Cara Menanam Kacang Tanah

Cara menanam kacang tanah yang benar adalah modal awal untuk budidaya kacang tanah yang berhasil dan menghasilkan banyak kacang tanah sesuai yang diharapkan.

Kacang tanah adalah salah satu tanaman yang menjadi komoditas pertanian di Indonesia. Tanaman ini termasuk jenis tanaman palawija yang banyak ditanam, selain jagung, kedelai dan lainnya. Hal ini dikarenakan kebutuhan kacang tanah di Indonesia terbilang cukup tinggi.

Nah, bisnis kacang tanah bisa menjadi salah satu ide usaha yang tepat. Terlebih jika Anda memiliki lahan yang cukup luas dan bisa dimanfaatkan. Pada kesempatan ini, kita akan membahas tentang cara menanam kacang tanah yang bisa menjadi tambahan informasi.

Table of Contents

Cara Menanam Kacang Tanah Hingga Panen

 

Sebagaimana disinggung di awal bahwa kacang tanah adalah salah satu komoditas pertanian yang banyak dimanfaatkan di Indonesia. Tentu, jika Anda ingin memulai bisnis ini, maka mengetahui cara tanam adalah hal yang sangat tepat.

Ya, dengan pengetahuan lengkap mengenai bercocok tanam untuk kacang tanah ini, maka Anda bisa mendapatkan hasil melimpah dan keuntungan yang maksimal. Adapun beragam step yang diperlukan untuk menanam kacang tanah ini adalah sebagai berikut.

Memilih dan Menyiapkan Lahan

Sebenarnya, benih kacang tanah bisa ditanam di pot atau dalam polybag. Hanya saja, jika Anda ingin menanam kacang tanah dengan beragam jenis dan skala yang besar, maka persiapan lahan menjadi hal yang sangat penting.

Berbincang tentang lahan untuk menanam kacang tanah, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Adapun beberapa hal yang penting terkait lahan tersebut adalah sebagai berikut:

  • Kacang tanah cenderung cocok ditanam di dataran tinggi dengan ketinggian sekitar 50 hingga 500 meter di atas permukaan laut
  • Lahan untuk menanam kacang tanah harus mendapatkan sinar matahari secara penuh
  • Lahan cenderung lebih bagus jika memiliki tingkat kelembaban yang rendah
  • Terdapat unsur hara pada tanah serta unsur tambahan seperti Ca, Kapur dan unsur N.

Memilih Bibit Kacang Tanah

budidaya kacang tanah

tokopedia.com

Jika lahan sudah siap, maka langkah selanjutnya adalah memilih bibit kacang tanah. Pemilihan bibit kacang tanah menjadi sangat penting karena akan berpengaruh pada cara merawat tanaman tersebut di kemudian hari.

Dalam hal ini, bibit kacang tanah bisa didapatkan dari tanaman kacang tanah yang sudah berusia sekurang-kurangnya 100 hari. Selain itu, ada beberapa ciri yang perlu diperhatikan terkait bibit kacang tanah tersebut, termasuk ada selaput dara saat dibuka.

Nah, jika benih kacang tanah sudah didapatkan, agar buahnya besar maka benih tersebut perlu mendapatkan proses khusus. Adapun proses yang dimaksud adalah sebagai berikut:

  • Jemur benih selama maksimal 5 hari di bawah terik matahari secara langsung
  • Setelah itu, simpan benih selama 3 hingga 6 bulan lamanya. Pastikan jika cangkang tidak terbuka
  • Jika sudah waktunya, buka cangkang kacang dan benih siap untuk ditanam.

Pengelolaan Tanah Secara Organik

Meskipun lahan sudah siap, namun cara menanam kacang tanah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah pengelolaan lahan tersebut secara organik. Pengolahan ini sangat penting karena akan berpengaruh pada kesehatan tanaman kacang tanah tersebut.

Sebagaimana cara menanam bawang putih, tanah untuk penanaman memerlukan beberapa proses yang cukup detail. Beberapa proses tersebut diantaranya adalah menggemburkan tanah, menaburkan kapur, melakukan pemupukan awal dan lainnya.

Selain itu, menjelang masa tanam, Anda harus membuat bedengan terlebih dahulu. Ini adalah salah satu cara untuk mengamankan tanaman kacang tanah jikalau lahan yang digunakan cenderung rawan tergenang air.

Penanaman Bibit Kacang

cara menanam kacang tanah di polybag

balingtan.litbang.pertanian.go.id/

Jika masalah lahan sudah selesai dan bedengan sudah siap, maka selanjutnya adalah penanaman kacang tanah. Cara penanaman kacang tanah ini cukup mudah karena Anda hanya perlu menanam kacang tanah pada media tanam yang sudah siap.

Salah satu catatan penting terkait penanaman ini adalah jarak antar tanaman. Pengaturan jarak menjadi hal yang cukup penting untuk dilakukan. Guna keamanan dan kacang tanah bisa tumbuh maksimal, maka jarak penanaman adalah sekitar 25 x 25 cm.

Selain itu, penanaman yang baik dan benar sangat perlu dilakukan. Anda bisa saja menanam bibit kacang tanah lebih dari satu dalam satu lubang tanam. Hanya saja, Anda tidak diperbolehkan untuk terlalu banyak menanam bibit di satu lubang.

Perawatan Tanaman Kacang Tanah

jarak tanam kacang tanah

kabartani.com

Langkah selanjutnya dalam step dan cara menanam kacang tanah untuk diperhatikan adalah perawatan dari tanaman kacang tanah tersebut. Ya, bibit yang sudah ditanam harus dirawat dengan baik, layaknya cara menanam timun, untuk memastikan tanaman selalu sehat.

Perawatan tersebut bisa dilakukan dengan cara pemupukan dan penyiraman secara teratur. Penyiraman yang baik dilakukan dua kali sehari saat pagi dan sore. Selain itu, pastikan jika sinar matahari bisa menyinari lahan dengan cukup maksimal.

Panen Kacang Tanah

budidaya kacang tanah di lahan kering

anrtarafoto.com

Perawatan harus dilakukan hingga masa panen tiba. Dalam hal ini, umur panen kacang tanah sekitar 90 hari dari proses penanaman. Usia panen ini tak terlalu berbeda dengan panen pohon bawang.

Tentu, memanen pada saat umur kacang sudah cukup sangat disarankan. Hal ini dikarenakan hasil panen yang tepat akan berpengaruh pada harga panen tersebut, terutama untuk jenis kacang polong.

Oleh karena itu, ada baiknya jika Anda menunda panen jika memang belum waktunya. Hindari panen terlalu cepat karena buah kacang tidak akan besar maksimal.

Nah, demikian beberapa ulasan mengenai cara menanam kacang tanah yang baik dan benar untuk mendapatkan hasil panen yang melimpah. Jika dilihat, cara tanam kacang tanah ini tidak beda jauh dengan cara penanaman tanaman hortikultura. Semoga bermanfaat.

 

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.