desain dapur minimalis simpel

√ 100+ Desain Dapur Minimalis Mudah, Sederhana, Modern Terbaru 2018

Dapur Minimalis – Hai sahabat Hamparan! Memasak di dapur minimalis, cantik dan bersih ? Tentu hal tersebut menjadi dapur idaman semua ibu rumah tangga, apalagi orang-orang yang hobi memasak.

Merupakan hal penting bagi Anda untuk bisa memaksimalkan kebersihan dan kecantikan dapur, karena dapur yang bersih adalah kunci dari terjaminya kesehatan penghuni rumah.

Sedangkan dapur yang cantik, dapat membuat penghuninya bahagia. Memilih desain dapur harus menyesuaikan dengan bentuk dan model rumah anda, biar terlihat serasi.

Bila Anda tipe orang yang sederhana, Anda haruslah mendesain dapur minimalis sederhana agar sesuai dengan gaya anda, dan anda akan merasa lebih puas nantinya.

Dapur sama pentingnya dengan ruang-ruang lainya di dalam rumah. Ruang dapur juga layak mendapat perhatian dlama desain dan penataan interiornya.

Selain harus dirancang agar nyaman, ruang dapur minimalis juga harus memiliki penampilan yang menarik dan atraktif. Ukuran yang terbatas pada area dapur, seringkali menjadi penghalang saat merencanakan penataan dekorasi dapur minimalis terbaiknya.

Area model dapur kecil, selain sulit untuk membuatnya memiliki tampilan yang menarik, juga akan menyebabkan kegiatan memasak dan menyiapkan makanan menjadi sedikit terhambat.

Bagian dapur menjadi satu kebutuhan pokok untuk tiap-tiap rumah tangga. Fungsing dari dapur sendiri adalah sebagai tempat memproduksi bahan makanan sehari hari.

Untuk membuat dapur menjadi lebih nyaman, biasanya kita harus membuat dapur itu lebih luas dan dengan perlengkapan dapur menempel di dinding.

Jadi ketika kita akan membuat dapur kecil minimalis, kita harus merencanakanya dengan sangat berhati-hati. Nah kita akan membahas tentang dapur minimalis, berikut penjelasanya.

Pengertian Desain Dapur Minimalis

contoh dapur minimalis
idntimes.com

Dalam setiap rumah, dapur adalah sebuah ruangan yang penting. Karena dapur merupakan tempat untuk memasak bahkan bisa juga digunakan untuk tempat ruangan makan. Oleh karena itu setiap orang harus memperhatikan saat mendesain dapur mereka.

Salah satu masalah yang sering dikeluhkan oleh sebagian banyak orang, mereka tidak memiliki cukup ruang untuk membuat dapur mereka menjadi dapur minimalis dan rapi. Jika msalahnya memang sedemikian, Anda dapat menggunakan desain dapur minimalis.

Seperti namanya, dapur minimalis juga sering dikenal dengan sebutan dapur kecil minimalis. Walaupun memiliki ukuran dan bentuk kecil, namun hal itu sama sekali tidak membuat desain dapur tersebut jadi terlihat sempit dan berantakan.

Karena desain dapur minimalis, diatur sedemikian rupa agar interior yang tidak dipakai utuk tidak berada di area dapur. Dengan begitu, meskipun memiliki ukuran yang tidak teramat besar, namun desain dapur ini akan tetap terlihat indah dan rapi.

Nah, untuk Anda yang tertarik dengan desain dapur minimalis, Anda bisa membaca artikel ini. Karena dalam artikel kali ini kami akan memberikan referensi mengenai desain dapur yang sederhana namun terlihat indah dan mewah.

 

Model Desain Dapur Minimalis

contoh dapur minimalis
https://wikihow.com

Salah satu yang sering menjadi masalah yang banyak dialami pemilik rumah dalam mendesain area dapur adalah sempitnya atau minimnya lahan.

Rumah minimalis yang memiliki luas sangat terbatas, maka secara tidak sadar membuat ruangan dapur juga sangat kecil, hal inilah yang menjadikan banyak pemilik rumah kesulitan dalam mendesain area dapur.

Terlebih lagi untuk membuat ruangan dapur yang nyaman ternyata dibutuhkan biaya yang lebih. Desain Model Dapur Sederhana menjadi salah satu jalan untuk menghemat biaya.

Banyak keluarga muda yang baru menikah memilih untuk membeli rumah minimalis baik type 36 atau 54. Hal ini menunjukkan bahwa semakin banyak pula yang kesulitan dalam mendesain area dapur dengan lahan yang kecil.

Tetapi, memiliki dapur dengan desain yang minimalis di ruang sempit bukanlah hal yang tidak mungkin. Dari beberapa ukuran dapur minimalis, 3 luas dapur yang populer digunakan yakni dapur berukuran 2×2, 2×3, dan 3×3 meter persegi.

Ketiga ukuran tersebut sering menjadi bahan pencarian para pemilik rumah, selain karena ukuran luas rumah yang tidak terlalu luas, desain dengan ukuran di atas juga tergolong sebagai desain dapur minimalis.

Baca artikel terkait : Teras Rumah Minimalis

Desain Dapur Minimalis Ukuran 2×2

desain dapur minimalis
hipwee.com

Dengan ukuran dapur yang sempit, penggunaan kitchen set akan sangat berpengaruh untuk menjadikan ruang dapur terlihat lebih luas . Anda bisa menyimpan peralatan dapur Anda kedalam kitchen set, sehingga area dapur terlihat lebih rapi dan ruang menjadi luas.

Desain Dapur Minimalis Ukuran 2×3

desain dapur minimalis

Desain dapur minimalis ukuran 2×3 juga cukup populer digunakan pada rumah minimalis.

Dengan lahan dapur seluas 2×3 meter, Anda bisa menggunakan tips pencahayaan dan mengatur sirkulasi yang bagus untuk mendapatkan efek ruang dapur yang lebih luas.

Dengan memanfaatkan pencahayaan dan kombinasi desain minimalis, bisa menjadi solusi yang baik untuk meningkatkan efek area dapur yang luas.

Berikutnya, ukuran dapur 2×3 meter persegi bisa terasa lebih lapang apabila Anda mampu menata sirkulasi udara di area dapur dengan baik. Pastikan udara yang masuk dan keluar bisa mengalir dengan lancar.

Oleh karena itu, jendela dan ventilasi harus berfungsi dengan baik agar udara di dalamd apur bisa terus bersirkulasi. Suasana dapur yang berisi udara segar akan meningkatkan efek area dapur yang lebih luas.

Baca artikel Terkait : Rak TV Minimalis

Desain Dapur Minimalis Ukuran 3×3

desain dapur minimalis
warungkopi.okezone.com

Dapur berukuran 3×3 meter persegi bisa digolongkan sebagai dapur yang cukup luas.

Agar dapur memiliki efek lebih luas lagi, Anda bisa memanfaatkan perabotan multifungsi untuk dapur Anda. Selain itu usahakan untuk tidak menempatkan semua peralatan di dalam dapur.

Perabotan lain yang sekiranya tidak sering digunakan, bisa dipindahkan ke gudang agar bisa lebih hemat ruang. Opsi lain, jika memang dirasa terlalu besar, maka tidak ada salahnya jika Anda membuat dapur Anda menjadi dapur multifungsi, misalnya dapur menjadi satu dengan ruang makan.

Baca artikel Terkait : Rak Dinding Minimalis

Cara Untuk Membuat Dapur Sederhana Dan Murah

desain dapur minimalis

Pertama

Untuk memulai mendesain Model Dapur Sederhana dan murah adalah dengan memprediksi kitchen set apa saja yang akan kita gunakan untuk dapur kita nanti.

Karena ukuran ruang dapur yang akan Anda buat tidak begitu besar maka jangan simpan lemari dengan ukuran besar layaknya lemari es.

Desain model dapur sederhana tidak membutuhkan banyak barang, apalagi barang yang berukuran besar, yang ada hanya akan membuat dapur menjadi sempit.

Solusinya untuk menyimpan peralatan masak dan bumbu sebaiknya memakai laci dapur atau memakai kabinet yang ditempel di dinding/lemari gantung.

Perhatikan Warna Cat

Dalam mendesain dapur sederhana, Anda bisa memakai warna cat yang benar-benar terang. Usahakan jangan memakai banyak warna cat, gunakan satu warna cat saja agar terlihat sehari dengan suasana dapur beserta perabotanya.

Gunakan Sudut Ruangan

Perabot dapur yang ukuranya benar-benar besar bisa Anda tempatkan di anggota sudut ruangan. Kesan dari desain model dapur sederhana adalah simple dan tidak ramai.

Satu set meja dan kursi di dalam dapur minimalis kebanyakan berukuran kecil untuk menyesuaikan luas dapur.

Pasang Ventilasi

Hal terakhir yang mesti diperhatikan adalah pemasangan ventilasi. Tidak harus memasang ventilasi berukuran besar, tetapi ukuran kecil saja tetap bisa mensirkulasi hawa di dalam dapur, sehingga hawa tidak terasa pengap.

Baca artikel terkait : Desain Taman Minimalis

Tips Menjaga Kebersihan Dapur

peralatan dapur
kompasiana.com

Dapur merupakan salah satu ruangan penting di setiap rumah yang kebersihanya harus selalu dijaga. Di ruangan ini, makanan dan minuman untuk keluarga diproses sehingga Anda harus benar-benar menjaga kebersihan ruangan yang satu ini.

Selain mencuci piring dan peralatan masak yang kotor setiap sehabis memasak, Anda juga harus menjaga kebersihan dapur dengan membersihkanya setiap hari.

Dapur yang bersih memiliki manfaat bagi kesehatan Anda sekeluarga. Namun dengan banyaknya pekerjaan rumah yang harus dilakukan dalam satu hari, Anda mungkin terlalu lelah untuk membersihkan dapur.

So, agar dapur selalu bersih, berikut ini ada tips cara cepat membersihkand apur yang bisa jadi referensi Anda semua.

1. Cuci Peralatan Masak

model dapur minimalis

Setelah selesai memasak, segera cuci semua peralatan masak yang tadi digunakan. Jangan menunda untuk mencuci peralatan masak yang kotor karena noda yang tertinggal akan semakin sulit dihilangkan jika menundi untuk mencucinya.

Cucilah dengan sabun cuci yang mengandung jeruk nipis yang sangat ampuh membersihkan berbagai kotoran, mengangkat minyak dan menghilangkan bau yang membandel. Setelah dicuci, keringkan peralatan masak dan simpan ke tempatnya masing-masing.

2. Bersihkan Area Kompor

dapur minimalis sederhana

Jangan lupa untuk membersihkan daerah kompor dari noda tumpahan makanan, cipratan minyak dan kerak gosong yang mungking ada di tungkunya. Pertama-tama, perhatikan bagian tungku kompor gas apakah ada sisa makanan yang jatuh ke dalamnya dan menjadi gosong.

Angkat dudukan kompor gas dan bersihkan dari kerak maupun gosong. Jika sudah bersih, letakkan kembali dudukan kompor tadi dan lap permukaan kompor hingga bersih. Perhatikan pula keadaan dinging dekat kompor. Jika kotor, bersihkan segera dengan cairan pembersih.

3. Bereskan Meja Makan

dekorasi dapur

Setelah menyantap makanan bersama keluarga, rapikan meja makan dari berbagai piring, sendin dan mangkuk yang kotor. Sisihkan peralatan makan yang kotor ke tempat cuci piring.

Jika ada makanan yang tersisa, masukkan ke dalam wadah tertutup dan simpan di dalam kulkas. Jika makanan yang tersisa hanya sedikit, buang sisa makanan ke tempat sampah terlebih dahulu sebelum mencuci peralatan makan.

Selain untuk memudahkan proses pencucian piring nantinya, membuang sisa makanan di tempat sampah juga akan mencegah saluran cuci piring menjadi mampet. Setelah itu, lap meja agar bersih dari kotoran dan sisa makanan.

4. Bersihkan Bak Pencuci Piring

model kitchen set minimalis

Setelah selesai mencuci piring kotor sehabis masak maupun makan, jangan lupa juga untuk membersihkan bak pencuci piring. Tanpa Anda sadari, kotoran lemak dan sisa makanan bisa menumpuk di permukaan bak cuci pring maupun keran air.

Anda juga busa menggunakan pembersih yang mengandung jeruk nipis untuk membersihkan tempat cuci piring Anda.

5. Menyapu dan Mengepel Dapur

dapur mini

Jika semua permukaan dapur sudah di lap dan dibersihkan, selanjutnya adalah menyapu dan mengepel lantai dapur sehingga bersih. Sapu dan pel lantai dapur dengan seksama dan perhatikan juga bagian bawah lemari kabinet maupun meja makan.

Selain untuk menghilangkan debu dan kotoran, menyapu dan mengepel lantai juga penting untuk menghilangkan sisa makanan yang mungkin jatuh ke lantai agar tidak mengundang serangga untuk datang ke dapur.

6. Buang Sampah

dapur idaman

Jangan lupa juga untuk selalu mengosongkan tempat sampah yang ada di dapur setiap harinya. Buang sampah ke luar rumah untuk menghindari penyebaran kuman dan bakteri di dapur yang berasal dari sampah. Selain itu, buang sampah secara teratur juga menghindarkan dapur Anda kedatangan tamu tak diundang seperti semut dan kecoa yang bisa menjadi membuat dapur kotor dan tidak higienis.

7. Memperbaiki Kerusakan

interior dapur

Jika Anda memeriksa secara seksama, pasti sempat Anda temukan peralatan atau bagian dapur yang mengalami kerusakan tertentu. Hal ini harus segera diatasi untuk mencerminkan bahwa Anda adalah orang yang tanggap akan sesuatu.

Memeriksa bagian langit-langit, selang gas, dan kabel-kabel listrik yang ada di sudut dapur, akan sangat membantu agar saat anda memasak nanti menjadi lebih aman dan nyaman.

Terkadang kita tidak bisa menyadari kerusakan yang terjadi di sudut dapur yang kecil.

Pemeriksaan secara berkala setiap bulan akan menghindarkan kita dari pengeluaran besar yang mendadak untuk perbaikan. Tentu saja hal itu haru di imbangi dengan pemilihan perabotan yang awet dan perhitungan mengenai ongkos tukang.

Saranya, bisa memperbaiki sendiri akan lebih baik dan berhemat. Bagian-bagian yang seringkali mengalami kerusakan adalah bigian tembok yang lembab karena suhu udara di dapur memang demikian.

Oleh sebab itu, desain dapur minimalis dengan penempatan ventilasi yang tepat serta selalu bebas dari endapan minyak sisa memasak adalah yang terbaik untuk menjaga dapur tetap segar.

8. Menambah Sentuhan Seni

model dapur cantik

Ada banyak cara untuk mempercantik dapur Anda. Bagi Anda yang bingung bagaimana sih menambah sentuhan seni di dapur itu?

Nah, kalo soal menambah seni itu tergantung loh, mungkin anda bisa mendesain dapur Anda dengan tema yang sesuai dengan hobi atau warna-warna favorit Anda.

Tentunya Anda juga bisa menambahkan beberapa foto keluarga, lukisan-lukisan cantik, ukiran patung, atau bahkan anda juga bisa menaruh meja makan Anda di dapur agar menjadi multifungsi nantiya.

Dapur membutuhkan sentuhan hangat dan ramah seperti motif pemandangan atau buah-buahan yang akan membuat pemilik rumah merasa nyaman dan aman.

9. Sangat Disarankan Menggunakan Cooker Hood

ukuran kitchen set

Cooker hood sangat disarankan terpasang di dapur, dan pilih cooker hood yang sesuai dengan gaya dapur yang akan dibangun.

Jangan tunggu dapur jadi terlebih dahulu lalu sibuk memilih cooker hood yang cocok karena besar kemungkinan perlu modifikasi tambahan baik di area dapur maupun di cooker hood itu sendiri.

Cooker Hood sangat berguna untuk menghisap bau tidak sedap dan asap yang dihasilkan dari proses memasak guna memastikan ruangan tetap segar.

Cooker hood dsangat disarankan untuk tipe dapur indoor terlebih tidak adanya akses langsung ke jendela.

10. Saluran Air Kitchen Sink Lancar

desain kitchen set

Selalu pastikan saluran air kitchen sink lancar, hal ini perlu dijaga karena sampah sisa makanan seringkali menyumbat saluran airnya. Jika tersumbat maka berpotensi membusuk sehingga menimbulkan bau tidak sedap.

Gunakan soda kue dan cuka lalu air panas untuk membersihkan jika saluran air sink dirasa mulai tersumbat. Jangan lupa untuk selalu menempatkan penyaring di lubang pembuatan kitche sink sehingga sampah sisa makanan yang berukuran kecil langsung tersaring terlebih dahulu sebelum masuk ke saluran air sink.

11. Pengelolaan Sampah Modern

ukuran kitchen set

Limbah dapur pasti terdiri dari dua kategori yaitu limbah sampah kering dan basah. Untuk itu diperlukan manajemen sampah yang baik dengan cara memisahkan kedua tipe sampah tersebut dalam masing-masing tempat sampah.

Gunakan juga tempat sampah yang berpenutup untuk menghindari adanya kecoa atau serangga lainya bahkan tikus. Untuk menetralisir bau saat sampah masih di area dapur, gunakan jeruk lemon dan letakkan di tempat sampah dapur.

12. Rawatlah Peralatan Memasak

kitchen set sederhana

Peralatan masak kadang hanya dicuci ala kadarnya dan tidak dibersihkan dengan baik setiap hari sehingga noda bekas kompor atau masakan tetap melekat. Lakukan pembersihan alat-alat masak setiap seminggu sekali dan pastikan noda gosong atau bekas masakan hilang.

Sedikit tips, untuk membantu menghilangkan noda, kamu bisa merendam alat masak dalam air hangat yang di campuri baking soda selama semalaman. Setelah dibersihkan keringkan peralatan memasak dan gantunglah ditempat yang kering.

13. Merawat Pisau Dan Papan Pemotong

ruang dapur sederhana

Agar dapur tetap bersih dan rapi, jangan lupa untuk merawat pisau yang kamu miliki karena pisau yang berkarat dan kotor tentunya akan membuat makanan menjadi terkontaminasi.

Selain itu, papan pemotong sayuran atau daging juga harus dirawat agar terlihat bersih dan rapi. Caranya adalah dengan mengoleskan minyak pada papan tersebut. Hal ini akan membuat papan pemotong lebih awet dan kamu tidak perlu mengganti perkakas setiap bulan atau sesering mungking.

14. Susun Perkakas Dapur

kitchen set sederhana

Dapurmu akan terlihat lebih rapi jika kamu bisa menyusun peralatan masak ditempat yang semestinya atau menyimpanya didalam kabinet agar tidak terlihat.

Susunlah dengan baik peralatan memasak dari yang sering digunakan dan yang jarang digunakan. Atur juga sesuai besar kecilnya agar peralatan masak yang kecil tidak terselip diantara peralatan masak yang lain dan mudah ditemukan.

15. Kebiasaan Masak Yang Bersih

dapur sederhana dan rapi

Memiliki kebiasaan memasak yang baik juga akan membuat dapur terlihat lebih bersih dan rapi misalnya saja selalu meletakkan bahan-bahan masakan dalam wadah dan menyiapkan wadah untuk membuang sisa-sisa bahan makanan tersebut sebelum dibuang ketempat sampah.

Melakukan aktifitas memasak disuatu area tertentu, menggunakan apron, serta meletakkan kembali toples atau wadah penyimpanan bumbum ditempatnya segera setelah digunakan bisa jadi beberapa cara agar kamu tidak terlalu repot membersih kan dapur setelah memasak.

Dengan rajin dibersihkan, dapur minimalispun akan dapat terwujudkan. Dapur yang sehat tentu akan berimbas pada terjaganya kesehatan Anda sekeluarga. Meski terkadang melelahkan, jangan biarkan dapur Anda kotor tanpat dibersihkan.

Gambar Desain Dapur Minimalis

dapur minimalis sederhana

Mendesain dapur sesui keinginan sangatlah penting, tetapi kita juga membutuhkan dong yang namanya referensi untuk model desain dapur minimalis kita tentunya.

Memang sih mendesain dapur minimalis itu tidak bisa asal-asalan, karena desain dapur minimalis itu harus seminimalis mungkin ketika jadi nanti.

Salah satu ciri yang membedakan desain dapur minimalis dengan model dapur yang lain adalah penggunaan interior dapur yang material finishignya lebih banyak menggunakan HPL atau High Pressure Laminate.

Bahan ini memberikan kesan sederhana, namun terlihat ringkas dan hemat tempat. Ini yang membedaka model dapur klasik yang menggunakan bahan material berbeda dapur minimalis lebih terlihat rapi dan bersih.

ruang dapur
hamparan.net
gambar dapur sederhana
hamparan.net
contoh dapur minimalis
hamparan.net
contoh dapur minimalis
hamparan.net
contoh dapur minimalis
hamparan.net
contoh dapur minimalis
hamparan.net
model dapur sederhana
hamparan.net
model dapur sederhana
hamparan.net

Hai sahabat Hamparan! Jadi bagaimana menurut kalian mengenai dapur minimalis ini? Menarik bukan! Ayo cobalah untuk membuat dapur dirumah anda menjadi dapur seminimalis mungkin tetapi tetap memiliki nilai keindahan dan kemewahan.

Mungkin sekian informasi dari kami yang bisa disampaikan terkait Desain Dapur Minimalis beserta tips-tipsnya, dan jangan lupa untuk share artikel kami ya, semoga bermanfaat!

 

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.