1

Cara Menanam Terong

Pengetahuan mengenai cara menanam terong yang benar adalah modal awal budidaya terong yang paling penting agar hasil panen melimpah dan terong berbuah dengan lebat.

Siapa yang tidak kenal dengan sayuran yang satu ini? Ya, terung atau juga sering disebut terong, adalah salah satu jenis sayuran yang banyak dibudidayakan di Indonesia. Hal ini dikarenakan permintaan terong di pasaran cenderung cukup banyak dari waktu ke waktu.

Ya, masyarakat sudah cukup familiar dengan sayuran ini. Selain itu, terong memang bisa dibuat menjadi cukup banyak jenis masakan. Selain dibuat menjadi sayur, terong juga bisa dijadikan camilan dengan cara digoreng. Inilah kenapa masyarakat begitu familiar dengan sayur ini.

Table of Contents

Tahapan dan Cara Menanam Terong Mudah dan Berbuah Banyak

cara menanam terong

kampustani.com

Banyaknya masyarakat yang memanfaatkan terong menjadi salah satu sebab kenapa budidaya terong menjadi hal yang tepat untuk dilakukan. Dalam hal ini, Anda bisa menanam terong di pot atau dalam polybag jika tidak memiliki lahan, terutama untuk Anda yang tinggal di perkotaan.

Nah, pada kesempatan ini kita akan membahas tentang cara menanam terong yang tepat untuk membantu Anda. Pengetahuan mengenai cara tanam terong ini tentu akan membantu Anda mendapatkan terong yang besar untuk mencukupi kebutuhan.

Penasaran tentang cara bercocok tanam sayuran ini? Simak beberapa ulasan di bawah ini.

Syarat Terong Bisa Tumbuh Maksimal

budidaya terong ungu

paktanidigital.com

Untuk memaksimalkan pertumbuhan tanaman terong yang Anda tanam, maka ada beberapa syarat yang harus Anda ketahui sebelumnya. Syarat tersebut berkaitan dengan iklim, media tanah dan juga ketinggian.

Terkait iklim, sayuran ini sangat cocok tumbuh di daerah yang beriklim tropis. Selain itu, daerah tersebut memiliki curah hujan yang ideal dan merata serta suhu sekitar 25 hingga 30 derajat celcius. Hal lain terkait iklim adalah daerah tanam mendapatkan sinar matahari secara merata.

Lalu, untuk media tanah, ada beberapa persyaratan yang harus dipahami. Media tanah yang baik adalah media dengan tekstur tanah yang gembur dan mengandung unsur hara dengan jumlah yang cukup. Selain itu, tanah juga memiliki pH sekitar 6.

Nah, sedangkan untuk ketinggian, daerah yang baik untuk menanam sayuran ini adalah daerah dengan ketinggian sampai 1000 Mdpl. Oleh karena itu, sayuran ini cenderung cocok di tanam di dataran tinggi.

Langkah dan Tahapan Menanam Terong

cara menanam terong hijau

youtube.com

Berbincang tentang cara menanam terong, maka ada beberapa tahapan yang harus Anda lakukan. Tahapan ini akan membantu Anda menanam terong dengan baik dan benar sehingga hasilnya pun akan melimpah dan maksimal. Adapun beberapa tahapan tersebut adalah sebagai berikut.

Pemilihan Benih

Hal paling pertama dan penting untuk menanam terong adalah pemilihan benih yang tepat. Pastikan jika benih yang Anda pilih adalah benih yang berkualitas. Pemilihan benih ini sangat penting karena akan berpengaruh pada bagaimana hasil tumbuhan ini nantinya.

Jika benih yang dipilih berkualitas, maka tanaman terong yang ditanam juga akan menghasilkan buah yang berkualitas dan besar. Tentu, secara harga, hasil panen tersebut nantinya akan memiliki nilai jual yang lebih baik.

Persiapan Media Tanam

Jika masalah benih sudah selesai, maka tahapan berikutnya dalam cara menanam terong adalah persiapan media tanam. Persiapan ini juga merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan karena akan menentukan bagaimana pertumbuhan awal dari benih tersebut.

Nah, untuk persiapan media tanam, Anda bisa menggunakan pot atau polybag. Memang, penyemaian awal sebaiknya dilakukan di pot atau dalam polybag. Hal ini dikarenakan agar penerapan cara merawat benih sayuran ini menjadi lebih mudah.

Untuk persiapan media tanam, ada beberapa hal yang harus disiapkan terlebih dahulu, seperti tanah, padi sekam, pot atau polybag dan air. Nah, masukkan saja beberapa media tanam tersebut pada pot dan polybag.

Penyemaian Benih

Jika media tanam sudah siap, maka cara menanam terong selanjutnya adalah penyemaian benih. Dalam hal ini, ada beberapa hal yang harus dilakukan untuk penyemaian, seperti:

  • Rendam jenis benih yang Anda gunakan pada air hangat sekitar 15 menit
  • Sambil menunggu, siapkan media tanam dan buat lubang kecil berukuran 1 cm
  • Jika sudah, letakkan benih terong pada lubang tersebut dan tutup menggunakan campuran tanah
  • Padatkan tanah dengan menepuk-nepuk perlahan
  • Siram tanah dengan cara dipercikkan air dan letakkan di bagian tempat yang terkena sinar matahari yang cukup. Tunggu hingga bibit berkecambah sekitar 1 bulan.
  • Pemindahan Bibit

Jika benih sudah berkecambah dan bibit mulai tumbuh, maka pemindahan bibit perlu dilakukan. Pemindahan ini adalah bagian dari cara menanam terong yang dilakukan agar buahnya besar. Hal ini dikarenakan nutrisi yang didapatkan akan semakin baik.

Baik terong ungu ataupun terong hijau, bibit akan cenderung bisa berkembang dengan pesat jika ditanam langsung di tanah. Oleh karena itu, siapkan beberapa petak lahan untuk penanaman, terutama jika Anda ingin berbisnis dengan sayuran ini.

Perawatan Terong

 


Setelah penanaman, pohon terong harus mendapatkan perawatan. Ya, perawatan tersebut akan membuat bibit terong sehat dan bisa berbuah dengan banyak. Cara perawatan sayuran ini cukup mudah. Anda bisa melakukan pemupukan dan juga penyiraman.

Untuk penyiraman, tanaman terong memerlukan air dengan jumlah yang cukup. Layaknya tanaman hortikultura, siram sayuran ini setiap dua kali sehari. Selain itu, cabut gulma yang tumbuh agar terong bulat bisa tumbuh maksimal.

Nah, jika pertumbuhan sayuran ini maksimal, terong biasa dan jenis lainnya bisa dipanen dalam waktu sekitar 3-4 bulan setelah tanam. Hal ini mirip dengan waktu panen pada cara menanam nanas.

Demikian beberapa ulasan tentang cara menanam terong. Baca juga cara membuat bonsai untuk informasi lainnya. Semoga bermanfaat.

 

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.