1071

5 Macam Kerajinan Bahan Lunak yang Menginspirasi (Inspirasi Bisnis)

Di era yang serba digital ini, banyak cara yang dapat dilakukan untuk menambah penghasilan dari rumah. Salah satunya adalah dengan membuat kerajinan tangan seperti kerajinan dari kardus dan kerajinan bahan lunak.

Anda pun dapat memulai usaha membuat kerajinan dari bahan lunak karena bahan-bahannya mudah didapat, relatif murah, dan memiliki nilai jual yang tinggi. Berikut adalah beberapa contoh kerajinan dari bahan lunak yang dapat menambah penghasilan Anda.

Table of Contents

Kerajinan Bahan Lunak dari Bahan Tanah Liat

kerajinan keramik dari bahan lunak

detik.com

Tentu Anda sering menjumpai pot dan vas bunga keramik yang memiliki bentuk, corak, dan warna yang beraneka ragam. Ukurannya pun berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan Anda.

Vas dan pot bunga keramik merupakan contoh kerajinan bahan lunak alami karena terbuat dari tanah liat. Cara membuat kerajinan dari bahan alami ini pun mudah dan sederhana, yaitu sebagai berikut.

  • Siapkan alat dan bahan yang diperlukan, yaitu tanah liat, minyak goreng sebagai pelumas, cat, triplekss sebagai alas, dan amplas halus.
  • Ambil tanah liat sesuai dengan kebutuhan Anda, lalu lenturkan pada sebuah tripleks sehingga mudah untuk dibentuk.
  • Lumuri tanah liat tersebut dengan minyak goreng agar tidak lengket, lalu bentuk bagian bawahnya.
  • Setelah bagian bawahnya terbentuk, Anda dapat mulai membentuk bagian atasnya.
  • Sesekali, lumuri tangan dengan minyak goreng agar tidak lengket dan tanah liat mudah dibentuk.
  • Setelah mendapatkan bentuk yang diinginkan, jemur vas tersebut selama 1–2 hari. Hal ini dilakukan agar permukaan vas tidak pecah-pecah.
  • Bakar vas tersebut agar tidak kering dan tidak meleleh kembali.
  • Haluskan permukaan vas dengan menggunakan amplas.
  • Setelah permukaan vas menjadi halus, Anda dapat mengecatnya sesuai dengan keinginan.

Kerajinan Bahan Lunak dari Lilin

kerajinan bahan lunak alam

kompasiana.com

Pada zaman dahulu, lilin hanya digunakan sebagai penerang ketika hari mulai gelap. Namun pada era sekarang ini, lilin memiliki fungsi yang lebih dari itu. Lilin yang cantik dengan aneka warna dan bentuk menghiasi momen-momen penting bahkan menjadi suvenir.

Lilin merupakan salah satu dari kerajinan lunak buatan yang mudah untuk dibentuk menjadi apa saja sesuai dengan keinginan. Anda dapat membuat suvenir cantik berbentuk kura-kura, bunga, dan bentuk-bentuk lainnya dengan menggunakan lilin.

Untuk membuat kerajinan lilin, Anda dapat mengukir lilin tersebut secara langsung maupun mencairkannya terlebih dahulu agar dapat dibentuk sesuka hati dengan mudah, seperti lilin hias warna-warni berikut ini.

Untuk membuat lilin hias yang cantik, Anda perlu mempersiapkan lilin serut, krayon, sumbu, cetakan, penyangga, pengaduk, wadah, dan pewangi.

Cara membuat:

  1. Masukkan lilin yang sudah diserut atau dibuat serbuk pada sebuah wadah, lalu cairkan lilin tersebut. Anda dapat mencairkannya dengan menggunakan oven atau kompor.
  2. Apabila lilin sudah mencair, tuangkan sedikit lilin ke dalam cetakan atau gelas yang telah disiapkan.
  3. Letakkan sumbu yang telah dilapisi lilin pada dasar cetakan. Ketika meletakkan, pastikan lilin berdiri tegak.
  4. Saatnya Anda membuat lilin warna dengan cara meletakkan lilin serut bersama dengan potongan krayon ke dalam wadah, lalu panaskan lilin dan krayon tersebut secara bersamaan.
  5. Cetak campuran lilin tersebut pada cetakan yang sudah terdapat sumbu tadi. Biarkan lilin dingin dan memadat.

Kerajinan Bahan Lunak dari Bahan Sabun

macam macam kerajinan bahan lunak

hipwee.com

Quote:

Mengkreasikan apa yang ada di dalam rumah seperti membuat kerajinan tangan dari sedotan atau sabun merupakan cara yang hemat dan hebat untuk mendatangkan pundi-pundi rupiah.

Siapa sangka sabun yang biasa Anda gunakan untuk mandi dapat mendatangkan keuntungan yang berlimpah?

Seperti halnya lilin, sabun yang dulunya hanya digunakan untuk membersihkan badan kini juga dapat digunakan sebagai suvenir pernikahan yang menarik.

Dengan sedikit keterampilan dan imajinasi, Anda dapat mengubah sebatang sabun menjadi hewan atau buah yang lucu.

Meski tak semudah seperti membuat kerajinan dari stik es krim, namun Anda tetap bisa melakukannya. Untuk membuat kerajinan tangan dari sabun, Anda dapat menggunakan dua cara.

Pertama, Anda dapat mengukir sebuah sabun batangan secara langsung seperti membuat kura-kura atau buah nanas dari sabun.

Kedua, apabila Anda ingin mengubah sabun batangan menjadi bentuk yang baru, yang perlu dilakukan adalah memarutnya terlebih dahulu, lalu dicampur dengan sedikit air dan sagu.

Campuran serbuk sabun, sagu, dan air akan menghasilkan tekstur yang lembek sehingga Anda dapat dengan mudah membentuknya seperti plastisin.

Kerajinan Bahan Lunak dari Gips

macam macam kerajinan bahan lunak

bukalapak.com

Gips merupakan bahan buatan yang terdiri dari hidrat kalsium sulfat, karbonat, nitrat, sulfat, dan borat. Gips juga tidak dapat larut dalam air apabila sudah menjadi bentuk padat.

Selain tanah liat, gips juga dapat digunakan sebagai alternatif dalam membuat patung, suvenir, atau hiasan rumah. Namun, jika ingin membuat kerajinan tangan dari gips, Anda harus mencairkan gips tersebut terlebih dahulu agar dapat dicetak dengan mudah.

Setelah gips mencair, Anda dapat mulai membuat adonan gips. Campurkan gips dan air dengan perbandingan 2:1. Aduk merata hingga tidak ada lagi gumpalan-gumpalan.

Ketika adonan gips sudah siap, tuangkan adonan tersebut pada cetakan berupa silicone rubber. Namun, jika bahan tersebut susah untuk didapatkan, Anda dapat menggunakan cetakan yang terbuat dari tanah liat atau plastisin.

Sebelum menuangkan adonan pada cetakan, jangan lupa untuk melumuri cetakan tersebut dengan minyak goreng terlebih dahulu. Anda bisa saja menggunakan oli bekas untuk melumuti cetakan, tetapi hasilnya tidak akan menjadi bersih.

Setelah menuangkan adonan gips pada cetakan, biarkan adonan tersebut mengering. Anda dapat menjemurnya di bawah sinar matahari atau dengan cara diletakkan dalam oven agar cepat kering.

Selain sebagai suvenir dan mainan, kerajinan bahan lunak dari gips juga biasa digunakan sebagai ornamen rumah. Akan tetapi, gips yang biasa digunakan sebagai ornamen rumah biasanya dicampur dengan resin, semen putih, dan kalsium terlebih dahulu.

Kerajinan Bahan Lunak – Kerajinan Anyaman

fungsi kerajinan bahan lunak

http://yogyakarta.panduanwisata.id

Alam telah menyediakan berbagai sumber daya yang dapat Anda pergunakan untuk mencari nafkah. Salah satunya adalah serat tanaman yang biasa digunakan sebagai kerajinan bahan lunak dari serat alam.

Serat alam yang dimaksud adalah daun dan batang dari tanaman yang memiliki serat. Serat alam yang biasa digunakan untuk kerajinan tangan adalah eceng gondok, sabut kelapa, pelepah pisang, kulit jagung, dan lain-lain.

Eceng gondok, misalnya, merupakan tanaman yang sering dianggap sebagai tanaman pengganggu. Jumlahnya banyak dan biasanya dibiarkan begitu saja.

Namun bagi orang-orang kreatif, terutama yang berdomisili di Kulon Progo, tanaman ini bisa menjadi ladang penghasilan. Mereka dapat menghasilkan tas, taplak meja, sandal, dan bahkan topi yang cantik dari serat eceng gondok.

Untuk menggunakan eceng gondok sebagai bahan baku kerajinan tangan, Anda harus menjemurnya hingga kering terlebih dahulu. Kemudian, Anda dapat menganyam seratnya untuk membentuk kerajinan tangan yang diinginkan.

Nah, sekarang Anda telah mengetahui macam macam kerajinan bahan lunak mulai dari bahan lunak organic hingga buatan. Saatnya menggeluti dunia wirausaha dengan memanfaatkan limbah lunak dan sedikit kreativitas.

 

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.