Tutorial Cara Mudah Membuat 16 Gambar Sketsa Bunga dengan Menggunakan Pensil

Gambar Sketsa Bunga – Sketsa merupakan salah satu tahap awal dari sebuah lukisan yang bisa dikatakan masih kasar dan ringan. Pada dasarnya sketsa ini digunakan untuk sebagai sebuah kerangka dalam karya seni, bukan hanya untuk seni melukis saja.

Sketsa ini digunakan untuk memaparkan sebuah gagasan awal, konsep maupun sebuah ide tentang sesuatu.

Gambar sketsa bisa dikelompokkan sebagai salah satu karya seni rupa murni, akan tetapi tujuannya dari sketsa juga bisa digunakan juga menjadi sebuah rancangan sebuah seni terapan.

Di saat seorang seniman atau arsitek membuat sebuah sketsa untuk rancangan arsitekturnya, maka nilai dari gambar sketsa tersebut dapat menunjukan penerapannya dalam sebuah ruang lingkup kehidupan sehari-hari.

Media yang digunakan untuk membuat sketsa bisa sangat beragam. Bisa pada sebuah media kering seperti sebuah kanvas, kertas, dan sebagainya.

Sketsa bisa dikerjakan dengan menggunakan silverpoin, arang, paster, grafit, maupun pensil. Selain itu bisa juga menggunakan tinta, pena, bolpoin, cat minyak, dan cat air.

Sketsa yang menggunakan cat minyak dan cat air umumnya disebut dengan “sketsa cat air” atau ” sketsa cat minyak”.

Untuk sebuah karya tiga dimensi, seorang seniman seni rupa tiga dimensi sebelum membuat karyanya seperti patung, atau karya seni tiga dimensi yang lainya, dapat menggunakan sebuah sketsa. Penggunaan sketsa pada seni rupa tiga dimensi ini bisa menggunakan plastisin, tanah, wax, dan juga tanah liat.

Berikut ini merupakan 16 contoh gambar sketsa bunga yang bisa digambar menggunakan pensil, sehingga bisa untuk referensi bagi kamu yang masih belajar membuat sketsa.

Jadi buat kamu yang ingin belajar menggambar sketsa bunga ini siapkanlah peralatan yang akan digunakan untuk menggambar.

 

SKETSA BUNGA MATAHARI

gambar sketsa bunga

gambar sketsa bunga
tekoneko.com
gambar sketsa bunga
stefanogemi.deviantart.com

Jadi yang pertama kita akan bahas adalah sebuah sketsa dari bunga matahari.

Untuk mengawalinya yang pertama cobalah membuat sebuah lingkaran kecil kemudian gambarlah sebuah lingkaran besar yang mengelilingi lingkaran kecil. Selanjutnya kalian bisa saja menggambar sebuah sketsa ringan tangkai dengan sebuah garis lengkung vertikal.

Jika kalian sudah menggambar sketsa yang masih dasar bunga matahari dari kelopak bunganya dan juga tangkainya. Untuk selanjutnya kamu bisa mulai menggambar daun dengan bentuk menggambarkan bentuk oval di setiap sisinya.

Melaju ke tahap selanjutnya untuk mulai membuat kelopak bunga dari bunga matahari ini, gambarlah sebuah bentuk hati yang memanjang di sekitar lingkaran kecil dan besar yang digambar pada awal tadi.

Naaaah, setelah itu ulangi proses ini hingga seluruh lingkaran kecil itu penuh. Sebab masih ada sudut yang masih kosong, maka buatlah sudut yang runcing untuk sebagai tambahan kelopak bunga.

Sebagai tahap finishing kamu bisa menggambar di dalam lingkaran kecil garis miring yang saling bersalingan. Dan gambar sketsa bunga matahari sudah siap di warnai.

SKETSA BUNGA MAWAR

 

sketsa gambar bunga
anekagambarmewarnai.blogspot.co.id
gambar sketsa bunga
notepam.com
gambar sketsa bunga
wikihow.com

Jika kamu masih merasa sulit untuk menggambar sketsa dari bunga matahari, masih ada bunga mawar kok yang masih bisa dicoba. Yuk, simak selengkapnya.

Bunga mawar tidak hanya mempunyai sebuah bentuk yang indah dan baunya yang harum saja, akan tetapi banyak sekali seniman lukis yang menjadikan bunga yang cantik ini menjadi sebuah objek yang favorit.

Nah, buat kamu yang masih pemula kalian tidak perlu khawatir, sebab menggambar sketsa bunga mawar ini sangatlah mudah. Pertama yang kamu harus perhatikan adalah memulai dengan membuat sebuah garis melengkung yang berbentuk huruf “U”.

Kemudian buatlah satu garis lagi dengan ukuran yang sedikit lebih besar di bawah garis lengkung yang pertama tadi, sehingga kamu mendapatkan tiga bentuk garis yang senada.

Agar gambar sketsa mawar semakin menarik dan indah, buatlah garis vertikal yang agak sedikit melengkung sebagai tangkai dan juga gambar di samping salah satu sisinya bentuk oval untuk menjadi daun.

Setelah semua proses diatas tadi sudah selesai kamu buat, kamu bisa melanjutkan dengan menggambar sebuah kelopak bunga mawarnya.

Dimulai dari bentuk “U” yang paling kecil, mulailah dari bentuk “U” digambar dengan tumpang tindih hingga pada gambar bentuk “U” yang paling besar.

Di tahap akhir dari menggambar sketsa bunga mawar ini. Kamu bisa menggambar sebuah kuncup bunga dengan menggunakan sudut runcing di tengah bentuk “U” tadi.

Dan jangan lupa untuk menyempurnakanya dengan menggambar duri pada tangkainya. Gambar sketsa bunga mawar pun sudah selesai dan siap untuk di warnai.

GAMBAR SKETSA BUNGA TERATAI

gambar sketsa bunga
GambarPedia.com

gambar sketsa bunga

gambar sketsa bunga

gambar sketsa bunga

Jika dilihat-lihat pembuatan sketsa bunga teratai ini hampir sama dengan membuat sketsa bunga mawar, saling menumpang tindihkan gambar bentuk, berikut ini penjelasanya.

Jadi jika dilihat pada gambarnya bunga teratai mempunyai tiga kelopak bunga, dari yang kuncup, setengah mekar, dan yang mekar. Dalam pembuatan sketsa bunga teratai ini sangatlah mudah sama halnya dengan dua contoh sketsa bunga diatas.

Pertama kamu lakukan adalah buat gambar lingkaran kecil di tengah, kemudian untuk membentuk kelopaknya kamu bisa membuat bentuk oval di sekelilingnya.

Untuk langkah selanjutnya untuk mempercantik gambar kamu bisa gambar tangkai dibawah kelopak tadi. Agar sketsa lebih menarik kamu bisa menebali secara halus gambar kelopak tadi.

Untuk langkah terakhir kalian bisa menggambar sebuah bentuk hati maupun lingkaran besar untuk daun di bawah kelopak bunga teratai tadi.

Sangat mudahkan untuk membuat sketsa bunga teratai ini.

SKETSA BUNGA SAKURA

gambar sketsa bunga
notepam.com
gambar sketsa bunga
http://gambarcoloring.blogspot.co.id
gambar sketsa bunga
notepam.com

Siapa yang tidak mengenal bunga sakura ? Bunga asal negeri matahari terbit Jepang yang sangat indah ini. Ternyata bukan hanya bunga yang asli saja yang indah akan tetapi juga sketsa dari bunga sakura ini sangatlah bagus.

Ternyata membuat sketsa dari buka sakura sangatlah mudah loh! Tidak sesulit yang kamu bayangkan.

Untuk langkah pertama pembuatan sketsa dari bunga yang indah ini kamu bisa membuat lingkaran kecil untuk patokan pertama. Jika sudah kamu bisa menggambarkan bentuk lingkaran atau lingkaran yang sedikit berbentuk oval di sampingnya.

gambar tiga sampai empat bentuk lingkaran tadi, perindah gambar dengan cara mempertebal atau bisa saja langsung kamu warnai.

Untuk sentuhan terakhirnya kamu bisa menggambarkan batang di bawah bunga sakura ini, jika kamu bisa membayangkan batang dari bunga sakura yang bentuknya seperti batang kecil yang lurus dan sedikit bengkok.

Biasanya gambar dari sketsa bunga sakura ini tidaklah hanya satu. Semakin kamu membuat banyak sketsa bunga sakura, semakin cantik juga hasil yang akan kamu dapat.

Mudahkan ? Gambar sketsa bunga sakura ini sangat bagus biasa digunakan untuk hiasan rumah, jadi nggak salah untuk mencoba menggambarnya di rumah.

GAMBAR SKETSA BUNGA TULIP

gambar sketsa bunga
gambarcoloring.blogspot.co.id

gambar sketsa bunga

sketsa gambar bunga

Kalau kamu ingin memberikan sentuhan warna pada sketsa bunga untuk beberapa gambar sekaligus, bunga tulip merupakan bunga yang pilihan yang tepat.

Selain indah dan juga jika kamu ingin membuat sebuah sketsa, penggambaran bunga tulip ini sangatlah simpel dan tidak begitu sulit. Untuk awal dari menggambar sketsa bunga tulip sangatlah mudah.

Langkah yang pertama dengan cara kamu bisa menggambar bentuk huruf “U” dengan atas sedikit mengkerucut, kemudian gambar garis kebawah dan kesamping di tengah gambar “U” sehingga membetuk pola bunga.

Apabila kamu sudah membuat gambar kelopak bunganya, kamu bisa melanjutkan membuat batang dari bunga tulip tersebut. Gambar batang dengan garis yang lurus, jika sudah dengan sentuhan terakhir kamu bisa menggambar bentuk dari daun bunga tulip tersebut yang berbentuk lancip.

Untuk mempercantik gambar bunga tulip tersebut kamu bisa juga memberi warna langsung setelah membuat sketsa ini, ada salah satu pilihan lagi jika kamu enggan memberi warna kamu bisa mempertebal gambar dan membuat arsiran tipis untuk bagian kelopak dan daunya.

Begitulah tadi 16 gambar sketsa yang mudah dibuat yang bisa kamu coba. Memang untuk tahap awal belajar membuat sketsa memang sedikit sulit.  Namun jika kamu terus mengasah kemampuanmu lambat laun kamu akan segera menguasainya dan karyamu akan semakin lebih baik

Jadi untuk kamu yang masih pemula asah kemampuanmu dan jangan pernah berhenti memperdalam dan mengeksplorasi diri. Untuk cara mudahnya kamu bisa melihat langsung bunga yang tumbuh di sekitar tempat tinggalmu atau melihat di internet.

Selamat Mencoba !!

Jika ada kekurangan atau tambahan mohon tulis di kolom komentar di bawah.

Semoga Informasi ini bermanfaat. Terima kasih !!

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.