Juny Maudy Penikmat kata penulis pena berbagi tulisan untuk menyebarkan kebaikan

5 Panduan Cara Menanam Wortel Sederhana dan Mudah

3 min read

Cara budidaya wortel

Pengetahuan tentang cara menanam wortel adalah modal awal yang sangat penting untuk budidaya wortel. Dengan pengetahuan cara tanam yang benar, hasil tanam akan bisa maksimal.

Tentu Anda sudah sangat familiar dengan wortel, bukan? Ya, wortel adalah salah satu jenis sayuran yang sangat sering dikonsumsi oleh masyarakat. Sayuran dengan warna orange yang cantik ini adalah sumber vitamin A yang bagus dan bisa diandalkan untuk menjaga kesehatan.

Ya, selain vitamin A, wortel mengandung beragam nutrisi baik lainnya seperti antioksidan, mineral dan lainnya. Dengan segala kebaikan yang dimiliki, pantas saja jika wortel menjadi bahan konsumsi masyarakat termasuk dibuat menjadi jus yang menyegarkan.

Table of Contents

Cara Menanam Wortel Mudah Untuk Pemula

cara menanam wortel
unsplash.com

 

Wortel adalah salah satu jenis sayuran terbaik yang perlu untuk dikonsumsi. Sayuran ini mengandung beragam nutrisi yang membuatnya bisa diandalkan untuk menjaga kesehatan.

Banyaknya manfaat yang terkandung dalam wortel membuat cukup banyak masyarakat mencari tahu tentang cara menanam wortel, termasuk menanam wortel di pot yang benar. Namun, perlu diketahui bahwa wortel cenderung tidak bisa ditanam di pot atau dalam polybag.

Hal ini dikarenakan wortel termasuk sayuran umbi-umbian yang akar umbinya akan cenderung membesar dari waktu ke waktu. Oleh karena itu, dibutuhkan media tanam yang cenderung tidak terbatas untuk media tumbuh umbi tersebut.

Dengan bercocok tanam di lahan yang cenderung terbatas, termasuk pada pot, maka benih tidak akan bisa tumbuh maksimal. Tentu, hasil panen nantinya pun juga tidak akan melimpah sebagaimana yang Anda inginkan.

Persiapan Lahan Menanam Wortel

wortel segar
pexels.com

Untuk menanam wortel, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mempersiapkan lahan terlebih dahulu. Persiapan lahan ini menjadi sangat penting karena akan menentukan bagaimana wortel tersebut akan tumbuh. Selain itu, lahan juga berpengaruh pada cara merawat wortel.

Nah, terkait cara persiapan lahan untuk menanam wortel, ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan sebelumnya. Beberapa langkah penting terkait lahan untuk menanam wortel adalah sebagai berikut:

  • Pilih lahan yang cukup luas dengan paparan sinar matahari yang cukup.
  • Gemburkan lahan tersebut dengan cara mencangkul dan membersihkan area lahan.
  • Setelah itu, cangkul lahan untuk menanam wortel sekiranya sedalam 40 cm. Kedalaman ini sangat esensial karena nantinya akan berpengaruh pada bagaimana umbi wortel tersebut akan tumbuh dan siap dipanen.
  • Jika sudah, buatlah bedengan dengan panjang menyesuaikan lahan. Ketinggian bedengan sekitar 30 cm dengan jarak sekitar 40 cm.
  • Saat membuat bedengan tadi, campurkan tanah dengan pupuk kompos. Campuran pupuk kompos ini akan membuat jenis wortel tumbuh subur dan nantinya umbi akan tumbuh lebih besar.

Penanaman Benih Wortel

menanam wortel
pexels.com

Mirip dengan cara menanam singkong, wortel tidak memerlukan proses penyemaian untuk penanaman benih yang sudah disiapkan. Nah, jika Anda sudah mendapatkan benih istimewa, maka penanaman bisa langsung dilakukan.

Dalam hal ini, perlu diketahui bahwa benih wortel memiliki ukuran yang bisa dikatakan cukup kecil. Oleh karena itu, Anda perlu menggosok-gosokkan terlebih dahulu benih tersebut sebelum disebar dan ditanam. Hal ini agar wortel bisa tumbuh lebih baik dan agar buahnya besar.

Cara budidaya tanaman ini cukup mudah dan sederhana. Untuk penanaman, Anda hanya perlu untuk menabur benih wortel tersebut pada area lahan tanam yang sudah diproses tadi. Nah, taburkan benih tersebut ke dalam tanah dan usahakan tertabur secara merata.

Jika sudah, maka tutup dengan tanah. Saat menutup benih dengan tanah, pastikan jika tanah tersebut tidak terlalu kering. Oleh karena itu, jika diperlukan maka Anda bisa melakukan penyiraman terlebih dahulu.

Tunggu selama 10 hari. Dalam waktu tersebut, bibit wortel akan tumbuh. Lakukan perawatan hingga pohon wortel tumbuh dengan sehat. Sama seperti cara menanam rumput gajah, perawatan akan membuat tanaman bisa tumbuh sesuai dengan harapan Anda.

Pemeliharaan Pohon Wortel

wortel
unsplash.com

Sebagaimana disinggung di awal bahwa pemeliharaan wortel diperlukan untuk memastikan wortel tumbuh dengan baik. Pemeliharaan yang baik dan benar tentu saja akan memberikan hasil panen yang maksimal, layaknya bibit kacang hijau.

Nah, terkait perawatan pada wortel, ada beberapa hal yang harus Anda lakukan. Beberapa perawatan tersebut adalah sebagai berikut:

  • Lakukan penyiraman pada tanaman wortel secara teratur setidaknya pada pagi dan sore hari. Namun, range penyiraman bisa berbeda jika Anda mengembangkan wortel dengan cara hidroponik.
  • Selain penyiraman, lakukan juga pemupukan. Langkah perawatan ini bertujuan untuk melengkapi nutrisi tanah yang dibutuhkan. Baca juga cara membuat pupuk kompos agar Anda bisa membuat pupuk tersebut di rumah sendiri.
  • Pembersihan area lahan juga diperlukan untuk perawatan pada wortel. Dalam hal ini, ada baiknya jika Anda membersihkan tanaman liar yang tumbuh di sekitar area lahan tanaman wortel. Hal ini penting karena gulma akan menghambat perkembangan wortel.

Panen Wortel

cara menanam wortel
republika.com

Jika perawatan sudah dilakukan dengan baik, maka Anda tinggal menunggu masa panen tiba. Nah, rata-rata wortel siap dipanen setelah usia 3 bulan pasca penanaman benih. Ini adalah waktu panen yang bisa dikatakan cukup singkat.

Dalam hal ini, Anda bisa memanen wortel dengan cara mencabut pohon dari akarnya. Setelah itu, potong pangkal umbi dan kemudian bersihkan hingga kotoran yang menempel hilang. Menurut perhitungan, per hektar tanah bisa menghasilkan hingga 30 ton wortel.

Nah, demikian beberapa ulasan tentang cara menanam wortel yang perlu Anda ketahui. Dengan cara penanaman yang benar, maka wortel akan tumbuh subur dan tentu harga jual wortel juga akan bagus. Selamat mencoba membudidayakan jenis sayuran ini.

 

Juny Maudy Penikmat kata penulis pena berbagi tulisan untuk menyebarkan kebaikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.