com

Kebutuhan masyarakat Indonesia dan para turis asing akan aksesori yang unik dan eksotis sebagai pelengkap busana merupakan peluang bisnis bagi para pengrajin batok kelapa. Kini aksesori batok kelapa pun semakin diminati masyarakat.

Permintaan cincin dan kalung dari batok kelapa yang semakin tinggi membuat para pengrajin aksesori batok kelapa meraup keuntungan hingga jutaan rupiah per bulan.

Anda pun dapat mencoba peluang usaha ini. Meski tak semudah membuat kerajinan dari kain flanel, Anda tetap bisa mengkreasikan bahan batok kelapa ini.

Dengan bermodalkan batok kelapa yang telah dipotong, diukir, diamplas, dan dipadukan dengan sedikit kreativitas, Anda akan dapat mengikuti jejak sukses para pengusaha kerajinan batok kelapa.

Nah, kini Anda sudah mengetahui beberapa gambar kerajinan tangan dari batok kelapa. Kerajinan dari batok kelapa memang semakin diminati masyarakat. Tentunya hal ini membuka peluang usaha di tengah menipisnya lapangan pekerjaan.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

    error

    Enjoy this blog? Please spread the word :)