7

Cara Menanam Mangga

Pengetahuan tentang cara menanam mangga yang tepat adalah modal awal sebelum melakukan budidaya. Hal ini penting karena cara tanam berpengaruh pada hasil panen.

Mangga adalah salah satu buah yang sangat dikenal dan familiar di kalangan masyarakat. Buah yang memiliki warna kuning-orange ini memiliki rasa yang manis dan menyegarkan. Bahkan, mangga muda yang masih asam pun juga dijadikan santapan oleh masyarakat.

Nah, buah ini, selain memiliki rasa yang nikmat juga memiliki kandungan gizi yang sangat banyak. Beragam kandungan gizi seperti vitamin C, air, mineral dan lainnya terdapat dalam buah yang satu ini. Oleh karena itu, banyak kalangan menekankan konsumsi mangga secara teratur.

Table of Contents

Cara Menanam Mangga Mudah Untuk Pemula

 

Mangga adalah salah satu buah yang sebaiknya konsumsi secara teratur. Dalam mangga terdapat aneka nutrisi yang tentu saja sangat baik untuk tubuh Anda.

Kandungan gizi yang melimpah pada mangga membuat masyarakat ingin mengetahui bagaimana cara menanam mangga tersebut. Nah, dalam hal ini, perlu diketahui bahwa penanaman mangga bisa diawali di pot sebelum nantinya dipindah di lahan tanah.

Ini adalah bagian cara tanam yang benar. Hal ini beralasan karena menanam mangga di pot akan membuat pohon tersebut tumbuh dengan baik terlebih dahulu dan ketika dipindah ke lahan yang lebih luas akan kuat dan bisa tumbuh dengan lebih subur.

Memilih Bibit Mangga yang Tepat

cara menanam mangga cangkok

pingpoint.co.id

Hal pertama saat berbincang tentang cara bercocok tanam mangga adalah pemilihan bibit yang tepat. Pemilihan benih yang tepat ini adalah hal paling penting karena nantinya akan berpengaruh pada bagaimana tumbuhan ini akan tumbuh.

Dalam hal ini, Anda bisa memulai penanaman mangga dengan memilih biji mangga pilihan. Pilihlah biji mangga yang menurut Anda sesuai, terutama dari segi jenis dan varietas mangga tersebut. Setelah itu, pastikan jika biji tersebut ditanam dengan kondisi yang baik.

Penyemaian Bibit Mangga

 

Jika masalah pemilihan bibit sudah selesai, maka langkah selanjutnya adalah penyemaian pada bibit tersebut. Dalam hal ini, Anda bisa menggunakan pot sebagai media semai. Nah, langkah yang dilakukan untuk penyemaian ini diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Siapkan media yang digunakan untuk penyemaian, seperti pot, polybag, tanah dan juga pupuk
  • Masukkan beberapa tanah yang sudah dicampur dengan pupuk tersebut dalam pot ataupun polybag dan tekan meskipun tidak sampai terlalu padat
  • Tanam biji mangga yang sudah Anda siapkan sebelumnya dengan posisi terbalik
  • Berikan air untuk menyiram benih mangga tersebut agar tidak kering dan bisa tumbuh dengan baik
  • Tunggu beberapa bulan hingga benih tersebut menjadi bibit mangga yang nantinya siap untuk dipindahkan ke lahan yang lebih besar.

Memang, penyemaian ini memerlukan waktu yang tidak sebentar. Selain itu, Anda juga harus tahu cara merawat jenis benih mangga tersebut yang ditanam. Dengan detail ini, maka bibit akan tumbuh dengan baik.

Jika bibit sudah tumbuh dan memiliki panjang sekitar 20 cm, maka Anda bisa memindahkannya ke lahan yang lebih besar. Tentu, Anda juga harus mempersiapkan lahan tersebut sebagaimana di awal penyemaian tadi.

Menanam Dengan Teknik Okulasi

bibit mangga

cyberspaceandtime.com

Agar buahnya besar, Anda bisa menanam mangga dengan mendapatkan bibit dari teknik okulasi. Bibit ini nantinya bisa juga Anda tanam dalam polybag dan dipindah ke lahan hingga menjadi pohon mangga yang tumbuh subur dan siap untuk berbuah.

Dalam hal ini, Anda bisa mempelajari cara mencangkok tanaman untuk menerapkan teknik ini. Perlu diketahui bahwa apapun jenis tanaman yang akan Anda tanam, teknik cangkok yang dilakukan tetap sama saja. Hanya, Anda perlu melakukannya dengan baik dan benar.

Menanam Mangga Pada Lahan Tanah

penanaman bibit dengan tanah

bibit bunga

Sebagaimana disinggung di awal bahwa bibit mangga yang sudah tumbuh bisa dipindah ke lahan yang lebih luas. Sama halnya dengan bibit kacang hijau, pemindahan bibit hasil mencangkok atau benih ini akan membuat mangga menjadi lebih cepat tumbuh.

Untuk persiapan lahan, Anda bisa mencangkul lahan terlebih dahulu guna memastikan bahwa tanah cukup gembur. Setelah itu, olah tanah dengan menambahkan beberapa bahan campuran seperti pupuk kandang, sekam bakar dan juga air.

Lalu, bagaimana dengan teknik penanaman pohon mangga ini? Seperti cara menanam kacang hijau, ada beberapa langkah penanaman yang harus Anda lakukan. Beberapa langkah tersebut adalah sebagai berikut:

  • Buat lubang untuk menanam pohon mangga. Lubang yang dibuat memiliki kedalaman sekitar 30 cm.
  • Pada lubang tersebut, berikan cairan dan pupuk yang merata.
  • Ambil bibit mangga yang sudah tumbuh dengan tinggi minimal 20 cm tadi dan langsung taruh ke dalam lubang tersebut. Dalam hal ini, akan lebih baik jika Anda menanam pohon mangga bersamaan dengan tanah pot atau polybag tempat penyemaian.
  • Tutup lubang tersebut dengan tanah dan padatkan.
  • Siram tanah dan lakukan perawatan pada pohon mangga.

Perawatan Pada Pohon Mangga

cara perawatan pohon mangga

parenting.orami.co.id

Perawatan menjadi hal yang sangat krusial yang akan menentukan bagaimana pohon mangga tersebut tumbuh. Dalam hal ini, ada beberapa perawatan yang harus Anda lakukan. Beberapa perawatan tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Untuk tahap awal, Anda harus melakukan penyiraman secara teratur. Sirami pohon mangga tersebut dua kali sehari saat pagi dan sore.
  • Selain penyiraman, lakukan pemupukan. Berikan pupuk pada tanaman mangga tersebut sekitar usia 4 minggu dan kelipatan waktunya. Pelajari cara membuat pupuk kompos untuk memastikan ketersediaan pupuk.
  • Bersihkan area tanam mangga dari gulma yang tumbuh.

Nah, demikian beberapa ulasan tentang cara menanam mangga yang perlu Anda lakukan. Dengan cara di atas, Anda akan mendapatkan pohon mangga yang berbuah lebat dan besar. Tentu, jika dijual, harga mangga tersebut akan lumayan. Semoga bermanfaat.

 

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.