Mengulas Fakta-fakta Unik dan Menggelitik Tentang Menteri Kelautan RI yang Kece Ini. Bagi yang Belum Tau Simak Selengkapnya Ya !

Siapa sih yang nggak tau bu Susi Pudjiastuti? Si Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia ini. Menteri yang terkenal dengan kenyentrikanya dan keuinakan tingkah lakunya serta ketegasan yang bisa dibilang banyak orang yang takut denganya.

Selain sedikit fakta di atas, ternyata banyak orang yang mengatakan jika Bu Susi berbeda dengan para menteri yang lainya. Penasaran? Simak penjelasanya selengkapnya !

1. Lulusan SMP tapi Jago Bahasa Inggris !

susi pudjiastuti

Kalian pasti gak nyangka jika Bu Susi adalah lulusan SMP, tapi ini lah faktanya wanita asal Pangandaran, Jawa barat ini sempat masuk SMA akan tetapi putus sekolah ketika kelas 2 SMA, dan dari situ menyebabkan beliau hanya punya ijazah SMP.

Siapa yang menyangka juga dalam era kepresidenan Jokowi dia di jadikan salah satu menteri dalam kabinetnya. Walaupun hanya punya ijazah SMP dia punya anak buah yang pendidikanya lebih tinggi darinya. Keren kan !

Publik pun menjadi heboh lantaran keputusan dari pak presiden mengangkatnya menjadi salah satu menteri dalam kabinetnya. Banyak orang yang mengkritik apakah lulusan SMP bisa memegang pekerjaan sesulit itu ?.

Banyak ahli berdebat dan juga mencibir Bu Susi, namun dia membuktikan bahwa dia mempunyai kecerdasan, pengalama, dan juga keahlian labih tinggi daripada lulusan S2 maupun S3 yang hanya bermodal gelar sarjana.

Dalam beberapa waktu ketika wawancara dengan para media, Bu Susi sesekali menyelipkan bahasa Inggris. Bukan hanya ketika jumpa pers tapi juga ketika rapat kementerian, Bu Susi juga berbincang menggunakan bahasa Inggris.

So ? Kalo ngliat fakta di atas apakah pendidikan yang normal itu selalu berpengaruh dalam kehidupan ? Belum tentu.

2. Seorang Perokok Aktif

susi pudjiastuti
detak.co

Dilantik sebagai salah satu menteri di kepemerintahan Presiden Jokowi Pada tahun 2014 silam, sosok Bu Susi Pudjiastuti sangat menonjol dibandingkan dengan menteri-menteri yang lainya. Bukan hanya karena dia seorang perempuan tapi gaya sang menteri kelautan dan perikanan ini menjadi sorotan media masa karena terpergok sedang merokok dan membuka sepatunya di wilayah istana negara.

Jika dilihat di Indonesia sendiri seorang perempuan merokok merupakan hal yang tidak wajar, apa lagi jika seorang dengan jabatan menteri yang melakukanya.

Diketahui bahwa ternyata kebiasaan merokoknya sudah ada sejak dulu, dia juga seorang perokok yang aktif. Karena dia menjadi sorotan khalayak media, kini dia sudah mulai mengurangi secara perlahan tentang kebiasaan merokoknya itu.

Tapi ada juga orang terdekatnya merasa kasihan terhadap Bu Susi lantaran sedikit terkekan publik karena usahanya untuk berhenti merokok itu.

3. Punya Tato

susi pudjiastuti
burungpedia77.blogspot.com

Bukan hanya punya kebiasaan merokok, media kembali heboh ketika melihat sebuah fakta bahwa Susi Pudjiastuti mempunyai sebuah tato dalam tubuhnya.

Seperti yang kita ketahui bahwa tidak semua orang Indonesia bisa memamhami adanya beberapa rang melukis tato dalam tubuhnya hanya untuk sekedar apresiasi seni.

Dan ternyata Bu Susi mempunyai sebuah tato yang terletak di kaki bagian kananya yang tak sengaja tersorot oleh media.

Tato di kaki Bu susi tersebut bergambar sebuah burung dari metologi mesir yaitu Phoeneix. Dalam metologi Mesir Phoenik merupakan burung yang hidup abadi dan tidak pernah mati karena jika Phoenik mati maka akan hidup dari sisa abu dari tubuhnya sendiri, dan berulang terus menerus.

Yang bikin tambah takjub lagi Bu Susi tidak berniat untuk menutupi tato yang dimilikinya tersebut, bahkan dia juga terkesan santai ketika berjalan dengan tato yang terpampang nyata yang bisa dilihat oleh semua orang.

4. Menikah Dua Kali

susi pudjiastuti
tribunnews.com

Punya tato, merokok, dan hanya lulusan SMP. Dari beberapa fakta itu saja Bu Susi Pudjiastuti si Menteri Kelautan dan Perikanan RI itu bisa membuat heboh media masa.

Seakan masih kurang tenyata terungkap bahwa Bu Susi merupakan seorang janda single parent pernah menikah dua kali.

Terungkap bahwa dua mantan suami dari Bu Susi ini merupakan seorang yang bukan orang Indonesia melainkan berkewarganegaraan asing. Suami yang pertama bernama Daniel Kaiser yang berasal dari Swiss yang telah memberinya sebuah putri cantik bernama Nadine Kaiser.

Usai bercerai dengan Daniel, Bu Susi pun menikah lagi dengan orang yang bernama Christian Von Strombeck, Dari kedua pernikahanya ini dia di karuniai tiga anak.

Akan tetapi Bu Susi tegas enggan menceritakan masalah pribadinya ini kepada publik.

5. Di Juluki Sang Putri Laut

susi pudjiastuti
bbc.com

Perjalanan hidup Bu Susi untuk menjadi menteri yang keren dan kece ini bermula ketika dia sudah putus sekolah saat masa SMA.

Karena pendirian yang kuat, Bus Susi yang masih remaja pun mencoba berkeliling Kota Pangandaran menggunakan sepeda motor untuk menjual daganganya berupa baju, bad cover, hingga dia juga pernah menjual cengkeh.

Lantaran hanya memiliki uang Rp. 750 ribu, Bu Susi yang masih muda mencoba terjun dalam dunia bisnis maritim yaitu menjadi pengepul ikan.

Awal mulai menjajaki dunia perikanan tahun 1983, 13 tahun kemudian tepatnya tahun 1996, Bu Susi yang sukses mendirikan sebuah pabrik pengolahan ikan bernama PT ASI Pudjiastuti Marine Product.

Banyak sekali hasil laut yang di jual tapi barang yang selalu menjadi unggalanya ada lobster bermerk Susi Brand.

Bermodal dari uang Rp. 750 ribu menjadikan bisnis yang dia kelola menjadi bisnis besar setelah lama menunggu. Pasar perdagangan yang dia kuasai meliputi pasar Asia dan Amerika.

Kebayang gak sih buat kalian? Bermodal RP. 750 ribu bisa menjadi pengusaha yang sukses kaya gini, pasti bisa tapi dengan berusaha pastinya.

Bisa dikatakan kalau laut dan ikan adalah hidup Bu Susi sejak dulu, tak ayal jika sang mantan suaminya Daniel Kaiser memberi julukan putri laut.

6. Pernah Masuk Daftar Pencarian Orang

susi pudjiastuti
dagelan.co

Yang tak kalah mencengangkan dari Menteri Susi Pudjiastuti ini, dulu sebelum menjadi menteri pernah masuk dalam daftar pencarian orang karena dianggap sebagai penyelundup bahan bakar solar tahun 2004 silam ketika tsunami di Aceh.

Ia membeli 5000 liter solar yang berasal dari medan dan di bawa dengan menggunakan 250 jerigen untuk di bagikan kepada nelayan di Pulau Simeuleu agar bisa melaut lagi.

Tapi sangat di sayangkan, dari kejadian itu Bu Susi di malah dianggap sebagai seorang buronan yang menyelundupkan bahan bakar solar tersebut. Bahkan beberapa koran sempat membahas tentang Susi Pudjiastuti adalah seorang DPO.

Kasus ini akhirnya terselesaikan setelah dia memberi pendelasan terkait kejadian tersebut.

7. Bos Maskapai Penerbangan

susi pudjiastuti
blog.ahmdzamroni.com

Bukan hanya sukses di bisnis kelautan ternyata yang membuat orang lebih terkejut adalah dia merupakan seorang maskapai penerbangan miliknya sendiri.

Dari penikahanya dengan Christian Von Strombeck yang seorang ekspatriat teknisi penerbangan yang bekerja di PT Dirgantara Indonesia, membuat Susi Pudjiastuti ini melirik sebuah bisnis penerbangan.

Bu Susi berangan ingin bisa mengangkut hasil binisnya yang sebelumnya yaitu perikanan ke Jakarta pada tahun 2004. Bu Susi membeli sebuah pesawat menggunakan uang pinjaman dari bank sebesar Rp. 20 miliar, ia membeli peswat Cessa Caravan.

Mulai dari situ perkembangan bisnis penerbanganya juga mulai melambung tinggi, maskapai penerbangan miliknya bernama Susi Air, bahkan dengan menggunakan pesawat tersebut usaha Susi bukan hanya berkembang dalam negeri tapi juga berkembang hingga keluar negeri.

Bukan hanya itu saja ternyata maskapai Susi Air ini juga turut aktif dalam membantu bencana yang melanda Aceh pada 2004 silam. Pesawat ini berani menembus bencana demi misi kemanusiaan tersebut.

Hampir tiga tahun berjalan lebih dari 50 lebih pesawat berbagai jenis berada dalam maskapai penerbangan itu.

8. Kepribadian Tomboy dan Ceplas-ceplos

susi pudjiastuti
jawapos.com

Jika kebanyakan wanita ketika sudah menduduki posisi yang strategis langsung merubah dan menjaga sikapnya.

Tapi Bu Susi tidak, dia bahkan menyesali posisinya sebagai menteri, sebab dia sudah tidak bisa teriak-teriak menegur anak buahnya ketika sedang bekerja di lapangan.

Gaya dari Bu Susi ini pun juga unik berbeda dengan  menteri yang lainya. Dia selalu memilih gaya casual yang membuatnya lebih terkesan tomboy.

Kehidupan keras dan beratnya di pantai mencetak Susi ini sebagai wanita yang berkepribadian yang kuat dan tegas.

Dari kepribadaian yang seperti itu juga di imbangi dengan gaya bahasanya yang lucu, sering juga sang menteri ini menjadi bulan-bulanan dari para menteri yang lainya karena sering keceplosan dan awur-awuran ketika berbicara.

9. Kepijakan yang Bikin Takut Negara Tetangga

susi pudjiastuti
news.abs-cbn.com

Masih terngiang di pikiran banyak orang jika mendengar kata Susi Pudjiastuti pasti langsung terpikir kata ” Tenggelamkan !”.

Benar sekali Bu susi Ini juga merupakan salah satu pahlawan bangsa di era ini karena salah satu kebijakanya yang bisa di bilang kontroversial ini. Di memebuat kebijakan untuk menenggelamkan semua kapal asing yang masih dalam perairan di Indonesia tanpa izin terutama kapal yang mencuri hasil laut Indonesia.

Hampir 300 lebih kapal nelayan asing yang di tangkap dan di tenggelamkan olehnya. Dampak secara langsung untuk kelautan sangatlah jelas, bertambahnya pasokan ikan nelayan Indonesia.

Akan tetapi dalam kebijakan ini terjadi pro dan kontra karena penenggelaman ini, bahkan sempat juga sempat hubungan diplomasi antar negara juga kacau karena kebijakan tersebut.

Tapi karena diplomasi lanjutan olehnya menjadikan semua negara yang kapalnya pernah di tenggelamkan olehnya menerima kebijakan itu.

10. Diplomator Hebat

susi pudjiastuti
detak.co

Baru-baru ini di kabarkan jika Indonesia menjalin hubungan diplomatis dengan menteri kelautan Jepang.

Jepang sendiri juga merupakan negara maritim yang memakan ikan dalam jumlah besar, bahkan juga dari pemerintah Jepang sendiri hampir tidak mampu memenuhi kebutuhan ikan untuk masyarakatnya.

Dengan adanya diplomasi dengan Bu Susi ini menjadikan hubungan dekat antara Indonesia dan Jepang dalam bidang kelautan

Dalam diplomasi ini Bu Susi mengajak Jepang juga untuk bekerjasama di bidang infrastruktur dan juga teknologi kelautanya. Karean Jepang juga dianggap negara yang maju dibidang kelautan dibanding negara yang lainya.

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.