Batu Paradise

Hai semua sahabat hamparan!. Kali ini aku akan mau melanjutkan ceritaku mengenai Kota Batu atau disebut juga Batu paradise. Kali ini aku akan menceritakan pengalamanku saat menyambangi berbagai macam tempat wisata. Salah satunya adalah wisata kuliner dan wisata edukasi di Kota Batu. Simak terus ya !.

Batu Paradise

batu paradise, keren
infobatu-malang.blogspot.com

Batu Paradise adalah sebutan yang sangat cocok untuk salah satu kota wisata yang berada di sebelah barat Kota malang ini. Karena keaneka ragaman wisata yang disuguhkan kepada pengunjung membuat hati langsung terpanah dengan cinta dari kota ini.

kota yang berada di dataran tinggi yang di apit oleh gunung kecil maupun besar ini menyuguhkan banyak tempat yang menarik untuk di kunjungi. Mulai dari wisata alam hingga wisata kuliner semua disuguhkan untuk para pengunjung yang mencari suasana baru di kota ini.

Pengalaman yang tak terlupakan pernah hidup di kota ini, menjajaki segala macam wisata mulai dari alam edukasi dan kuliner tentunya. Begitu banyak tempat menarik yang ingin ku ceritakan.

Wisata Edukasi

Salah satu daya tari Kota Batu selain wisata alamnya adalah banyaknya wisata edukasi yang sangat bermanfaat untuk menambah wawasan dan mengisi waktu libur. Ketika jadwalku bekerja sedang libur aku sering sekali menghabiskan waktu untuk bermain bersama temanku mengunjungi beberapa wisata edukasi.

Karena selain untuk bersenang-senang tetapi juga menambah ilmu pengetahuan. Di Batu ada beberapa wisata edukasi yang menyenangkan dari yang menyuguhkan budaya indonesia sampai ke teknologi perkendaraan dan masih banyak lagi yang lain.

Jatim Park 2

wisata, batu paradise

 

Tempat yang pertama kali aku kunjungi adalah Jatim Park 2. Karena tempat ini adalah salah satu tempat yang sangat favorit untukku sebab disini menyuguhkan banyak tempat yang mengedukasi di Jatim Park 2 sendiri menyuguhkan beberapa tempat tempat wisata.

Ada tiga wahana besar yang di sediakan oleh Jatim Park 2. Pertama adalah Museum Satwa, Batu Secret Zoo. Dari masing-masing tempat mempunyai ciri khas sendiri.

Museum Satwa

batu paradise, museum satwa
Travelingyuk.com

Museum Satwa, dulu pertama kali aku kesini ketika di sekolahku mengadakan kunjungan industri ke Kota Malang. Salah satu tujuan utama kala itu adalah Jatim Park 2, tak menungu lama aku langsung memasuki ruangan pertama. Disitu aku di suguhi bermacam-macak hewan hidup maupun yang sudah di awetkan.

Tak lepas dari nama Musem Satwa disini menyampaikan berbagai informasi mengenai hewan-hewan dari berasal dari daerah mana hingga yang sudah punah. Jadi aku pun di ajari mengenal berbagai jenis hewan dan keuniknya, Seperti pada saat disitu ada bepuluh-puluh jenis kumbang dan kupu-kupu.

Berawal dari situ aku mulai menggerti ternyata tidak hanya kumbang yang biasanya ku lihat di depan rumah saat pagi hari. Ternyata masih banyak jenis-jenis yang ada disitu. Tak hanya itu saja karena aku begitu suka dengan kucing ketika aku memasuki Museum Kucing betapa senangnya hingga aku tak ingin beranjak dari sana sama sekali.

Batu Secret Zoo

Indonesia-Tourism.com

Perjalanku selanjutnya langsung menuju Batu Secreet Zoo karena tempatnya bergandengan dengan Museum Satwa. Karena itu pengunjung tak perlu lagi berjalan atau maupun keluar dari area Jatim Park.

Disini berbeda dengan Museum Satwa, karena disini menampilkan hewan-hewan yang masih hidup dan seperti kebun binatang lainya. Fasilitas pengunjung untuk berfoto ria salah satunya adalah dengan beberapa hewan yang sudah jinak. Seperti anak macan, ular, burung, dan masih banyak lagi.

aku sangat antusias sekali kesini karena banyak binatang yang belum pernah bertemu secara langsung biasanya hanya melihat dari televisi. pengalaman unik lainya ketika memberi makan beberapa hewan, saat itu aku memberi makan jerapah dengan berbagai sayuran yang disediakan oleh pengurus kebun binatang tersebut.

Yang tak kalah unik dari Batu Secret Zoo adalah boleh menaiki gajah dan memberi makan, ketika aku mengetahui aku langsung berminat dan langsung menuju kesana. Tak kalah seru dari beberapa wahana yang disediakan ada acara yang unik yaitu atraksi dari anjing laut dan lumba-lumba.

ketika pertama kali aku masuk kedalam tempat atraksi ternyata sudah di penuhi dengan banyak pengunjung yang ingin menyaksikan acara atraksi secara langsung. Banyak atraksi yang di tampilkan salah satunya adalah ketika lumba-lumba melewat halang rintang yang di sediakan oleh pemandu.

Yang tak kalah unik dari anjing laut adalah dia bisa bermain bola dengan saat lihai. Pengalaman ini sangatlah tak terlupakan karena aku sendiri juga jarang melihat atraksi secara langsung oleh hewan terlatih seperti itu.

Wisata Kuliner

Wisata yang akan aku bahas selanjutnya adalah tentang tempat wisata kuliner yang kekinian dan khas Batu tentunya. Karena ke khasnya orang-orang yang dari jauh rela datang untuk hidangan yang khas dari kota ini. Batu paradise bukan hanya sebutan saja tapi dalam kekayaan kuliner Batu adalah surga bagi pecinta kuliner.

Beberapa pengalamanku saat menikmati makanan khas yang berada di kota ini sangat mengasikan. Tempat nongkrong anak muda yang ingin menikati keindahan Kota Batu di malam hari.

Pos Ketan Legenda

wisata kuliner, batu paradise
KSMTour.com

Pos Ketan Legenda adalah salah satu tempat nongkrong favorit bagi para anak muda karena tempatnya yang asik dan nyaman untuk anak muda berjumpul. Berdiri sejak 1967 di sebelah barat alunalun Kota Batu dan tidak pantang menyerah dalam usaha sekarang warung ini menjadi kekhasan dari Kota Batu sendiri.

Menu yang disediakan hanya ketan tapi berbagai varian dan rasa. Rasa yang disuguhkan mulai yang original dengan pelengkap bubuk kedelai hingga yang paling eksotis ketan duren keju susu vanila yang biasanya menjadi santapan setiaku ketika aku pergi kesana.

Harga yang di tawarkan mulai dari enam Rp.6000 hingga Rp.16000. Tempat ini jarang terlihat sepi soalnya aku sering pergi kesana bersama temanku tapi tempat selalu penuh dan antri pun mengular serta terkadang ketanya udah habis. Tempat yang tak terlalu besar jadi harus sabar mununggu.

Pernah pengalamanku menunggu hingga berjam-jam karena tempat itu mulai buka sekitar jam 3 sore hingga jam 2 malam. Tetapi ketika aku pergi kesana sekitar jam 9 malam antrian pun masih mengular, menuggu hingga beberapa jam.

Karena sudah niat aku dan beberapa temanku semabari menunggu berkeliling alun-alun Batu, setelah beberapa lama aku kembali antrian yang tadinya mengular sekarang tidak begitu mengular. jam 11 kurang 15 menit aku mulai masuk dan ketika aku mulai duduk dan memilih menu ternyata hampir semua menu habis terjual hanya tersisa beberapa saja.

Jadi kejadian ini menjadi pengalaman yang sangat berharga suatu saat ketika kembali lebih baik datang lebih awal untuk memesan makanan disitu.

Embong Kembar Batu

http://www.kompasiana.com

Wisata malam yang aku kunjungi selanjutnya biasaya sesudah dari pos ketan adalah emong kembar Batu. Jalan yang bernama Jalan Sultan Agung disebut embong kembar karena jalanya berjejer berlawanan arah seperti layaknya jalan biasa.

Tapi yang membuat spesial adalah pemandangan yang disuguhkan saat berada disana adalah pemandangan Kota Bau dimalam hari. Keindahan pemandangan yang dilihat dari tempat ini adalah salah satu tempat favorit untuk anak muda menghabiskan waktunya. Banyak juga wisata kuliner yang di jajakan disini.

Warung Kopi

Inspirasi.co

Bagaimana rasanya melihat pemandangan indah sembari di temani sencangkir kopi yang panas menanemani canda tawa bersama. hehe saking kerenya tempat ini aku sering kesini untuk membahas sesuatu bersama teman-temanku. Karena aku juga bukan orang Batu jadi aku sering menghabiskan waktu keluar untuk menikmati keindahan Kota Batu.

Sate Kelinci

wisata kuliner, batu paradise
tripadvisor.co.id

Selain menikmati kopi sembari melihat gemerlap lampu Kota Batu disini juga ada makanan khas yaitu sate kelinci khas Batu. Hidangan yang sangat cocok, karena aku datang bersama teman-teman ku jadi aku selalu menyisihkan uangku untuk membeli makanan khas ini. Harga tidak mahal karena kami patungan untuk meringankan biaya.

karena rasanya yang enak ini adalah makanan kesukaanku. Secangkir kopi dan sepiring nasi bersama sate kelinci adalah sesuatu yang menunjang kenikmatan ketika sedang berada di embong kembar.

Penutup

Batu paradise bukanlah cuma sebutan untuk sebuah kota yang berada di barat Kota Malang, tetapi seperti kebanyakan orang yang beribur kesini untuk menikmati suasana baru. Menemuka surga baru yang belum semua orang temukan, dan juga menikmati sensasi pemandangan yang mengguncang hati

Terima kasih sudah menyimak cerita ini.

 

 

Jangan lupa baca cerita yang lainya ya! :

Kota Wisata Batu Amazing Dastination

Keindahan Nuansa Wisata Alam Kandung Tulungagung

Pencak Silat Sebagai Budaya Indonesia

Perjalanan Penuh Cerita Menuju Gunung Bromo

Hari raya Kurban Mengesankan di Pesantren

 

 

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.