Pemburu Keindahan Pantai Pacar yang Tersembunyi

Assalamualaikum. Wr. Wb. sahabat hamparan, kali ini aku akan menceritakan tentang pengalamanku menuju ke sebuah pantai yang berada di plosok Kota Tulungagung yaitu Pantai pacar.

Sedikit info! Siapa sih yang tidak tau pantai ? tempat dimana semua orang bisa melihat laut bebas dengan leluasa, bisa memainkan pasir khasnya. Karena pantai adalah perbatasan antara laut dan daratan.

Tak sedikit pantai bahkan tidak bisa di hitung keindahanya karena banyak menawarkan fasilitas untuk mendekatkan diri kepada sang pencipta, salah satunya pemandangan pantai yang sangat menakjubkan.

Langsung saja simak ya guys !.

Awal perjalanan yang tiba-tiba

pantai, permulaan, mengejutkan
ceplaceplo.blogspot.com

Singkat cerita di awal perjalanan mencari Pantai Pacar di wilayah tenggara Tulungagung ini, berawal saat saudaraku kedatangan sahabat dari Kota Magetan untuk mempir ke rumah menikmati suasana kota Tulungagung.

Ketika itu pun aku masih ada undangan acara di dekat pesantren, aku pun menyempatkan diri untuk mampir bercengkrama dengan temanku . Tiba-tiba telefon berbunyi beberapa kali ternyata saudaraku sedang menghubungiku.

Tanpa berbicara basa basi langsung mengatakan “Pulang sekarang le ada sesuatu penting” ketika mendengarnya aku langsung bergegas untuk berpamitan.

karena ku kira adalah hal yang sangat mendadak jadi aku secepat mungkin untuk melaju kecepatan menuju rumah.

Sesampai dirumah aku langsung menghampiri saudaraku sebab dari nada berbicara seperti hal yang sangat penting. Aku pun langsung bertanya ada kabar apa yang ingin di sampaikan?.  Terkejut yang ku rasakan karena dia ingin mengajak temanya ke sebuah Pantai yang berada di plosok Tulungagung.

karena waktu yang masih panas aku pun meminta kepada saudaraku hingga sedikit sore, selain itu juga temanku juga ingin datang ke rumah untuk menemuiku.

Sembari menunggu kepulangan temanku saudaraku dan sahabatnya menyiapkan perlatan yang dibawa kesana dan mengecek keadaan kendaraan yang akan di pakai karena jalan menuju pantai tersebut tidaklah semudah yang di bayangkan.

Hari semakin sore sekitar jam setengah tiga temanku pulang dan kami pun langsung bersiap untuk bersangkat menuju ke pantai pacar.

Berangkat berburu keindahan pantai

 

pantai, memulai perjalanan
thelala.com

Berbekal smartphone di tangan kami pun mencari lokasi dimana pantainya berada.

Jarak yang ditempuh untuk menuju tempat itu lumayan jauh sekitar 35 Km dari rumahku yang berada di utara Kota Tulungagung. Karena letak pantainya di daerah pesisir tenggara kota waktu yang kami butuhkan untuk kesana sekitar 1 jam lebih. Untuk memotong jalan kami pun memotong jalan dengan menyebrang sungai brantas untuk mempersingkan perjalanan.

waktu menjelang sore kami pun sampai di daerah Pucanglaban tempat dimana pantai itu berada, tetapi perjalanan masih kurang lebih sejauh 12 Km lagi untuk sampai disana.

Tempatnya yang pelosok dan menuruni manuruni perbukitan agak menyulitkan perjalanan kerena keadaan jalan yang sudah hampir rusak total karena untuk muatan berat.

Pada sekitar kawasan pantai pacar berada terdapat banyak deretan pantai yang tak kalah cantik.

Banyak sumbangsih dari deretan pantai-pantai tersebut untuk memajukan pariwisata di Kota Tulungagung. Tapi sangat disayangkan adanya salah satu industri tambak berskala besar sangat merugikan karena dampaknya pada insfrastruktur objek wisata seperti akses untuk menuju pantai pun menjadi sangat sulit.

Berhubung aku adalah salah satu penikmat objek wisata ini adalah salah satu masalah yang sangat serius.

Sebab dengan keadaan jalan yang seperti itu tidak menutup kemungkinan mengecilnya minat pengunjung untuk menuju objek pariwisata tersebut seperti aku.

Pantai pacar gaaaan !

Meskipun nama pantainya seperti itu bukan berarti ada sesuatu,

Pantai Pacar

Senja menyapa ketika kedatangan kami mulai matahari mulai terlelap dalam tidurnya. Tempat yang mendukung suasana hati yang mengharap tenang tanpa ada gangguan hirup pikup kota yang terkadang mengganggu ketenangan jiwa.

Ternyata tak hanya kami yang datang ke pantai ini di sore hari banyak masyarakat yang datang untuk menikmati suasana matahari terbenam.

Bahkan banyak wisatawan yang membawa ikan segar untuk dibakar di tepian pantai untuk mendampingi melihat sang surya yang ingin menuju lelapnya.

Hanya bibir pantai berbatu besarnya yang indah tetapi air terjunya yang menawan yang membuat aku semakin jatuh cinta dibuatnya.

Karena baru pertama kali menikmati sunside yang menawan di pantai sekitar Tulungagung tak bisa di ungkapkan dengan sebuah kata manis selain pujian bagi tuhan yang menciptakan dunia ini begitu indahnya.

Kejadian unikpun terjadi !

Waktu menjelang malam matahari pun posisinya sudah di gantikan posisinya oleh sang rembulan. Dikala pergantian waktu itu kami pun segera beranjak dari bibir panti untuk naik keatas dan ingin segara mengakhiri langkah kaki.

Dan segera menuju ke rumah tercinta, walaupun jarak masih tetap memisahkan karena lumayang jauh untuk di tempuh. Terdengar berita yang sangat mengejutkan karena sahabat saudaraku kehilngan kunci motor, entah jatuh ataupun lupa menaruh.

Semua barang dari tas mereka di keluarkan dari dalam tas, semua seluk beluk tas pun mereka cari tapi nihil semua tidak menghasilkan satu pun. pencarian di bibir pantai pun mulai di lakukan karena yang ditakuktkan tertimbun oleh pasir pantai.

Seluruh pantai sudah di sisir dari ujung ke ujung tapi tidak ada hasil, akhirnya kami beristirahat untuk sholat magrib di sebelah pantai. Yang paling mengejutkan keadaan motor pada saat itu dalam kondisi kunci leher, jadi motor tidak dapat bergerak sama sekali.

Solusi

Karena pikiran sudah sedikit lebih tenang, aku baru ingat bahwa temanku SMA tinggal di daerah yang berdekatan dengan pantai tersebut. Tanpa pikir panjang langsungku menghubungi dengan banyak prasangka karena dulu dia sedang bekerja di luar kota.

Beberapa kali ku hubungi dan kukirimi pesan dan akhirnya dia menjawab dan mengatakan bahwa dia masih di rumah. Akhirnya aku meminta tolong kepadanya untuk menemani mencari solusi terbaik.

Tak lama setelah itu dia datang dengan satu temanya, akhirnya kami pun merundingkan bagaimana nasib motor ini selanjutnya. Kesepakatan pun terjadi akhirnya motor tersebut di angkat menuju pos satpam tambak udang yang berada di dekat situ.

Dengan ijin untuk menitipkan motor tersebut karena alasan kunci hilang dan akan di ambil besok paginya. Mereka pun membolehkan kami menitipkan motor tersebut. Karena motor tersebut sedang kami titipkan di sebelah pantai kamipun naik untuk menuju rumah temanku.

kami bermalam di sana dengan keadaan yang seadanya, keesokan harinya pun aku dan temanku menuju ke bengkel terdekat untuk mencari solusi menyelesaikan permasalahan ini. Setelah berpanjang lebar bertanya kami pun mendapatkan cara untuk bisa menjalankan motor untuk sementara hingga menemukan ahli kunci.

Kembali ke rumah temanku untuk mencari peralatan yang dibutuhkan. Setelah mendapatkan semua kami pun bergegas untuk turun bukit untuk membenahi motor tersebut agar bisa berjalan sementara.

Setelah sampai disana kami di bantu oleh orang yang bekerja disana untuk membantu membongkar leher motor, karena letak kunci dan pemantik listrik untuk menyalakan motor berada disitu.

Selang sekitar 40 menit motor pun bisa dinyalakan, langsung kami bergegas untuk pulang dan mencari tempat ahli kunci. Sekitar 25 Km jarak pantai sampai dengan ahli kunci.

Lama perjalanan hingga sekitar jam 1 siang kami langsung menyerahkan motornya kepada ahli kunci yang bertugas. satu jam kemudian motor sudah bisa secara sempurna dan akhirnya kami pulang ke rumah akan tetapi sahabat saudaraku langsung kembali ke Magetan.

Penutup

Segala nikmat tuhan adalah karunia yang harus kita syukuri dan kita nikmati karena dengan itu kita bisa mendekatkan diri dengan sang pencipta. Semua kejaian bisa di ambil hikmahnya karena pada prinsipnya ilmu akan datang ketika kita berjalan mendektinya.

Terima kasih ya guys sudah membaca cerita singkat ini Wassalamualaikum. Wr. Wb

 

lampiran foto :

foto bersama

 

Baca juga cerita yang lain:

  1. Petualangan Santri Bertafakur Empat Kota
  2. hari raya Kurban di Pesantren
  3. Perjalanan Penuh Cerita Menuju Gunung Bromo

 

1 thought on “Pemburu Keindahan Pantai Pacar yang Tersembunyi

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.