8

√ 3 Cara Menanam Semangka dengan Hasil Panen Melimpah (Terbukti)

Citrullus lanatus adalah nama latin dari buah ini, buah yang berasal dari kawasan tropis Afrika selatan ini sangat mudah dijumpai di pasar maupun di toko buah. Semangka yang memiliki kandungan air sangat banyak dengan rasa yang manis, membuat buah ini digemari oleh semua kalangan.

Untuk mengetahui bagaimana proses cara menanam semangka dalam polybag yang benar agar bisa menghasilkan buah yang berkualitas super, Anda wajib menyimak ulasan ini yang akan memberikan informasi lengkap tentang budidaya semangka.

Tahukah Anda jika sebenarnya semangka tidak hanya buahnya saja yang bisa dikonsumsi, daun semangka bisa dijadikan sayur pendamping nasi, sedangkan biji semangka bisa diolah menjadi cemilan kuaci.

Buah semangka memiliki kandungan gizi yang cukup banyak bagi tubuh, manfaat baik dari semangka bisa menjaga stamina dan memperlancar sistem metabolisme tubuh.

Karena kandungan air yang sangat banyak, maka buah semangka sangat cocok jika dikonsumsi pada saat panas. Satu cangkir semangka biasanya mengandung 17% vitamin A, 21% vitamin C, 1% kalsium, dan 2% zat besi.

Dengan kandungan tersebut buah semangka juga selain bermanfaat bagi tubuh, berguna pula untuk kecantikan, diantaranya bisa berperan sebagai anti inflamasi dan antioksidan, membantu memelihara kesehatan ginjal, mampu meremajakan kulit, sehingga mencegah penuaan dini, mencegah sariawan dan menjaga kelembaban kulit.

Popularitas buah semangka pada tahun-tahun terakhir ini banyak sekali mengalami kenaikan. Banyak petani buah yang beralih untuk membudidayakan semangka, karena selain hasil yang menguntungkan, cara menanam semangka di sawah juga tidak kalah mudah. Keuntungan yang didapat dari menanam semangka bisa sampai 100 persen dari jumlah total produksi.

Table of Contents

Pemilihan Lahan untuk Menanam Bibit Semangka

tutorial budidaya semangka

lintaskebumen.wordpress.com

Menyiapkan lahan yang Akan Anda gunakan sebagai media budidaya semangka sangat penting untuk memperhatikan beberapa hal seperti suhu dan kelembaban. Tanaman semangka dapat tumbuh dengan baik pada ketinggian 0 sampai 1000 meter diatas permukaan laut.

Tanaman semangka sangat cocok untuk ditanam pada lahan yang memiliki curah hujan 40 sampai 50 mm setiap bulannya, serta dengan suhu yang tidak lebih dari 25 derajat celcius.

Hampir sama dengan cara menanam vanili, buah semangka juga akan tumbuh baik pada tanah berkelembaban rendah, bahkan pada faktanya tanah yang lebih kering akan menghasilkan buah semangka yang lebih manis rasanya.

Pada tata cara menanam semangka sebaiknya Anda perhatikan ph tanah yang bagus untuk tanaman yaitu 6 atau 6,5. Tanah yang cocok adalah jenis tanah yang gembur dan usahakan tidak ada gulma maupun tanaman lain yang tumbuh di sekitar tanaman semangka, serta area tanam harus terkena sinar matahari langsung.

Pemilihan Bibit Unggul Buah Semangka

budidaya semangka

lovepict.com

Sama dengan cara menanam durian, Untuk mempersiapkan bibit yang bagus diperlukan pemilihan biji yang bisa menjadi bibit terbaik. Sebaiknya budidayakan bibit jenis hibrida impor, bibit dengan jenis ini memiliki 2 varietas yaitu tripoid dan haploid.

Bibit jenis tripoid ciri-cirinya keras pada cangkang biji sehingga untuk menanamnya perlu untuk sedikit direnggangkan terlebih dahulu. Sedangkan haploid memiliki cangkang biji yang tidak keras sehingga untuk penanaman lebih mudah.

Anda bisa mendapatkan bibit semangka di tempat penjual bibit semangka sekitar Anda.

Proses Penanaman Bibit Semangka

cara menanam semangka

liputan6.com

Sebelum Anda melakukan penanaman, bibit yang sudah Anda dapat terlebih dahulu direndam selama 30 menit dalam air hangat yang dicampur dengan cairan bakterisida dan fungisida, setelah itu tiris kemudian keringkan, barulah bibit siap untuk ditanam.

Teknik penanaman yang benar akan mempercepat tumbuh kembang tunas. Untuk praktik penanaman yang benar sama dengan cara menanam bayam, yaitu dengan menambahkan unsur hara tanah. Pemberian unsur hara bisa Anda lakukan dengan mencampur pupuk kandang dan kompos ke lubang tempat benih ditanam.

Siramlah setiap pagi dan sore sampai tumbuh tunas baru. Apabila penyemaian benih Anda lakukan di polybag, maka Anda bisa menanam bibit tersebut setelah umur empat minggu. Agar tumbuh kembang bibit semangka kuat dan tidak mudah terserang hama, lakukan perendaman bibit menggunakan larutan perangsang tumbuh selama 5 menit.

Catatan penting bagi Anda saat melakukan pemindahan bibit dari polybag ke tanah harus hati-hati agar tidak sampai merusak akar.

Perawatan atau Pemeliharaan Buah Semangka

bibit buah semangka

www.bojonegorokab.go.id

Agar mendapatkan hasil maksimal, tanaman semangka harus mendapat perawatan maksimal. Hal ini juga berlaku untuk cara menanam semangka non biji. Cara perawatan yang tepat adalah dengan melakukan penyiangan, sama seperti cara menanam anggur, pembersihan lahan dari tanaman liar yang memungkinkan unsur hara dalam tanah tidak terserap oleh tanaman semangka secara maksimal.

Tata cara menanam semangka pada musim kemarau yang baik adalah dengan rajin menyiram tiap pagi hari dan sore hari agar kelembaban tanah tetap stabil. Apabila tanaman terlihat terlalu lebat sebaiknya lakukan pemangkasan pada batang dan daun yang sudah tidak diperlukan. Periksa tanaman, jika terdapat bibit yang mati ataupun tidak sehat, segera ganti dengan bibit yang baru.

Pemupukan dan Pengendalian Hama

Sebarkan pupuk kandang ataupun pupuk organik ke tanah sekitar lubang dengan jarak dari lubang lebih dari 10 cm. waktu pemupukan ulang sebaiknya pada pagi atau siang hari jika cuaca mendukung. Jangan lakukan pemupukan saat hujan sebab pupuk yang tersebar akan terbuang percuma. Itu sebabnya cara menanam semangka saat musim hujan berbeda dengan saat kemarau.

Berikan pestisida secukupnya agar tanaman terhindar dari hama thrip, ulat tanah, layu fusarium, serta busuk semai.

Demikian ulasan tentang cara menanam semangka yang benar untuk mendapatkan hasil maksimal. Tentunya setelah langkah-langkah tadi, Anda hanya tinggal menunggu masa panen saja.

 

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.