Penjelasan Lengkap Hewan Vertebrata dari Pengertian, Ciri-ciri, dan Beserta Contohnya Lengkap!

Hewan Vertebrata – Di dalam planet bumi tempat kita sekarang tinggal hidup berbagai macam makhluk, mulai dari yang tak terlihat dengan mata dan harus menggunakan alat untuk melihatanya hingga yang bisa dilihat oleh mata langsung.

Disini manusia berperan sebagai makhluk yang mempunyai tingkat kecerdasan yang tinggi terpanggil untuk memilah dan menjadikan semua makhluk-makhluk hidup yang ada di bumi ini bisa dikenali dengan mudah, mudah di teliti, dan juga mengetahui tingkat manfaat makhuk tersebut untuk keberlangsungan kehidupan makhluk lain.

Oleh sebab itu manusia melakukan pengklasifikasian makhluk hidup yang bermacam-macam. Dengan diadakanya kelompokan ini menjadi beberapa kelompok berdasarkan habitat hidup, cara perkembangbiakan, warna, dan masih banyak lagi yang lainya.

Tak lupa juga makhluk yang tak asing ini yaitu hewan. Hewan  merupakan salah satu hasil dari klasifikasi makhluk hidup yang dibuat oleh manusia. Bertujuan untuk mempermudah memperdalam ilmu tentang persatwaan atau ilmu fauna mulai dari habitat hidup hingga cara mereka beradaptasi dengan lingkungan baru mereka. Serta juga mempermudah untuk mengetaui manfaat dari hewan itu sendiri.

Hewan ialah salah satu makhluk hidup yang memiliki kerajaan dan pemetaan jenis sendiri yaitu bernama kingdom animalia. Dari kingdom tersebut hewan di bedakan menjadi dua group besar yaitu vertebrata dan invertevbrata (avertebrata).

Secara gambaran umum sendri hewan invertebrata atau avertebrata sendiri merupakan kelompok hewan yang hampir semua anggotanya bertubuh lunak dan tidak mempunyai tulang belakang, begitu juga sebaliknya tentang hewan vertebrata.

Kali ini saya disini akan sedikit mengulas mendalam tentang salah satu kelompok besar dari kingdom animalia ini yaitu hewan vertebrata.

Simak selengkapnya!

Hewan Vertebrata

hewan vertebrata

Pengertian dari hewan vertebrata sendiri merupakan hewan yang mempunyai tulang belakang atau tulang punggung, jadi jika kalian melihat hewan yang mempunyai tulang belakang atau punggung itu merupakan salah satu dari hewan dari kelompok vertebrata.

Dalam kelompok hewan vertebrata sendiri mempunyai lima kelompok kecil yang menyusunnya.

Berikut ini penjelasan dari kelompok-kelompok kecil bagian dari hewan bertulang belakang atau vertebrata.

Amfibi (Amphibians)

hewan vertebrata
pxhere.com

Hewan amfibi merupaka salah satu jenis dari hewan vertebrata atau hewan yang bertulang belakang yang memiliki sebuah keunikan yaitu hidup di dua alam. Ada banyak versi dari keterangan hidup di dua alam ini.

Akan tetapi secara mendasar yang di maksud dari kata tersebut seperti ketika lahir di air dan bernafas menggunakan insang akan tetapi ketika hewan tersebut menjelang dewasa bisa berubah menjadi paru-paru, dan bisa hidup di darat.

Akan tetapi hewan ini juga senang hidup di air seperti ketika hujan datang atau ekosistem air yang lain seperti sungai, danau, laut, dan yang lainya.

Alat gerak yang digunakan ketika dalam masa kanak-kanak atau masa hidup di air hewan amfibi ini menggunakan ekor sebagai alat gerak utama dan kemudian berganti menjadi kaki ketika sudah menganjak dewasa.

Ciri-ciri Hewan Amfibi (Amphibians)

Hewan amphibi merupakan hewan yang unik, dibandingkan hewan yang lainya. berikut ini merupakan ciri-ciri hewan amfibi :

  1. Amfbi merupakan satu-satunya bagian dari vertebrata yang mengalami proses metamorfosis sempurna.
    Proses Metamorfosis sempurna merupakan perubahan bentuk yang terjadi pada hewan serangga atau sebuah larva muda, dan ketika menjelang dewasa mengalami perubahan yang signifikan dari bentuk awalnya atau juga disebut sebagai holomerabola. Biasanya hewan ini memiliki tempat hidup atau habitat yang berbeda.
  2. Amfibi hewan yang bertelur, biasanya telur dari hewan ini diletakan di dalam kawasan dan habitat perairan atau juga lingkungan yang lembab, serta di buahi secara eksternal.
  3. Memiliki kulit yang halus, tipis, serta berpori. Dalam kulitnya sendiri hewan ini mempunyai kulit yang berlendir, tak jarang juga sebagian dari jenis hewan amfibi ini mempunyai kandungan racun di kulitnya.
  4. Amfibi sendiri merupakan makhluk yang masuk dalam jenis hewan berdarah dingin atau bisa disebut poikiloterm, hewan yang suhu tubuhnya kira-kira hampir sama dengan keadaan lingkunganya.
  5. Dari segi peredaran darah sendiri hewan amphibians memiliki 3 bagian jantung,  yaitu 1 vertikel dan 2 ruang atrium.
  6. Selain itu sistem peredaran dari amfibi merupakan sistem peredaran tertutup. Yang dimaksud adalah sistem sirkulasi peredaran darah di pompa dari jantung sejati melewati pembuluh darah kapiler, vena, arteri. Dan juga karena sistem pemompa dari darah tersebut adalah jantung sejati menjadikan aliran darah yang dihasilkan cukuplah deras.
  7. Karena hidup dalam dua alam, anatomi tubuh dalam hewan ini juga sedikit berbeda terutama dalam bagian tertentu seperti kaki. Dalam anatomi kaki amfibi sendiri biasanya memiliki selaput yang dimana selaput tersebut memudahkan untuk berenang serta menyesuaikan diri pada lingkunganya.
  8.  Hewan ini mempunyai ukuran tubuh yang bervariasi, bisa juga dikatakan bagian dari depan lebih kecil dari bagian belakang, ataupun sebaliknya.
  9. Karena hewan ini hidup dalam dua tempat darat dan air menjdikan hewan ini memiliki sistemp respirasi yang terpisah, atau juga bisa dikatakan kombinasi dari kulit, paru-paru, dan insang.

Perkembangbiakan Hewan Amfibi

Amfibi atau amphibians karena hidup di dua alam dan melakukan metamorfosis yang sempurna menjadikan hewan ini memiliki pola perkembangbiakan yang unik.

pada awalnya ketika bertelur para hewan amfibi ini meletakan telurnya ke tempat yang cenderung basah dan berair. Dalam proses pelahiranya, pada awalnya mereka hidup, makan, serta menyerap nutrisi untuk menunjang kehidupan mereka di dalam air. Bahkan mereka bernafas menggunakan insang.

Setelah menginjak dewasa mereka mulai berubah bentuk dan menjadi bagian dari hewan dewasa serta menggunakan paru-paru ketika bernafas.

Contoh Hewan Amfibi (Amphibians)

berikut ini sekilas contoh dari beberapa jenis hewan amfibi:

Katak

hewan vertebrata
pxhere.com

Kodok atau katak merupakan hewan yang sering kita jumpai di rumah, di sawah, maupun di kali atau sungai. Kodok ini merupakan salah satu contoh dari salah satu hewan vertebrata yang hidup di dua alam.

Salamander

hewan vertebrata
dailiymail.co.uk

Hewan salamander ini juga merupakan hewan yang berjenis amfibi dari kelompok hewan vertebrata. Mungkin banyak orang yang masih belum begitu mengerti tetang salamander ini.

Sama halnya dengan katak, salamander juga hidup dalam dua alam yaitu darat dan air. Ciri khasnya yang seperti kadal tapi juga memiliki selaput pada kakinya serta lendir yang menyelimuti tubuhnya, dan ada juga sebagian lendir yang menyelimutinya itu mengandung racun.

Sisilia

hewan vertebrata
Solopos.com

Hewan sisilia ini merupakan hewan yang semasa hidupnya juga hidup di dua tempat. Pada dasarnya dia menempatkan anak-anaknya dalam air kemudian dalam proses yang lama menjadikan bentuknya berubah.

Sisilia ini mempunyai bentuk seperti ular, dan ja memiliki kemampuan untuk menggali tanah. Karena keahlianya itu maka tak jarang dari mereka banyak yang hidup di dalam tanah.

Hewan Vertebrata – Ikan (Pisces)

hewan vertebrata
pxhere.com

Pengertian dari hewan pisces sendiri merupakan hewan yang termasuk dalam hewan vertebrata. Ikan sendiri memiliki habitat hidup di dalam kawasan perairan mulai dari air asin dan air tawar.

Selain itu juga ikan juga merupkan jenis makhluk berdarah dingin, yang dimana suhu dari tubuh si hewan ini bisa berubah-ubah menyesuaikan tempat atau habitat hidupnya.

Dalam habitatnya hewan yang termasuk dalam kelompok vertebrata ini menjadi salah satu hewan yang memiliki jenis terbanyak hampir lebih dari 26.000 jenis ikan yang berada di planet bumi ini.

Ciri-ciri Ikan (Pisces)

Semua orang pasti sudah mengerti dan mengenal gambaran umum terkait ikan ini. Akan tetapi masih banyak ciri-ciri lain dari hewan pisces ini.

Dibawah ini merupakan ciri-ciri dari hewan pisces atau ikan :

  1. Pada dasarnya hampir semua makhluk vertebrata mempunyai tiga bagian tubuh, tak terkecuali ikan ini. Ikan juga mempunyai bagian kepala, badan, dan ekor untuk bergerak.
  2. Dalam hal ini ikan mempunyai sebuah sisik (kerangka luar atau eksoskeleton), selain itu juga biasanya di sisik tersebut terdapat lendir.
  3. Habitat utama dari pisces ini merupakan air, ada yang di air tawar ada juga yang berada di air laut. Dalam beberapa hal bisa memungkinkan dua air tersebut bisa bercampur seperti air payau. Untuk mengatasi tingkat air tawar dan garam yang bercampur tersebut ada sistem pada insang yang mengatur terjadinya pertukaran tersebut.
  4. Dalam hal pernafasan ikan bernafas menggunakan insang sebagai alat nafas utama dengan di sertai penutup yang bernama operkulum.
  5. Pisces mempunyai sirip untuk membantu mempermudah bergerak dalam air sehingga bisa berenang dengan cepat. Sirip tersebut terletak di bagian kiri dan kanan serta ekor ikan.

Perkembangbiakan Ikan (pisces)

Ikan merupakan salah satu makhluk yang spesiesnya terbanyak yang hingga mencapai puluhan ribu. Dalam hal itu ikan juga melakukan perkembangbiakan, dalam hal tersebut sistem perkembangbiakan yang dilakukan oleh ikan merupakan menggunakan sistem bertelur (ovipar) ada juga beberapa yang beranak seperti lumba-lumba dan paus.

Contoh Hewan Pisces (Ikan)

Ada banyak sekali jenis ikan yang berada di dunia sekarang, berikut ini beberapa contoh dari klasifikasi hewan pisces.

Ikan Hiu

hewan vertebrata
pxhere.com

Ikan hiu merupakan salah satu jenis ikan papan atas yang menjadi predator, di tunjang dengan kekuatan sirip yang kuat dan juga gigi yang runcing. Hiu sendiri merupakan hewan karnivora yang berhabitat di laut atau air asin.

Ikan Arwana

hewan vertebrata
qubicle.id

Salah satu hewan pisces ini merupakan hewan yang bisa dikatakan hewan paling mahal karena memiliki ke khasan bagi beberapa orang yang menikmati keindahanya yang di percaya membawa keberuntungan. Ikan ini hidup di air tawar, serta berkembangbiak dengan cara bertelur yang dimana hasil tetasanya di masukan dalam mulutnya untuk melindungi anak-anaknya.

Ikan Bandeng

hewan vertebrata
marimancing.com

Bandeng ialah salah satu ikan yang hidup dalam kondisi air payau, ikan yang menjadi salah satu primadona konsumsi masyarakat ini juga bisa di budidayakan di air laut.

Ikan Salmon

`hewan vertebrata
manfaat.co.id

Salmon merupakan salah satu idola bagi mereka yang mencintai masakan, siapa yang menyangka ikan ini merupakan ikan yang bersifat migrasi hanya karena untuk bertelur atau berkembangbiak.

pada dasarnya ikan salmon merupakan ikan yang hidup di lautan, di sebuah bulan dalam satu tahun ikan salmon akan bermigrasi menuju sungai atau perairan air tawar untuk berkembang biak.

Baca Juga : Penjelasan Tentang Klasifikasi Makhluk Hidup Beserta Penjelasan Setiap Kingdomnya dan Contohnya Lengkap !

Aves (Burung)

klasifikasi makhluk hidup
wikipedia.org

Secara umum aves atau burung merupakan salah satu jenis kelompok dari hewan vertebrata karena memiliki tulang belakang. Penjelasan terkait aves sendiri merupakan hewan vertebrata yang dimana hampir keseluruan tubuhnya di tutupi oleh bulu epidermis yang digunakan sebagai pelindung. Selain itu burung mempunyai kaki dan sayap sebagai alat bergerak.

Ciri-ciri Aves (Burung)

Burung sendiri merupakan makhluk yang unik, karena dengan menggunakan sayapnya beberapa burung bisa menerbangkan diri, bahkan hingga kecepatan kurang lebih 30-75 km/jam.

Berikut ini ciri-ciri umum pada hewan aves ini.

  1. Burung ini memiliki berbagai macam ukuran tubuh ada yang kecil ada yang ukuran sedang, bahkan juga ada yang memiliki ukuran yang besar.
    Seperti halnya hewan yang lainya burung memiliki beberapa bagian tubuh seperti kepala, leher, badan, dan ekor.
  2. Mulut burung tersusun oleh zat tanduk, serta tidak memiliki gigi dan lidah untuk di julurkan. Biasanya bentuk paruh burung disesuaikan dengan apa yang mereka makan.
  3. Burung memiliki kelopak mata yang sempurna dengan dilengkapi membran niktitans, serta membran air mata.
  4. Selain memiliki paruh yang tajam dan keras, aves juga memiliki alat bantu yang lain yaitu sepasang kaki. Kaki tersebut berguna untuk bertengger, mengais makanan, serta untuk mencengkram mangsa.
    Jari-jari yang keras juga tersusun dari zat tanduk, biasanya setiap hewan aves memiliki ke khasan masing-masing dalam hal kaki ini. Ada yang memiliki 2 jari kaki bahkan juga ada yang memiliki 4 jari kaki.
  5. Burung merupakan hewan yang bernafas menggunakan paru-paru. Akan tetapi karena cukup berat jika dilakukan dengan posisi terbang, burung mempunyai organ pundi-pundi udara dimana organ tersebut digunakan untuk menyimpan udara ketika terbang.
  6. Hampir rata-rata hewan aves memiliki trakea yang bercabang, yang dimana menunjang para burung tersebut untuk mengeluarkan suara-suara yang unik.
  7. Mempunyai sistem pencernaan yang lengkap mulai dari mulut, kerongkongan (esofagus), tembolok, kelenjar lambung, lambung otot, usus halus, usus besar, dan kloaka. Bukan hanya itu saja burung juga memiliki kelenjar ludah serta pankreas, hati, dan empedu.

Cara Berkembangbiak Aves

Burung atau aves merupakan makhluk yang mempunyai sistem berkembangbiak menggunakan sistem bertelur atau ovipar dan terjadinya fertilisasi secara internal. Kemudian untuk menetaskanya menggunakan sistem pengeraman untuk menjadikan suhu dari telur tersebut menjadi hangat. Sebab aves merupakan hewan homoioterm atau juga makhluk berdarah panas.

Contoh Hewan Aves atau Burung

Hewan aves atau bisa dikatakan burung mempunyai beribu-ribu jenis, bahkan dari sekian banyaknya jenis burung tesebut juga ada yang sudah dinyatakan punah. Selain itu hewan aves juga tidak semuanya bisa terbang akan tetapi memiliki keistimewaan dengan keadaan kaki yang kuat.

Berikut ini contoh dari hewan aves.

Burung unta

hewan vertebrata
rumahfiana36.blogspot.com

Ini merupakan salah satu burung yang dimana tidak bisa terbang, akan tetapi burung onta ini bisa menjadi salah satu burung dengan kekuatan kaki yang paling kuat karena bisa melaju berlari hingga 70 km/jam, serta memiliki tinggi 2 m.

Tak ayal di beberapa tempat burung ini biasanya dijadikan sebagai sarana pacuan untuk lomba atau juga digunakan untuk mengangkut barang.

Burung Cendrawasih (Bird of Paradise)

hewan vertebrata
duniaq.com

Ini merupakan salah satu jenis burung yang sangat terkenal karena keindahan dari bulunya hingga disebut sebagai burung dari surga. Burung ini merupakan burung yang sudah dilindungi keberadaanya karena banyaknya perburuan liar. Habitat asli dari burung ini berada di Pulau Papua.

Ayam

hewan vertebrata
quibicle.com

Semua orang pasti mengenal ayam. Hewan ini  juga termasuk dalam keluarga aves, ayam sendiri merupakan salah satu jenis aves yang tidak bisa terbang layaknya burung unta tadi.

Elang

hewan vertebrata
pxhere.com

Elang merupakan salah satu burung pemakan daging atau juga bisa disebut karnivora, burung ini merupakan salah satu predator di alam bebas dengan kekuatan dari paruh dan cakarnya yang kuat digunakan untuk berburu mangsa.

Bebek

hewan vertebrata
pxhere.com

Hewan merupakan salah satu bagian dari keluarga aves, memiliki keistimewaan yaitu kaki yang memiliki selaput yang digunakan untuk berenang. Bebek ini sebenarnya hampir setiap hari hidup di dekat lingkungan perairan untuk mendinginkan badanya.

Selain itu dalam tubuh bebek mengeluarkan sebuah minyak yang dimana minyak tersebut menjadikan bulu bebek menjadi tahan air dan tidak basah.

Hewan Vertebrata – Hewan Reptil (Reptiles)

hewan vertebrata
pxhere.com

Reptil merupaan hewan yang bisa disebut dengan hewan melata yang juga merupakan anggota dari hewan vertebrata atau hewan yang bertulang belakang. Hewan ini merupakan salah satu jenis hewan yang berdarah dingin dan mempunyai pelindung berupak sisik maupun tempurung untuk melindungi diri.

Ciri-ciri Hewan Reptil (Reptiles)

Hewan reptilia merupakan jenis hewan melata yang anggotanya juga merupakan pendominasi dari jenis-jenis hewan yang lain. Berikut ini merupakan ciri-ciri dari hewan reptil :

  1. Hewan reptil memiliki banyak variasi dari ukuran tubuh, mulai dari yang terkecil hinggal yang terbesar. Salah satu hewan reptil yang terbesar sekarang berada di Indonesia yaitu Komodo.
  2. Ciri khas yang kedua adalah reptil mempunyai kelenjar bau yang terdapat di sekitar kloaka.
  3. Tubuh reptil mempunnyai pelindung khusus yaitu sebuah perisai epidermal atau biasanya disebut sebgai sisik. Sisik ini berguna untuk menjadikan kulit kedap air utuk mencegah reptil mengalami dehidrasi ketika saat lingkunganya berubah menjadi kering.
  4. Reptil termasuk dari hewan yang berdarah dingin yang menyesuaikan suhu tubuhnya dengan cara adaptasi dengan lingkungan sekitarnya.
  5. Mempunyai alat pencernaan yang lengkap mulai dari mulut, kerongkongan, faring, kerongkongan, esogagys, lambung, usus halus, usus besar, serta kloaka.
  6. Hewan reptilia memiliki peredaran darah yang tertutup ganda. Dalam jantung yang dimiliki oleh reptil sendiri memiliki 4 bagian. Bagian tersebut merupakan 2 serambi atau atrium dan juga 2 ruang bilik atau ventrikel.
  7. Ada 3 indra yang di gunakan hewan reptil yaitu hidung, mata, dan telinga.
  8. Hewan reptil ini bernafas menggunakan paru-paru.
  9. Reptil merupakan hewan yang bisa hidup dalam jangka waktu yang lama, ada beberapa hewan yang bahkan bisa hidup lebih dari 20 tahun seperti kura-kura, penyu, dan masih banyak lagi yang lainya.

Cara Berkembangbiak atau Bereproduksi Hewan Reptil (Reptiles)

Reptil merupakan hewan yang berkembangbiak menggukana cara bertelur atau ovipar. Dengan kelamin dari setiap reptil yang terpisah, maka dari itu menjadikan reptil melakukan fertilisasi secara internal dalam tubuh reptil betina.

Namun ada juga dari jenis reptil yang melakukan perkembangbiakan dengan cara bertelur dan beranak atau bisa disebut ovovivipar.

Contoh Hewan Reptil (Reptiles)

Di dunia ini banyak sekali jenis dari hewan-hewan reptil ini, yang biasanya sering kita jumpai di kebun binatang, maupun di kehidupan sehari-hari.

Berikut ini beberapa contoh hewan reptil :

Buaya

hewan vertebrata
bussinesinsider.com

Hewan yang satu ini merupakan hewan ganas yang masuk dalam golongan reptilia ini merupakan salah satu predator dalam alam bebas. Habitat dari salah satu reptil raksasa ini merupakan daerah perairan seperti sungai, danau, rawa, dan wilayah perairan yang lain.

Komodo

hewan vertebreata
mnn.com

Komodo merupakan salah satu hewan endemik Indonesia yang hidup di salah satu pulau yang juga dinamakan Pulau Komodo, pulau ini terletak di Kepulauan Nusa Tenggara.

Hewan komodo merupakan salah satu reptil terbesar di dunia yang sekarang masih hidup, dan di pulau tersebut komdo menjadi predator utama untuk menjaga keseimbangan ekosistem.

Ular

hewan vertebrata
pxhere.com

Hewan melata yang satu ini pastinya semua orang sudah tau, ular merupakan salah satu hewan yang mematikan karena senjatanya yang khas yaitu bisa, dan ada juga senjata ular yang lain yaitu lilitanya.

Akan tetapi ular sendiri merupakan salah satu hewan yang digemari masyarakat untuk di jadikan hewan peliharaan, tetapi dengan jenis ular tertentu.

Mamalia (Hewan Menyusui)

hewwan vertebrata
pxhere.com

Hewan ini merupakan jenis hewan yang berbeda dibanding hewan vertebrata yang lainya. Mamalia merupakan hewan yang memiliki kelenjar susu yang digunakan untuk merawat dan memberikan nutrisi kepada anaknya. Dan kelenjar susu ini hanya di miliki oleh sang betina saja.

Secara filogenetik, yang disebut Mamalia adalah semua turunan dari nenek moyang monotremata (seperti echidna) dan mamalia therian (berplasenta dan berkantung atau marsupial).

Habitat dari mamalia sendiri rata-rata hidup di daratan, tapi ada juga beberapa dari mereka yang hidup di laut seperti paus dan lumba-lumba, mereka melahirkan dan menyusui di dalam air.

Ciri-ciri Manalia (Hewan Menyusui)

Mungkin sebagian dari kalian sudah sering berinteraksi dengan hewan vertebrata yang satu ini. Berikut ini adalah ciri-ciri dari hewan mamalia :

  1. Mamalia memiliki kelenjar susu, biasanya hewan menyusui memiliki perantara untuk menyalurkan susunya kepada anaknya yaitu menggunakan puting.
  2. Jika beberpa hewan vertebrata yang lain memiliki kulit halus, berbulu, dan bersisik. Berbeda dengan mamalia, hewan ini memiliki rambut atau bulu yang menutupi dirinya.
  3. Bernafas menggunakan paru-paru dan mempunyai otot diafragma.
  4. Mempunyai sistem pengembagan syaraf yang sudah komplek dibanding jenis hewan yang lain.
  5. Hewan mamalia sendiri memiliki kelenjar keringat pada kulitnya dan ada juga yang memiliki kelenjar minyak.
  6. Memiliki 4 bagian tubuh yaitu kepala, leher, tubuh, dan ekor.
  7. Rata-rata hewan mamalia memiliki beragam gigi, ada yang mempunyai gigi geraham, taring, dan gigi seri.
  8. Memiliki peredaran darah yang sempura melewati urat arteri, vena, dan artikel. Serta memiliki 1 jantung yang komplek dimana di dalamnya di bagi menjadi 4 bagian 2 dari serambi dan 2 dari bilik serta memiliki sekat yang sempurna.
  9. Hewan mamalia termasuk hewan homoterm.

Cara Berembangbiak Mamalia (Hewan Menyusui)

Semua hewan pasti melakukan perkembangbiakan tak terkecuali hewan mamalia ini, Hewan ini juga merupakan salah satu spesies yang paling banyak di muka bumi.

Mereka berkembangbiak dengan cara melahirkan atau vivipar. Pembuahan atau fertukusasi dilakukan secara internal, serta alat kelamin dari setiap hewan terpisah.

Contoh Hewan Mamalia

Dari jenis hewan ini sangatlah banyak mulai dari yang sering kita jumpai hingga yang jarang kita jumpai karena memang habitatnya tidak berada di lingkungan kita.

Berikut ini contoh-contoh hewan mamalia.

Sapi

hewan vertebrata
pxhere.com

Hewan ini merupakan hewan yang sudah tidak asing dalam kehidupan kita sehari-hari, hewan yang termasuk kalangan hewan yang memakan tumbuhan atau herbivora ini merupakan hewan yang di ternakan oleh manusia.

Biasanya sapi ini di ambil susunya serta di ambil dagingnya untuk diolah.

Macan atau Harimau

hewan vertebrata
pxhere.com

Harimau merupakan salah satu hewan yang dikategorikan sebagai hewan buas. Memiliki habitat di wilayah perhutanan dan sebagian jenis juga berada di sabana atau padang rumput. Hewan ini merupakan hewan pemakan daging maka tak ayal jika dikenal sebagai predator di kalanganya.

Lumba-Lumba

hewan vertebrata
pxhere.com

Hewan ini termasuk dalam kalangan ikan, akan tetapi berbeda dengan ikan yang lain karena lumba melakukan perkembangbiakanya dengan cara melahirkan dan menyusui anaknya.

Jenis dari lumba-lumba ini juga sangatlah banyak, mulai dari lumba-lumba hidung botol, lumba-lumba hidung belang, dan masih banyak lagi yang lainya.

Inilah akhir dari pembahasan kita terkait dengan salah satu kelompok hewan dari kingdom animalia. Semoga dari apa yang saya sampaikan tadi bisa memberi manfaat, selain itu juga semoga dengan kita mengerti dari pembagian-pembagian ini kita bisa mengenalinya.

Sekian dan terimakasih semoga bermanfaat !.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.