1

Cara Menanam Nanas

Cara menanam nanas yang benar adalah modal budidaya yang utama karena pengetahuan ini akan membantu seseorang untuk sukses menanam pohon nanas dengan buah yang melimpah.

Tentu, Anda sudah tahu tentang buah nanas, bukan? Ya, buah yang satu ini adalah salah satu buah yang sangat digemari oleh masyarakat. Warnanya yang cerah dan rasanya yang manis membuat banyak orang menyukai pohon yang berasal dari negara Brazil ini.

Selain rasanya yang manis, nanas juga memiliki banyak kandungan gizi untuk pemenuhan nutrisi harian. Vitamin C dan serat adalah contoh kandungan dalam buah nanas di mana akan menjaga kondisi tubuh tetap baik jika dikonsumsi secara teratur.

Table of Contents

Panduan Menanam Nanas Untuk Pemula

cara menanam nanas

nasional.republika.co.id

Selain bisa ditanam untuk konsumsi pribadi, nanas juga bisa dijadikan komoditas bisnis. Hal ini dikarenakan harga buah ini cenderung stabil dan bisa memberikan keuntungan. Nah, untuk Anda yang tertarik, kita akan membahas tentang cara menanam nanas untuk pemula saat ini.

Ada beberapa tahapan terkait cara tanam nanas yang harus diketahui. Beberapa cara untuk menanam tanaman nanas tersebut adalah sebagai berikut.

Pemilihan Bibit Nanas

cara budidaya nanas

bukalapak.com

Hal pertama untuk proses menanam nanas yang harus dilakukan adalah memilih bibit nanas unggulan. Pemilihan bibit ini sangat penting, sama halnya dengan cara menanam kurma karena akan berpengaruh pada hasil nanas yang ditanam.

Oleh karena itu, sebelum mulai menanam nanas, pastikan jika bibit yang dipilih adalah bibit yang berkualitas. Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk mendapatkan bibit nanas unggulan tersebut. Caranya adalah hasil anakan, vegetatif dan juga generatif.

Persiapan Lahan Tanam

cara menanam nanas madu

Setelah masalah bibit selesai, untuk menanam nanas Anda harus mempersiapkan lahan penanaman. Meskipun nanas bisa ditanam di pot atau dalam polybag, namun menanam nanas di lahan secara langsung adalah cara bercocok tanam yang lebih disarankan.

Hal ini dikarenakan benih nanas yang ditanam di lahan secara langsung akan mendapatkan nutrisi yang lebih banyak. Dengan demikian, nanas akan tumbuh maksimal dan buahnya pun cenderung lebih besar.

Nah, terkait persiapan lahan sebagai bagian dari cara menanam nanas, ada beberapa hal yang harus Anda lakukan. Adapun beberapa hal penting untuk persiapan lahan tanam tersebut adalah sebagai berikut:

  • Gemburkan tanah yang akan digunakan untuk media tanam. Ini adalah hal yang penting agar air lebih mudah masuk ke dalam tanah.
  • Taburi pupuk kandang pada lahan yang akan dijadikan media tanam. Penaburan ini disesuaikan dengan luas lahan yang akan digunakan. Misalnya, jika lahan yang digunakan adalah 1 hektar, jumlah pupuk adalah 10 ton.
  • Buat bedengan pada tanah tersebut. Ukuran bedengan yang dibuat adalah 80 hingga 100 cm dengan tinggi sekitar 30 cm.
  • Taburkan benih nanas dengan jarak sekitar 100 cm agar tiap benih nantinya bisa tumbuh dengan lebih maksimal.

Cara Menanam Nanas

cara menanam nanas

pertaniankediri.wordpress.com

Langkah yang paling penting dalam proses budidaya nanas adalah menanam nanas itu sendiri. Dalam penanaman, ada beberapa poin menanam nanas yang harus Anda perhatikan. Adapun beberapa poin tersebut adalah sebagai berikut:

  • Buat lubang di area bedengan yang sudah dibuat sebelumnya dengan ukuran sekitar 30 cm. Selain itu, buat pula drainase di sekitar area bedengan agar pengairan menjadi lebih lancar dan bedengan bebas dari genangan air.
  • Jika sudah, cara menanam nanas yang harus dilakukan adalah menaruh bibit nanas pada kedalaman sekitar 5 cm di bagian pangkal. Satu lubang hanya digunakan untuk satu bibit saja agar nutrisi pada tanaman cenderung maksimal.
  • Setelah itu, padatkan lagi area di sekitar bibit untuk memastikan jika nanas bisa tumbuh dengan kuat dan tidak mudah ambruk.
  • Jika proses penanaman nanas sudah selesai, maka jangan lupa siram pohon tersebut menggunakan air agar penyerapan unsur hara tanah bisa berlangsung dengan lebih baik.

Proses Perawatan Tanaman

Hal lain terkait penanaman nanas yang harus diketahui adalah cara merawat pohon nanas tersebut. Seperti halnya cara menanam terong, proses perawatan akan membuat beragam jenis nanas yang ditanam bisa tumbuh dengan sehat dan agar buahnya besar.

Nah, ada beberapa perawatan yang bisa dilakukan pada tanaman buah yang satu ini. Untuk perawatan pertama, Anda perlu melakukan penyiraman secara teratur. Penyiraman ini bertujuan untuk membuat pohon nanas senantiasa segar dan hijau.

Selain itu, pemupukan juga diperlukan dalam proses perawatan tersebut. Pemupukan ini akan memastikan jika pohon nanas mendapatkan nutrisi yang maksimal sehingga bisa tumbuh dengan sehat. Juga, pupuk akan membuat nanas tumbuh lebih kuat.

Hal yang harus diwaspadai terkait perawatan nanas adalah penyakit dan hama. Ya, perawatan yang baik dan benar memang akan membuat nanas bebas dari gangguan hama dan penyakit tersebut.

Ada beberapa penyakit dan hama yang biasanya menyerang nanas/ Beberapa diantaranya seperti lalat buah, kumbang, penggerek buah dan lainnya. Untuk mengatasi gangguan ini, Anda bisa menyemprotkan beberapa bahan yang direkomendasikan, salah satunya spontan.

Proses Pemanenan Buah Nanas

cara menanam buah nanas

www.antarafoto.com

Jika perawatan berjalan dengan baik, maka Anda bisa memanen nanas madu dan jenis lain dengan lancar dan maksimal. Waktu panen nanas adalah sekitar 12 bulan setelah proses tanam. Waktu ini memang cenderung lebih lama daripada waktu panen tanaman hortikultura.

Namun, beberapa petani sering memanen nanas muda. Nah, nanas ini dipanen biasanya sebelum usia 12 bulan namun memiliki ukuran buah yang lebih kecil. Perlu diperhatikan bahwa ciri nanas yang siap panen salah satunya adalah mahkota buah terlihat lebih lebar.

Demikian beberapa ulasan tentang cara menanam nanas yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat.

 

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.