40+ Contoh Alat Musik Tradisional Sumatera & Cara Bermainya [Lengkap]

Contoh Alat Musik Tradisional – Indonesia merupakan sebuah negara yang mempunyai sejuta ragam budaya di dalamnya, mulai dari sebuah ragam bahasa, budaya, dan acara adat istiadat. Kekayaan itu budaya yang kita punya sangatlah banyak mulai dari seni budaya tari, dan juga seni musiknya.

Penggunaan kedua seni itu sangatlah kompleks hingga menjadikan sebuah kesenian daerah yang sangat elok dilihat. Dalam hal lain nama Indonesia sendiri dikenal sebagai salah satu negara yang memiliki banyak sekali kesenian tradisional.

Akan tetapi kali ini saya akan membahas lebih dalam tentang seni musik tradisional yang berada di daerah di Indonesia. Karena kayanya Indonesia dengan keunikanya, tak lupa juga keikut sertaan seni musik di dalamnya juga, tidak kalah dengan alat musik modern pada zaman sekarang.

Dalam alat musik tradisional pun juga memiliki banyak jenisnya, mulai dari alat musik tradisional berjenis alat musik petik, ada juga alat musik tradisional yang di pukul, serta ada juga alat musik tradisional yang di tiup. Sekaligus juga dalam penggunaan alat musik tradisional ini juga mengenal istilah alat musik ritmis, alat musik harmonis, alat musik melodis dengan bentuk yang lebih tradisional berbeda dengan alat musik modern.

Di hampir setiap daerah di Indonesia pada umumnya memiliki sebuah lagu daerah dan juga seni tari. Kedua kesenian itu di satu padukan dengan lantunan musik daerah yang khas.

Akan tetapi pada generasi sekarang kebudayaan tradisional tersebut sudah mulai luntur dan bergeser dengan kebudayaan asing. Bahkan juga tak sedikit yang melupakan budaya khasnya sendiri, dan hanya segelintir orang saja yang masih melestarikanya.

Jika di tanya apakah bisa memainkan alat musik tradisional khas daerahnya pasti kebanyakan tidak bisa bahkan malah tidak mengerti alat musik apa yang ada di daerahnya.

Maka dari itu dalam seni musik ini saya akan membahas lebih dalam terkait alat musik tradisional di Indonesia. Serta contoh alat musik tradisional di berbagai daerah di Indonesia.

Untuk selengkapnya silahkan di simak.

JENIS ALAT MUSIK TRADISIONAL INDONESIA

Hampir sama dengan apa yang kita pelajari pada pelajaran di sekolah bahwasanya dalam negara Indonesia ini memiliki 34 provinsi. Dan masing-masing provinsi memiliki alat musiknya masing-masing dan juga mempunyai sebuah kesenian yang berbeda satu sama lainya.

Jika di hitung-hitung hampir ada ratusan jenis alat musik daerah yang ada di negara kita ini.  Jadi bagi kamu yang peduli dengan kesenian kebudayaan Indonesia terutama kesenian musik tradisional.

Alangkah baiknya kamu mengerti nama dan daerah asal dari alat musik daerah tersebut, agar nantinya bisa kita wariskan budaya nenek moyang ini kepada anak cucu kita.

Di bawah ini penjelasan lengkap alat musik tradisional Sumatera beserta cara memainkanya.

CONTOH ALAT MUSIK TRADISIONAL ACEH

Dalam daerah Aceh budaya Melayu dan budaya islam yang mengalami akulturasi dengan budaya lokal yang menjadikan sebuah budaya unik yang kental pada masyarakat Aceh.

Dalam akulturasi ini bukan hanya mempengaruhi bentuk dari rumah adat aceh dan baju adatnya, akan tetapi juga mempengaruhi alat musik tradisionalnya.

Berikut ini penjelasan serta contoh alat musik tradisional Aceh :

1. ALAT MUSIK TRADISIONAL ACEH ARBAB

contoh alat musik tradisional aceh
imgrum.org

Contoh alat musik tradisional dari aceh yang pertama adalah arbab. Arbab adalah alat musik yang dimainkan dengan cara di gesek. Jika di lihat alat musik ini hampir seperti alat musik rebab.

Dalam segi pembuatanya arbab ini bisa dikatakan sebuah alat musik yang unik karena di buat dari batok kelapa, kayu, dawai, dan kulit kambing. Alat yang digunakan untuk membunyikanya berupa busur yang terbuat dari rotan dan serta tumbuhan yang biasa disebut dengan go arbab.

alat musik arbab ini termasuk sebagai alat musik melodis, sebab dari alat ini menghasilkan nada tertentu tergantung cara memainkanya. Penggunaan arbab ini sering kali di mainkan sebagai pengiring dari lagu hikayat kuno.

Akan tetapi arbab ini sudah mulai banyak berkurang karena hilangnya minat generasi muda dan beralih menuju alat musik modern.

2. ALAT MUSIK BANGSI ALAS

contoh alat musik tradisional
bamboo.ichsany.com

Bangsi sebutan biasanya dari alat musik ini, bangsi atau bangsi alas ini merupakan salah satu alat musik dari aceh yang cara memainkanya dengan cara di tiup. Terbuat dari bambu dengan 7 lubang dengan nada yang berbeda di setiap lubangnya.

Bengsi ini merupakan salah satu alat musik ritmis tradisional yang digunakan juga sebagai pengiring lagu-lagu daerah.

3. ALAT MUSIK DAERAH ACEH CANANG

contoh alat musik tradisional

Canang merupakan sebuah alat musik tradisional khas aceh yang memiliki bentuk seperti keong. instrumen musik ini terbuat dari bahan dasar kuningan, alat musik ini sering sekali di jumpai dalam kehidupan masyarakat suku Aceh, Gayo, Alas, dan Tamiang.

Akan tetapi dari setiap daerah tersebut memiliki sebutan tersendiri bagi alat musik ini. Semisal di Aceh disebut sebagai “canang trieng”, di Gayo menyebutnya “teganing”, di Alas disebut dengan ” kecapi olah”, dan sedangkan masyarakat Tamiang sendiri menyebutnya “kecapi”.

Canang ini merupakan salah satu contoh alat musik tradisional yang memiliki nada melodis, pemakain dari alat musik ini biasanya digunakan untuk mengisi waktu senggang dan ketika liburan atau bisa juga untuk hiburan ketika bekerja.

4. CONTOH ALAT MUSIK TRADISIONAL ACEH BEREGUH

contoh alat musik tradisional
alatmusikindonesia.com

Alat musik tradisional bereguh ialah sebuah alat musik tiup khas Aceh yang terbuat dari tanduk kerbau. Fungsi utama alat musik ini bukanlah sebagai sarana hiburan, akan tetapi sebagai saran komunikasi antar masyarakat Aceh pada zaman dahulu.

Karena pada zaman dahulu penduduk dari Aceh sendiri berjarak jauh setiap rumahnya karena bertempat tinggal di hutan.

ALAT MUSIK CELEMPONG

contoh alat musik tradisional
dhayattoni80.blogspot.co.id

Telempong atau celempong ini pada dasarnya merupakan sebuah alat musik yang mungkin semua masyarakat melayu dan nusantara sudah mengenalnya. Celempong ini merupakan salah satu contoh alat musik tradisional yang merupakan  jenis musik perkusi dari Aceh dengan ukuran dan bentuk nada yang beragam.

Alat musik telempong ini menggunakan pemukul khusus agar suara atau nada yang di keluarkan terdengar nyaring, seta alat musik yang satu ini termasuk contoh alat musik tradisional yang menghasilkan nada melodis.

6. ALAT MUSIK TRADISIONAL ACEH GEUNDRANG

contoh alat musik tradisional
www.tradisikita.my.id

Selanjutnya geundrang juga disebut dengan nama genderang. Alat musik yang memiliki bentuk seperti sebuah gendang pada umumnya. Cara memainkan alat musik tradisional ini dengan cara dipukul bagian dari tengah alat musiknya baik menggunakan tangan maupun pemukul khusus.

Fungsi dari alat musik ini adalah sebagai pengatur tempo dari musik dan alunan nada pada sebuah pertunjukan orkestra serunee kalee.

Genderang ini merupakan salah satu jenis musik ritmis tradisional yang menjadi salah satu musik pelengkap khas suku Aceh.

7. ALAT MUSIK RAPAI ATAU REBANA

contoh alat musik tradisioanl
alatmusikindonesia.com

Alat musik tradisional Aceh yang selanjutnya adalah rapai. Sama seperti alat musik rebana pada umumnya. Rapai ini merupakan salah satu jenis instrumen alat musik ritmis yang terbuat dari bahan kayu dan kulit sapi. Alat musik ini dimainkan dengan cara di pukul agar mengeluarkan nada yang nyaring.

8. ALAT MUSIK SERUNE KALEE

Mungkin diantara alat musik Aceh yang lainya serune kalee mungkin lebih sering di kenal oleh masyarakat pada umumnya. Serune kalee ini adalh sebuah alat musik yang memiliki sebuah bentuk seperti terompet atau klarinet dan cara memainkan alat musik ini juga sama dengan di tiup.

CONTOH ALAT MUSIK TRADISIONAL SUMATERA BARAT

Alat musik tradisional yang selanjutnya adalah dari Sumatera Barat. Jadi dalam kumpulan alat musik di Sumatera Barat ini karena masih begitu dekat dengan Provinsi Aceh menjadikan beberapa alat musik dari Sumatera Barat ini sama dan hanya berganti nama saja.

Berikut ini beberapa contoh alat musik tradisional dari Sumatera Barat:

1. TALEMPONG

contoh alat musik tradisional
wikipedia.org

Alat musik talempong merupakan alat musik yang tersusun dari beberapa gong berbentuk kecil dan memiliki ukuran yang beraneka ragam. Alat musik ini terbuat dari kuningan. Bisa dikatakan alat musik talempong ini hampir sama dengan alat musik dari Pulau Jawa yaitu Bonang.

Penggunaan alat musik ini biasanya digunakan untuk memperingati upacara adat setempat.

2. BANSI

contoh alat musik tradisioanl
twitter.com

Alat musik tradisional bansi ini merupakan alat musik khas daerah Minang, Sumatera Barat yang terbuat dari bambu. Memiliki 7 lubang yang yang dalam setiap lubangnya mempunyai nada dan yang berbeda. Bansi ini merupakan sebuah alat musik tiup dan juga alat musik ritmis.

Alat musik ini merupakan salah satu alat musik minang yang mudah untuk di mainkan.

3. SALUANG

contoh alat musik tradisional
www.kamerabudaya.com

Alat musik yang selanjutnya adalah saluang, alat musik ini merupakan alat musik tiup. Bentuk dari alat musik hampir saja menyerupai sebuah suling hanya saja pada saluang ini hanya memiliki 4 lubang yang menghasilkan bunyinya.

Uniknya alat musik ini bisa di mainkan dengan meniup maupun menarik nafas akan tetap menghasilkan bunyi layaknya alat musik harmonika.

4. GENDANG TABUIK

contoh alat musik tradisional
putravitophank.wordpress.com

Gendang tabuik ini merupakan salah satu alat musik dari masyarakat Provinsi Bengkulu dan Sumatera Barat. Alat musik ini dikenal sebagai salah satu alat musik yang sakral.

Alat musik ini hanya di mainkan ketika peringatan beragama yang di laksanakan setahun hanya sekali.

5. SERUNAI

contoh alat musik tradisional
dunia-kesenian.blogspot.co.id

Jika kamu serunai merupakan salah satu alat musik khas Sumatera Barat yang digunakan sebagai sarana hiburan bagi masyarakat minang. Suara yang dihasilkan dari alat musik ini melengking dan sangat merdu.

Penggunaan alat musik ini bukan hanya untuk hiburan saja, akan tetapi juga digunakan untuk upacara adat sperti awal tanam padi, pesta pane, dan masih banyak lagi yang lainya.

6. PUPUIK TANDUAK

contoh alat musik tradisional
IndonesiaKaya.com

Jika kalian tahu alat musik Aceh bereguh, alat musik papuik tanduak ini sangatlah memiliki kemiripan.

Alat musik ini terbuat dari tanduk kerbau, alat musik ini dimainkan dengan cara di tiup. Papuik tanduak ini di manfaatkan sebagai sarana untuk pemberi isyarat bagi masyarakat kampung. Semakin keras peniupan alat musik ini, semakin melengking juga musik yang di hasilkan.

7. ALAT MUSIK TRADISIONAL TAMBUA

contoh alat musik tradisional
infopublik.id

Tambua atau juga disebut dengan tambur ini merupakan salah satu contoh alat musik Sumatera Barat yang berbentuk seperti gendang besar. Membran yang dipukul untuk menghasilkan suara ini terbuat dari kulit kambing.

Cara memainkan alat musik ini dengan di pukul, biasanya memainkan alat musik ini di mainkan beramai-rami atau berkelompok. Alat musik ini gunakan sebagai acara perayaan adat.

8. PUPUIK BATANG PADI

contoh alat musik tradisional
DetikOne.com

Alat musik papuik batang padi ini sebenarnya adalah alat musik yang terbuat dari batang padi dan juga daun padi. Sebenarnya alat musik ini digunakan untuk para petani yang sedang Minang yang sedang bersantai karena bekerja memanen padi.

Cara memainkan alat musik ini adalah dengan di tiup atau di sedot melewati lubang yang terbuat dari ruas padi yang dipilin.

CONTOH ALAT MUSIK TRADISIONAL SUMATERA UTARA

Yang selanjutnya adalah penjelasan lengkap contoh alat musik tradisional dari Sumatera Utara. Berikut ini penjelasan lengkapnya :

1. ARAMBA

contoh alat musik tradisional
alatmusikindonesia.com

Alat musik aramba merupakan sebuah alat musik yang dimainkan ketika ada sebuah acara pernikahan. Aramba ini merupakan alat musik melodis yang terbuat dari logam kuningan atau perunggu. Selain itu juga alat musik ini diyakini sebagai alat musik yang berasal dari Nias.

2. DOLI-DOLI

contoh alat musik tradisional
www.museum-nias.org

Alat musik doli-doli ini merupakan sebuah alat musik yang unik. Jika dilihat secara sekilas saja mungkin kebanyakan orang pasti menyangka seperti alat musik balera. Tetapi alat musik ini sangatlah berbeda.

Dalam masyarakat Melayu alat musik ini bisa saja di sejajarkan dengan alat musik kolintang. Dalam doli-doli ini terbuat dari kayu yang di potong dari ukuran yang besar hingga mengecil untuk menemukan nada yang nyaring.

Alat musik ini dimainkan bersamaan dengan alat musik tradisional Sumatera Utara yang lainya seperti aramba dan pakpak.

3. CONTOH ALAT MUSIK TRADISIONAL DRURI DANA

contoh alat musik tradisiona;
alatmusikindonesia.com

Druri dana merupakan sebuah alat musik yang terbuat dari bambu yang dibentuk dan di potong sedemikian rupa agar bisa berbunyi. Alat ini dibunyikan dengan cara di pukul.

Suara yang dikeluarkan sangat unik dan nyaring, biasanya alat musik ini dimainkan ketika sedang bersantai sebagai sarana hiburan ketika sedang bosan. Sering juga alat musik ini digunakan sebagai alat musik pelengkap ketika upacara adat Minang.

ALAT MUSIK TRADISIONAL FARITIA

contoh alat musik tradisional
alatmusikindonesia.com

Jika dilihat-lihat alat musik ini merupakan sebuah alat musik yang seperti gamelan dari Jawa atau seperti talempong yang berasal dari Aceh. Sama halnya dengan beberapa alat musik di atas, alat musik tradisional ini terbuat dari kuningan.

Faritia ini digolongkan sebagai alat musik idiophone karena menghasilkan sebuah nada yang nyaring dari sebuah getaran.

Cara memainkan dari alat musik ini dengan cara di pukul, alat pemukul yang digunakan untuk membunyikan disebut dengan simalambuo.

5. CONTOH ALAT MUSIK TRADISIONAL GARANTUNG

contoh alat musik tradisional
PictaStar.com

Alat musik ini berasal dari Batak Toba tepatnya, alat musik ini terbuat dari kayu yang di potong dan di susun secara rapi 5 hingga 7 bilah. Di setiap nada kayu yang di susun tersebut memiliki nada tersendiri.

Bisa dikatakan gerantung ini adalah contoh alat musik tradisional yang tergolong dalam kelompok xylophone karena nada tersebut keluar dari sebuah batang yang di pukul.

6. ALAT MUSIK TRADISIONAL GONRANG

contoh alat musik tradisioana
alatmusikindonesia.com

Gonrang adalah sebuah alat musik khas kesenian dari masyarakat Sumalungan. Gonrang ini tersendiri dari beberapa instrumen yang setiap alat musiknya memiliki sebuah makna di dalamnya.

Alat musik gonrang ialah alat musik yang sangat lekat dengan upacara adat dari kebudayaan Simalungun, karena alat musik ini memiliki nilai yang bersifat sakral.

Akan tetapi lambat laun peminat dari alat musik ini semakin lama semakin menurun. Karena banyak orang yang sudah mulai berpindah kepada alat musik modern yang dianggap lebih bagus.

7. ALAT MUSIK TRADISONAL GORDANG

contoh alat musik tradisioanl
IndonesiaKaya.com

Jika di atas tadi alat musik gonrang, yang satu ini hampir sama dari segi bentuk dan juga cara membunyikanya yaitu alat musik tradisional gordang.

Alat musik yang cara membunyikanya dengan di pukul ini merupakan sebuah instrumen musik yang terdiri dari 9 gendang.

Penggunaan alat musik yang satu ini biasanya digunakan untuk upacara adat seperti pernikahan, penyambutan, bahkan juga acara kematian.

8. GENDANG SINGANAKI

Alat musik gendang singanaki ialah sebuah alat musik yang terbuat dari kayu dan kulit hewan. Gendang ini merupakan sebuah alat musik yang sangat khas dai daerah Batak Karo.

Dalam satu alat musik ini terdiri dari 2 bagian yang berbeda, yang pertama panganaki dan anak gendangnya yang disebut dengan gerantung enek-enek. cara memainkan alat ini menggunakan sebauh alat pemukul.

Gendang singanaki ini memiliki sebuah fungsi sebagai alat penentu dari sebuah ritme sebuah esembel musik. Alat musik ini dimainkan dengan bersama alat musik yang lainya. Biasanya di mainkan dalam sebuah acara yang bernuansa relegi atau guro-guro aron.

9. ALAT MUSIK TRADISIONAL GENDANG SISIBAH

Gendang sisibah yaitu alat musik yang termasuk contoh alat musik tradisional melodis. Gendang ini memiliki 9 instrumen alat musik, dengan cara membunyikanya menggunakan pemukul khusus.

Penggunaan gendang ini biasanya dilakukan ketika upacara adat seperti acara pernikahan maupun acara kematian.

Bisa dikatakan bahwa alat musik gendang sisibah ini adalah sebuah esembel musik dari Sumatera Utara tepatnya dari Pakpak.

10. ALAT MUSIK PENGANAK

contoh alat musik tradisional
dahinta.blogspot.co.id

Penganak ini merupakan salah satu jenis alat musik idiophone yang mengeluarkan sebuah nada yang merdu dari getaran. Jika dilihat penganak ini hampir sama dengan alat musik gong, akan tetapi perbedaan diantaranya adalah dari segi ukuran dan diameternya.

11. ALAT MUSIK HAPETAN ATAU HASAPI

contoh alat musik tradisional
alatmusikindonesia.com

Mungkin kebanyak orang sudah menganal apa yang disebut dengan alat musik hapetan ini. Hapetan ini merupakan sebuah alat musik petik sejenis dengan alat musik kecapi dari daerah Tapanuli.

Alat musik daerah Tapanuli ini pada dasarnya dimainkan layaknya gitar tradisional yang lainya. Hapetan ini memiliki 2 jenis alat musik yaitu jenis hasapi ende dan hasapi doal.

12. CONTOH ALAT MUSIK TRADISIONAL OLE-OLEH

contoh alat musik tradisional
thepicta.com

Ole-ole adalah sebuah contoh alat musik tradisional tiup yang berasal dari Sumatera Utara. Jika di Sumatera Barat memiliki alat musik dari batang padi yang bernama papuik batang padi, sama halnya dengan Sumatera Utara ini yaitu alat musik ole-ole ini.

Alat musik ini juga bisa dibuat dari daun kelapa maupun enau, Alat musik ole-ole ini bisa dikatakan sebagai termasuk alat musik bersifat instrumen melodis.

Biasanya alat musik ini digunakan sebagai sarana hiburan masyarakat ketika sedang bekerja di ladang atau ketika di rumah.

13. ALAT MUSIK TRADISIONAL SUMATERA BARAT PANGGORA

 

Panggora adalah suatu alat musik yang sejenis dengan alat musik gong akan tetapi mempunyai bunyi yang unik. Pembunyianya menggunakan sebuah pemukul khusus, akan tetapi setelah di bunyikan panggora ini di redam menggunakan tangan.

Panggora ini merupakan sebuah alat musik yang terbuat dari logam dan besi, ukuran dari alat musik ini lebih besar dari alat musik aramba dan faritia.

14. ALAT MUSIK DAERAH SARUNE BOLON

contoh alat musik tradisional
www.wacana.co

Jika kalian tau alat musk klarinet atau alat musik seruling pasti kalian tidaklah asing dengan alat musik yang satu ini karena termasuk dengan alat musik tiup. Serune bolon ini terbuat dari logam dan memiliki 6 buah lubang sebagai tempat pengeluar nada melodi.

15. ALAT MUSIK TAGANING

contoh alat musik tradisional
wikipedia.org

Taganing  adalah salah satu jenis alat musik daerah Batak Toba. Alat musik ini hampir sama dengan gordang hanya saja ukuran dari taganing ini sangatlah bermacam-macam.

Alat musik taganing ini di mainkan 1-2 orang, dalam sebutan lainya taganing bisa disebut sebagai drum set melodis.

CONTOH ALAT MUSIK TRADISIONAL SUMATERA SELATAN

Di kutip dari sebuah buku yang berjudul “Terbangan : alat musik tradisional Sumatera Selatan”

Dengan pengarang: Sukanti

Diterbitkan : Departemen Pendidikan Nasional Wilayah Provinsi Sumatera Selatan tahun 1999.

Dari situ saya akan mencoba menjelasakan sedikit terkait contoh alat musik tradisional daerah Sumatera Selatan sebagai berikut :

1. ALAT MUSIK GENDANG OKU ATAU BURDAH

contoh alat musik tradisional
twitter.com

Burda atau bisa juga disebut dengan gendang oku merupakan sebuah alat musik sama seperti gendang yang memiliki ukuran besar. Alat musik ini terbuat dari sebuah kayu dan di kombinasi dari kulit hewan.

Sejarah singkat dari alat musik ini, karena dulunya di temukan dalam kebudayaan Ogan Komering Ulu, maka dari itu menjadikan alat musik ini disebut dengan genadang oku.

Umumnya burda ini di gunakan atau dimainkan pada sebuah acara ada sebagai salah satu alat musik ritmis tradisional. Cara untuk memainkan alat musik ini dengan ditepuk bagian membran bagian tengahnya menggunakan telapak tangan.

Acara-acara yang biasany sering memainkan gendang oku ini seperti upacara pernikahan dan acara sakral yang lainya.

2. ALAT MUSIK TENUN

contoh alat musik tradisional
ibnuasmara.com

Kenapa dinamakan alat musik tenun ? Sebab dahulunya alat musik ini di lantunkan ketika para wanita sedang melakukan kegiatan menenun kain. Sebab itu alat ini digunakan sebagai sarana hiburan ketika sedang mengalami kebosanan ketika sedang bekerja menenun dalam keseharianya.

Karena alat musik ini terbuat dari kayu, cara memainkanya pun juga cukup mudah hanya dengan memukul bagian-bagian tertentu untuk menghasilkan sebuah melodi yang indah.

3. ALAT MUSIK DAERAH SUMATERA SELATAN GAMBUS

contoh alat musik tradisional

Alat musik gambus mungkin lebih dikenal sebagai sebuah alat musik yang berasal dari Riau. Tetapi bukan berarti dari daerah lain tidak memiliki alat musik ini, dengan salah satu buktinya juga alat musik tradisional ini juga di mainkan oleh masyarakat suku Melayu di Sumatera Selatan.

Alat musik ini terbuat dari kayu dan dari gambus Palembang ini mempunyai enam dawai. Gambus ini di mainkan dengan cara di petik, selain mempunyai fungsi sebagai alat musik melodis, gambus ini ternyata juga memiliki sebuah fungsi sebagai alat musik harmonis tradisional.

4. ALAT MUSIK TRADISIONAL KENONG BASEMAH

contoh alat musik tradisional

Jika kalian belum mengetahuinya, alat musik kenong basemah ini berasal dari sebuah suku di Sumatera Selatan yaitu Suku Basemah. Instrumen dari kenong basemah ini hampir sama seperti kenong pada umumnya hanya saja ukuran dari kenong yang satu ini lebih kecil.

Kenong basemah ini terbuat dari bahan dasar kuningan, biasanya alat musik ini di mainkan bersama-sama dengan alat musik gamelan. Bisa di katakan kenong basemah ini sebagai contoh alat musik tradisional melodis yang berasal dari Sumatera Selatan.

5. ALAT MUSIK REBANA KHAS SUMATERA SELATAN

contoh alat musik tradisional
wwwpedulimuseum.blogspot.co.id

Alat musik yang satu ini merupakan sebuah alat musik tradisional hasil akulturasi dari budaya islam yang masuk pada masyarakat Melayu. Instrumen ini mungkin lebih umumbya dikenal dengan sebutan rebana.

Rebana ini biasanya terdiri dari 4 buah jumlah instrumen dan biasanya dimainkan bersama syair-syair keagamaan, dan juga sering ada dalam upacara adat seperti pernikahan, tasyakuran, dan upacara adat yang lainya.

6. CONTOH ALAT MUSIK TRADISONAL GENGGONG

contoh alat musik tradisional
alatmusikindonesia.com

Alat musik tradisional dari Sumatera Selatan yang selanjutnya adalah bernama genggong. Instrumen yang satu ini dimainkan dengan cara menempelkan menempelkan alat musik kedalam bibir, kemudian bagian dari tengah alat musik tersebut di getarkan dengan tangan kanan. Suara yang dihasilkan dari alat musik ini layaknya seperti harmonika.

Nah mungkin demikian ulasan yang dapat saya sampaikan tentang contoh alat musik tradisional dari Provinsi Sumatera. Semoga setelah membaca artikel tentang musik daerah ini bisa menjadikan kita lebih mencintai budaya musik tradisional khas nusantara ini.

Terlebih lagi semoga juga bisa menambah pengetahuan tentang ragam budaya alat musik tradisonal khas Indonesia sendiri. Semoga kita bisa menjaganya hingga anak cucu kita bisa menikmatinya.

Jika ada yang ingin di tambahkan silahkan tuliskan di kolom komentar di bawah.

Semoga Bermanfaat !

2 thoughts on “40+ Contoh Alat Musik Tradisional Sumatera & Cara Bermainya [Lengkap]

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.